Wednesday, November 7, 2018

[Fiksi] Suatu Sore di Stasiun

"Kubilang kan gak perlu nganter sampai sini." Aku merengut kepada lelaki yang baru duduk di sampingku.

"Ya siapa tahu kamu nggak sanggup jalan sampai naik kereta kan," katanya sambil menyengir.

"Sialan," kataku sambil menonjok bahunya.

"Mau?" tanyanya sambil menyodorkan kacang yang baru saja dibelinya dari pedagang asongan yang baru saja lewat di depan deretan kursi kami.

http://daenggassing.com

Aku menggeleng.

"Kenapa, masih sedih?" ujarnya menyelidik wajahku.

Monday, October 29, 2018

Berjuang di Pulau Buru

Bukan, ini sama sekali bukan salah satu cerita tentang travellingku. Lagipula, aku belum pernah ke Pulau Baru. Dengar namanya pun dari buku sejarah sebagai tempat pengasingan Bung Karno. Jadi, postingan ini tentang apa dong?

Dua bulan yang lalu, aku bergabung dengan sebuah program dari komunitas One Day One Post (ODOP). Sesuai nama komunitasnya, programnya mewajibkan seluruh peserta untuk memposting satu tulisan satu hari di blog pribadi.

Sunday, October 28, 2018

Definisi Hukum Liebig pada Ikan atau Hewan Air


Catatan: Artikel ini kubuat untuk memenuhi tugas untuk mata kuliah Ekologi. Boleh dikutip, asal menyebutkan sumber blog ini dan sumber lainnya yang terdapat pada daftar pustaka di bagian akhir artikel.
Pada tahun 1840 Justus von Liebig, seorang pakar kimia dari Jerman, memprakarsai suatu kajian yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terhadap pertumbuhan tanaman. Dia berpendapat bahwa hasil dari suatu panen tanaman sering dibatasi oleh nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang banyak seperti karbon dan air. Dia juga menemukan bahwa kekurangan posfor seringkali merupakan faktor yang membatasi pertumbuhan tanaman tersebut. Penemuan ini membawa pada pemikiran bahwa adanya faktor penentu yang mungkin membatasi produktivitas tanaman.

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita dan Cara Mengatasinya

“Aduh rambutku rontok lagi”

Begitulah kira-kira ekspresi kecemasan para wanita saat mendapati rambut mereka jatuh di lantai atau tersangkut di sisir. Para wanita adalah Ratu Cemas dalam dunia Penampilan dan Kecantikan. Salah satu yang mereka khawatirkan adalah kerontokan rambut-rambut mereka setiap harinya. Mereka mungkin takut rambut mereka habis atau mengalami kebotakan jika setiap harinya harus rontok. Sebenarnya ada apa dengan rambut rontok pada wanita jika ditinjau dari sudut pandang biokimia dan hubungannya dengan kesehatan atau kebiasaan tubuh kita?

Rambut rontok sebenarnya wajar dialami oleh semua orang, apalagi wanita yang notabene rambutnya lebih banyak dari pria, tapi jika kerontokkan rambutnya tersebut masih dalam batas jumlah tertentu. Jika rambut yang rontok melebihi dari jumlah kewajaran, nah inilah yang perlu dicurigai.

hellosehat.com

Pillow Talk: Festival Belanja 11.11 dari Lazada Indonesia

Seberapa greget pillow talk kamu? Simak deh, percakapan absurd menjelang tidur ini.

R: Kak, untuk ultah kamu nanti mau kado apa?
T: Hah, masa kado request sih. Enggak surprise itu namanya.
R: Daripada aku beli barang tapi nanti enggak kepake, hayo?
T: Emang ya, kamu fungsional sekali. Sampai kado pun harus yang berguna.
R: That’s right! (Menepuk dada.)


T: (Mikir) Apa ya, terserah Adek aja deh.
R: Aku beliin skincare, mau?
T: Yee, itu sih maunya kamu. (Pura-pura cemberut.)
R: Ya makanya, request dong biar aku tahu apa yang kamu mau.

Saturday, October 27, 2018

Program Bank Sampah

Waktu magang dulu, aku mengangkat tema laporan untuk mata kuliah Kerja Praktik dengan tema Bank Sampah. Karena aku dulu magang di Sub Bidang Daur Ulang Sampah dengan salah satu program andalannya adalah Bank Sampah. Di Yogyakarta, aplikasi Bank Sampah di tingkat masyarakat sudah cukup baik. Oleh karena itu, aku senang mengambil tema ini karena bisa belajar langsung ke lapangan.

Sebelum aku membagikan hal-hal terkait dengan bank sampah ini, aku mau bercerita sedikit tentang laporan kerja praktikku yang berjudul “Program Bank Sampah oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta”. Perjuangan menyelesaikannya benar-benar satu tingkat di bawah skripsi. Untungnya, aku mendapat nilai memuaskan ketika selesai mempresentasikannya di depan pembimbing internal dan teman-teman mahasiswa.

Kebanggaanku lainnya berkat laporan ini aku jadi punya banyak bahan bagus untuk karya tulis tingkat nasional. Sekitar tahun 2014, satu tahun setelah magang aku mengikuti seleksi Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) mengambil tema yang sama. Dengan Judul “Program Bank Sampah Kota Yogyakarta Sebagai Wujud Pengelolaan Sampah Di Tingkat Komunitas”, artikelku berhasil menjadi salah satu penerima award dari DIKTI. Yeay!

Thursday, October 25, 2018

Danau Seran Banjarbaru

Danau Seran Banjarbaru beberapa tahun terakhir ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Banjarbaru. Hal ini karena perpaduan antara pemandangan alam yang indah dengan kualitas fasilitas yang disediakan oleh pengelola di sana cukup bagus. Kuakui, usaha pemerintah Kota Banjarbaru untuk meningkatkan kualitas tempat wisata di Banjarbaru semakin baik.




Danau Seran sebenarnya adalah sebuah danau sisa pertambangan intan di masa lalu. Danau buatan ini kemudian berisi air yang sangat jernih dan berwarna kehijauan. Setelah semakin banyak orang yang berkunjung ke sana, maka dibangunlah berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan wisata.
 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates