Saturday, June 1, 2019

Kuliner Hari Raya Idul Fitri Khas Barabai

Salah satu yang paling ngangenin di hari raya adalah kulinernya. Ada berbagai macam makanan tersedia saat lebaran. Rasanya lupa baru saja melaksanakan puasa sebulan penuh demi  melihat penganan-penganan tersebut.


Kali ini aku akan berbagi mengenai beberapa penganan yang sering hadir di rumah ketika Idul Fitri khususnya khas Kota Barabai. Simak ya.

#1 Kue Apam
Barabai memang terkenal dengan kuliner khas wadai (kue) apam. Namun, kue apam yang biasanya dijual di pasaran berbentuk bulat kecil. Di rumahku penganan ini saat lebaran dibuat dengan dikukus di atas loyang bundar.


Ketika disajikan baru dipotong kecil-kecil di atas piring. Rasanya tergantung yang membuat sih. Kue apam favoritku itu buatan ibu dan nenekku. Mereka satu resep kayaknya, sama-sama enak.

#2 Tapai (Tape) Beras
Tapai beras ini khas banget dibikin saat akan lebaran. Karena di rumah tidak ada yang bisa bikin tapai beras, jadi biasanya bikinnya ke orang lain. Keahlian membuat tapai beras ini cukup sulit loh. Tidak bisa sembarangan.


Seperti jenis tape yang lain, tapai beras ini juga membutuhkan proses fermentasi dalam memasaknya. Jadi harus dibikin beberapa hari sebelum lebaran. Karena rasanya yang cukup kuat maka tidak disarankan memakan tapai ini terlalu banyak karena bisa menyebabkan sakit perut.

#3 Ketupat
Ketupat biasanya dimasak oleh ibu mertuaku. Rasanya enak dan bikin nagih. Aku yang biasanya makannya kebanyakan langsung mules karena kuah santannya yang cukup kuat.


#4 Kue Rokok
Di daerah lain entah apa nama kue ini. Di sini dinamakan kue rokok karena bentuknya yang menyerupai rokok. Sebenarnya ada juga yang bentuknya tidak seperti rokok, tapi dilipat empat begitu dari adonan dasarnya yang berbentuk lingkaran. Kue ini renyah, kalau mulai memakan bisa lupa berhenti.


#5 Kue Bolu
Kue bolu ini biasanya kami bikin sendiri karena punya peralatannya di rumah. Dibikin bukan untuk dihias tapi untuk langsung dimakan. Sekarang-sekarang kami kadang tidak lagi menggunakan resep manual. Tinggal beli tepung yang hampir jadi itu, campur dengan telur. Langsung kukus atau panggang, jadi deh.


Dari kelima penganan tersebut, mana yang lebih kamu suka Gengs?

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates