Thursday, May 9, 2019

Resep Soto Banjar Praktis

Ramadan sudah memasuki hari ke-4, Gaes. Alhamdulillah. Selain memperbanyak ibadah, sebagai perempuan kita juga harus tetap bersemangat memasak  menu untuk sahur dan berbuka.

Kali ini aku akan  share  resep  Soto Banjar praktis. Kenapa kusebut praktis? Karena aku orangnya anti ribet. Btw, resep soto banjar ini kudapat dari mama. Aku sendiri belum pernah praktik sendirian, masaknya pasti selalu sama mama.


Emm, kenalan dulu ya dengan  Soto Banjar.  Kalau orang-orang bersuku Banjar pasti sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini. Makanan khas dari Kalimantan Selatan ini  cukup berbeda dengan jenis soto lainnya di Indonesia.
Ciri khas Soto Banjar terletak pada kuahnya  yang kental meski tidak jarang juga dimasak dengan kuah bening. Selain itu, penyajian dengan limau kuit membuat cita rasa Soto Banjar menjadi semakin unik. Bahkan ada salah satu produk mie instan yang membuat varian dengan nama Soto Banjar Limau Kuit.

Tanpa bertele-tele, yuk kita langsung simak langkah-langkah memasak Soto Banjar di bawah ini.

1. Rebus satu ekor ayam ras atau ayam kampung
2. Haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kemiri dengan sedikit minyak.
3. Panaskan minyak, masukkan cengkeh, kayu manis, daun jeruk, daun salam, biji pala, dan bumbu halus. Tumis hingga wangi.
4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam.
5. Tambahkan garam dan lada. Aduk merata.
6. Rebus hingga ayam empuk. Angkat ayam dan tiriskan.
7. Goreng ayam hingga berwarna kekuningan. Angkat, suwir, dan sisihkan.
8. Susun soun, ketupat, ayam suwir, perkedel kentang dan telur rebus dalam mangkuk saji.
9. Tuang kuah kaldu dan taburkan bawang goreng di atasnya.
10. Sajikan dengan limau kuit, kecap asin, dan sambal sesuai selera.

Praktis gak, Mak? Kalau di aku masih cukup ribet sih itu karena terlalu banyak bahan (terutama rempah) yang kurang aku kenali. Tapi percaya deh, resep di atas sudah termasuk yang paling praktis dari resep Soto Banjar lainnya.

Siap mempraktikkannya untuk mengisi waktu ngabuburit-mu? Laporkan hasilnya di kolom komen di bawah ya. []

Artikel Terkait

14 komentar:

Alif Kiky Listiyati said...

Kemarin aku nyoba bikin mbak, dapat satu set bumbu soto Banjar, tapi kok rasanya ada yang kurang ya 😩

Niklosebelas said...

pantesan ibu saya kalo bikin soto banjar kok rasanya beda gak kaya soto banjar yang pernah saya makan... ternyata bahan yang g dipake ibu saya adalah pala... next time coba bikin pake pala ah~

Anita Makarame said...

Cocok nih, lagi bingung mau masak apa. Bisa jadi salah satu alternatif masak lagi nih, kadang sampai bingung mau masak apa. Itu2 aja.

unggulcenter@gmail.com said...

Aku mikir kalau soto banjar tuh pasti enak sekaligus sehat. Apalagi dengan nasi hangat hmmm bikin mupeng nih resepnya

Dikki Cantona said...

aduhhh soto banjar ya terakhir saya makan kapan yaa lupa sih tapi ini kalo beli enak benget tapi kayanya boleh juga sih kalo coba bikin sendiri dirumah ah

Ruli retno said...

Auto laparrrr membayangkan. Apalagi kalo di tambah ayam bapukat, perasan limau kuit. Dan idolaku es teh. Masya allah surga dunia

Rani Yulianty said...

Belum pernah ngerasain soto banjar, baca resep ini kebayang enaknya, pengen cobain tapi belum pernah coba, mudah-mudahan sukses dan rasanya enak

Peri Hardiansyah said...

Mantap mbak, jadi dapat inspirasi Soto yang lain. Tapi, lebih bagus lagi kalau mbak menampilkan contoh foto sotonya, biar lebih greget gitu hohohoho.

Nurul Fitri Fatkhani said...

Keliatannya praktis!
Saya juga lebih senang masak yang praktis aja, seperti soto lamongan. Kayaknya hampir mirip dengan soto banjar ya ...

Marfa U said...

Banyak banget varian soto ya, aku pernah makan cuma semarang sama sokaraja, kalau banjar ini rasanya sekhas apa ya :3 kelihatannya masaknya perlu hati2 ini

lendyagasshi said...

Bedanya sama soto di Jawa ada cengkeh, kayu manis sama pala ini yaa..?
Sejujurnya,
akubelum pernah makan soto Banjar.
Hwaaa~
Gak kebayang nikmatnyaa...ku mau laa~

Pertiwi Yuliana said...

Wah soto banjar! Sebagai pencinta soto, resep ini wajib aku bookmark! Seger bgt pasti nih buat hidangan buka puasa besok.

Tika said...

Soto banjar emang enak bangett. Di malang ada beberapa tempat yg menyediakan soto banjar dan semuanya enak-enak

Lina W. Sasmita said...

Nah ini pas banget, saya lagi penasaran banget dengan soto banjar. Kalau soto² lainnya udah pernah nyoba tapi kayaknya soto banjar aja yang belum.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates