Thursday, May 23, 2019

Budaya Merantau dan Mudik

Aku agak clueless kalau harus bercerita tentang mudik. Masalahnya adalah aku (dan keluarga) tidak mudik kemana-mana. Mama papa tinggal di kota yang sama dengan kakek-nenek, aku dan suami juga bahkan tinggal di kota yang sama. Boleh dibilang, keluarga kami bukan perantau lama dan jauh.


Papa pernah kerja jauh tapi hanya pergi sendirian, tidak memboyong kami sekeluarga. Sebulan sekali dulu beliau pulang. Sekarang, beliau sudah pensiun dan digantikan oleh adikku. Adikku yang bekerja di sektor yang sama tapi beda perusahaan sekarang hanya pulang saat waktu cutinya datang, sekitar dua bulan sekali. 

Wednesday, May 22, 2019

Nostalgia Ramadhan

Ada beberapa hal yang paling kuingat tentang Ramadhan ketika aku masih kecil dulu.


Bermain saat tarawih
Ketika orang-orang dewasa sedang sibuk tarawih, aku dan teman-temanku malah bermain-main (begaya -dalam bahasa Banjar). Aku ingat sekali, dulu itu kami malas sekali tarawihnya tapi tetap senang datang ke surau. Mungkin karena ada motivasi bermain-mainnya itu kali ya. Entah apa yang kami lakukan, yang jelas “permainan” kami menimbulkan keributan dan sering membuat jamaah ibu-ibu di shaf depan memarahi kami. Untuk menyiasatinya, ketika akan duduk tasyahud terakhir, kami cepat-cepat berada dalam posisi tersebut. Sehingga seusai salam, ibu-ibu bingung mau memarahi siapa, karena yang terlihat kami semua ikut shalat juga. Hihi. Kalau capek bermain-main, kami akan rebahan saja di atas sajadah.

Tuesday, May 21, 2019

Zakat dan Sedekah di Bulan Ramadan

Di bulan puasa seperti ini, pengeluaran amal berupa zakat dan sedekah semakin banyak dilakukan oleh orang-orang. Selain pahalanya yang lebih besar jika dibandingkan dengan bulan lain, zakat dan sedekah juga membuat orang yang melakukannya bahagia.

Bahkan di Alquran disebutkan bahwa zakat berfungsi untuk membersihkan harta. “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (QS. At-Taubah: 103). Lalu apa perbedaan zakat dan sedekah? Yuk, kita bahas satu persatu.

Zakat merupakan jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang ditentukan oleh syariat Islam. Zakat sendiri banyak jenisnya, dua diantaranya yang dikeluarkan pada bulan Ramadan adalah zakat fitrah dan zakat profesi. 

Monday, May 20, 2019

Bedak Tabur Wardah vs Bedak Padat Wardah

Seperti yang kalian tahu aku adalah pecinta produk Wardah, baik skincare maupun makeup-nya. Produk lokal yang satu ini memang kualitasnya bagus-bagus dan yang terpenting cocok di kulit aku. Selain itu, produknya mudah didapat di gerai-gerai yang tersebar di kota kecilku. Aku tidak harus belanja online untuk membelinya, sayang ongkos kirimnya Sist. Salah satu produknya yang cocok di wajahku adalah bedak Wardah.


Bedaknya sendiri ada dua jenis, bedak tabur dan bedak padat. Aku memakai keduanya dengan urutan bedak tabur terlebih dahulu baru kemudian dilapisi dengan bedak padat. Jika tidak untuk pergi lama dan jauh, aku hanya pakai bedak tabur. Karena tekstur bedak padat Wardah lebih tebal teksturnya, jadi agak susah dibersihkannya.

Sunday, May 19, 2019

Tips Menggunakan Uang THR

Di pertengahan bulan puasa seperti sekarang ini, Tunjangan Hari Raya (THR) mulai ramai diperbincangkan. THR sendiri biasanya diberikan oleh suatu instansi/perusahaan kepada para karyawannya. Besaran nilainya beragam, ada yang nilainya sama dengan satu bulan gaji, setengahnya, atau tergantung atasan.


Masalahnya adalah tidak semua orang mendapatkan THR. Boleh jadi karena tempat kerjanya tidak sanggup mengeluarkan THR atau bisa juga hanya diganti dengan paket Ramadan berupa sembako, atau bahkan karena yang bersangkutan tidak bekerja di bawah pimpinan siapa pun.

Saturday, May 18, 2019

Perawatan dan Gaya Rambut ala Wanita Berjilbab

Wanita berjilbab pentingkah merawat dan menata gaya rambut? Tergantung pribadi masing-masing sih ya. Aku sendiri sebagai perempuan yang berjilbab sejak akil balig, baru menyadari perlunya merawat dan memperhatikan gaya rambut. Kok bisa?


Iya, dulu aku selalu berpikir tidak perlu memperhatikan rambut karena toh tidak ada yang bisa melihat selain para mahram yang notabene orang-orang terdekat. Lagipula dulu aku merasa rambutku baik-baik saja, mau digimana’in lagi paling mentok begitu-begitu juga.

How I Study with(out) Ruangguru


Aku barusan selesai nonton videonya Gita Savitri Devi yang berjudul How I Study. Aku tertarik dengan perubahan cara belajarnya dari SMA, persiapan kuliah, hingga saat kuliah. Di SMA dia termasuk anak yang malas belajar, lebih tepatnya tidak tahu cara belajar yang tepat. Tapi ketika sudah berada di Jerman dan mengikuti program persiapan kuliah, dia berpikir harus merubah cara belajarnya. Karena ya kalau gagal risikonya besar dan yang jelas menghabiskan biaya yang tidak sedikit.


Selain itu, aku menemukan beberapa kesamaan metode belajar Gita denganku saat di sekolah dulu. Waktu di SMA aku juga merasa agak bodoh. Mungkin karena di sekolah aku dikelilingi oleh teman-teman yang pintar. SMA-ku memang sekolah unggulan tempat berkumpulnya siswa-siswa terbaik dari seluruh kabupaten.

Friday, May 17, 2019

Lima Inspirasi Tunik Modern untuk Wanita

Tunik adalah jenis pakaian wanita berupa atasan yang panjangnya biasanya hingga ke lutut. Jenis pakaian ini banyak dipakai oleh remaja dan wanita dewasa muda karena alasan kepraktisan. Dengan ukuran bajunya yang tidak pendek (hanya sampai pinggul) dan tidak terlalu panjang (sampai mata kaki), tunik bisa menjadi alternatif pakaian bagi wanita yang sibuk dan banyak aktivitas.

Tunik Modern

Seiring dengan perkembangan zaman, model tunik mulai bermacam-macam. Tidak lagi sekadar polos dan satu warna. Hal ini tentu merupakan kabar gembira bagi para pecinta tunik. Berikut kurekomendasikan lima buah tunik modern yang cocok dipakai oleh para wanita muda.

Thursday, May 16, 2019

Cara Menggunakan Panci Presto yang Aman


Assalamualaikum, Sahabat. Sudah masuk hari ke-11 Ramadan nih. Mau buka menu apa hari ini? Atau sudah punya rencana memasak sendiri untuk berbuka? Yang belum punya bayangan ingin memasak apa, aku rekomendasikan untuk memasak menggunakan panci presto.


Ada banyak menu yang bisa diolah menggunakan panci dengan tekanan tinggi ini. Beberapa di antaranya yaitu daging sapi, bandeng, dan bebek. Iya, jenis bahan makanan  yang dimasak di dalam panci presto biasanya memang yang memiliki tekstur keras seperti daging sapi dan bebek, atau ikan yang banyak durinya (dan ingin dihancurkan) seperti bandeng.

Wednesday, May 15, 2019

Tips Mengurangi Bau Mulut saat Puasa

Sudah menjadi rahasia umum, saat puasa bau mulut seseorang biasanya tercium lebih kuat jika dibandingkan saat tidak puasa. Hal ini karena selama seharian kita tidak makan dan minum, sehingga mengurangi produksi saliva (air liur) yang berperan sebagai antiseptik alami. Kondisi kering pada mulut akan memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak sehingga akan menghasilkan bau yang lebih kuat daripada biasanya. 


Lalu bagaimana caranya menghilangkan atau meminimalisir bau mulut karena hal ini tentunya akan membuat kita tidak percaya diri dan malu berbicara dengan orang lain.

Meskipun Rasul mengatakan bahwa bau mulut orang berpuasa itu baik, tapi tetap saja kita harus meminimalisirnya. Jika mulut yang bau saja lebih harum daripada minyak misk, maka bagaimana mulut orang berpuasa yang tidak bau. Pasti derajatnya lebih tinggi di sisi Allah.

Tuesday, May 14, 2019

Tips Memutihkan Gigi secara Alami

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Selain fungsinya untuk mengunyah makanan, gigi juga berperan sebagai penghias mulut. Sayangnya, ‘hiasan mulut’ ini harus bersih dan putih agar bisa dapat dilihat dengan nyaman.


Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memutihkan gigi. Sayangnya, tidak semua cara memutihkan gigi aman karena terlibatnya bahan-bahan kimia. Berikut ini beberapa tips memutihkan gigi secara alami karena lebih aman.

#1 Baking Soda dan Air Jeruk Nipis
Campurkan satu sendok teh soda kue dan satu sendok teh air jeruk nipis bersamaan. Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan pasta yang sudah jadi selama dua sampai tiga menit. Bilas sampai bersih dan ingat untuk tidak membiarkannya lebih dari dua menit. Soda kue akan membantu mengurangi noda dan air jeruk nipis adalah zat yang dapat menghilangkan perubahan warna.

Ruangguru untuk Guru Zaman Now

Jadi guru zaman now itu susah-susah gampang. Susah karena tantangannya semakin banyak. Mulai dari perilaku siswa hingga kurikulum pelajaran yang bergonta-ganti. Gampang karena zaman sekarang sudah banyak fasilitas digital yang mendukung aktivitas mengajar guru.
 
Ruangguru untuk Guru Zaman Now


Suamiku adalah seorang guru di sebuah madrasah aliyah, sekolah agama setingkat SMA. Karena lokasi sekolahnya itu ada di pelosok, otomatis siswa-siswanya pun berasal dari desa-desa terdekat. Minat belajar di pelosok tidak bisa dibilang tinggi, sudah mau masuk kelas saja sudah syukur.

Monday, May 13, 2019

Lima Langkah Perawatan untuk Mendapatkan Wajah Cerah

Memiliki kulit wajah yang cerah adalah dambaan setiap wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa kulit wajah yang cerah akan membuat penampilan semakin menarik sehingga meningkatkan kepercayaan diri.


Sedangkan kondisi kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya akan membuat seseorang menjadi minder. Kabar buruknya tidak semua orang lahir dengan kondisi kulit wajah yang putih dan bersih. Bagi sebagian orang, kulit yang putih harus dicapai dengan beberapa usaha. Berikut adalah lima tips mencerahkan wajah.

#1 Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah adalah hal penting yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah cerah. Selalu bersihkan wajah setelah bangun dan sebelum tidur. Membersihkan wajah dapat dilakukan dengan mencuci wajah dengan air dengan pembersih wajah andalan.

Sunday, May 12, 2019

Tutorial Makeup Natural untuk Wanita Berjilbab

Serum C-defense Wardah
Serum dengan vitamin C ini sudah satu kali ku-repurchase karena manfaatnya terasa sekali di wajahku. Aku biasa menggunakannya malam sebelum tidur, ketika bangun pagi kulit wajah terasa lebih kencang dan sehat. Kemasannya yang berbentuk tube kecil dengan tutup berbentuk pipet membuatnya terlihat sangat mungil. Isinya hanya 17 ml, meski begitu aku bisa menghabiskan waktu hampir 2 bulan untuk menghabiskan satu botolnya. Oya, harganya sekitar 70K. Harga tersebut termasuk murah untuk jenis serum yang biasanya di atas 100K.


Lip Balm Orange Wardah
Masih dari merk yang sama, Wardah, skincare yang satu ini adalah lip balm.Sebelumnya aku tidak pernah terpikir untuk menggunakan lip balm, tapi setelah kulit bibirku kering dan agak mengelupas (mungkin karena keseringan menggunakan lipstik) aku mulai menggunakannya. Aku memilih lip balm dengan rasa dan aroma jeruk, segar. Lip balm Wardah ini cocok di bibirku karena melembabkan, aku menggunakannya sebelum pakai lipstik dan sebelum tidur. Cara penggunaannya juga cukup mudah, tinggal dioles ke bibir langsung dari kemasannya yang bundar kecil. Harga jualnya sekitar 20K dengan berat 6,5 gram.

Saturday, May 11, 2019

Tips Memaksimalkan Diskon Belanja Online

Siapa pun pasti suka mendapatkan diskon belanja. Apalagi saat belanja online, mendapatkan harga diskon itu terasa mendapatkan durian runtuh. Bahagia. Rasanya senang saja melihat biaya yang bisa dihemat berkat diskon. Dibandingkan dengan belanja offline, kesempatan mendapatkan diskon lebih banyak saat belanja online. Lagipula, proses membandingkan harga di setiap toko dari barang yang sama lebih praktis.


Tapi untuk mendapatkan diskon saat belanja online itu cukup tricky. Tidak bisa didapatkan dengan mudah. Kali ini aku akan berbagi tips bagaimana cara memaksimalkan diskon belanja online berdasarkan pengalaman pribadi.

#1 Follow dan Subscribe Akun Toko Online

Untuk mendapatkan informasi diskon secara berkala, kita harus menjadi follower atau subscriber toko online atau marketplace tempat kita akan berbelanja. Dengan begitu, kita akan selalu mendapat email atau update mengenai diskon apa yang sedang berlangsung.

Friday, May 10, 2019

Keluarga Besar Indonesia

FBB Kolaborasi bulan Mei ini membahas tentang keluarga. Aku ikut setelah hiatus sekitar 3 bulan lebih. Beberapa bulan lalu aku memang agak hectic, sehingga melewatkan FBB Kolaborasi. Takut tidak terpenuhi target saat deadline, FBB Kolaborasi kan cukup ketat peraturannya.

Setiap orang ‘seharusnya’ punya keluarga besar. Karena meskipun dilahirkan sebagai anak tunggal atau memiliki anak tunggal, keluarga di sisi lain pasti ada dan banyak. Tinggal apakah keluarga-keluarga tersebut akrab atau tidak. Faktor keakraban inilah yang menentukan seseru apa keluarga besarmu.


                            
Akrab tidak akrab ini tidak selalu dipengaruhi oleh hubungan darah. Ada kok orang yang lebih akrab dengan sepupunya daripada dengan saudara kandungnya sendiri. Tapi yang akrab dengan keluarga karena pertalian darah juga banyak. Faktor yang paling berperan biasanya adalah tempat tinggal yang berdekatan, jadi lebih sering bertemu. 

Resep Nasi Goreng Praktis

Ada yang penasaran kenapa nasi goreng diberi nama nasi goreng? Enggak nasi tumis gitu, sesuai cara memasaknya. Kepo sebenarnya. Btw, di luar negeri pun penyebutan makanan ini fried rice kan ya.


Sedikit cerita tentang nasi goreng. Ada salah satu temanku di kantor yang males banget makan siang kalau menunya nasi goreng. Alasannya meski dimasak di restoran terbaik pun tetap saja bentuknya nasi yang digoreng, tidak berbeda dengan menu di rumah. Rupanya setiap sarapan dia dimasakin istrinya nasi goreng.

Thursday, May 9, 2019

Resep Soto Banjar Praktis

Ramadan sudah memasuki hari ke-4, Gaes. Alhamdulillah. Selain memperbanyak ibadah, sebagai perempuan kita juga harus tetap bersemangat memasak  menu untuk sahur dan berbuka.

Kali ini aku akan  share  resep  Soto Banjar praktis. Kenapa kusebut praktis? Karena aku orangnya anti ribet. Btw, resep soto banjar ini kudapat dari mama. Aku sendiri belum pernah praktik sendirian, masaknya pasti selalu sama mama.


Emm, kenalan dulu ya dengan  Soto Banjar.  Kalau orang-orang bersuku Banjar pasti sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini. Makanan khas dari Kalimantan Selatan ini  cukup berbeda dengan jenis soto lainnya di Indonesia.

Wednesday, May 8, 2019

Takjil Kreatif ala Skippy: Roti Panggang Buah

Tidak habis-habisnya jika membicarakan menu berbuka puasa. Selama ini kita sering menemui menu berbuka puasa yang mainstream di Indonesia berupa kolak, es buah, dan berbagai macam jenis kue basah.



Sebagai perempuan yang jarang dan kurang suka memasak, aku akan berbagi resep takjil kreatif ala Skippy. Sangat praktis dan cocok disajikan sebagai menu pembuka ketika bunyi beduk magrib terdengar.

Btw, sebelumnya aku bingung membuat nama untuk resep yang kukarang sendiri ini. Haha. Tapi kuputuskan untuk memberi nama Roti Panggang Buah. Ya, bahan utama takjil ini adalah roti tawar dan buah. Selain bisa dibuat es buah, potongan buah juga bisa diselipkan di antara tangkupan roti.

Tuesday, May 7, 2019

Lima Syarat Tempat Berbuka Puasa yang Nyaman

Tempat berbuka puasa favorit setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal ini karena   tingkat kenyamanan setiap orang di setiap tempat juga berbeda.  Aku sendiri punya banyak tempat buka puasa yang favorit, it’s mean aku gak terlalu pilih-pilih soal tempat. Wong dengan jenis menunya aja aku selow,  apalagi hanya masalah tempat.


Aku lebih mementingkan dengan siapa aku berbuka, jadi ini kayaknya relate dengan tema buka bersama sih. Kalau sedang sendiri atau bersama suami ya paling enak buka puasanya di rumah. Kami bisa lebih leluasa menyiapkan hidangan berbuka berupa takjil, sirop, hingga makanan inti jika di rumah. Meski begitu kami juga sering buka puasa di luar, di warung-warung makan favorit kami. Detail review mengenai ke-5 warung makan favorit tersebut bisa dilihat di sini.

Monday, May 6, 2019

Lima Langkah Membuat Momen Buka Puasa Lebih Berkah

Alhamdulillah, Ramadan sudah tiba. Kita bisa bertemu lagi dengan bulan yang berkah ini. Sebagai muslim, ini tentu adalah hadiah yang sangat besar dari Allah.

Salah satu momen yang paling berkesan di pulan puasa tentu adalah buka puasa. Meski kegiatan utamanya sama-sama makan, suasananya agak berbeda dengan hanya sekadar makan siang atau makan malam biasa.


Agar berkah yang kita dapat bertambah di bulan puasa ini, mari kita praktikkan lima langkah mudah ini pada saat berbuka.

1. Segera Berbuka saat Azan Magrib Tiba
Ya, menyegerakan berbuka adalah sunah dalam berpuasa. Tidak boleh melambat-lambatkan buka meskipun masih sanggup melaksanakan puasa. Bahkan, dianjurkan berbuka (ringan) terlebih dahulu baru melaksanakan salat Magrib.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates