Saturday, June 1, 2019

Kuliner Hari Raya Idul Fitri Khas Barabai

Salah satu yang paling ngangenin di hari raya adalah kulinernya. Ada berbagai macam makanan tersedia saat lebaran. Rasanya lupa baru saja melaksanakan puasa sebulan penuh demi  melihat penganan-penganan tersebut.


Kali ini aku akan berbagi mengenai beberapa penganan yang sering hadir di rumah ketika Idul Fitri khususnya khas Kota Barabai. Simak ya.

#1 Kue Apam
Barabai memang terkenal dengan kuliner khas wadai (kue) apam. Namun, kue apam yang biasanya dijual di pasaran berbentuk bulat kecil. Di rumahku penganan ini saat lebaran dibuat dengan dikukus di atas loyang bundar.


Ketika disajikan baru dipotong kecil-kecil di atas piring. Rasanya tergantung yang membuat sih. Kue apam favoritku itu buatan ibu dan nenekku. Mereka satu resep kayaknya, sama-sama enak.

#2 Tapai (Tape) Beras
Tapai beras ini khas banget dibikin saat akan lebaran. Karena di rumah tidak ada yang bisa bikin tapai beras, jadi biasanya bikinnya ke orang lain. Keahlian membuat tapai beras ini cukup sulit loh. Tidak bisa sembarangan.


Seperti jenis tape yang lain, tapai beras ini juga membutuhkan proses fermentasi dalam memasaknya. Jadi harus dibikin beberapa hari sebelum lebaran. Karena rasanya yang cukup kuat maka tidak disarankan memakan tapai ini terlalu banyak karena bisa menyebabkan sakit perut.

#3 Ketupat
Ketupat biasanya dimasak oleh ibu mertuaku. Rasanya enak dan bikin nagih. Aku yang biasanya makannya kebanyakan langsung mules karena kuah santannya yang cukup kuat.


#4 Kue Rokok
Di daerah lain entah apa nama kue ini. Di sini dinamakan kue rokok karena bentuknya yang menyerupai rokok. Sebenarnya ada juga yang bentuknya tidak seperti rokok, tapi dilipat empat begitu dari adonan dasarnya yang berbentuk lingkaran. Kue ini renyah, kalau mulai memakan bisa lupa berhenti.


#5 Kue Bolu
Kue bolu ini biasanya kami bikin sendiri karena punya peralatannya di rumah. Dibikin bukan untuk dihias tapi untuk langsung dimakan. Sekarang-sekarang kami kadang tidak lagi menggunakan resep manual. Tinggal beli tepung yang hampir jadi itu, campur dengan telur. Langsung kukus atau panggang, jadi deh.


Dari kelima penganan tersebut, mana yang lebih kamu suka Gengs?

Artikel Terkait

27 komentar:

duniamasak said...

kue apem paling TOP ya :D

Ali Muakhir said...

Eh, itu kok tape berasnya nggak dibungkus daun ya? Apa sudah dibuka bungkusnya? Soalnya paling enak makan tape beras kalau ada airnya hehe

Diah Kusumastuti said...

Itu yang tapai beras unik kayaknya. Penasaran gimana rasanya. Kalau niasanya yang aku makan tuh tape ketan atau tape singkong, ini kok ada tape beras. Hihi.
Kalau sudah jadi makanan khas, tuh, suka bikin kangen gitu yaa 😊

mude said...

Di daerahku kue rokok namanya kue semprong, duh udah lama bgt gk nyobain kue semprong,dlu biasanya kalau ada hajatan suka disajikan , tapi skrg jarang.

Khoirur Rohmah said...

Di tempatku kue rokok juga ada namanya sendiri mbak, aku lupa tapi apa sih nama itu kuenya hahaa. yang pasti jarang banget ditaruh dimeja, kecuali di rumah mbah baru ada hehee
AKu baru tahu ada tu tape beras, kalau di rumah tape yg basah dibungkus daun pisang itu mbak hheheee
Di rumah aku jarang ada ketupat saat lebaran kecuali di satu minggu setelah sholat id baru ada ketupat mbak hehehee

Dian Ravi said...

aku sedih dua lebaran ga ketemu ketupat. hicks..... biasa aku lebaran di rumah nenek di bandung, dari kecil. Termanjakan dengan makanan khas mulai ketupat, kare, opor, sate. Tapi dua tahun ini aku pulang ke rumah ibu mertua dan belajar dengan tradisi yang beda. Ga ada menu lebaran.

Ruli retno said...

Apam itu kusuka tp gak pernah nemu kalo lebaran.mungkin kalo di barabai bnyak ya.bolu deh favorit ku

khairiah said...

Kue rokok itu di aceh juga ada kue seprit kalo nggak salah, btw panganan lebarannya aku suka semua walau tapaiberas belum pernah nyobain tapi udah kbyng enaknya

Nurul Fitri Fatkhani said...

Kue Tapai Beras kayaknya sudah jarang sekali saya temukan akhir-akhir ini. Kalau kue yang lain, saya masih suka melihatnya di pasar.

April said...

No 1 dan 2 itu kyknya aku blm pernah menjumpai di Jawa dan blm pernah nyicip juga. Jadi penasaran kyk apa rasanya.
Kalau ketupatnya biasanya dimakan sama apa mbak?

Rhoshandhayani KT said...

Sek sek. Ketupatnya kok beda ya sama di kotaku.
Hmm di aku, warnanya seragam. Kalo di Barabai kok ketupatnya motifnya kayak coklat muda - coklat tua ya. Campur gitu loh warnanya. Di aku ya seragam warnanya

Rani Yulianty said...

Kalau lebaranb memang paling seneng ya dengan kue-kue khasnya, pengen deh cobain kue apam khas Barabai, penasaran sama rasanya, sama tidak ya dengan kue apem di sini

lendyagasshi said...

Ketupaatt...
Sebenarnya lontong biasa yaa...tapi karena bentuknya ketupat, jadi terasa istimewa.

Alhamdulillah,
makanan yang dirindukan bisa dinikmati bersama keluarga.

@blogger_eksis said...

Semua kulinernya memang khas yaa bisa jadi sajian lebaran dan momen apa saja.

Oia untuk yang kue rokok itu kok mirip sama Astor atau Semprong yaa??

Nufa Zee said...

Kue rokok😍klo di Medan namanya kue kipas 😁 yang Tape beras itu sepertinya enak

Tika said...

Penasaran sama tapai beras. Sama gak ya dengan tape ketan? Di sini adanya tape ketan

Fadli Hafizulhaq said...

Tampak enak kue-kuenya. Di tempat saya juga ada kue apam, dan kue rokok itu kayaknya sama dengan kue sapik di kampung saya, cuma gak digulung sekecil itu :D

Ilham Sadli said...

Kue rokok, ketupat, rengginang, kongguan banyak aku jumpai 😂

Astina R said...

kue rokok di sana bilangnya kak? hahaha auto kaget, kirain tadi rokok beneran,,haha

Lina W. Sasmita said...

Tapai beras ini unik. Baru kali ini saya lihat. Btw apa memang terbuat dari beras mentah atau dibuat Nasi dulu?

Mildaini said...

aku mau nyobain semuanya nih, tapi kalo ingat asma urat, jadi mundur teratur. lagi pilih2 makanan saya dek, sebab mencegah katanya lebih baik yah

Endah Asmowidjoyo said...

Aku kangen kue apem huhuhu..

Sri Widiyastuti said...

Kue apam Kusuka. Itu tape ketan itu sama dengan tape ketan yang di Jawa barat ga ya? Kok bentuknya agak lain ya?

Dewi Rieka said...

Penasaran dengan kue apem dan kue tape beras kayaknya enak dan unik cara bikinnya yaa...jadi kangen lebaran kalau begini yaa hehe

Ahmad Lamuna said...

Tape beras. Kalo di Jakarta ada namanya tape uli. Dari ketan di campur jadah

Fahry Alamsyah said...

Di semua daerah kayaknya semua ada kue apam yah walau variannya yang sedikit berbeda-beda. Tapi kalo tape beras kayaknya baru tau deh hehe

kokonata said...

Kue Apem favoritku nih. Di Palembang saat kecil dulu, ibu sering bikin kue apem sendiri. Padahal Kalimantan - Palembang jauh, ya...

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates