Wednesday, July 10, 2019

Fruit of The Year on International Fruit Day #FBBKolaborasi

Buah adalah salah satu hasil dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia. Meskipun sama-sama mengandung banyak vitamin dan gizi yang diperlukan tubuh, dibandingkan dengan sayur aku lebih suka mengonsumsi buah.

Hal ini karena dari segi rasa, buah lebih bervariasi dan ‘enak’ jika dibandingkan dengan sayuran. Selain itu, penyajian buah juga lebih praktis dan bervariasi. Cara favoritku dalam mengonsumsi buah adalah dengan cara dimakan langsung, dibikin pencok (semacam asinan), dan dibuat salad.


FBB Kolaborasi bulan Juli ini bertema International Fruit Day. Aku ikut FBB Kolaborasi ini dong karena tertarik dengan tema unik ini. Meskipun perayaan yang jatuh di setiap 1 Juli ini tidak familiar di Indonesia, tapi menurutku layak untuk digaungkan agar kesadaran makan buah di Indonesia semakin tinggi. Selain karena nutrisinya yang memang bagus untuk tubuh, juga karena jumlah jenis buah lokal di Indonesia cukup banyak.

Perayaan Hari Buah Internasional ini awalnya dimulai di Jerman oleh sekelompok orang dengan konsep berbagi buah yang disukai kepada orang lain. Perayaan Hari Buah yang pertama kali diadakan di Taman Maeur, Jerman pada tanggal 1 Juli 2007. Menariknya di setiap tahun perayaan ada buah yang dinobatkan sebagai Fruit of The Year.

Nah, kali ini aku akan memperkenalkan buah-buah yang berhasil menjadi buah favorit dari tahun 2007 hingga 2019 pada perayaan International Fruit Day. Daftar Fruit of The Year ini juga disertai dengan moto tahunan pada setiap selebrasi.

2007 - Strawberry (Come together)

2008 – Raspberry (Together in Diversity)

2009 – Apel (Creativity and Innovation)

2010 – Nanas (Combat Poverty and Social Exclusion)

2011 – Mangga (Volunteering)

2012 – Cherry (Active Ageing and Solidarity Between Generations)

2013 – Fig (Share Fruit and Smiles)

2014 – Pear (Create Positive Messages)

2015 – Blueberry (Our World, Our Fruit, Our Future)

2016 – Jeruk (Spice Up Your Life)

2017 – Quince (Reformation Our Food)

2018 – Kiwi (Cherish Others)

2019 – Pepaya (Flirt with More Fruit)


Proses pemilihan buah favorit setiap tahun ini dilakukan dengan cara voting. Untuk tahun 2019 ini, buah papaya memenangkan voting dari 9 buah kandidat lainnya. Para peserta voting adalah orang-orang dari SOS-Kinderdorf Berlin secara online.

Kayaknya seru ya. Semoga di Indonesia juga bakal ada event yang menggaungkan buah sebagai asupan nutrisi penting untuk tubuh. Pesan penting lainnya dengan adanya Hari Buah ini adalah kesadaran untuk saling berbagi dengan sesama.[]

Tulisan ini diikutsertakan dalam FBB Kolaborasi Bulan Juli.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates