Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tingkatkan Keahlian untuk Meraih Karir Impian Bersama QuBisa

48 komentar

Sebagian besar orang yang kukenal merasa tidak puas dengan kondisi pekerjaannya sekarang. Entah karena lokasinya jauh, entah karena gajinya kecil, entah karena lingkungan kerjanya toksik, dan lain-lain. Apakah kamu juga pernah merasakannya?


Seorang teman bercerita, bahwa ia sedang tidak puas dengan kondisi pekerjaannya yang membuat ia merasa terkekang. Ia bekerja di sebuah institusi yang memiliki peraturan ketat sedangkan jiwanya adalah seorang yang kreatif. Dia lebih cocok menjadi pebisnis dari pada seorang karyawan. Namun dia belum punya cukup modal untuk resign dan memulai bisnis sendiri.


Kursus Online Gratis


Temanku yang satunya lagi bilang, ia merasa tersiksa bekerja jauh dari rumah dan mengharuskan ia hanya bisa pulang 1 bulan sekali. Ia tidak nyaman karena harus berpisah dengan anak dan istrinya yang masih bayi. Kendalanya adalah perusahaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya tidak ada di kotanya. 


Perasaan tidak puas atau jenuh seperti ini tentu akan mempengaruhi semangat bekerja. Kualitas bekerja pun bisa jadi menurun. Yang lebih parah kesehatan mental juga bisa jadi terdampak, kita bisa jadi lebih mudah stres dan tertekan hanya karena masalah kecil. Nggak mau dong keadaan ini terus menerus berlangsung?


Kita harus mencari cara agar dapat memiliki pekerjaan sesuai keinginan dan kebutuhan, istilahnya karir impian. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan keahlian. Keahlian yang ditingkatkan tentunya adalah keahlian yang selaras dengan kebutuhan kompetensi karir impian kita. 


Meningkatkan Keahlian untuk Meraih Karir Impian

Cara meningkatkan keahlian dalam bekerja ini terbagi menjadi dua jenis yaitu upskilling dan reskilling. Upskilling yaitu meningkatkan kemampuan yang sudah kamu miliki sekarang, sedangkan reskilling adalah meningkatkan kemampuan dengan mempelajari keahlian baru yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari. Manapun yang kamu pilih, upskilling dan reskilling sama-sama baik untukmu yang sedang merencanakan karir impian.


Meningkatkan Kemampuan


Misal, jika kita ingin meraih jabatan yang lebih tinggi daripada kondisi kita sekarang berarti kita harus mempelajari keahlian sejalur dengan yang sekarang agar bisa naik level. Kita bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang biasanya disediakan oleh perusahaan atau pihak eksternal yang satu jalur dengan posisi kita.


Misal lagi, jika kita malas bekerja di company yang terikat dengan jam dan waktu, maka tujuan kita pastinya adalah industri kreatif yang notabene bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Berarti kita harus membekali diri dengan keahlian yang dibutuhkan oleh seorang pekerja kreatif. 


Jika kita ingin mencari tempat kerja yang dekat dengan domisili rumah tentu kita harus menyesuaikan keahlian yang akan dipelajari dengan kebutuhan karyawan di perusahaan tersebut. Jangan ragu untuk mempelajari sesuatu yang baru agar mendapatkan kesempatan yang kita inginkan atau butuhkan. Masuk akal bukan?


Intinya kita harus memantaskan diri agar layak mendapatkan apa yang kita mau. Agar kompensasi yang kita dapatkan sesuai dengan kompetensi yang kita punya. So, kata kunci di sini adalah meningkatkan keahlian dalam bekerja karena ini merupakan salah satu hal yang bisa kita kendalikan. 


Faktor-faktor lain mungkin ada, tapi apakah kita bisa mengendalikannya? Faktor eksternal jika dipikirkan hanya akan membuat hati tidak tenang. Lebih baik fokus pada apa yang bisa kita usahakan dan berusaha untuk mengubahnya sesuai keinginan dan kebutuhan.


Mengapa Meningkatkan Keahlian Itu Penting?

Jadi secara singkat, berikut adalah beberapa alasan mengapa meningkatkan keahlian itu penting untuk meraih karir impian. 


Alasan Meningkatkan Keahlian

1. Kesempatan Lebih Banyak

Kesempatan atau peluang terbuka lebih banyak saat kita memiliki keahlian yang lebih daripada sebelumnya. Kita bisa memilih lebih banyak tempat kerja sesuai keahlian yang kita miliki, daripada saat sebelum kita memiliki keahlian tersebut. Atau kita juga bisa naik jabatan karena skill baru tersebut. Apapun itu, meningkatkan kemampuan adalah hal yang sangat penting untuk bersaing di dunia kerja yang kompetitif.


2. Pendapatan Lebih Tinggi

Ketika kita mengambil sebuah peluang yang lebih baik daripada kondisi saat ini, kemungkinan meningkatnya jumlah pendapatan juga akan terjadi. Bahkan skill yang tepat akan membuat kita tidak lagi dibayar berdasarkan waktu yang kita habiskan untuk bekerja, kita dibayar berdasarkan skill yang kita punya. Kita tidak lagi menukar waktu dengan uang. Bahkan pada level tertentu, kita dapat membeli waktu sehingga akan semakin meningkatkan pendapatan. 


3. Sebagai Modal Bahkan Jika Harus Berdiri Sendiri

Keahlian yang kita pelajari juga dapat membuat kita membuka bisnis sendiri. Hal ini tentu sangat berguna di saat banyak perusahaan mengurangi jumlah karyawan seperti yang terjadi saat pandemi. Skill yang kita pelajari akan membuat kita tidak perlu lagi bergantung pada orang untuk menghasilkan uang. 


Cara Meningkatkan Keahlian untuk Meraih Karir Impian

Lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja? Berikut adalah beberapa langkah yang kususun untuk kamu yang ingin mulai meningkatkan kemampuan agar dapat meraih karir impian.


1. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuanmu terlebih dahulu sebelum mulai mempelajari keahlian. . Setiap tujuan membutuhkan keahlian yang berbeda. Apakah kamu ingin naik jabatan di tempat kerja kamu yang sekarang, apakah kamu ingin pindah tempat kerja yang lokasinya lebih dekat dengan rumah, apakah kamu ingin resign dan mulai menjadi konten kreator? Silakan tentukan tujuan kamu sespesifik mungkin sehingga dapat memilih keahlian yang tepat untuk dipelajari.


Tingkatkan keahlian bersama QuBisa


2. Tentukan Keahlian yang Akan Dipelajari

Langkah selanjutnya adalah menentukan keahlian yang akan dipelajari sesuai kebutuhan dan keinginan yang ingin kamu capai. Keahlian tersebut bisa jadi mempelajari bahasa asing, public speaking, pemrograman, atau marketing. Topik yang ingin kamu pelajari boleh sejalur atau bahkan berbeda dengan yang selama ini kamu geluti. Tidak ada larangan, toh tujuan kamu memang untuk mengubah kondisi menjadi sesuai yang kamu impikan. 


3. Pilih Tempat Belajar yang Tepat

Selain belajar di kantor dari peraturan yang berlaku atau senior yang berpengalaman, kamu juga bisa meningkatkan keahlian dengan belajar di luar kantor. Ada banyak training untuk karyawan profesional yang bisa diikuti untuk menambah skill dan pengetahuan untuk pekerjaan yang sedang digeluti. 


Jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk belajar dari ahlinya. Karyawan yang ikut training sehingga memiliki skill baru biasanya akan lebih mudah bersaing di dunia kerja. Selain mengikuti training secara offline, di zaman sekarang kamu juga bisa mengikuti pelatihan yang diadakan secara online dari banyak penyelenggara. Pilihannya beragam ada yang berbayar, tapi juga ada yang menyediakan kursus online gratis.


Ada banyak tempat belajar online yang bisa kamu pilih. Pilih tempat belajar gak ribet yang menyediakan kelas dengan topik yang kamu inginkan, instruktur terpercaya, dan materi yang aplikatif. Salah satu tempat kursus online gratis yang kurekomendasikan adalah QuBisa. Di bawah nanti aku akan membagikan pengalamanku saat belajar di sana.


4. Bangun Personal Branding di Media Sosial

Sangat disayangkan jika kamu tidak aktif di media sosial. Zaman sekarang, medsos bukan hanya sebagai tempat untuk pamer atau update selfie. Tapi juga bisa untuk membranding diri di bidang profesional sesuai keahlian yang sedang atau telah kita pelajari. Cara meningkatkan personal branding juga sedang berusaha kupelajari sekarang ini.


Hal ini akan membuat kita bisa mendapatkan peluang lebih besar karena kita telah ‘memperkenalkan diri’ ke masayarakat digital sebagai salah satu orang yang berkecimpung di bidang tersebut. Siapa tahu ada tim HRD sedang blusukan mencari talent yang tepat untuk perusahaan mereka dan akhirnya nyantol di medsos kamu karena kamu sering membagikan kegiatan atau hasil kerja di bidang yang kamu geluti dan cocok dengan kebutuhan mereka.


Belajar di QuBisa untuk Meningkatkan Keahlian

Sebagai freelancer di dunia digital, aku menyadari bahwa aku sangat perlu meningkatkan keahlian terutama dalam bidang personal branding di media sosial. Seperti yang sudah kusinggung di atas, media sosial jika digunakan secara tepat dan positif akan dapat membuka peluang yang lebih luas. Selain itu tujuanku berkecimpung di media sosial adalah untuk berbagi inspirasi. Agar semakin banyak konten-konten positif yang bertebaran di dunia digital. 


cara belajar efektif


Oleh karena itu, aku pun mulai mencari tempat kursus online gratis yang membahas cara meningkatkan personal branding agar dapat menerapkannya secara profesional di media sosial. Aku menemukan QuBisa, aplikasi siap kerja dan aplikasi belajar online untuk meningkatkan skill agar dapat bersaing di dunia karir.


Aplikasi belajar online QuBisa dapat diakses dengan mudah via aplikasi di smartphone atau via website di laptop. Aku lebih suka mengaksesnya via laptop agar layar lebih besar sehingga proses belajarku lebih khusyuk. Ini salah satu cara belajar efektif ala aku.


Konten yang ada di QuBisa terbagi menjadi tiga jenis yaitu artikel, microlearning, dan course. Artikel untuk bacaan singkat, microlearning untuk video singkat, dan course untuk video yang berdurasi lebih panjang. Hal ini kutemui setelah aku mencoba mencari kelas personal branding dengan mengetikkan kata ‘branding’ pada kolom pencarian.


Terdapat banyak pilihan kelas yang muncul. Aku pun mulai memilah-milah, mulai dari beberapa artikel yang membahas tentang personal branding hingga microlearning dan course-nya. Aku pun menjatuhkan pilihan pada microlearning yang berjudul Personal Branding di Social Media.


Pada microlearning ini terdapat 8 video singkat berdurasi masing-masing 2-7 menit. Kesanku setelah mengikuti proses pembelajaran di QuBisa ini menyenangkan. Santai tapi kita dapat ilmu. Sesantai kita menonton Youtube-lah. Tapi kita tidak akan terganggu iklan atau konten-konten lain yang tanpa sadar akan kita klik. Sehingga kita tetap dapat mempraktikkan cara belajar efektif.


Cara meningkatkan personal branding


Alasanku menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa ini yaitu karena ada banyak pilihan kelas yang sesuai dengan yang kubutuhkan. Proses untuk ikut kelasnya mudah sehingga belajar gak ribet serta instrukturnya berasal dari yang berpengalaman serta materinya bisa diakses tanpa berbatas waktu.


Gimana, apakah kamu ingin mencoba meningkatkan keahlian juga dengan belajar di QuBisa? Menurutku QuBisa cocok banget untuk orang yang sedang ingin belajar mengembangkan diri, personal branding, upgrade ilmu, coaching, mentoring, dan berbagai jenis peningkatan keahlian lainnya.


Kamu tinggal unduh aplikasi belajar online ini lewat link di bawah.

App Store: https://apps.apple.com/id/app/qubisa/id1538376387?l=id

Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.qubisa


Oh iya, kalau kamu seorang bloger dan ingin mendapatkan reward tambahan, kamu bisa banget nih ikut lomba blog yang sedang diadakan oleh QuBisa. Cek persyaratan lengkapnya di website QuBisa ya.


Jadi gitu teman-teman sharingku kali ini tentang meningkatkan skill agar dapat mencapai karir impian sesuai keinginan dan kebutuhan. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah berusaha, insyaallah proses tidak akan mengkhianati hasil. Terus tingkatkan keahlianmu, maka kesempatan baik akan datang menghampirimu. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

48 komentar

  1. Langsung kepo dong.
    Beberapa waktu terakhir emang lagi nyari sumber belajar baru buat beberapa skill yg aku ingin kuasai

    BalasHapus
  2. Upgrading skill memang harus dilakukan dgn konsisten ya.

    Ahh untunglah ada platform QuBisa yg bikin upgrading skills jadi menyenangkan

    BalasHapus
  3. Meningkatkan skills memang penting, untuk yang berkarir di kantor maupun freelance. Terutama freelance ya, karena freelance menjual skills dan keahlian.

    BalasHapus
  4. Personal branding ini lagi in banget dipelajari di mana-mana, termasuk kelas di QuBisa ini. Ada banyak pilihan kelas personal branding mulai dari public speaking, cara grooming, dan lain-lain.

    Bagus sih, artinya orang udah mulai aware bagaimana melekatkan dirinya dengan sesuatu yang dia bisa dan ingin dikenal.

    BalasHapus
  5. Info yang menarik ,secara garis besarnya qubisa ini semacam online training center yang membantu kita mendapatkan keterampilan sesuai harapan kita.dona

    BalasHapus
  6. Asyik ya ikut kursus di QuBisa ini banyak yang gratis dengan materi yang bernas.

    BalasHapus
  7. Bener banget ini mbak. Kerjaan yang sesuai dengan background suamiku ada sih di kampung halaman kami. Tapi untuk dapat gaji yg sama dengan di Jakarta, dia bakal lembur2 terus. Akhirnya ya aku dan anak-anak yang pindah ikut suami. Penting banget bisa upgrade keahlian apapun profesi kita

    BalasHapus
  8. qubisa ini aplikasi yang menarik ya. kita bisa ikut kursus online yang membantu kita meningkatkan skill yang kita inginkan atau sesuai dengan passion kita.

    BalasHapus
  9. iya nih yg seperti banyak banget dibutuhkan ya oleh kita semua. Untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus karier

    BalasHapus
  10. Qubisa ini asyik banget, bikin betah belajar dan memotivasi orang untuk terus belajar...

    BalasHapus
  11. Kalau aku cenderung ingin upskilling, Kak. Kalau mau reskilling sepertinya butuh waktu dan kepentok usia hehe. Ya ya walaupun sebenarnya usia bukan halangan utk belajar hal baru, cuma keknya kalau upskilling bisa lebih produktif. Apalagi belajar ga ribet pakai aplikasi QuBisa. Aku udah sempat install app nya sih, mau lihat lihat lagi ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan adanya aplikasi2 ini usia bukan halangan, ga perlu malu sekelas sama yg muda-muda hehe

      Hapus
  12. Betul banget, sekarang kalau mau naik jabatan harus memperlihatkan bukti sudah mengikuti beberapa pelatihan atau kelas yang sesuai dengan pekerjaan yang digeluti. Ikut pelatihan di QuBisa bisa jadi salah satu alternatifnya nih

    BalasHapus
  13. Pastinya aplikasi QuBisa ini bermanfaat banget buat pencari kerja atau fresh graduated. Mereka bisa ikutan kelas buat upgrade skill.

    BalasHapus
  14. pilihan kelasnya banyak di QuBisa, aku aja sampe bingung, semua pengen diikuti

    BalasHapus
  15. Ah setuju banget dengan alasan mengapa kita penting meningkatkan keahlian kita. Jd walau misalnya udah gak kerja kantoran lagi tapi pasti kalau mau mandiri, usaha sendiri jelas kepakai ya mbak. Gak akan ada yang sia2 dari usaha kita belajar sesuatu yang baru, apalagi kalau sesuai minat. Tinggal tekadnya dikuatin hehe

    BalasHapus
  16. Keren banget sharingnya mbak. Emang dengan aplikasi QuBisa meningkatkan kemampuan jadi lebih mudah ya. apalagi belajarnya gak ribet.

    BalasHapus
  17. Kita memang perlu banget untuk meningkatkan keahlian supaya bisa mencapai karir impian sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain itu bisa jadi modal untuk usaha sendiri.

    BalasHapus
  18. Penting banget memang ya soal meningkatkan keahlian ini. Bisa untuk memperbaiki kinerja di tempat kerja yang sekarang, atau bahkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.
    Aku juga sudah pernah belajar di QuBisa. Banyak pilihan buat upskilling dan reskilling ya Mbak di QuBisa ini :)

    BalasHapus
  19. zaman now meningkatkan skill adlh sebuah kebutuhan. wow skrg ada app qubisa ya. bisa byk belajar dr app tsbt

    BalasHapus
  20. Betul sekali, dengan memiliki sebuah keahlian khusus, kita pun akan menjadi "berbeda" dari yang lain. Hal yang berbeda inilah yang mengundang perhatian dan bisa jadi dibayar sesuai dengan tingkat keahliannya tersebut.

    Terus meningkatkan keahlian bersama Qubisa ini bagus sekali.

    BalasHapus
  21. meningkatkan keahlian dan ketrampilan banyak sekali keuntungannya baik secara moril maupun materil. Aplikasi Qubisa ini bisa menjadi solusi. karena kalau saya pribadi kalau hanya kulwap2 gratis kurang greget ya mbaak

    BalasHapus
  22. Asyik. Semakin banyak tempat belajar dan meningkatkan skill, nih.

    BalasHapus
  23. Wah aku udah ikut nih beberapa kursus singkat di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, menurut aku bagus banget buat siapa saja terutama fresh graduate yang ingin mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja serta karyawan yang ingin menambah keahlian mereka.

    BalasHapus
  24. wah.. skrg makin byk ya aplikasi yg bs meningkatkan skill

    BalasHapus
  25. Iya nih..
    Penting banget memanfaatkan teknologi untuk belajar online di Qubisa. Karena inginnya gak tertinggal dengan yang lain kan yaa..

    BalasHapus
  26. senangnya bisa kursus online di Qubisa ini ya mbak
    dengan punya skill yang mumpuni, kita bisa meraih karir impian

    BalasHapus
  27. Banyak banget manfaat yg diperoleh kalo kita explore Qubisa ini ya
    Upgrading skillss tentu saja
    keren banget!

    BalasHapus
  28. Ini yang sekarang sedang aku lakukan mbak. Ikut kursus gratis di Qubisa. Bahkan di medscape. Sambil bangun personal branding. Mau cari kerja di usia setengah baya udah lebih susah. Mau bangun usaha sendiri lagi ngumpulin modal. Doakan ya

    BalasHapus
  29. Penting banget sih menambah kemampuan soft skill dimasa sekarang supaya bisa bersaing dengan yang laoin. Kemampuan sekarang perlu di puncak, mumpung ada yang gratis pula kan

    BalasHapus
  30. Jadi makin penasaran sama pelatihan2 dan kursus2 di QuBisa mbak. Pengen mencari apa yang kira2 tepat buatku. Lumayan buat upgrade skill, meski udah usia emak2, ku rasa belajar apapun tetep akan berguna yaa

    BalasHapus
  31. Wah pastinya seruu banget, kalo nambah skill bareng QuBisa ini ya.
    Mau ceki ceki juga ahhh
    penasaran bgt !

    BalasHapus
  32. Zaman sekarang memang kita harus memiliki skill di luar job desk kita, selain memberi nilai tambah di hadapan atasan juga bisa peluang untuk menambah penghasilan dan penolong di saat pekerjaan utama sedang dalam kondisi tidak bagus.

    BalasHapus
  33. memang sulit menemukan tempat kerja yang pas, ya. dengan menambah kualitas diri, kita jadi lebih nyaman melakukan suatu pekerjaan dan tempat kerja kita pun jadi memberikan penghargaan yang sepadan

    BalasHapus
  34. Aku baru tau sih qubisa ini. Jadi tambaan referensi nih utk kursus skill online

    BalasHapus
  35. Zaman sekarang kalo nggak upgrade skills akan ketinggalan sama yang lain ya, Mbak. Cocok banget QuBisa ini buat yang pengen ningkatin skill, pilihannya banyak..

    BalasHapus
  36. wah mbak rindang aja bisa, masa aku ga bisa ya. dengan Qubisa, kita semua bisa. yeay coba buka ahhh

    BalasHapus
  37. setuju banget kalau belajar di Qubisa bisa meningkatkan skill kita, banyak banget pilihan kelasnya, aku aja sampe bingung. karena relate semua

    BalasHapus
  38. Meningkatkan keahlian ini penting untuk bisa bersaing di dunia kerja. QuBisa salah satu aplikasi yang bermanfaat banget buat upsklill dan reskill Kita. Saya udah pernah ikutan kelasnya di sini. Banyak belajar ilmu baru pokoknya.

    BalasHapus
  39. aku dah nyoba dan emang berasa manfaatnya. pilih yg gratis dulu tapinya, hehe

    BalasHapus
  40. Qubisa ini memang sangat membantu untuk meraih karir impian ya mbak
    banyak pelatihan yg bisa diikuti di QuBisa ini

    BalasHapus
  41. Wah pas banget nih infonya mbak Saya sedang pengen upgrade ilmu blogging juga. Di Qubisa ini lengkap ya ... Cuss ah kepoin web nya

    BalasHapus
  42. Jadi penasaran sama Qubisa. Ini bisa jadi ilmu baru ya, nambah pengetahuan dan wawasan. Di jaman canggih, macam-macam bermunculan.

    BalasHapus
  43. mantap aplikasi ini ya mak, bisa nambah ilmu, skill dan bnagun branding juga hanya dengan sekali klik deh

    BalasHapus
  44. perlu banget nih para pencari kerja mendonlot aplikasi ini buat meningkatkan kemampuan diri , skill dan nambah peluang dirinya

    BalasHapus
  45. Makin penasaran dengan aplikasi ini. Mudah-mudahan hape saya segera sehat

    BalasHapus
  46. Duh jadi diingetin lagi untuk segera download dan belajar di qubisa makasih ya mbak atas review dan tipsnya juga

    BalasHapus
  47. di qubisa ini banyak banget ya video microlearningnya yang bisa membantu kita meningkatkan kemampuan. aku juga kemarin sempat ikut kursus dan microlearningnya. bagus banget materinya

    BalasHapus

Posting Komentar