Tuesday, May 14, 2019

Bahan-bahan Alami Pemutih Gigi

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Selain fungsinya untuk mengunyah makanan, gigi juga berperan sebagai penghias mulut. Sebaiknya, ‘hiasan mulut’ ini harus bersih dan putih agar bisa dapat dilihat dengan nyaman.


Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memutihkan gigi. Sayangnya, tidak semua cara memutihkan gigi aman karena adanya kandungan bahan-bahan kimia di produk pemutih gigi. Agar keamanan lebih terjamin, sebaiknya memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

#1 Baking Soda dan Air Jeruk Nipis
Soda kue dapat membantu mengurangi noda dan air jeruk nipis adalah zat yang dapat menghilangkan perubahan warna. Campurkan satu sendok teh soda kue dan satu sendok teh air jeruk nipis di dalam satu wadah sehingga berbentuk pasta. Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan pasta tersebut selama dua sampai tiga menit, jangan terlalu lama. Kemudian bilas sampai bersih.

#2 Jeruk Nipis
Menggunakan jeruk nipis saja untuk memutihkan gigi juga bisa. Jeruk nipis dapat dijadikan pemutih alami sekaligus membersihkan bakteri dan kuman yang bersarang di dalam mulut. Warna gigi yang kekuningan akan memudar secara perlahan setelah rajin berkumur dengan air perasan jeruk nipis.

#3 Cuka Sari Apel dan Air
Masukkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur dan diamkan selama kurang lebih dua menit di dalam mulut. Jika sudah selesai dapat dibilas dengan bersih. Hati-hati dalam menggunakan cuka sari apel karena jika terlalu banyak dapat merusak email gigi.

#4 Minyak Kelapa dan Pasta Gigi
Aplikasikan minyak kelapa langsung ke permukaan gigi menggunakan jari, jangan sampai tertelan. Setelah itu bilas dan gosok menggunakan pasta gigi.

#5 Minyak Kelapa Organik
Aplikasikan minyak kelapa organik di permukaan gigi dan diamkan selama 20 menit. Setelahnya ludahkan, jangan ditelan. Bilas hingga bersih.

#6 Arang Aktif dan Pasta Gigi
Menyikat gigi dengan arang bisa membuat gigi lebih putih dan bersih. Gunakan sikat yang berbeda dengan sikat yang biasa digunakan karena akan meninggalkan warna hitam di permukaan bulunya. Setelah dibilas, sikat gigi lagi menggunakan pasta gigi. Kemudian bilas lagi dengan bersih.

#7 Serbuk Kunyit dan Pasta Gigi
Basahi sikat gigi dan oleskan bubuk kunyit, lalu aplikasikan pada gigi. Biarkan selama dua hingga tiga menit. Bilas hingga bersih dan sikat gigi menggunakan pasta gigi.

#8 Kulit Jeruk, Kulit Lemon, atau Kulit Pisang
Gunakan sisi bagian dalam dari salah satu buah yang disebutkan di atas dan gosokkan pada gigi. Kulit jeruk, kulit lemon, atau kulit pisang dapat memutihkan dan menghilangkan noda pada gigi.

#9 Stroberi dan Pasta Gigi
Buah stoberi mengandung asam askorbat yang efektif memutihkan gigi. Oleskan stroberi yang telah dihancurkan ke seluruh bagian gigi. Biarkan selama beberapa menit lalu sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi.

#10 Minyak Jeruk
Minyak jeruk juga dapat membantu memutihkan gigi. Ambil dua tetes minyak esensial jeruk dan campurkan ke dalam pasta gigi. Sikat gigi menggunakan campuran ini dan bilas hingga bersih.

#11 Siwak

Cara memutihkan gigi menggunakan siwak sangat mudah. Cukup tumbuk batang siwak dan gunakan seperti pasta gigi.

 

#12 Perasan Air Jahe

Gunakan air perasan jahe yang telah dingin sebagai larutan untuk berkumur. Penggunaan secara berkala dapat mencerahkan warna gigi.

 

#13 Garam dan Air

Gunakan larutan garam untuk berkumur. Garam tidak hanya membantu membuat warna gigi yang cerah, melainkan juga dapat mengusir bakteri di dalam mulut.

 

Bahan-bahan alami di atas sangat berguna untuk memutihkan gigi. Yuk segera coba salah satu atau lebih bahan-bahan tersebut agar gigi kita terlihat lebih putih dan sehat.[]

Artikel Terkait

7 komentar:

Travel Galau said...

asikkkk dapet tips memutihkan gigi secara alami. Tahu banget aku butuh ini. Aku mau coba berkumur dengan perasan air jeruk nipis ah.

Tukang Jalan Jajan said...

Gigi putih bisa didapatkan dengan cara alami ya kak. Dengan bahan bahan yang ada disekitar kita. Yang jelas, gigi putih bisa membuat senyum lebih menawan dan diingat sepanjang waktu

andhikamppp said...

Lah banyak juga ya. Yg aku tahu dan pernah nyoba cuma siwak sama jeruk nipis.

Yg tahu tp blm pernah nyoba, pake arang itu.

Oh, iya. Ini harus dilakuin bener bener rutin, kalau cuma sesekali, kaya aku, gak guna guna amat.

Peri Hardiansyah said...

Wew, kalo pakai serbuk kunyit bukannya gigi jadi kuning tuh mbak, bukan putih.. Hahahaha

Zefy Arlinda said...

Aku pernah coba yang baking sode pake jeruk nipis mbak. Huek....baunya ga enak banget mbak...ga suka aku. Jadinya ga dipake tuh ramuan :D

Rhoshandhayani KT said...

Oooh gitu ya
Aku sih pake pasta gigi yg ada campuran arangnya. Tapi gak ngaruh2 banget

Pengen cobain pasta gigi yg campur minyak

lendyagasshi said...

Yang paling mudah, 3 nomer di bawah yaa, Rindang.
Perasaan air jahe, siwak sama garam dan air.
Oh ya, Garam dan Air ini larutan yang digunakan untuk mengurangi sakit gigi.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates