Sunday, November 10, 2019

Dear Kamu, Selamat Hari Ayah Nasional #FBBKolaborasi

Tanggal 12 Nopember 2019 ini mungkin akan menjadi hari yang sangat berkesan untukmu. Pada hari ini kamu merayakan ulang tahunmu dengan gelar resmi sebagai (calon) ayah. Calon bayi kita berusia hampir 2 bulan sekarang.


Istimewanya lagi, 12 Nopember sejak tahun 2006 lalu diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Tidak kalah dengan ibu, ayah bagi kehidupan seorang anak tentu memiliki kesan yang sangat berarti. Oleh karena itu perayaan ini ada, untuk mengimbangi perayaan Hari Ibu yang jatuh pada setiap tanggal 22 Desember.

Thursday, October 31, 2019

Manfaat Kode QR Pembayaran Digital untuk Milenial


Sebelumnya aku sudah pernah membicarakan tentang teknologi finansial. Salah satu bentuk fintech adalah adanya QR code dalam pembayaran digital. Sebut saja OVO, DANA, Gopay, dan penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP) cashless lainnya, semuanya menggunakan kode QR untuk melakukan pembayaran. Tinggal scan, beres.

Sebagai milenial, meskipun tinggal di pelosok, aku juga sudah menggunakan sistem pembayaran ini. Well, aku tinggal di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang notabene semua pembayarannya masih konvensional. Hanya saja, terkadang aku ada urusan di ibukota provinsi atau kota besar lainnya, yang membuatku mau tidak mau mengaktifkan sistem pembayaran digital berbasis kode QR.


Ada dua PJSP yang biasa kugunakan, yaitu Gopay dan OVO. Gopay terutama kugunakan untuk pembayaran jasa transportasi online di kota-kota besar. Hari gini, keluyuran di kota yang asing paling mudah memang menggunakan transportasi online. Ada sih transportasi umum, tapi dengan pertimbangan kenyamanan dan akses maka aku lebih sering menggunakan transportasi online.

Monday, October 28, 2019

Travelblog.id, Traveler's Blog


As a person who likes to travel, I often look for information about travel preparation on the internet. It's called the digital age, everything is in cyberspace. Whether it's information about tourist attractions, routes to destinations, or even about the estimated costs that will be incurred when traveling to certain places.

There are many sources that can be accessed on the internet that contain about tour activities. One of them is Travelblog.id. I myself open this site quite often because of its rich information. Especially in the Vacation rubric there is a lot of information about the trip that interests me.

Get to know Travelblog.id
The articles contained in Travelblog.id were apparently written by different people. This makes the information and points of view contained in articles on Travelblog.id very diverse. Travelblog.id indeed opens up opportunities for everyone to contribute in the form of articles, videos, or photos.

Friday, October 25, 2019

Tips Mencari Ide Kado Tahun Baru


Satu tahun sudah terlewati dengan sempurna, kamu mungkin bersiap menyambut Tahun Baru 2020. Sudahkah kamu menyiapkan kado manis untuk orang-orang tersayang di sekitar? Manfaatkan promo harbolnas untuk mendapatkan berbagai produk yang bisa kamu jadikan hadiah tahun baru terbaik. Masih bingung menentukan ide kado yang pas? Simak tips memilih kado tahun baru berikut ini!

Kado Tahun Baru

1.                  Membuat Daftar Penerima Kado
Kalau dana yang kamu miliki memang terbatas, sebaiknya tidak memaksa diri untuk membeli barang yang mahal. Buat daftar penerima kado  mulai dari pasangan, keluarga, saudara, teman-teman, atau klien.

Setidaknya daftar penerima kado bisa memberikan pertimbangan rencana anggaran kamu dalam membeli hadiah nanti. Kamu jelas tidak ingin mengawali tahun baru dengan kondisi finansial yang kurang bagus akibat foya-foya jelang tahun baru, bukan?

2.                  Memilih Jenis Kado yang Bermanfaat
Langkah kedua yang perlu kamu terapkan dalam menghemat pengeluaran untuk belanja kado tahun baru adalah pilih jenis hadiah yang memiliki nilai manfaat. Setidaknya penerima kado bakal merasa senang mendapatkan benda yang diinginkan.

Kamu bisa memberikan benda dengan harga murah tapi berharga untuknya. Analisa apa yang diinginkan si penerima atau kamu bisa memberikan hadiah sesuai dengan kesukaannya.

Misalnya kamu ingin memberikan kado tahun baru untuk pecinta buku, bisa mencoba mencari promo buku terbitan terbaru yang sesuai dengan genre bacaan si dia. Memilih jenis hadiah yang bermanfaat bisa memberikan kepuasan batin untuk pemberi dan penerima.

3.                  Mencari Ide Kado yang Unik
Kado murah tak selalu bermakna buruk, kok. Bukankah tahun baru memang momen suka cita yang mengesankan? Tidak harus membeli produk mahal untuk bisa memberikan kesan manis pada orang yang kamu sayangi.

Kamu bisa mencoba mencari ide kado yang cukup unik atau anti mainstream. Misalnya kamu bisa membeli album foto yang lucu dan mengisinya dengan berbagai foto kenangan kamu dan penerima. Ide mencari kado yang unik atau memanfaatkan kreativitas sendiri jauh lebih bermakna. Sentuhan personal akan semakin memberikan kesan mendalam pada orang yang menerima hadiah kamu nanti.

4.                  Manfaatkan Promo Harbolnas
Cara tepat memilih kado  tahun baru adalah memanfaatkan momen harbolnas buat belanja online sepuasnya. Kamu bisa mendapatkan aneka penawaran produk dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, momen akhir tahun selalu lekat dengan berbagai diskon menarik.

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan belanja online baik cash atau kredit dengan nominal besar lebih menguntungkan. Pastikan kamu memiliki agenda belanja jelang perayaan tahun baru.

Yuk, siapkan dana mulai sekarang untuk menyambut tahun baru lebih semarak! Manfaatkan promo menarik dari situs belanja online terbesar di Indonesia, Blibli.com, untuk mendapatkan ide kado yang istimewa. 

Tak hanya bisa mendapatkan berbagai produk yang cocok sebagai hadiah, kamu juga bisa belanja segala kebutuhan dengan harga super miring. Tak percaya? Unduh aplikasi Blibli.com dan segera lakukan pembelanjaan minimal 100 ribu rupiah dan dapatkan 1 token tanpa berlaku kelipatan.

Kumpulkan minimal 5 token untuk mendapatkan kesempatan bermain Game Capit dan menebus produk keren dengan harga super syok dan tebus dalam waktu 24 jam! Semakin banyak token yang kamu kumpulkan, semakin besar peluang mendapatkan produk random kece badai. 

Jangan lupa Blibli.com punya program SUPER SYOK tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember yang bakal bikin kamu untung, lho! []

Monday, October 21, 2019

Transportasi Unggul untuk Pemerataan Pembangunan di Seluruh Pelosok Indonesia

Aku menonton televisi hari ini dan melihat berita tentang mulai beroperasinya kapal fery dari dan ke Pulau Banyak-Aceh. Dulu masyarakat di Pulau Banyak harus menggunakan perahu pribadi atau nelayan untuk menuju ke Kota Aceh. Namun, sekarang dengan adanya kemajuan transportasi sudah terdapat kapal fery yang cukup besar dan nyaman.


Hal ini akhirnya berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wisatawan yang masuk ke Pulau Banyak. Pulau Banyak memang merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan alam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Akses masyarakat lokal juga menjadi lebih mudah dan mungkin saja ini akan memudahkan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok.

Menurut KBBI, transportasi adalah pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi. Secara makna, transportasi dapat berarti sebagai perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Kemajuan teknologi berperan dalam transportasi karena akan menentukan jenis alat transportasi dan sistem apa yang dikembangkan.

Saturday, October 19, 2019

FBB Shine Up: 3rd Anniversary of Female Blogger of Banjarmasin

Alhamdulillah, akhirnya acara perayaan ulang tahun komunitas Female Blogger of Banjarmasin (FBB) yang ke-3 terlaksana dengan lancar. Setelah bersama pengurus lainnya aku merencanakan berbagai hal terkait pelaksanaan acara ini sejak kurang lebih 3 bulan sebelumnya.


Kebetulan aku baru saja masuk di kepengurusan FBB tahun ini dan ini menjadi event pertama yang kuadakan dan kuhadiri. Maklum, dengan domisiliku yang jauh dari ibukota provinsi aku tak bisa hadir ke acara-acara blogger sesering teman-teman di Banjarmasin.

Acara ini diadakan di Kafe Nostalgia di Jl. Belitung Darat No. 11 Banjarmasin pada hari Minggu, tanggal 13 Oktober 2019. Tepat satu minggu setelah hari jadi FBB yang ketiga yaitu tanggal 6 Oktober. Acara ini disponsori oleh dua brand kecantikan yaitu Wardah dan Sarigading.

Thursday, October 10, 2019

Escape, Please! with Traveloka Xperience



“Namaku Rani, seorang karyawan di sebuah perusahaan multinasional di Jakarta. Aku menyukai pekerjaanku dan menikmatinya. Bahkan di saat weekend, aku tidak keberatan untuk melakukan hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Namun pada suatu hari, terjadi masalah di tempat kerjaku. Masalah tersebut sangat menyita perhatianku, bahkan saat tidur pun aku bisa sambil memikirkannya. Ketika akhirnya masalah tersebut selesai dengan proses yang panjang dan tidak mudah (2 minggu bukan waktu yang sebentar untuk mengalami tidur yang tidak berkualitas), aku berpikir untuk beristirahat dari pekerjaan dengan cara mengambil cuti.

Masalah tersebut seperti benar-benar menguras jiwa ragaku sehingga aku sampai berpikir untuk rehat sejenak. Toh jatah cutiku menumpuk akibat tak pernah kugunakan selama tiga tahun aku bekerja di perusahaan ini.

Monday, September 30, 2019

Review Buku Pintar Dapur: A-Z tentang Masak Memasak

Keberadaan dapur menjadi tempat yang wajib ada bagi wanita. Dalam kehidupan berumah tangga, dapur adalah roda aktivitas keluarga. Namun, tidak setiap wanita mampu menangani segala urusan dapur. Terutama bagiyang terbiasa memakai jasa pembantu rumah tangga. Ketika pembantu sedang cuti, majikan akan bingung dalam mengurus segala kegiatan di dapur.
 
Judul: Buku Pintar Dapur
Penulis: Ira Haryani Suprapto
Penerbit: Media Pressindo
Tahun terbit: 2012

Bingung terhadap urusan dapur juga biasa terjadi bagi wanita yag baru saja melepaskan masa lajangnya. Kebingungan pada awal pernikahan biasanya terletak pada ketersediaan peralatan dapur, atau wujud dapur yang ideal untuk memasak.


Monday, September 16, 2019

Review Birama Rona Budaya

Birama Rona Budaya adalah kumpulan cerpen karya alumni Ramadhan Writing Challenge (RWC) 2018. RWC merupakan program tantangan menulis setiap hari selama bulan Ramadan yang diadakan oleh Komunitas One Day One Post (ODOP). Aku sendiri ikut RWC tahun 2019, tetapi aku tidak ikut antologinya. Saat itu aku sedang banyak deadline menulis lainnya.

Judul: Birama Rona Budaya
Penulis: ODOP Community
Penerbit: Embrio
Tahun terbit: 2018
Nomor ISBN: 978-602-53061-6-7

Benang merah kumpulan cerpen di buku ini adalah budaya Indonesia. Kekayaan budaya Indonesia memang harus diabadikan, salah satunya lewat cerita pendek. Salah satu ceritanya berjudul Birama Nada Bambu yang ditulis oleh Ajie A. Mahendra. Bercerita tentang seorang anak yang terkagum-kagum dengan sebuah ruang musik yang semua isinya terbuat dari bambu.

Thursday, August 22, 2019

Review Novel Kambing dan Hujan

Kali ini aku akan mereview satu buah buku yang baru saja selesai kubaca. Sebenarnya dari judul dan covernya, aku merasa tidak ada yang istimewa dari buku ini. Bergambar sebuah botol berwarna putih dan ada gambar kambing di dalamnya, tidak membuatku tertarik. Aku hanya sedang kehabisan bacaan saja saat itu.


Judul: Kambing dan Hujan
Penulis: Mahfud Ikhwan
Penerbit: Bentang
Tahun terbit: 2015

 Namun ternyata prolog yang kubaca sekilas mampu mencuri hatiku. Di dalam prolognya diceritakan tentang sebuah percobaan pelarian diri seorang perempuan yang mencoba mengajak kekasihnya. Belum terlalu jelas rintangannya seperti apa, tapi jelas pelik sekali sehingga si perempuan memutuskan untuk kabur.

Monday, August 19, 2019

Pengalaman Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Barabai

Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku membuat paspor. Di suatu hari Kamis, aku datang ke Kantor Imigrasi Barabai. Lokasi kantornya tepat di seberang Gerbang Pasar Keramat II Barabai. Waktu aku masuk, ada serombongan orang yang duduk di kursi tunggu. 

Pengalaman Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Barabai

Setelah melihat-lihat di sekitar tempat duduk tersebut, tidak terlihat nomor antrian aku pun bertanya kepada salah satu orang yang sudah menunggu. Ternyata mereka tidak pakai nomor antrian, nanti dipanggil katanya. Petugasnya belum datang katanya. 

Aku manut dan duduk tanpa berinteraksi dengan sesama penunggu tersebut, as usual. Sedangkan mereka saling ngobrol gitu di belakangku. Lalu satu persatu mereka dipanggil ke salah satu meja yang dekat dengan kursiku. Aku melihat tulisannya Counter 1: Wawancara dan Foto

Thursday, August 15, 2019

Esensi Hidup


Apa yang aku pikirkan tentang hidup?

Pertama kali yang terlintas di benakku adalah hidup itu singkat. Sangat singkat. Di umurku yang sudah mendekati 30 tahun ini, aku merasa belum melakukan dan mengalami banyak hal.


Hidupku sepertinya terlalu banyak dilenakan oleh kesenangan-kesenangan sebentar yang memalingkan wajahku dari tujuan yang sebenarnya ingin aku capai. Ketika aku sadar, eh sudah 27 tahun saja. Terdengar insecure memang, tapi ini caraku untuk membersihkan remah-remah perasaan puas diri yang terkadang berserakan di dasar hati.

Sunday, July 28, 2019

Laptop dalam Cerita

Di zaman teknologi, alat bernama laptop sangat diperlukan oleh beberapa orang. Apalagi jika orang yang berprofesi sebagai bloger sepertiku.


Aku sendiri beli laptop pertama kali saat kuliah. Waktu itu beli karena memang butuh. Awal-awal kuliah kan memang mahasiswa sangat membutuhkan laptop. Secara impulsif aku membeli laptop berlayar 14" dengan merk Toshiba.

Senang sekali dulu rasanya. Namanya laptop pertama. Namun, mungkin karena penggunaanku yang kurang ramah sehingga ia rusak sekitar 3 tahun kemudian.

Saturday, July 27, 2019

Tere Liye dan Karya-karyanya


Tere Liye

Nama penulis ini sudah kukenal sejak sekitar tahun 2006. Aku kelas 2 SMP waktu itu, sedang mabuk-mabuknya membaca. Semua novel yang ada di perpustakaan sekolahku pernah kupinjam semua.

Sampailah aku pada satu novel yang sangat berkesan, berjudul Hafalan Salat Delisa. Latar belakang novelnya adalah bencana tsunami Aceh tahun 2004. Ceritanya sedih sekali. Aku benar-benar merasa menjadi Delisa saat membaca novel itu.


Tere Liye, nama penulisnya, tentu melekat dalam ingatanku. Selalu aku terheran-heran mengapa bisa seorang penulis bisa menggambarkan suasana (setting tempat dan waktu serta perasaan) sebegitu tepatnya meski fiksi.

Friday, July 26, 2019

Budaya Jamuan Pesta Pernikahan di Hulu Sungai Tengah

Indonesia sangat kaya budaya. Salah satunya adalah masalah jamuan di pesta pernikahan. Di kotaku, Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jamuan makannya mungkin saja berbeda dengan jamuan makan di daerah lain.


Di sini, cara penyajian makanan disusun di atas meja dengan sajian per porsi. Jadi, undangan dipersilakan mengambil jenis makanan sesuai yang diinginkan. Dari meja menu, makanan dibawa ke tempat makan yang biasanya terpisah antara pria dan wanita. Syariah ya?

Tapi agak susah kalau datang hanya berdua dengan pasangan. Makannya terpisah. Jadi kadang ada saja wanita yang duduk di tempat laki-laki dan sebaliknya. Aku juga begitu.

Jenis makanannya sendiri mulai dari soto, gado-gado, lontong, rawon, hingga gangan humbut. Yang tradisional ya gangan humbut ini.

Thursday, July 25, 2019

Alasan-alasan Mengapa Aku Malas Berolahraga

Suatu pagi aku merasakan pegal di kaki. Rasa tidak nyamannya menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan efek tidak enak badan. Aku pun mengingat-ingat apa yang kulakukan pada hari sebelumnya sehingga aku bisa merasakan hal ini. Ternyata satu hari sebelumnya itu aku bersama tim lapangan cukup jauh berjalan kaki.


Kami berputar-putar  di dalam hutan. Jika ditotal sepertinya ada sampai 5 kilometer. Permukaan tanah yang tidak rata membuat perjalanan juga semakin tidak mudah.

Aku langsung mengejek diriku sendiri. Inilah akibatnya jika tidak rutin berolahraga, tubuh menjadi kaget sehingga mengirimkan alarm mudah capek seperti itu.

Wednesday, July 24, 2019

Minta Oleh-oleh Apakah Boleh?

Oleh-oleh adalah barang yang dibawa oleh orang yang baru saja pulang bepergian. Orang yang dibawakan oleh-oleh biasanya adalah orang yang dekat dengan si pejalan. Tapi tidak sedikit juga sekarang orang yang tidak terlalu kenal tapi juga minta oleh-oleh.

Merasa familiar? Lalu apakah minta oleh-oleh itu boleh?

Sebelum menyimpulkan, mari kita simak satu persatu beberapa pertimbangan dalam meminta dan membeli oleh-oleh berikut ini.

Tuesday, July 23, 2019

Memaknai Idul Adha secara Optimal

Idul Adha adalah hari raya kedua terbesar bagi umat Islam.  Sayangnya, meskipun termasuk hari raya besar kemeriahannya menurutku tidak seheboh Idul Fitri. Memang sih Idul Fitri ada di urutan pertama, tapi beda antusiasmenya itu menurutku jomplang sekali.


Mulai dari hari liburnya yang sebentar, hingga bentuk perayaannya yang kurang meriah. Tahun ini bahkan Idul Adha jatuh pada hari Minggu yang artinya sama aja nggak ada hari libur khusus untuk merayakannya. Dampaknya, orang-orang tidak terakomodasi untuk melakukan mudik dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga berefek kepada kekurangmeriahannya acara ini.

Idul Adha identik dengan dua hal, yaitu ibadah haji dan ibadah kurban. Jika seseorang melakukan salah satu di antara dua hal ini, Idul Adhanya mungkin akan terasa lebih berkesan. Tapi tidak semua orang sanggup melakukannya karena keterbatasan biaya, ya keduanya memang membutuhkan dana cukup banyak.

Monday, July 22, 2019

Unek-unek Menggunakan Transportasi Online

Sebagai orang yang berdomisili di pelosok, menggunakan transportasi online bukan hal yang biasa bagiku. Pertama, jasa transportasi online (yang besar) belum ada di sini. Ada produk lokal tapi layanannya terbatas dan cenderung agak mahal. Kedua, namanya di kota sendiri jadi ya aku terfasilitasi oleh kendaraan pribadi. Aku kemana-mana biasanya pakai motor sendiri.

Transportasi Online

Beda ceritanya ketika berada di luar kota yang notabene biasanya lebih besar daripada kotaku, beberapa tahun terakhir transportasi online akhirnya menjadi pilihanku dalam mobilitas. Dulu sebelum transportasi online ada dan booming, di kota orang aku kadang ngandalin diantar atau pinjam kendaraan saudara/teman, terkadang juga naik transportasi umum. Which is keduanya bukan pilihan yang nyaman menurutku.

Sunday, July 21, 2019

Film Mahasiswi Baru: Jiwa Muda Seorang Nenek Tua

Halo, assalamualaikum semuanya. Kita sudah berada di minggu ketiga Bulan Juli nih. Masa liburan anak sekolah baru saja usai. Begitu pun para mahasiswa, sudah move on dari final test-nya kan ya? Hehe. Bagi kamu yang sekarang sedang berstatus di antara pelajar dan mahasiswa, selamat menikmati masa orientasi kampus ya. Semoga betah dengan jurusan yang kamu pilih.


Untuk menemani waktu senggang kalian, aku mau memberikan rekomendasi film terbaru berjudul Mahasiswi Baru. Film besutan Monty Tiwa di bawah naungan MNCP Movie ini bergenre komedi, cocok ditonton oleh anak-anak muda dan keluarga.

Wednesday, July 10, 2019

Fruit of The Year on International Fruit Day #FBBKolaborasi

Buah adalah salah satu hasil dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia. Meskipun sama-sama mengandung banyak vitamin dan gizi yang diperlukan tubuh, dibandingkan dengan sayur aku lebih suka mengonsumsi buah.

Hal ini karena dari segi rasa, buah lebih bervariasi dan ‘enak’ jika dibandingkan dengan sayuran. Selain itu, penyajian buah juga lebih praktis dan bervariasi. Cara favoritku dalam mengonsumsi buah adalah dengan cara dimakan langsung, dibikin pencok (semacam asinan), dan dibuat salad.


FBB Kolaborasi bulan Juli ini bertema International Fruit Day. Aku ikut FBB Kolaborasi ini dong karena tertarik dengan tema unik ini. Meskipun perayaan yang jatuh di setiap 1 Juli ini tidak familiar di Indonesia, tapi menurutku layak untuk digaungkan agar kesadaran makan buah di Indonesia semakin tinggi. Selain karena nutrisinya yang memang bagus untuk tubuh, juga karena jumlah jenis buah lokal di Indonesia cukup banyak.

Saturday, June 29, 2019

Proyek dan Target Menulis

Halo, semuanya. 

Aku ingin berbagi tentang proyek dan target menulisku dalam waktu dekat. Tidak pernah sebelumnya aku khusus menuliskan tentang ini, meski sejak dulu selalu punya proyek menulis (dan kebanyakan tidak selesai). Kali ini, rasanya aku ingin berbagi. Bukan ingin pamer, tapi hanya ingin merapikan kemelut rencana menulis yang ada di otak. Syukur-syukur bisa dijadikan inspirasi. Hehe.




Target menulisku hingga akhir bulan ini adalah menyelesaikan self editing calon buku solo pertamaku. Harusnya aku excited, karena goal menerbitkan buku solo adalah impianku sejak lama. Sejak bayi.

Namun, setelah proses menulis yang panjang dan berturut-turut (hampir 3 bulan) aku seperti ingin mengambil jeda dari naskah tersebut. Memberi jarak. Seandainya aku bisa percaya pada diri sendiri aku tentu akan menuruti keinginan tersebut, tapi tidak. Ini kalau kuteruskan pasti hanya akan menjadi naskah yang terbengkalai. Seperti yang sudah-sudah. Jadi aku harus tetap merampungkannya akhir bulan ini.

Lagipula, promotorku sudah memberikan waktu cukup lama untuk self editing. Satu bulan sejak awal Juni kemarin. Aku harus menepatinya agar lolos seleksi.

Mengapa aku memerlukan promotor? Jelas karena faktor ketidakpercayaanku pada diri sendiri setelah gagal berkali-kali dalam menulis naskah buku. Entah kehabisan ide. Entah bosan. Entah tidak punya 'feel' lagi terhadap tulisan tersebut.

Promotor membuatku harus mengabaikan hal-hal tersebut. Aku harus tetap menulis di saat aku muak atau malas. Memaksakan diri. Semoga ini menjadi kebiasaan, meski awalnya terbiasa karena terpaksa. Sehingga mimpiku bisa menjadi penulis produktif bisa terwujud. Amin.

Bagaimana kabar nge-blog? Yah sejak program Ramadan Challenge dari BP bulan lalu, aku belum mem-publish satu postingan pun. Ini semakin membuktikan bahwa aku memang harus ditantang untuk melakukan sesuatu. Harus ada faktor eksternal yang memotivasiku sehingga produktivitasku bertumbuh. 

Targetku setiap bulan minimal ada 8 postingan di blogku. Dua tulisan per minggu. Untuk bulan ini, saat proyek self editing ini berlangsung aku menguranginya yaitu satu postingan satu minggu. Namun, hingga tanggal 18 belum ada satu pun tulisan untuk blog yang kubuat.

Aku akan mengejar ketertinggalan ini. Janji. Baik untuk blog maupun naskah buku. Akan kuselesaikan sesuai target.

Oya, mengenai draft buku. Aku sebenarnya menemui kesulitan. Ini menambah kemalasanku membuka dokumennya. Setelah selesai mengejar target halaman aku baru sadar bahwa tulisanku seamburadul itu. Genre calon bukuku ini kan non-fiksi. Jadi aku menggabungkan berbagai sumber tulisan dalam satu dokumen, kata-kata yang kususun berbaur tidak rapi. 

Aku juga merasa konsepnya kurang fokus. Jadi sambil mengedit aku kembali brainstorming agar isi bukunya benar-benar seperti yang aku inginkan. Salahnya pada saat menulis dulu aku ingin memasukkan semua yang kudapat dari referensi ke dalam naskah. Jadilah kelihatannya seperti berjubel. 

Semoga aku kuat untuk merombak konsep agar lebih rapi dan nyaman dibaca. Kalau mengedit secara teknis sih mudah. Aturan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah sering kupraktikkan dalam menulis. Jadi tantangan terbesarku saat self editing ini adalah merapikan konsep.

Target menulisku selanjutnya adalah mengumpulkan tulisan-tulisan di blog yang satu tema untuk dijadikan buku. Jumlah tulisanku di blog memang cukup banyak. Tapi merapikannya menjadi satu tema yang berkesinambungan dan memiliki 'isi' yang bermanfaat adalah tantangan tersendiri. 

Sekilas, aku melihat tema yang paling banyak nongol di blogku adalah tentang Ramadan. Iya, aku cukup rajin menulis tentang tema tersebut. Ada banyak hal berkesan yang bisa diceritakan tentang Ramadan. Mungkin suatu hari nanti aku bisa menerbitkan buku tentang Ramadan versi aku. Isinya tentu saja sangat personal, bukan berbentuk panduan atau artikel serius.

Selain itu, aku juga ingin membukukan tulisan-tulisanku tentang pengalaman travelling. Sudah ada banyak tulisannya di blogku, tapi ya mesti dirapikan lagi karena biasanya aku menuliskannya tanpa konsep dan sedikit self editing. 

Tulisan brainstorming-ku tentang suatu masalah juga sepertinya cukup banyak untuk dibukukan. Meski kuyakin perlu kerja keras untuk merapikannya menjadi satu buku karena temanya yang sangat beragam. 

Memiliki buku kumpulan cerpen dan puisi juga menjadi salah satu impianku dalam menulis. Ada beberapa cerita dan puisi yang ku-publish di blog. Sisanya mengendap rapi di folder komputer. 

Bagaimana dengan novel? Tentu saja aku sangat ingin sekali punya novel karya sendiri. Tapi tentu aku harus berlatih menulis fiksi lebih banyak lagi. Biar kualitasnya juga nggak malu-maluin. 

Sebagai penikmat novel, tahu standar bagaimana cerita yang bagus itu membuat beban menulis semakin berat. Aku sering ingin berhenti menulis di tengah jalan ketika membaca tulisan sendiri karena merasa tulisanku belum layak terbit. Well ya ini salah satu penghambatku dalam berkarya. 

Untuk meningkatkan kualitas dalam menulis, aku juga harus lebih sering ikut lomba atau mengirim tulisan ke media. Ini adalah salah satu cara menantang diri sendiri biar tulisan juga bisa dibaca oleh orang lain. 

Jadi kesimpulannya, aku terus harus menulis. Selesai mengejar target menulis satu proyek, lanjut ke proyek menulis selanjutnya. Begitu terus, toh aku tak akan bosan karena passion-ku memang di sini. Hanya saja, ketika aku bingung apa yang ingin kulakukan aku bisa langsung membaca tulisan ini. Bahwa sebenarnya ada banyak proyek dan terget menulis yang harus kutuntaskan.[]

Tuesday, June 4, 2019

Tujuh Persiapan Menyambut Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum lebaran agar hari raya lebih bermakna. Simak tujuh hal berikut yang harus disiapkan menjelang lebaran.




Persiapan hati
Yup, ini yang paling perlu disiapkan nih. Persiapan hati artinya kita harus memahami benar-benar, apa sih esensi sebenarnya dari lebaran itu. Apakah benar kita sudah menang di lebaran kita kali ini? Apakah target-target ramadhan kita sudah tercapai semua? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang menggiring kita pada satu kesimpulan bahwa kita telah siap menyambut lebaran. Yang paling penting adalah kita harus berniat bahwa setelah Ramadhan tahun ini, kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi sebelum Ramadhan.

Monday, June 3, 2019

Doa di Penghujung Ramadan

Pada saat Ramadan, kemungkinan doa diijabah Allah sangat besar. Oleh karena itu melalu postingan ini aku ingin berdoa mumpung masih dalam kondisi berpuasa Ramadan.


Semoga bulan depan aku hamil. Semoga aku dan suami bisa terus bersemangat menjalankan program hamil dan tidak kecewa jika hasilnya belum sesuai ekspekstasi. Semoga kami berdua selalu bisa saling menguatkan.

Semoga kesehatan selalu menyertai aktivitas orang-orang di dekatku. Suamiku, ibuku, ayahku, adikku, kedua mertuaku, dan seluruh keluarga besarku semoga selalu sehat walafiat. Dengan sehat, segalanya bisa berjalan lebih lancar.

Sunday, June 2, 2019

Momen Paling Berkesan saat Ramadan

Ada beberapa momen yang paling berkesan di hidupku dan itu terjadi pada saat Ramadan. Apa sajakah momen itu? Yuk, simak ceritaku.


#1 I’m Born
Ya, aku terlahir pada bulan Ramadan. Tepatnya pada tanggal 2 Ramadan 1412 Hijriah. Kalau dihitung menurut kalender Hijriah, usiaku sudah lebih  3 minggu dari 28 tahun di Ramadan 1440 H tahun ini. Selisih satu tahun dengan usiaku di kalender Masehi. Pas tahun 1992, Ramadan ada di bulan Maret Gaes.

Meskipun aku sama sekali tidak ingat momennya, tapi karena orangtuaku menceritakannya berulang-ulang aku jadi selalu mengingat momen ini. Bagaimana pun ini adalah momen aku pertama kali muncul di dunia. Itu pasti juga sangat berkesan bagi kedua orangtuaku karena aku adalah anak pertama.

Saturday, June 1, 2019

Kuliner Hari Raya Idul Fitri Khas Barabai

Salah satu yang paling ngangenin di hari raya adalah kulinernya. Ada berbagai macam makanan tersedia saat lebaran. Rasanya lupa baru saja melaksanakan puasa sebulan penuh demi  melihat penganan-penganan tersebut.


Kali ini aku akan berbagi mengenai beberapa penganan yang sering hadir di rumah ketika Idul Fitri khususnya khas Kota Barabai. Simak ya.

#1 Kue Apam
Barabai memang terkenal dengan kuliner khas wadai (kue) apam. Namun, kue apam yang biasanya dijual di pasaran berbentuk bulat kecil. Di rumahku penganan ini saat lebaran dibuat dengan dikukus di atas loyang bundar.


Ketika disajikan baru dipotong kecil-kecil di atas piring. Rasanya tergantung yang membuat sih. Kue apam favoritku itu buatan ibu dan nenekku. Mereka satu resep kayaknya, sama-sama enak.

#2 Tapai (Tape) Beras
Tapai beras ini khas banget dibikin saat akan lebaran. Karena di rumah tidak ada yang bisa bikin tapai beras, jadi biasanya bikinnya ke orang lain. Keahlian membuat tapai beras ini cukup sulit loh. Tidak bisa sembarangan.


Seperti jenis tape yang lain, tapai beras ini juga membutuhkan proses fermentasi dalam memasaknya. Jadi harus dibikin beberapa hari sebelum lebaran. Karena rasanya yang cukup kuat maka tidak disarankan memakan tapai ini terlalu banyak karena bisa menyebabkan sakit perut.

#3 Ketupat
Ketupat biasanya dimasak oleh ibu mertuaku. Rasanya enak dan bikin nagih. Aku yang biasanya makannya kebanyakan langsung mules karena kuah santannya yang cukup kuat.


#4 Kue Rokok
Di daerah lain entah apa nama kue ini. Di sini dinamakan kue rokok karena bentuknya yang menyerupai rokok. Sebenarnya ada juga yang bentuknya tidak seperti rokok, tapi dilipat empat begitu dari adonan dasarnya yang berbentuk lingkaran. Kue ini renyah, kalau mulai memakan bisa lupa berhenti.


#5 Kue Bolu
Kue bolu ini biasanya kami bikin sendiri karena punya peralatannya di rumah. Dibikin bukan untuk dihias tapi untuk langsung dimakan. Sekarang-sekarang kami kadang tidak lagi menggunakan resep manual. Tinggal beli tepung yang hampir jadi itu, campur dengan telur. Langsung kukus atau panggang, jadi deh.


Dari kelima penganan tersebut, mana yang lebih kamu suka Gengs?

Friday, May 31, 2019

Membaca Novel saat Ramadan


Aku ingin bercerita tentang Ramadanku beberapa tahun yang lalu. Ramadan yang masih identik dengan kata libur sehingga waktu luang masih terasa banyak.  Namun sejak aku bekerja, Ramadan bukan lagi bulan yang penuh dengan waktu luang. Jam kerjaku memang berkurang tapi sama sekali tidak libur. Sisa waktu yang tersedia hanya bisa kugunakan untuk tidur.


Saat sekolah dan kuliah, Ramadan adalah gudangnya waktu luang. Selain senang karena bisa berkumpul dengan lebih banyak waktu dengan keluarga, aku juga senang karena satu hal yaitu bisa membaca buku sepuas yang aku mau.

Thursday, May 30, 2019

Rundown Lebaran Keluarga

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Sudah siap menyambutnya, Guys? Kali ini aku akan bercerita tentang tradisi keluargaku saat lebaran. Kegiatan keluarga besarku saat lebaran biasanya selalu sama setiap tahun.

Kuberi judul rundown karena memang tradisi ini terjadi selama seharian penuh hari raya pertama.  Mari kita mulai sejak pagi pertama Hari Raya Idul Fitri. Di pagi hari raya pertama ini biasanya otakku masih loading karena jam biologis masih terpengaruh Ramadan yang harus bangun sahur. Efeknya ketika selesai salat subuh dan mandi, agak canggung untuk sarapan.


Di Hari Raya Idul Fitri biasanya kami sekeluarga makan berat dulu baru ke masjid untuk salat Ied. Jarak dari rumah ke masjid itu sekitar satu kilometer, meski begitu aku paling suka jalan kaki menuju masjid. Supaya banyak bertemu orang, biasanya kan yang merantau pada pulang kampung lebaran gini. Kalau ketemu biasanya langsung salam-salaman. 

Wednesday, May 29, 2019

Lima Inspirasi Model Baju Lebaran untuk Wanita

“Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya. Tak punya pun, tak apa-apa. Masih ada baju yang lama.”

Potongan lagu anak-anak di atas familiar sekali di telinga orang Indonesia ketika akan lebaran. Bener banget sih ini. Bagiku sendiri, baju lebaran itu nggak wajib baru. Masih ada baju-baju lama yang masih bagus. Kalau memang ada rezeki lebih sebelum lebaran, beli baju baru bukan yang diniatin untuk dipakai pas hari raya saja.


Kali ini aku akan berbagi lima inspirasi model baju lebaran untuk wanita. Kelima model ini adalah model-model pakaian yang aku suka karena praktis tapi tetap elegan. Check this out! 

Tuesday, May 28, 2019

Tips Sukses Buka Bersama

Buka bersama merupakan fenomena tersendiri di bulan Ramadhan ini. Biasanya euforia ini terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 Ramadhan. Ada banyak orang memanfaatkan momen buka bersama ini untuk reuni dengan teman lama atau berkumpul bersama keluarga besar. Sayang dong kalau acara kumpul setahun sekali ini berlalu begitu saja tanpa kesan yang berarti.


Berikut ada beberapa tips ala aku agar acara buka bersama bisa sukses lancar jaya.

1. Pilih teman berbuka
Biasanya nih, ada beberapa jadwal berbuka yang bentrok satu sama lain. Misal, bukber bersama teman SMP hari dan tanggalnya berbarengan dengan acara bukber dengan teman sekantor. Saranku, lebih baik pilih berbuka dengan teman lama atau keluarga besar yang jarang bertemu daripada berbuka dengan orang-orang yang sekarang ini lebih sering kita temui.

Monday, May 27, 2019

Tutorial Make-up Natural untuk Lebaran

Lebaran sudah dekat, saatnya bersilaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Agar momen silaturahmi semakin menyenangkan, tak ada salahnya menghias wajah. Semua wanita pasti ingin tampil cantik di momen se-spesial hari raya ini.


Tapi perlu diingat, tampil cantik tidak berarti dengan riasan menor. Make-up yang terlihat natural jauh lebih disukai orang-orang yang akan bertemu dengan kita. Berikut akan kubagikan tutorial make-up natural saat lebaran. Sebelumnya pastikan wajah sudah di-set dengan skincare ya agar hasil make-up-nya lebih maksimal.

#1  Aplikasikan BB Cream
Langkah pertama agar make-up kelihatan natural adalah gunakan BB Cream dan sejenisnya. Jangan gunakan foundation yang teksturnya terlalu berat agar wajah naturalmu tetap terlihat.

Sunday, May 26, 2019

Tiga Trik Membuat Anak Kecil Senang Berpuasa

Puasa memang berat, bahkan bagi orang dewasa apalagi untuk anak kecil. Nah, bagaimana caranya mengajarkan anak kecil agar mereka senang berpuasa. Usia ideal mulai berpuasa setiap anak berbeda-beda, tergantung ketahanan anak masing-masing. Tapi setidaknya ada tiga trik sederhana yang membuat anak kecil senang berpuasa, yaitu:


#1 Kenalkan Konsep Puasa sejak Dini
Pada usia batita, kenalkan anak kecil dengan konsep puasa. Pada usia ini memang tidak mungkin untuk menyuruh anak mulai berpuasa karena daya tahan tubuh mereka masih lemah. Namun, kenalkan konsepnya terlebih dahulu. Hingga ketika tubuh mereka sudah siap berpuasa mereka sudah paham. 

Saturday, May 25, 2019

Tiga Aplikasi Android yang Berguna saat Ramadan


Kebutuhan teknologi di zaman sekarang meningkat dengan tajam. Bahkan untuk urusan religi, kita memerlukan teknologi untuk  mempermudahnya. Kali ini aku akan mereview tiga aplikasi Android yang berguna pada saat Ramadan.


#1 My Quran
Aplikasi Alquran digital ini sebenarnya bukan hanya berguna pada saat Ramadan, tapi juga di bulan lainnya. Namun intensitas membaca Alquran yang lebih sering pada saat Ramadan sangat dimudahkan oleh aplikasi ini.

Karena berada di smartphone yang notabene selalu dibawa kemana pun, membaca Alquran jadi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dari sekian banyak aplikasi Alquran yang berada di Play Store aku cukup cocok dengan aplikasi My Quran ini.

Friday, May 24, 2019

Delapan Amalan Utama pada Bulan Ramadan


Pada bulan Ramadan ibadah atau amalan seorang muslim biasanya semakin banyak. Allah janjikan banyak pahala untuk orang yang melaksanakan ibadah di bulan ini. Harapannya, setelah terbiasa melaksanakan amalan-amalan tersebut maka akan menjadi amalan di sebelas bulan berikutnya.


Berikut ada delapan amalan utama yang sebaiknya dilakukan seorang muslim pada saat bulan Ramadan.

#1 Salat (Wajib dan Sunah)
Bahkan di luar bulan Ramadan, salat lima waktu juga diwajibkan. Apalagi di bulan Ramadan, hendaknya salat wajib dilaksanakan bersama salat-salat sunah. Beberapa salat sunah yang populer dikerjakan pada saat Ramadan adalah salat rawatib, salat tahiyatul masjid, salat dhuha, salat tarawih, salat witir, dan salat tahajud.
 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates