Sunday, July 21, 2019

Film Mahasiswi Baru: Jiwa Muda Seorang Nenek Tua

Halo, assalamualaikum semuanya. Kita sudah berada di minggu ketiga Bulan Juli nih. Masa liburan anak sekolah baru saja usai. Begitu pun para mahasiswa, sudah move on dari final test-nya kan ya? Hehe. Bagi kamu yang sekarang sedang berstatus di antara pelajar dan mahasiswa, selamat menikmati masa orientasi kampus ya. Semoga betah dengan jurusan yang kamu pilih.


Untuk menemani waktu senggang kalian, aku mau memberikan rekomendasi film terbaru berjudul Mahasiswi Baru. Film besutan Monty Tiwa di bawah naungan MNCP Movie ini bergenre komedi, cocok ditonton oleh anak-anak muda dan keluarga.

Wednesday, July 10, 2019

Fruit of The Year on International Fruit Day #FBBKolaborasi

Buah adalah salah satu hasil dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia. Meskipun sama-sama mengandung banyak vitamin dan gizi yang diperlukan tubuh, dibandingkan dengan sayur aku lebih suka mengonsumsi buah.

Hal ini karena dari segi rasa, buah lebih bervariasi dan ‘enak’ jika dibandingkan dengan sayuran. Selain itu, penyajian buah juga lebih praktis dan bervariasi. Cara favoritku dalam mengonsumsi buah adalah dengan cara dimakan langsung, dibikin pencok (semacam asinan), dan dibuat salad.


FBB Kolaborasi bulan Juli ini bertema International Fruit Day. Aku ikut FBB Kolaborasi ini dong karena tertarik dengan tema unik ini. Meskipun perayaan yang jatuh di setiap 1 Juli ini tidak familiar di Indonesia, tapi menurutku layak untuk digaungkan agar kesadaran makan buah di Indonesia semakin tinggi. Selain karena nutrisinya yang memang bagus untuk tubuh, juga karena jumlah jenis buah lokal di Indonesia cukup banyak.

Saturday, June 29, 2019

Proyek dan Target Menulis

Halo, semuanya. 

Aku ingin berbagi tentang proyek dan target menulisku dalam waktu dekat. Tidak pernah sebelumnya aku khusus menuliskan tentang ini, meski sejak dulu selalu punya proyek menulis (dan kebanyakan tidak selesai). Kali ini, rasanya aku ingin berbagi. Bukan ingin pamer, tapi hanya ingin merapikan kemelut rencana menulis yang ada di otak. Syukur-syukur bisa dijadikan inspirasi. Hehe.




Target menulisku hingga akhir bulan ini adalah menyelesaikan self editing calon buku solo pertamaku. Harusnya aku excited, karena goal menerbitkan buku solo adalah impianku sejak lama. Sejak bayi.

Namun, setelah proses menulis yang panjang dan berturut-turut (hampir 3 bulan) aku seperti ingin mengambil jeda dari naskah tersebut. Memberi jarak. Seandainya aku bisa percaya pada diri sendiri aku tentu akan menuruti keinginan tersebut, tapi tidak. Ini kalau kuteruskan pasti hanya akan menjadi naskah yang terbengkalai. Seperti yang sudah-sudah. Jadi aku harus tetap merampungkannya akhir bulan ini.

Lagipula, promotorku sudah memberikan waktu cukup lama untuk self editing. Satu bulan sejak awal Juni kemarin. Aku harus menepatinya agar lolos seleksi.

Mengapa aku memerlukan promotor? Jelas karena faktor ketidakpercayaanku pada diri sendiri setelah gagal berkali-kali dalam menulis naskah buku. Entah kehabisan ide. Entah bosan. Entah tidak punya 'feel' lagi terhadap tulisan tersebut.

Promotor membuatku harus mengabaikan hal-hal tersebut. Aku harus tetap menulis di saat aku muak atau malas. Memaksakan diri. Semoga ini menjadi kebiasaan, meski awalnya terbiasa karena terpaksa. Sehingga mimpiku bisa menjadi penulis produktif bisa terwujud. Amin.

Bagaimana kabar nge-blog? Yah sejak program Ramadan Challenge dari BP bulan lalu, aku belum mem-publish satu postingan pun. Ini semakin membuktikan bahwa aku memang harus ditantang untuk melakukan sesuatu. Harus ada faktor eksternal yang memotivasiku sehingga produktivitasku bertumbuh. 

Targetku setiap bulan minimal ada 8 postingan di blogku. Dua tulisan per minggu. Untuk bulan ini, saat proyek self editing ini berlangsung aku menguranginya yaitu satu postingan satu minggu. Namun, hingga tanggal 18 belum ada satu pun tulisan untuk blog yang kubuat.

Aku akan mengejar ketertinggalan ini. Janji. Baik untuk blog maupun naskah buku. Akan kuselesaikan sesuai target.

Oya, mengenai draft buku. Aku sebenarnya menemui kesulitan. Ini menambah kemalasanku membuka dokumennya. Setelah selesai mengejar target halaman aku baru sadar bahwa tulisanku seamburadul itu. Genre calon bukuku ini kan non-fiksi. Jadi aku menggabungkan berbagai sumber tulisan dalam satu dokumen, kata-kata yang kususun berbaur tidak rapi. 

Aku juga merasa konsepnya kurang fokus. Jadi sambil mengedit aku kembali brainstorming agar isi bukunya benar-benar seperti yang aku inginkan. Salahnya pada saat menulis dulu aku ingin memasukkan semua yang kudapat dari referensi ke dalam naskah. Jadilah kelihatannya seperti berjubel. 

Semoga aku kuat untuk merombak konsep agar lebih rapi dan nyaman dibaca. Kalau mengedit secara teknis sih mudah. Aturan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah sering kupraktikkan dalam menulis. Jadi tantangan terbesarku saat self editing ini adalah merapikan konsep.

Target menulisku selanjutnya adalah mengumpulkan tulisan-tulisan di blog yang satu tema untuk dijadikan buku. Jumlah tulisanku di blog memang cukup banyak. Tapi merapikannya menjadi satu tema yang berkesinambungan dan memiliki 'isi' yang bermanfaat adalah tantangan tersendiri. 

Sekilas, aku melihat tema yang paling banyak nongol di blogku adalah tentang Ramadan. Iya, aku cukup rajin menulis tentang tema tersebut. Ada banyak hal berkesan yang bisa diceritakan tentang Ramadan. Mungkin suatu hari nanti aku bisa menerbitkan buku tentang Ramadan versi aku. Isinya tentu saja sangat personal, bukan berbentuk panduan atau artikel serius.

Selain itu, aku juga ingin membukukan tulisan-tulisanku tentang pengalaman travelling. Sudah ada banyak tulisannya di blogku, tapi ya mesti dirapikan lagi karena biasanya aku menuliskannya tanpa konsep dan sedikit self editing. 

Tulisan brainstorming-ku tentang suatu masalah juga sepertinya cukup banyak untuk dibukukan. Meski kuyakin perlu kerja keras untuk merapikannya menjadi satu buku karena temanya yang sangat beragam. 

Memiliki buku kumpulan cerpen dan puisi juga menjadi salah satu impianku dalam menulis. Ada beberapa cerita dan puisi yang ku-publish di blog. Sisanya mengendap rapi di folder komputer. 

Bagaimana dengan novel? Tentu saja aku sangat ingin sekali punya novel karya sendiri. Tapi tentu aku harus berlatih menulis fiksi lebih banyak lagi. Biar kualitasnya juga nggak malu-maluin. 

Sebagai penikmat novel, tahu standar bagaimana cerita yang bagus itu membuat beban menulis semakin berat. Aku sering ingin berhenti menulis di tengah jalan ketika membaca tulisan sendiri karena merasa tulisanku belum layak terbit. Well ya ini salah satu penghambatku dalam berkarya. 

Untuk meningkatkan kualitas dalam menulis, aku juga harus lebih sering ikut lomba atau mengirim tulisan ke media. Ini adalah salah satu cara menantang diri sendiri biar tulisan juga bisa dibaca oleh orang lain. 

Jadi kesimpulannya, aku terus harus menulis. Selesai mengejar target menulis satu proyek, lanjut ke proyek menulis selanjutnya. Begitu terus, toh aku tak akan bosan karena passion-ku memang di sini. Hanya saja, ketika aku bingung apa yang ingin kulakukan aku bisa langsung membaca tulisan ini. Bahwa sebenarnya ada banyak proyek dan terget menulis yang harus kutuntaskan.[]

Tuesday, June 4, 2019

Tujuh Persiapan Menyambut Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum lebaran agar hari raya lebih bermakna. Simak tujuh hal berikut yang harus disiapkan menjelang lebaran.




Persiapan hati
Yup, ini yang paling perlu disiapkan nih. Persiapan hati artinya kita harus memahami benar-benar, apa sih esensi sebenarnya dari lebaran itu. Apakah benar kita sudah menang di lebaran kita kali ini? Apakah target-target ramadhan kita sudah tercapai semua? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang menggiring kita pada satu kesimpulan bahwa kita telah siap menyambut lebaran. Yang paling penting adalah kita harus berniat bahwa setelah Ramadhan tahun ini, kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi sebelum Ramadhan.

Monday, June 3, 2019

Doa di Penghujung Ramadan

Pada saat Ramadan, kemungkinan doa diijabah Allah sangat besar. Oleh karena itu melalu postingan ini aku ingin berdoa mumpung masih dalam kondisi berpuasa Ramadan.


Semoga bulan depan aku hamil. Semoga aku dan suami bisa terus bersemangat menjalankan program hamil dan tidak kecewa jika hasilnya belum sesuai ekspekstasi. Semoga kami berdua selalu bisa saling menguatkan.

Semoga kesehatan selalu menyertai aktivitas orang-orang di dekatku. Suamiku, ibuku, ayahku, adikku, kedua mertuaku, dan seluruh keluarga besarku semoga selalu sehat walafiat. Dengan sehat, segalanya bisa berjalan lebih lancar.

Sunday, June 2, 2019

Momen Paling Berkesan saat Ramadan

Ada beberapa momen yang paling berkesan di hidupku dan itu terjadi pada saat Ramadan. Apa sajakah momen itu? Yuk, simak ceritaku.


#1 I’m Born
Ya, aku terlahir pada bulan Ramadan. Tepatnya pada tanggal 2 Ramadan 1412 Hijriah. Kalau dihitung menurut kalender Hijriah, usiaku sudah lebih  3 minggu dari 28 tahun di Ramadan 1440 H tahun ini. Selisih satu tahun dengan usiaku di kalender Masehi. Pas tahun 1992, Ramadan ada di bulan Maret Gaes.

Meskipun aku sama sekali tidak ingat momennya, tapi karena orangtuaku menceritakannya berulang-ulang aku jadi selalu mengingat momen ini. Bagaimana pun ini adalah momen aku pertama kali muncul di dunia. Itu pasti juga sangat berkesan bagi kedua orangtuaku karena aku adalah anak pertama.

Saturday, June 1, 2019

Kuliner Hari Raya Idul Fitri Khas Barabai

Salah satu yang paling ngangenin di hari raya adalah kulinernya. Ada berbagai macam makanan tersedia saat lebaran. Rasanya lupa baru saja melaksanakan puasa sebulan penuh demi  melihat penganan-penganan tersebut.


Kali ini aku akan berbagi mengenai beberapa penganan yang sering hadir di rumah ketika Idul Fitri khususnya khas Kota Barabai. Simak ya.

#1 Kue Apam
Barabai memang terkenal dengan kuliner khas wadai (kue) apam. Namun, kue apam yang biasanya dijual di pasaran berbentuk bulat kecil. Di rumahku penganan ini saat lebaran dibuat dengan dikukus di atas loyang bundar.


Ketika disajikan baru dipotong kecil-kecil di atas piring. Rasanya tergantung yang membuat sih. Kue apam favoritku itu buatan ibu dan nenekku. Mereka satu resep kayaknya, sama-sama enak.

#2 Tapai (Tape) Beras
Tapai beras ini khas banget dibikin saat akan lebaran. Karena di rumah tidak ada yang bisa bikin tapai beras, jadi biasanya bikinnya ke orang lain. Keahlian membuat tapai beras ini cukup sulit loh. Tidak bisa sembarangan.


Seperti jenis tape yang lain, tapai beras ini juga membutuhkan proses fermentasi dalam memasaknya. Jadi harus dibikin beberapa hari sebelum lebaran. Karena rasanya yang cukup kuat maka tidak disarankan memakan tapai ini terlalu banyak karena bisa menyebabkan sakit perut.

#3 Ketupat
Ketupat biasanya dimasak oleh ibu mertuaku. Rasanya enak dan bikin nagih. Aku yang biasanya makannya kebanyakan langsung mules karena kuah santannya yang cukup kuat.


#4 Kue Rokok
Di daerah lain entah apa nama kue ini. Di sini dinamakan kue rokok karena bentuknya yang menyerupai rokok. Sebenarnya ada juga yang bentuknya tidak seperti rokok, tapi dilipat empat begitu dari adonan dasarnya yang berbentuk lingkaran. Kue ini renyah, kalau mulai memakan bisa lupa berhenti.


#5 Kue Bolu
Kue bolu ini biasanya kami bikin sendiri karena punya peralatannya di rumah. Dibikin bukan untuk dihias tapi untuk langsung dimakan. Sekarang-sekarang kami kadang tidak lagi menggunakan resep manual. Tinggal beli tepung yang hampir jadi itu, campur dengan telur. Langsung kukus atau panggang, jadi deh.


Dari kelima penganan tersebut, mana yang lebih kamu suka Gengs?

Friday, May 31, 2019

Membaca Novel saat Ramadan


Aku ingin bercerita tentang Ramadanku beberapa tahun yang lalu. Ramadan yang masih identik dengan kata libur sehingga waktu luang masih terasa banyak.  Namun sejak aku bekerja, Ramadan bukan lagi bulan yang penuh dengan waktu luang. Jam kerjaku memang berkurang tapi sama sekali tidak libur. Sisa waktu yang tersedia hanya bisa kugunakan untuk tidur.


Saat sekolah dan kuliah, Ramadan adalah gudangnya waktu luang. Selain senang karena bisa berkumpul dengan lebih banyak waktu dengan keluarga, aku juga senang karena satu hal yaitu bisa membaca buku sepuas yang aku mau.

Thursday, May 30, 2019

Rundown Lebaran Keluarga

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Sudah siap menyambutnya, Guys? Kali ini aku akan bercerita tentang tradisi keluargaku saat lebaran. Kegiatan keluarga besarku saat lebaran biasanya selalu sama setiap tahun.

Kuberi judul rundown karena memang tradisi ini terjadi selama seharian penuh hari raya pertama.  Mari kita mulai sejak pagi pertama Hari Raya Idul Fitri. Di pagi hari raya pertama ini biasanya otakku masih loading karena jam biologis masih terpengaruh Ramadan yang harus bangun sahur. Efeknya ketika selesai salat subuh dan mandi, agak canggung untuk sarapan.


Di Hari Raya Idul Fitri biasanya kami sekeluarga makan berat dulu baru ke masjid untuk salat Ied. Jarak dari rumah ke masjid itu sekitar satu kilometer, meski begitu aku paling suka jalan kaki menuju masjid. Supaya banyak bertemu orang, biasanya kan yang merantau pada pulang kampung lebaran gini. Kalau ketemu biasanya langsung salam-salaman. 

Wednesday, May 29, 2019

Lima Inspirasi Model Baju Lebaran untuk Wanita

“Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya. Tak punya pun, tak apa-apa. Masih ada baju yang lama.”

Potongan lagu anak-anak di atas familiar sekali di telinga orang Indonesia ketika akan lebaran. Bener banget sih ini. Bagiku sendiri, baju lebaran itu nggak wajib baru. Masih ada baju-baju lama yang masih bagus. Kalau memang ada rezeki lebih sebelum lebaran, beli baju baru bukan yang diniatin untuk dipakai pas hari raya saja.


Kali ini aku akan berbagi lima inspirasi model baju lebaran untuk wanita. Kelima model ini adalah model-model pakaian yang aku suka karena praktis tapi tetap elegan. Check this out! 

Tuesday, May 28, 2019

Tips Sukses Buka Bersama

Buka bersama merupakan fenomena tersendiri di bulan Ramadhan ini. Biasanya euforia ini terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 Ramadhan. Ada banyak orang memanfaatkan momen buka bersama ini untuk reuni dengan teman lama atau berkumpul bersama keluarga besar. Sayang dong kalau acara kumpul setahun sekali ini berlalu begitu saja tanpa kesan yang berarti.


Berikut ada beberapa tips ala aku agar acara buka bersama bisa sukses lancar jaya.

1. Pilih teman berbuka
Biasanya nih, ada beberapa jadwal berbuka yang bentrok satu sama lain. Misal, bukber bersama teman SMP hari dan tanggalnya berbarengan dengan acara bukber dengan teman sekantor. Saranku, lebih baik pilih berbuka dengan teman lama atau keluarga besar yang jarang bertemu daripada berbuka dengan orang-orang yang sekarang ini lebih sering kita temui.

Monday, May 27, 2019

Tutorial Make-up Natural untuk Lebaran

Lebaran sudah dekat, saatnya bersilaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Agar momen silaturahmi semakin menyenangkan, tak ada salahnya menghias wajah. Semua wanita pasti ingin tampil cantik di momen se-spesial hari raya ini.


Tapi perlu diingat, tampil cantik tidak berarti dengan riasan menor. Make-up yang terlihat natural jauh lebih disukai orang-orang yang akan bertemu dengan kita. Berikut akan kubagikan tutorial make-up natural saat lebaran. Sebelumnya pastikan wajah sudah di-set dengan skincare ya agar hasil make-up-nya lebih maksimal.

#1  Aplikasikan BB Cream
Langkah pertama agar make-up kelihatan natural adalah gunakan BB Cream dan sejenisnya. Jangan gunakan foundation yang teksturnya terlalu berat agar wajah naturalmu tetap terlihat.

Sunday, May 26, 2019

Tiga Trik Membuat Anak Kecil Senang Berpuasa

Puasa memang berat, bahkan bagi orang dewasa apalagi untuk anak kecil. Nah, bagaimana caranya mengajarkan anak kecil agar mereka senang berpuasa. Usia ideal mulai berpuasa setiap anak berbeda-beda, tergantung ketahanan anak masing-masing. Tapi setidaknya ada tiga trik sederhana yang membuat anak kecil senang berpuasa, yaitu:


#1 Kenalkan Konsep Puasa sejak Dini
Pada usia batita, kenalkan anak kecil dengan konsep puasa. Pada usia ini memang tidak mungkin untuk menyuruh anak mulai berpuasa karena daya tahan tubuh mereka masih lemah. Namun, kenalkan konsepnya terlebih dahulu. Hingga ketika tubuh mereka sudah siap berpuasa mereka sudah paham. 

Saturday, May 25, 2019

Tiga Aplikasi Android yang Berguna saat Ramadan


Kebutuhan teknologi di zaman sekarang meningkat dengan tajam. Bahkan untuk urusan religi, kita memerlukan teknologi untuk  mempermudahnya. Kali ini aku akan mereview tiga aplikasi Android yang berguna pada saat Ramadan.


#1 My Quran
Aplikasi Alquran digital ini sebenarnya bukan hanya berguna pada saat Ramadan, tapi juga di bulan lainnya. Namun intensitas membaca Alquran yang lebih sering pada saat Ramadan sangat dimudahkan oleh aplikasi ini.

Karena berada di smartphone yang notabene selalu dibawa kemana pun, membaca Alquran jadi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dari sekian banyak aplikasi Alquran yang berada di Play Store aku cukup cocok dengan aplikasi My Quran ini.

Friday, May 24, 2019

Delapan Amalan Utama pada Bulan Ramadan


Pada bulan Ramadan ibadah atau amalan seorang muslim biasanya semakin banyak. Allah janjikan banyak pahala untuk orang yang melaksanakan ibadah di bulan ini. Harapannya, setelah terbiasa melaksanakan amalan-amalan tersebut maka akan menjadi amalan di sebelas bulan berikutnya.


Berikut ada delapan amalan utama yang sebaiknya dilakukan seorang muslim pada saat bulan Ramadan.

#1 Salat (Wajib dan Sunah)
Bahkan di luar bulan Ramadan, salat lima waktu juga diwajibkan. Apalagi di bulan Ramadan, hendaknya salat wajib dilaksanakan bersama salat-salat sunah. Beberapa salat sunah yang populer dikerjakan pada saat Ramadan adalah salat rawatib, salat tahiyatul masjid, salat dhuha, salat tarawih, salat witir, dan salat tahajud.

Thursday, May 23, 2019

Budaya Merantau dan Mudik

Aku agak clueless kalau harus bercerita tentang mudik. Masalahnya adalah aku (dan keluarga) tidak mudik kemana-mana. Mama papa tinggal di kota yang sama dengan kakek-nenek, aku dan suami juga bahkan tinggal di kota yang sama. Boleh dibilang, keluarga kami bukan perantau lama dan jauh.


Papa pernah kerja jauh tapi hanya pergi sendirian, tidak memboyong kami sekeluarga. Sebulan sekali dulu beliau pulang. Sekarang, beliau sudah pensiun dan digantikan oleh adikku. Adikku yang bekerja di sektor yang sama tapi beda perusahaan sekarang hanya pulang saat waktu cutinya datang, sekitar dua bulan sekali. 

Wednesday, May 22, 2019

Nostalgia Ramadhan

Ada beberapa hal yang paling kuingat tentang Ramadhan ketika aku masih kecil dulu.


Bermain saat tarawih
Ketika orang-orang dewasa sedang sibuk tarawih, aku dan teman-temanku malah bermain-main (begaya -dalam bahasa Banjar). Aku ingat sekali, dulu itu kami malas sekali tarawihnya tapi tetap senang datang ke surau. Mungkin karena ada motivasi bermain-mainnya itu kali ya. Entah apa yang kami lakukan, yang jelas “permainan” kami menimbulkan keributan dan sering membuat jamaah ibu-ibu di shaf depan memarahi kami. Untuk menyiasatinya, ketika akan duduk tasyahud terakhir, kami cepat-cepat berada dalam posisi tersebut. Sehingga seusai salam, ibu-ibu bingung mau memarahi siapa, karena yang terlihat kami semua ikut shalat juga. Hihi. Kalau capek bermain-main, kami akan rebahan saja di atas sajadah.

Tuesday, May 21, 2019

Zakat dan Sedekah di Bulan Ramadan

Di bulan puasa seperti ini, pengeluaran amal berupa zakat dan sedekah semakin banyak dilakukan oleh orang-orang. Selain pahalanya yang lebih besar jika dibandingkan dengan bulan lain, zakat dan sedekah juga membuat orang yang melakukannya bahagia.

Bahkan di Alquran disebutkan bahwa zakat berfungsi untuk membersihkan harta. “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (QS. At-Taubah: 103). Lalu apa perbedaan zakat dan sedekah? Yuk, kita bahas satu persatu.

Zakat merupakan jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang ditentukan oleh syariat Islam. Zakat sendiri banyak jenisnya, dua diantaranya yang dikeluarkan pada bulan Ramadan adalah zakat fitrah dan zakat profesi. 

Monday, May 20, 2019

Bedak Tabur Wardah vs Bedak Padat Wardah

Seperti yang kalian tahu aku adalah pecinta produk Wardah, baik skincare maupun makeup-nya. Produk lokal yang satu ini memang kualitasnya bagus-bagus dan yang terpenting cocok di kulit aku. Selain itu, produknya mudah didapat di gerai-gerai yang tersebar di kota kecilku. Aku tidak harus belanja online untuk membelinya, sayang ongkos kirimnya Sist. Salah satu produknya yang cocok di wajahku adalah bedak Wardah.


Bedaknya sendiri ada dua jenis, bedak tabur dan bedak padat. Aku memakai keduanya dengan urutan bedak tabur terlebih dahulu baru kemudian dilapisi dengan bedak padat. Jika tidak untuk pergi lama dan jauh, aku hanya pakai bedak tabur. Karena tekstur bedak padat Wardah lebih tebal teksturnya, jadi agak susah dibersihkannya.

Sunday, May 19, 2019

Tips Menggunakan Uang THR

Di pertengahan bulan puasa seperti sekarang ini, Tunjangan Hari Raya (THR) mulai ramai diperbincangkan. THR sendiri biasanya diberikan oleh suatu instansi/perusahaan kepada para karyawannya. Besaran nilainya beragam, ada yang nilainya sama dengan satu bulan gaji, setengahnya, atau tergantung atasan.


Masalahnya adalah tidak semua orang mendapatkan THR. Boleh jadi karena tempat kerjanya tidak sanggup mengeluarkan THR atau bisa juga hanya diganti dengan paket Ramadan berupa sembako, atau bahkan karena yang bersangkutan tidak bekerja di bawah pimpinan siapa pun.

Saturday, May 18, 2019

Perawatan dan Gaya Rambut ala Wanita Berjilbab

Wanita berjilbab pentingkah merawat dan menata gaya rambut? Tergantung pribadi masing-masing sih ya. Aku sendiri sebagai perempuan yang berjilbab sejak akil balig, baru menyadari perlunya merawat dan memperhatikan gaya rambut. Kok bisa?


Iya, dulu aku selalu berpikir tidak perlu memperhatikan rambut karena toh tidak ada yang bisa melihat selain para mahram yang notabene orang-orang terdekat. Lagipula dulu aku merasa rambutku baik-baik saja, mau digimana’in lagi paling mentok begitu-begitu juga.

How I Study with(out) Ruangguru


Aku barusan selesai nonton videonya Gita Savitri Devi yang berjudul How I Study. Aku tertarik dengan perubahan cara belajarnya dari SMA, persiapan kuliah, hingga saat kuliah. Di SMA dia termasuk anak yang malas belajar, lebih tepatnya tidak tahu cara belajar yang tepat. Tapi ketika sudah berada di Jerman dan mengikuti program persiapan kuliah, dia berpikir harus merubah cara belajarnya. Karena ya kalau gagal risikonya besar dan yang jelas menghabiskan biaya yang tidak sedikit.


Selain itu, aku menemukan beberapa kesamaan metode belajar Gita denganku saat di sekolah dulu. Waktu di SMA aku juga merasa agak bodoh. Mungkin karena di sekolah aku dikelilingi oleh teman-teman yang pintar. SMA-ku memang sekolah unggulan tempat berkumpulnya siswa-siswa terbaik dari seluruh kabupaten.

Friday, May 17, 2019

Lima Inspirasi Tunik Modern untuk Wanita

Tunik adalah jenis pakaian wanita berupa atasan yang panjangnya biasanya hingga ke lutut. Jenis pakaian ini banyak dipakai oleh remaja dan wanita dewasa muda karena alasan kepraktisan. Dengan ukuran bajunya yang tidak pendek (hanya sampai pinggul) dan tidak terlalu panjang (sampai mata kaki), tunik bisa menjadi alternatif pakaian bagi wanita yang sibuk dan banyak aktivitas.

Tunik Modern

Seiring dengan perkembangan zaman, model tunik mulai bermacam-macam. Tidak lagi sekadar polos dan satu warna. Hal ini tentu merupakan kabar gembira bagi para pecinta tunik. Berikut kurekomendasikan lima buah tunik modern yang cocok dipakai oleh para wanita muda.

Thursday, May 16, 2019

Cara Menggunakan Panci Presto yang Aman


Assalamualaikum, Sahabat. Sudah masuk hari ke-11 Ramadan nih. Mau buka menu apa hari ini? Atau sudah punya rencana memasak sendiri untuk berbuka? Yang belum punya bayangan ingin memasak apa, aku rekomendasikan untuk memasak menggunakan panci presto.


Ada banyak menu yang bisa diolah menggunakan panci dengan tekanan tinggi ini. Beberapa di antaranya yaitu daging sapi, bandeng, dan bebek. Iya, jenis bahan makanan  yang dimasak di dalam panci presto biasanya memang yang memiliki tekstur keras seperti daging sapi dan bebek, atau ikan yang banyak durinya (dan ingin dihancurkan) seperti bandeng.

Wednesday, May 15, 2019

Tips Mengurangi Bau Mulut saat Puasa

Sudah menjadi rahasia umum, saat puasa bau mulut seseorang biasanya tercium lebih kuat jika dibandingkan saat tidak puasa. Hal ini karena selama seharian kita tidak makan dan minum, sehingga mengurangi produksi saliva (air liur) yang berperan sebagai antiseptik alami. Kondisi kering pada mulut akan memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak sehingga akan menghasilkan bau yang lebih kuat daripada biasanya. 


Lalu bagaimana caranya menghilangkan atau meminimalisir bau mulut karena hal ini tentunya akan membuat kita tidak percaya diri dan malu berbicara dengan orang lain.

Meskipun Rasul mengatakan bahwa bau mulut orang berpuasa itu baik, tapi tetap saja kita harus meminimalisirnya. Jika mulut yang bau saja lebih harum daripada minyak misk, maka bagaimana mulut orang berpuasa yang tidak bau. Pasti derajatnya lebih tinggi di sisi Allah.

Tuesday, May 14, 2019

Bahan-bahan Alami Pemutih Gigi

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Selain fungsinya untuk mengunyah makanan, gigi juga berperan sebagai penghias mulut. Sebaiknya, ‘hiasan mulut’ ini harus bersih dan putih agar bisa dapat dilihat dengan nyaman.


Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memutihkan gigi. Sayangnya, tidak semua cara memutihkan gigi aman karena adanya kandungan bahan-bahan kimia di produk pemutih gigi. Agar keamanan lebih terjamin, sebaiknya memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

Ruangguru untuk Guru Zaman Now

Jadi guru zaman now itu susah-susah gampang. Susah karena tantangannya semakin banyak. Mulai dari perilaku siswa hingga kurikulum pelajaran yang bergonta-ganti. Gampang karena zaman sekarang sudah banyak fasilitas digital yang mendukung aktivitas mengajar guru.
 
Ruangguru untuk Guru Zaman Now


Suamiku adalah seorang guru di sebuah madrasah aliyah, sekolah agama setingkat SMA. Karena lokasi sekolahnya itu ada di pelosok, otomatis siswa-siswanya pun berasal dari desa-desa terdekat. Minat belajar di pelosok tidak bisa dibilang tinggi, sudah mau masuk kelas saja sudah syukur.

Monday, May 13, 2019

Lima Langkah Perawatan untuk Mendapatkan Wajah Cerah

Memiliki kulit wajah yang cerah adalah dambaan setiap wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa kulit wajah yang cerah akan membuat penampilan semakin menarik sehingga meningkatkan kepercayaan diri.


Sedangkan kondisi kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat seseorang menjadi minder. Kabar buruknya tidak semua orang lahir dengan kondisi kulit wajah yang putih dan bersih. Bagi sebagian orang, kulit yang putih harus dicapai dengan beberapa usaha. Berikut adalah lima tips mencerahkan wajah.

#1 Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah adalah hal penting yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah cerah. Selalu bersihkan wajah setelah bangun dan sebelum tidur. Membersihkan wajah dapat dilakukan dengan mencuci wajah dengan air dengan pembersih wajah andalan.

Sunday, May 12, 2019

Sepuluh Cara Menghilangkan Ketombe


Rambutmu ketombean? Duh, pasti enggak enak banget ya. Rasanya gatal dan ingin selalu menggaruk. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan kamu saat beraktivitas.


Ketombe sendiri adalah lapisan kulit mati di kepala yang dilepaskan secara berlebihan. Hal ini diakibatkan oleh perlakuan atau perawatan rambut yang kurang tepat.  Jadi bagaimana dong cara menghilangkan ketombe agar tidak datang lagi. Simak sepuluh cara menghilangkan ketombe berikut ya.

1.     Sisir rambut dengan sisir yang nyaman di kulit kepala, bergigi tumpul dan empuk, jarak antar giginya tidak terlalu rapat, bersih, serta tidak keras. Sisir yang tidak nyaman akan membuat kulit kepala mengelupas dan itu adalah pemicu munculnya ketombe.

2.    Rajin mencuci rambut minimal 2x sehari. Malas keramas hanya akan membuat rambut lepek dan apek, sehingga akan mengundang jamur-jamur pemicu datangnya ketombe.

Saturday, May 11, 2019

Tips Memaksimalkan Diskon Belanja Online

Siapa pun pasti suka mendapatkan diskon belanja. Apalagi saat belanja online, mendapatkan harga diskon itu terasa mendapatkan durian runtuh. Bahagia. Rasanya senang saja melihat biaya yang bisa dihemat berkat diskon. Dibandingkan dengan belanja offline, kesempatan mendapatkan diskon lebih banyak saat belanja online. Lagipula, proses membandingkan harga di setiap toko dari barang yang sama lebih praktis.


Tapi untuk mendapatkan diskon saat belanja online itu cukup tricky. Tidak bisa didapatkan dengan mudah. Kali ini aku akan berbagi tips bagaimana cara memaksimalkan diskon belanja online berdasarkan pengalaman pribadi.

#1 Follow dan Subscribe Akun Toko Online

Untuk mendapatkan informasi diskon secara berkala, kita harus menjadi follower atau subscriber toko online atau marketplace tempat kita akan berbelanja. Dengan begitu, kita akan selalu mendapat email atau update mengenai diskon apa yang sedang berlangsung.

Friday, May 10, 2019

Keluarga Besar Indonesia

FBB Kolaborasi bulan Mei ini membahas tentang keluarga. Aku ikut setelah hiatus sekitar 3 bulan lebih. Beberapa bulan lalu aku memang agak hectic, sehingga melewatkan FBB Kolaborasi. Takut tidak terpenuhi target saat deadline, FBB Kolaborasi kan cukup ketat peraturannya.

Setiap orang ‘seharusnya’ punya keluarga besar. Karena meskipun dilahirkan sebagai anak tunggal atau memiliki anak tunggal, keluarga di sisi lain pasti ada dan banyak. Tinggal apakah keluarga-keluarga tersebut akrab atau tidak. Faktor keakraban inilah yang menentukan seseru apa keluarga besarmu.


                            
Akrab tidak akrab ini tidak selalu dipengaruhi oleh hubungan darah. Ada kok orang yang lebih akrab dengan sepupunya daripada dengan saudara kandungnya sendiri. Tapi yang akrab dengan keluarga karena pertalian darah juga banyak. Faktor yang paling berperan biasanya adalah tempat tinggal yang berdekatan, jadi lebih sering bertemu. 

Resep Nasi Goreng Praktis

Ada yang penasaran kenapa nasi goreng diberi nama nasi goreng? Enggak nasi tumis gitu, sesuai cara memasaknya. Kepo sebenarnya. Btw, di luar negeri pun penyebutan makanan ini fried rice kan ya.


Sedikit cerita tentang nasi goreng. Ada salah satu temanku di kantor yang males banget makan siang kalau menunya nasi goreng. Alasannya meski dimasak di restoran terbaik pun tetap saja bentuknya nasi yang digoreng, tidak berbeda dengan menu di rumah. Rupanya setiap sarapan dia dimasakin istrinya nasi goreng.

Thursday, May 9, 2019

Resep Soto Banjar Praktis

Ramadan sudah memasuki hari ke-4, Gaes. Alhamdulillah. Selain memperbanyak ibadah, sebagai perempuan kita juga harus tetap bersemangat memasak  menu untuk sahur dan berbuka.

Kali ini aku akan  share  resep  Soto Banjar praktis. Kenapa kusebut praktis? Karena aku orangnya anti ribet. Btw, resep soto banjar ini kudapat dari mama. Aku sendiri belum pernah praktik sendirian, masaknya pasti selalu sama mama.


Emm, kenalan dulu ya dengan  Soto Banjar.  Kalau orang-orang bersuku Banjar pasti sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini. Makanan khas dari Kalimantan Selatan ini  cukup berbeda dengan jenis soto lainnya di Indonesia.

Wednesday, May 8, 2019

Takjil Kreatif ala Skippy: Roti Panggang Buah

Tidak habis-habisnya jika membicarakan menu berbuka puasa. Selama ini kita sering menemui menu berbuka puasa yang mainstream di Indonesia berupa kolak, es buah, dan berbagai macam jenis kue basah.



Sebagai perempuan yang jarang dan kurang suka memasak, aku akan berbagi resep takjil kreatif ala Skippy. Sangat praktis dan cocok disajikan sebagai menu pembuka ketika bunyi beduk magrib terdengar.

Btw, sebelumnya aku bingung membuat nama untuk resep yang kukarang sendiri ini. Haha. Tapi kuputuskan untuk memberi nama Roti Panggang Buah. Ya, bahan utama takjil ini adalah roti tawar dan buah. Selain bisa dibuat es buah, potongan buah juga bisa diselipkan di antara tangkupan roti.

Tuesday, May 7, 2019

Lima Syarat Tempat Berbuka Puasa yang Nyaman

Tempat berbuka puasa favorit setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal ini karena   tingkat kenyamanan setiap orang di setiap tempat juga berbeda.  Aku sendiri punya banyak tempat buka puasa yang favorit, it’s mean aku gak terlalu pilih-pilih soal tempat. Wong dengan jenis menunya aja aku selow,  apalagi hanya masalah tempat.


Aku lebih mementingkan dengan siapa aku berbuka, jadi ini kayaknya relate dengan tema buka bersama sih. Kalau sedang sendiri atau bersama suami ya paling enak buka puasanya di rumah. Kami bisa lebih leluasa menyiapkan hidangan berbuka berupa takjil, sirop, hingga makanan inti jika di rumah. Meski begitu kami juga sering buka puasa di luar, di warung-warung makan favorit kami. Detail review mengenai ke-5 warung makan favorit tersebut bisa dilihat di sini.

Monday, May 6, 2019

Lima Langkah Membuat Momen Buka Puasa Lebih Berkah

Alhamdulillah, Ramadan sudah tiba. Kita bisa bertemu lagi dengan bulan yang berkah ini. Sebagai muslim, ini tentu adalah hadiah yang sangat besar dari Allah.

Salah satu momen yang paling berkesan di pulan puasa tentu adalah buka puasa. Meski kegiatan utamanya sama-sama makan, suasananya agak berbeda dengan hanya sekadar makan siang atau makan malam biasa.


Agar berkah yang kita dapat bertambah di bulan puasa ini, mari kita praktikkan lima langkah mudah ini pada saat berbuka.

1. Segera Berbuka saat Azan Magrib Tiba
Ya, menyegerakan berbuka adalah sunah dalam berpuasa. Tidak boleh melambat-lambatkan buka meskipun masih sanggup melaksanakan puasa. Bahkan, dianjurkan berbuka (ringan) terlebih dahulu baru melaksanakan salat Magrib.

Saturday, April 20, 2019

Pengalaman Menginap di Hotel Victoria River View Banjarmasin


Halo semuanya, selamat Hari Senin. Bagaimana weekend kalian? Semoga menyenangkan ya. Aku mau cerita nih tentang pengalamanku menginap di Hotel Victoria River View weekend kemarin dan mini review ala aku.

Seperti namanya, Hotel Victoria River View ini berada di tepi Sungai Martapura, sungai terbesar yang melewati Kota Banjarmasin. Jadi pas pertama kali aku melihat tulisan “Victoria River View” itu di kaca pembatas antara sungai dan tempat duduk di luar hotel, aku berpikir itu sebutan untuk kaca tersebut yang memang berfungsi sebagai ‘jendela’ untuk melihat pemandangan sungai.


Tak disangka ternyata aku melihat tulisan tersebut di semua tempat di hotel itu. And well aku baru menyadari kalau itu adalah nama hotelnya. Awalnya kukira nama hotelnya hanya Victoria.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates