Sunday, June 2, 2019

Momen Paling Berkesan saat Ramadan

Ada beberapa momen yang paling berkesan di hidupku dan itu terjadi pada saat Ramadan. Apa sajakah momen itu? Yuk, simak ceritaku.


#1 I’m Born
Ya, aku terlahir pada bulan Ramadan. Tepatnya pada tanggal 2 Ramadan 1412 Hijriah. Kalau dihitung menurut kalender Hijriah, usiaku sudah lebih  3 minggu dari 28 tahun di Ramadan 1440 H tahun ini. Selisih satu tahun dengan usiaku di kalender Masehi. Pas tahun 1992, Ramadan ada di bulan Maret Gaes.

Meskipun aku sama sekali tidak ingat momennya, tapi karena orangtuaku menceritakannya berulang-ulang aku jadi selalu mengingat momen ini. Bagaimana pun ini adalah momen aku pertama kali muncul di dunia. Itu pasti juga sangat berkesan bagi kedua orangtuaku karena aku adalah anak pertama.

#2 Pertama Kali Jauh dari Orangtua
Bulan September tahun 2010 waktu itu aku pertama kali ngekost dan merantau di kota yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari rumah. Ini tentu menjadi pengalaman yang sangat mengesankan bagiku.

Terbayangkan bagaimana rasanya anak mami harus melakukan semuanya sendiri apalagi di bulan puasa. Di awal-awal dulu, aku bahkan belum punya teman akrab di kost. Beruntung, kakak-kakak tingkat yang berada di kost baik. Bahkan mereka kadang membangunkan sahur dan mengajak sahur bersama. Saat itu aku merasa menemukan keluarga baru.

#3 Pertama Kali Bekerja
Sama halnya dengan kuliah, pertama kali aku masuk kerja juga saat bulan Ramadan tahun 2015.  Aku yang biasanya bisa berleha-leha saat puasa tidak lagi bisa melakukannya. Sehabis subuh aku yang selalu tertidur harus segera bangun ketika alarm berbunyi. Dengan mata yang masih terkantuk-kantuk, aku  mandi dan bersiap-siap.

Di perjalanan menuju tempat kerja dengan jarak setengah jam perjalanan aku selalu merasa bersemangat. Di tempat kerja aku bertemu dengan teman-teman yang sebelumnya tidak kukenal.  Pekerjaanku pun kukerjakan dengan semangat meski notabene job desc-nya begitu asing bagiku saat itu

Itulah tiga momen berkesan yang kualami saat Ramadan. Suasana Ramadan yang berbeda dengan bulan lainnya tentu membuat  kenangan tersebut semakin melekat kuat di memoriku. []

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates