Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Lima Syarat Tempat Berbuka Puasa yang Nyaman

31 komentar
Tempat berbuka puasa favorit setiap orang tentunya berbeda-beda. Hal ini karena   tingkat kenyamanan setiap orang di setiap tempat juga berbeda.  Aku sendiri punya banyak tempat buka puasa yang favorit, it’s mean aku gak terlalu pilih-pilih soal tempat. Wong dengan jenis menunya aja aku selow,  apalagi hanya masalah tempat.


Aku lebih mementingkan dengan siapa aku berbuka, jadi ini kayaknya relate dengan tema buka bersama sih. Kalau sedang sendiri atau bersama suami ya paling enak buka puasanya di rumah. Kami bisa lebih leluasa menyiapkan hidangan berbuka berupa takjil, sirop, hingga makanan inti jika di rumah. Meski begitu kami juga sering buka puasa di luar, di warung-warung makan favorit kami. Detail review mengenai ke-5 warung makan favorit tersebut bisa dilihat di sini.


Jika bersama dengan keluarga besar kakek dari mama, tempat favorit buka bersama kami biasanya di rumah mama. Entah kenapa para sepupu lebih senang ngumpul di sini. Mungkin karena area indoor maupun outdoor-nya lebih lapang daripada di rumah paman atau bibi lainnya, bahkan dari rumah kakek sekali pun.

Jika sudah bukber dengan teman-teman, maka pilihan tempat berbukanya lebih beragam.  Jarang di tempat yang sama sih dari tahun ke tahun karena mungkin untuk mencoba suasana baru.

Aku sendiri cukup aktif mendatangi acara-acara bukber terselubung reuni ini. Jadi cukup tahu tempat berbuka favorit kebanyakan orang di Kota Barabai. Di posisi tiga besar menurutku ada Rumah Makan Wong Solo, Rumah Makan Kalijo, dan Depot AR.

Khusus buka bersama dari kalangan teman-teman SMP-ku , biasanya kita mengadakan acara bukbernya di rumah salah satu teman saja. Mungkin karena kita ingin lebih intens bertemu dan berbagi cerita, tidak bercampur dengan hiruk pikuk pengunjung lainnya.

Nah, dari berbagai tempat favorit buka puasa tersebut. Aku menyimpulkan ada lima syarat yang harus dipenuhi sebuah tempat agar bisa nyaman digunakan sebagai tempat berbuka. Check this out!
  1. Kebersihannya terjaga
  2. Ruangan tidak pengap dan sirkulasi udara lancar
  3. Terdapat musala atau lokasi dekat dengan masjid
  4. Tempat parkir luas
  5. Ada toilet umum yang bersih

Kalau kalian gimana, Gaes. Ada syarat lain yang harus dipenuhi agar suatu tempat bisa membuatmu nyaman dalam berbuka puasa? Jika ada, tambahkan di kolom komentar yak. []
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

31 komentar

  1. Itu yg 5 syarat wajib banget sih, apalagi kalo ada yg no 6 : free wifi wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Ada mbak... syaratnya ada yang nemenin hihi

    BalasHapus
  3. nah yang kadang yang lupa itu pas nentuin lokasi buka bersama itu : tempat sholat. kadang milih lokasi yang gk ada atau jauh dari tempat sholat. terus akhirnya jadi gelisah pas bukber. padahal itu yang paling penting. silahturahmi jalan, ibadah jalan.

    BalasHapus
  4. Syarat2 nya semuanya setuju banget, karena suami biasa gak mau kalau ditempat bukber itu gak ada musholla atau jauh dengan musholla karena nanti keasikan bukber malah lupa dengan ibadah

    BalasHapus
  5. Mushola ini penting banget menurutku supaya bisa bukber tanpa harus meninggalkan kewajiban kita beribadah. Biasanya kalau udah bukber tau sendiri sholatnya bisa ke pending.

    BalasHapus
  6. Berbuka memang yg di cari kebersamaannya ya hehe Ternyata di barabai wong solo jg penuh ya tiap buka puasa, dikira cm di banjarbaru aj yg penuh ternyata smua cabang ya hehe

    BalasHapus
  7. ada mbaaak, tempatnya juga harus luas jadi kalo mau ngobrol-ngobrol sama temen gak terganggu atau tergesa-gesa.


    salam,
    rizkyashya.com

    BalasHapus
  8. Aku perlu bgt yang nomor 5 itu dimanapun hehe

    BalasHapus
  9. No smoking area ya. Karena biasanya udah pada bawa anak, jd sebisa mgkn cari ada area no smokingnya.

    Usahakan ada label halal mui, atau minimal tidak bercampur dengan produk haram. Pernah diajak bukber di resto & cafe gt, tapi ada bar-nya, jualan bir & sejenisnya, tempatnya nyatu. Nah, agak worry ya. Soalnya kalo nyucinya bareng kan juga jd ragu. Udah gt, bumbu/bahan2 di dapur yang dipake juga jd ga yakin halal apa ga. Krn menunya western.

    BalasHapus
  10. aku nambah satu mbak
    ada tempat duduk untuk anak kecil
    soalnya berasa sekarang, setelah punya anak agak milih tempat makan

    BalasHapus
  11. Klo gw, tempat sholatnya gede. Karena kalau sempit, antri lama, mepet, padahal bulan puasa masa lewat sholat magrib krn antrian. Apalagi bukber itu waktunay cukup singkat.

    BalasHapus
  12. Kalau di saya sih 5 itu baru syarat minimal, ahhahaha.

    BalasHapus
  13. Wah iya sih, kalo kelima syarat itu nggak kepenuhi pasti males banget rasanya ya.

    BalasHapus
  14. Kebersihan ini jadi point penting bgt pokoknya, mau puasa atau gk kalo mau makan cari rumah makan yg higienis pasti

    BalasHapus
  15. ke lima-lima nya sih wajib ada mba, tapi jangan lupa free wifi atau ada temennya. Karna klw jaringannya jelek kita gk bisa mabar game online, jadi wifi penting bgt.

    BalasHapus
  16. Pastinya harus ada tempat salatnya dan luas. Soalnya kalau bukber itu biasanya kan banyak yang mau salat barengan. Kalau kecil bisa rebutan.

    BalasHapus
  17. Kalo aku yg utama banget ada musola dan mukena nya. Soalnya sering bgt ketinggalan magrib gara2 bukber

    BalasHapus
  18. Setuju syarat nya. Sama yang terakhir kalo lebih beruntung sama pelayanan yang ramah ^^ entah kenapa ini juga menjadi syarat warung makan. Eh maksud nya biar ttp kontinu makan warung makan di sini, dan menjadi tmpt favorit hehe

    BalasHapus
  19. Yang penting, sih, harus ada mushola yang memadai, toilet bersih dan makanannya sehat karena kadang ada resto yang mushola-nya kurang terawat gitu.

    Tambahan dari saya, makanannya harus halal, hehe.

    BalasHapus
  20. Pilihan yang enak buka puasa tuh di mesjid / mushola karena pas buka ada takjil gratis lumayan buat ganjel perut haha

    BalasHapus
  21. Kebersihan, toilet yg bersih n nyaman plus jg deket musholaaa.. Ini yg utama y mbaa

    BalasHapus
  22. Setuju banget sama 5 syarat itu, kalau salah 1 aja ilang bisa bikin badmood apalagi kalau jauh dari musholla, duh bikin ribet banget bukbernya.

    BalasHapus
  23. Kayaknya syaratnya kurleb sama sih, eh kalau bisa sih ada playground atau tempat main anak, biar ibuknya bisa buka puasa, anaknya bisa anteng main juga hehe

    BalasHapus
  24. dari seringnya aku bukber ama temen temen sih yang penting ada musholla atau deket masjid sih ya sama tersedia air wudhu dan fasilitas sholat soalnya waktuna pendek. jadi emangkudu cepet sih ya

    BalasHapus
  25. Iyaa...
    Aku juga preferyang bukan di mall gitu...kalau mau buka bersama.
    Karena kebayang susahnya cari parkir yang makan waktu banget, belum lagi mall itu padaat banget.

    BalasHapus
  26. Aku suka males buka di luar krn kadang tempatnya gk ada tempat sholat yg nyaman, kalau ada mushola atau masjid gedde dekat sana msh kupertimbangkan hehe

    BalasHapus
  27. Iya, kalau cari tempat buka bersama mesti banyak pertimbangan. Biar pas habis buka bisa langsung sholat tanpa harus pergi jauh dari lokasi yang dipesan. Kalau bisa, ada musala dalam tempat makannya.

    BalasHapus
  28. Kalau saya, yang penting nasinya banyak mbak. Maklum anak kos..... Hehehe

    BalasHapus
  29. Kalau saya lebih suka di rumah, tapi kalau bukber di rumah makan tentu pilih yang musalanya luas biar ngga umpel-umpelan ya

    BalasHapus
  30. Kalau memang harus bukber di luar, 5 syarat itu juga menjadi pertimbangan saya. Tapi kadang kalau yang bookingnya teman-teman dan ga sesuai ekspektasi, agak gimana juga rasanya

    BalasHapus
  31. Iya mbak, aku tuh jarang bukber di luar, soalnya susah nyari musholla, kalau pun ada jauh lokasinya

    BalasHapus

Posting Komentar