Saturday, May 11, 2019

Tips Memaksimalkan Diskon Belanja Online

Siapa pun pasti suka mendapatkan diskon belanja. Apalagi saat belanja online, mendapatkan harga diskon itu terasa mendapatkan durian runtuh. Bahagia. Rasanya senang saja melihat biaya yang bisa dihemat berkat diskon. Dibandingkan dengan belanja offline, kesempatan mendapatkan diskon lebih banyak saat belanja online. Lagipula, proses membandingkan harga di setiap toko dari barang yang sama lebih praktis.


Tapi untuk mendapatkan diskon saat belanja online itu cukup tricky. Tidak bisa didapatkan dengan mudah. Kali ini aku akan berbagi tips bagaimana cara memaksimalkan diskon belanja online berdasarkan pengalaman pribadi.

#1 Follow dan Subscribe Akun Toko Online

Untuk mendapatkan informasi diskon secara berkala, kita harus menjadi follower atau subscriber toko online atau marketplace tempat kita akan berbelanja. Dengan begitu, kita akan selalu mendapat email atau update mengenai diskon apa yang sedang berlangsung.

#2 Perhatikan Syarat-syarat yang Diberikan

Ya, biasanya diskon tidak diberikan secara cuma-cuma. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Ada yang syaratnya harus beli beberapa pieces barang yang sama, ada juga yang syaratnya minimal sekian rupiah total pembelanjaan, hingga ada yang syaratnya hanya dengan menjadi member atau follower mereka. Perhatikan syarat-syarat ini. Jika bisa ikuti, jika tidak skip saja.

 

#3 Bandingkan Harga Antartoko

Salah satu kelebihan belanja online adalah kemudahan dalam membandingkan harga. Ketika kita sudah mengetahui spesifikasi barang yang ingin dibeli, tinggal pilih dengan harga terbaik. Ada banyak pilihan toko online dan marketplace yang menyediakan barang yang sama, tapi dengan harga berbeda.

#4 Manfaatkan Momen Tertentu

Diskon biasanya diberikan untuk memperingati hari-hari tertentu. Pilihlah momen yang tepat seperti Hari Ibu, Hari Kemerdekaan, dan sebagainya. Kalau perlu catat di sebuah kalender khusus agar selalu siap berburu promo jika tanggalnya tiba. Akan ada banyak pilihan diskon, tinggal pilih sesuai keinginan. Tapi biasanya untuk pembayarannya harus segera dilunasi dalam tempo singkat sebelum barang yang dipilih direbut pembeli lain.

#5 Masukkan Barang di Wishlist
Jika barang yang dibeli tidak terlalu mendesak dibutuhkan, masukkan barang-barang tersebut di fitur Whislist. Jika sudah musim diskon saatnya checkout barang-barang tersebut.

#6 Pilih Layanan Gratis Ongkir

Ongkos kirim merupakan salah satu item yang membedakan belanja di toko online dan toko offline. Besar ongkos kirim sendiri beragam, tergantung jarak toko ke rumah dan berat barang. Untukku yang tinggal di Kalimantan, jelas akan memilih toko yang menyediakan layanan gratis atau setidaknya subsidi ongkir. Biaya kirim zaman sekarang luar biasa tingginya, bahkan bisa jadi lebih mahal daripada harga barang yang dibeli.

 

#7 Beli Barang secara Kolektif

Jika ada teman yang ingin berbelanja di penjual yang sama, kumpulkanlah belanjaan dalam satu akun. Hal ini jelas akan menekan ongkos kirim. Selain itu kemungkinan mendapatkan diskon dari toko karena membeli lebih dari satu pieces jadi lebih besar.

 

Itulah tips-tips memaksimalkan diskon belanja online. Cus praktikkan agar mendapat keuntungan yang besar saat belanja online. []

Artikel Terkait

10 komentar:

mude said...

Sejak pindah ke kampung, aku jadi lebih sering belanja online, karena barang yang aku pengen kadang aada yag belum tersedia di minimarket deket rumah.
Biasanya iya aku masukin wishlist dlu tuh si produk impian, nanti bandingin deh harganya sm toko sebelah, beda seribu dua ribu juga lumayan.. hehee

Dian Ravi said...

Tips terakhir belum pernah nih aku lakukan, beli barang secara kolektif. Eh pernah deng. Dulu suka belanja bareng Mude. Tapi sekarang karena beda kota jadi ga bisa lagi. Harus mulai nyari partner jajan online baru.

Marfa U said...

Aku selalu memanfaatkan diskon atau gratis ongkir kak hehe. Sebenernya males juga sih gonta ganti apps marketplace tp nggak semua yg termurah di satu tempat sih hehe. Terus kdg aku ketik ulang keyword produk dan short yg plg murah, dapet deeehhh

lendyagasshi said...

Cucok niih...tipsnya.
Aku cuma instal 1 akun e-commerce, jadi memang ga bisa bandingin.
Tapi...suamiku punya lengkap.

Hhaha...sampai ada apps yang kalau mau beli mesti nawar dulu.
Aelaaa~

Pujiaman said...

Kalo barang seperti saya yg jauh dari pusat belanja online. Kami lebih mengutamakan murah, barang bagus dan bisa COD ..

Natalia Bulan Retno Palupi said...

Haha, bener banget ni! Yang paling aku sering lakuin itu, masukkin belanjaan ke wishlist, terus baru bener2 dibayar kalo udah musim diskon. xD

Tukang jalan jajan said...

yes.... aku paling sering woro woro ama temen untuk belanja bareng bareng biar dapet diskon gede karena beli dalam jumlah banyak plus ongkos kirimnya juga lebih murah dong ya. jadi... siapa yang mau belanja online bareng aku?

Rhoshandhayani KT said...

Manfaatkan promo atau voucher sebanyak-banyaknya.
Kalau aku sih, wajib ada free ongkir dan voucher spesial. Jadi, jatuhnya gak mahal2 banget

Pertiwi Yuliana said...

Wahaha aku melakukan semuanya dong! Emang dasar pencinta diskonan sejati ya gini nih. Mana kalo mau jajan dan cari barang urutinnya dari yang harga paling rendah, habis itu ngubek2 testi di tokonya satu2nya dulu. Baru deh~

Peri Hardiansyah said...

Pertama mulai dengan memperhatikan syarat dan ketentuannya dengan seksama ya, kalo gak teliti bisa-bisa malah rugi yang ada.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates