Thursday, October 31, 2019

Manfaat Kode QR Pembayaran Digital untuk Milenial


Sebelumnya aku sudah pernah membicarakan tentang teknologi finansial. Salah satu bentuk fintech adalah adanya QR code dalam pembayaran digital. Sebut saja OVO, DANA, Gopay, dan penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP) cashless lainnya, semuanya menggunakan kode QR untuk melakukan pembayaran. Tinggal scan, beres.

Sebagai milenial, meskipun tinggal di pelosok, aku juga sudah menggunakan sistem pembayaran ini. Well, aku tinggal di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang notabene semua pembayarannya masih konvensional. Hanya saja, terkadang aku ada urusan di ibukota provinsi atau kota besar lainnya, yang membuatku mau tidak mau mengaktifkan sistem pembayaran digital berbasis kode QR.


Ada dua PJSP yang biasa kugunakan, yaitu Gopay dan OVO. Gopay terutama kugunakan untuk pembayaran jasa transportasi online di kota-kota besar. Hari gini, keluyuran di kota yang asing paling mudah memang menggunakan transportasi online. Ada sih transportasi umum, tapi dengan pertimbangan kenyamanan dan akses maka aku lebih sering menggunakan transportasi online.

Sedangkan OVO biasanya kugunakan untuk belanja di merchant-merchant tertentu, beberapa toko langgananku sudah banyak yang memfasilitasi OVO sebagai alat pembayaran. Dengan banyaknya promosi yang ditawarkan, serta harga yang biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan bayar dengan uang cash, mustahil aku bisa menolak.

Selain itu, sistem pembayaran digital berbasis kode QR juga merambah ke transaksi jenis lain. Contohnya pembelian pulsa listrik, pulsa handphone, pembayaran BPJS, bahkan berdonasi bisa dilakukan via aplikasi pembayaran digital. Ssst, pembayaran fee digital freelancer juga sekarang bisa lewat dompet digital.

Karena aku hanya menggunakan sistem pembayaran digital ini sesekali, jadi aku tidak selalu top up saldo secara berkala. Hanya ketika jika aku ingin bepergian saja, oleh karena itu saldo di dompet digitalku tidak pernah banyak. Lebih mirip sebagai tempat persinggahan saja.

Mengenal Kode QR Pembayaran Digital
QR Code (quick response code) merupakan salah satu jenis kode matriks atau kode batang yang terdapat di dunia elektronik. Kode batang dulunya hanya terdapat pada barang-barang tertentu yang ditempelkan ke alat pemindai untuk mengetahui informasi tentang barang tersebut.

Salah satu informasi yang biasanya diperlukan dengan cepat adalah harga barang. Oleh karena itu kode QR awalnya identik dengan pemindaian harga barang di meja kasir. Namun sekarang kode QR diaplikasikan pada banyak hal, terutama di smartphone para milenial. Fungsinya macam-macam, misal untuk menambahkan kontak, menghubungkan antar-smartphone, hingga berbelanja online.

Khusus pada sistem pembayaran digital, kode QR sangat berguna untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan secara elektronik. Dengan hanya menggunakan kamera smartphone atau alat pemindai di kasir, sistem digital payment bisa digunakan untuk pembayaran fisik. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi proses pembayaran baik secara online maupun offline.

Ada dua teknis penggunaan kode QR dalam sistem pembayaran digital, yaitu dengan POS (poin of sale) based dan mobile user based. Pada POS based, kode QR dipindai pembeli dan dikeluarkan oleh penjual. Sebaliknya pada mobile user based, kode QR dikeluarkan oleh pembeli dan dipindai oleh penjual.

Untuk alasan keamanan, Bank Indonesia (BI) mensyaratkan setiap PJSP berbasis QR wajib menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Standard). QRIS adalah suatu standar yang diterapkan dalam kode QR agar transaksi elektronik di Indonesia dapat terawasi dengan baik. Hal ini untuk menjamin bahwa transaksi digital aman.

Selain itu, peluncuran standar tersebut  dilakukan sebagai langkah awal transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

Manfaat Kode QR Pembayaran Digital bagi Milenial
Tidak dapat dimungkiri, pengguna terbesar kode QR dalam pembayaran digital adalah kaum milenial. Para pemuda ini memanfaatkan kode QR untuk beragam hal. Ada banyak barang dan pengalaman yang bisa dibeli dengan bertransaksi secara digital.

Apa saja manfaat pembayaran digital menggunakan kode QR? Setidaknya 4 hal ini mewakili alasan mengapa milenial banyak memilih kode QR dalam sistem pembayaran digital.

1. Praktis
Tidak perlu repot membuka dompet atau mencari uang recehan, pembayaran menggunakan kode QR sangat praktis. Tinggal scan dan tunggu, maka uang sejumlah harga barang yang dibeli akan ‘keluar’ sendiri dari dompet digital.

2. Aman
Pembayaran menggunakan kode QR relatif lebih aman karena tidak terdapat uang fisik dalam transaksi. Risiko terselip, jatuh, atau hilang minim sekali karena nilai uangnya yang ‘terlihat’.

3. Banyak Promo
Promo adalah salah satu hal yang sulit ditolak oleh milenial. Dengan kondisi finansial yang biasanya masih pas-pasan, kesempatan mendapatkan barang atau jasa di bawah harga standar tentu sangat menggiurkan. Nah, PJSP berbasis QR dan merchant yang bekerja sama dengan mereka biasanya selalu menawarkan promo pada banyak kesempatan.

4. Lebih Murah
Dengan banyaknya promo, harga barang dan jasa menjadi lebih murah. Selain itu jika dibandingkan dengan pembayaran menggunakan uang cash, pembayaran menggunakan QR code biasanya lebih murah. Ini tentu sangat disukai milenial.

Bagaimana, kamu yang belum mencobanya apakah tertarik menggunakan kode QR untuk pembayaran digital? Menurutku ini adalah salah satu pengalaman yang wajib untuk dicoba. []

#feskabi2019 #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar #majukanekonomiyuk

Artikel Terkait

2 komentar:

Anonymous said...

Hello! I could have sworn I've been to this web site before but after
browsing through some of the articles I realized it's new
to me. Regardless, I'm definitely happy I came across
it and I'll be book-marking it and checking back often!

Barracuda Store said...

Terimakasih infonya, sangat membantu,.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates