Saturday, May 25, 2019

Tiga Aplikasi Android yang Berguna saat Ramadan


Kebutuhan teknologi di zaman sekarang meningkat dengan tajam. Bahkan untuk urusan religi, kita memerlukan teknologi untuk  mempermudahnya. Kali ini aku akan mereview tiga aplikasi Android yang berguna pada saat Ramadan.


#1 My Quran
Aplikasi Alquran digital ini sebenarnya bukan hanya berguna pada saat Ramadan, tapi juga di bulan lainnya. Namun intensitas membaca Alquran yang lebih sering pada saat Ramadan sangat dimudahkan oleh aplikasi ini.

Karena berada di smartphone yang notabene selalu dibawa kemana pun, membaca Alquran jadi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dari sekian banyak aplikasi Alquran yang berada di Play Store aku cukup cocok dengan aplikasi My Quran ini.


Menunya mudah kupahami. Alquran bisa dibuka berdasarkan juz atau surah, di menu surah juga bisa langsung dipilih mau ayat ke berapa. Simpel deh pokoknya. Hanya saja jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap harus berlangganan untuk versi full.

Selain Alquran, di aplikasi ini juga terdapat kumpulan doa, 99 Asmaul Husna, kalender hijriyah, menu khatam, menu hafalan, hingga jadwal salat. Sangat bermanfaat untuk menemani aktivitas selama Ramadan.

#2 Cookpad
Aslinya aku malas masak. Akibatnya aku tidak punya stok resep yang banyak di dalam otak. Padahal saat Ramadan kegiatan masak memasak jadi lebih sering daripada biasanya, terutama untuk menu makan sahur. Kalau menu berbuka mah biasanya aku sering beli. Nah, jika sedang bingung mau memasak apa aku selalu membuka aplikasi resep masakan bernama Cookpad.


Di sini disediakan banyak resep masakan dari yang praktis hingga njelimet. Aku sendiri tentu memilih resep-resep praktis. Alhamdulillah, menu sahur dan bukaku saat Ramadan jadi semakin kreatif berkat aplikasi ini.
            
#3 Alarm
Serius! Aplikasi alarm adalah salah satu aplikasi yang menjadi lebih sering kuutak-atik pada saat Ramadan. Dan yang lebih penting gunanya itu loh, sangat bermanfaat. Aku sendiri punya tiga jam penting yang kusetel di aplikasi alarm selama Ramadan.

Pertama, jam bangun sahur yaitu jam 4 dini hari. Mepet banget ya, ga sampai satu jam menuju imsak. Supaya tidak lama menunggu azan subuh, ntar keburu ngantuk lagi. Kedua, jam 6.45 waktunya bangun lagi setelah tidur habis subuh. Kenapa harus bangun? Aku harus kerja Gengs, Senin-Jumat. Weekend alarm ini bisa diabaikan.


Dan yang terakhir jam 10 malam, ini alarm tidurku. Iya, selain bangun waktu berangkat tidur malam pun harus diatur agar bangun sahur lebih mudah. Kalau tidak, aku pasti akan kebabalasan tidur entah karena main media sosial atau keasyikan bekerja di depan laptop.

Itu dia tiga aplikasi android yang berguna pada saat Ramadan. Mari isi smartphone kita dengan aplikasi yang berguna dunia akhirat agar hidup kita menjadi semakin berkah.[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates