Autumn Changes My Heart

Posting Komentar
Judul : Autumn Changes My Heart
Penulis : Rin Akizakura
Penerbit : PING!!!
Tahun terbit : 2013
Novel yang berjudul Autumn Changes My Heart ini berlatar negara Jepang dan budayanya. Tema yang diangkat tidak terlalu berat, sesuai dengan genre novelnya yaitu Japanese Teenlit. Namun cerita tentang si tokoh utama yang bernama Rin Aoki sebenarnya cukup berat. Hanya saja karena dibahas dari sudut pandang remaja, sehingga tidak terlalu terasa. Kehilangan seorang ibu bagi seorang remaja bukanlah hal yang mudah.

Boleh dibilang novel ini merupakan novel tanpa konflik karena sepanjang cerita datar saja meskipun terdapat emosi naik turun dari para tokohnya. Latar belakang Jepang membuat novel ini memiliki nilai plus di mataku. Namun dengan semua istilah Jepang yang terdapat di dalamnya, tak urung membuatku bingung juga. Harus sering melihat glosarium yang beruntungnya diletakkan di bagian awal buku. Point of view oleh banyak tokoh juga cukup memusingkanku. Belum lagi nama Jepangnya yang mirip-mirip itu.

Well, bagaimana pun novel ini cukup menghibur. Cukup untuk bacaan sekali duduk. Meskipun ending yang diisi oleh epilog tidak benar-benar menutup cerita ini menurutku. Karena scene tersebut hanyalah ulangan dari beberapa sebelumnya. 

Ada qoute yang bisa kucatat dari novel ini.

Kesedihan biasanya diciptakan oleh kesendirian dan sebaliknya kebahagiaan dapat diciptakan bersama-sama.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

Posting Komentar