Sunday, May 26, 2019

Tiga Trik Membuat Anak Kecil Senang Berpuasa

Puasa memang berat, bahkan bagi orang dewasa apalagi untuk anak kecil. Nah, bagaimana caranya mengajarkan anak kecil agar mereka senang berpuasa. Usia ideal mulai berpuasa setiap anak berbeda-beda, tergantung ketahanan anak masing-masing. Tapi setidaknya ada tiga trik sederhana yang membuat anak kecil senang berpuasa, yaitu:


#1 Kenalkan Konsep Puasa sejak Dini
Pada usia batita, kenalkan anak kecil dengan konsep puasa. Pada usia ini memang tidak mungkin untuk menyuruh anak mulai berpuasa karena daya tahan tubuh mereka masih lemah. Namun, kenalkan konsepnya terlebih dahulu. Hingga ketika tubuh mereka sudah siap berpuasa mereka sudah paham. 

Mengenalkan konsep puasa pada batita caranya mudah, misal di bulan Ramadan ketika ia sedang makan biasanya ia ingin kita ikut makan. Bilang padanya bahwa kita sedang berpuasa, tidak boleh  makan dan minum. Atau ketika mereka terbangun saat sahur, katakan padanya bahwa kita sedang bersahur untuk melaksanakan puasa di hari itu. Begitu juga ketika berbuka.

#2 Berikan Penghargaan
Ketika usia praktik belajar puasa sudah tiba, berikan penghargaan pada anak agar ia semakin bersemangat dalam menjalankannya. Misal ketika ia dapat menunaikan puasa sehari penuh pada hari itu, ia boleh memilih menu untuk makanan berbuka.

Selain hadiah harian boleh juga ditambah dengan hadiah mingguan. Jika ia berhasil puasa satu minggu penuh, ia boleh memilih mainan yang ia sukai. Hadiah bulanan misalnya jika ia berhasil puasa satu bulan penuh maka ia boleh mendapatkan sepeda baru. Konsep hadiah tidak harus berupa benda atau materi, boleh diganti dengan hal-hal lain yang membuat anak senang.

Ketika tahapan ini sudah berlalu, mulai kenalkan anak dengan konsep penghargaan dari Allah bagi orang yang berpuasa yaitu pahala yang berlipat ganda. Katakan juga manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

#3 Temani Anak Ketika Berpuasa
Banyak anak yang merasa bosan dan loyo saat berpuasa karena tidak ada kegitan. Dengan menemaninya bermain atau melakukan aktivitas menyenangkan selama siang hari bulan Ramadan, anak pasti akan merasa senang dan kejenuhannya pun hilang.

Kegiatan yang direkomendasikan saat berpuasa misalnya adalah bermain teka-teki, menyusun puzzle, membangun lego, membaca buku cerita bergambar, dan banyak lagi    yang lainnya.

Bagaimana, apakah kamu memiliki cara lain yang dapat membuat anak kecil semangat dalam berpuasa? Jika ada, bagikan di kolom komentar ya.[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates