Tuesday, May 14, 2019

Ruangguru untuk Guru Zaman Now

Jadi guru zaman now itu susah-susah gampang. Susah karena tantangannya semakin banyak. Mulai dari perilaku siswa hingga kurikulum pelajaran yang bergonta-ganti. Gampang karena zaman sekarang sudah banyak fasilitas digital yang mendukung aktivitas mengajar guru.
 
Ruangguru untuk Guru Zaman Now


Suamiku adalah seorang guru di sebuah madrasah aliyah, sekolah agama setingkat SMA. Karena lokasi sekolahnya itu ada di pelosok, otomatis siswa-siswanya pun berasal dari desa-desa terdekat. Minat belajar di pelosok tidak bisa dibilang tinggi, sudah mau masuk kelas saja sudah syukur.


Keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar sangat sedikit. Bagaimana pun stimulus yang diberikan guru, feedback dari para siswa tidak terlalu memuaskan. Ketika suami curhat mengenai masalah tersebut, aku teringat dengan sebuah aplikasi bimbingan belajar bernama Ruangguru.

Sebenarnya aplikasi ini diperuntukkan bagi para siswa yang ingin menambah ilmu di luar sekolah, persis seperti bimbingan belajar offline pada umumnya. Ketika aku menonton Indonesia Morning Show pada Hari Guru Nasional, aku jadi tahu jika Ruangguru juga bisa digunakan oleh guru. Saat itu, pendiri Ruangguru, Belva dan Iman menjadi bintang tamu.

Aku pun men-download aplikasi ini untuk Mas Suami agar proses mengajarnya lebih menyenangkan. Btw, aplikasi Ruangguru di Play Store ini memiliki rating yang tinggi yaitu 4,7 dari 5. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan para pengguna aplikasi terhadap layanan yang diberikan. Dari beberapa review yang ditulis para pengguna di laman Playstore, aplikasi ini memang sangat bermanfaat baik bagi para pelajar, orangtua, maupun guru.

Review Aplikasi Ruangguru

Ketika masuk ke beranda aplikasi, aku disuguhkan berbagai pilihan jenjang pendidikan lengkap dengan kelasnya. Tapi karena aku mencari untuk guru, maka aku memilih Pelatihan Guru – SMA. Ada banyak menu yang bisa dinikmati pada bagian ini, di antaranya yaitu:
1.     Strategi Pembelajaran
2.    Perencanaan Kurikulum
3.    Manajemen Pendidikan
4.    Pembelajaran Digital
5.    Wawasan Pendidikan
6.    Keberagaman dalam Pendidikan
7.    Kompetensi Sosial Guru
8.    Lingkungan Belajar Inklusif

Aku mencoba masuk ke menu Perencanaan Kurikulum. Ada banyak submenu yang bisa dikulik. Sebagian gratis dan sebagian lainnya bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Menu favorit suamiku adalah Merancang RPP Kreatif.

Perlu diketahui, meski seluruh sekolah di Indonesia sekarang ini sudah menerapkan kurikulum K13 Revisi, sebagian besar sekolah di pelosok tidak bisa 100% menerapkannya. Hal ini terkait dengan SDM dan fasilitas penunjang sekolah yang tidak selengkap sekolah di kota-kota besar. Beruntungnya, di Ruangguru tersedia berbagai macam kurikulum yaitu KTSP, K13, dan K13 Revisi. Guru seperti suamiku bisa memilih kurikulum yang digunakan sesuai kondisi sekolahnya.

Selain menu Perencanaan Kurikulum, menu yang tak kalah menarik adalah menu Kompetensi Sosial Guru. Di dalamnya terdapat topik-topik yang menuntun guru agar dapat menjadi guru kreatif, di antaranya yaitu:
1.     Menjadi sosok yang baik bagi siswa
2.    Menjadi guru yang memotivasi
3.    Meningkatkan kemampuan berpikir diri dan siswa
Selain materi, di setiap topik tersebut terdapat soal-soal yang berhubungan dengan topik tersebut. Keren banget yak. Materinya pasti tidak kalah dengan pelatihan guru offline.
  
 

Untuk mendapatkan akses materi dan soal-soal siswa, guru dapat berlangganan salah satu jenjang sekolah. Misal, suamiku ingin mendapatkan akses materi dan soal di jenjang SMA. Ketika berlangganan, maka ia sudah mendapatkan semua kelas dan semua jurusan. Keren banget kan?

Dengan isi aplikasi yang begini lengkap, para guru bisa sangat terbantu dalam proses mengajar. Selain melalui aplikasi yang digunakan lewat smartphone, Ruangguru juga dapat diakses menggunakan PC atau laptop di halaman ruangbelajar. Video belajar yang ada di sana membuat guru tidak kerepotan mencari bahan ajar yang menarik minat siswa.

ruangbelajar

Guru tinggal memutar video dan menampilkannya kepada siswa saat di kelas. Video belajar di Ruangguru semuanya beranimasi dan durasinya hanya kurang lebih 10 menit, sehingga siswa tidak akan merasa bosan dan lebih mudah paham dengan materi pelajaran.

So, suamiku sebagai guru zaman now menjadi sangat terbantu berkat adanya Ruangguru. Semoga semakin banyak guru yang dapat memaksimalkan teknologi dalam proses mengajarnya, sehingga para pelajar semakin tertarik untuk belajar lebih giat. Amin.[]

Artikel Terkait

12 komentar:

Putri Santoso said...

di era digital seperti sekarang, memang deh aplikasi ruang guru ini memang yang diperlukan. karena anak zaman now gk bisa lepas dari gadget kan, trus karena ada aplikasi ini gadget pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar

utari ninghadiyati said...

Wah para guru bisa terbantu menwmukan cara menyampaikan materi dengan lebih menarik. Sayang dulu media belajar ini belum ada.

Ainhy Edelweiss said...

Salah satu yang paling menarik di aplikais ruang guru adalah tersedia podcast menarik untuk ditonton gratis pula. Skrg mah kalau mau belajar gak boleh bxk alasan lg soal kendala, semua mudah dgn adanya aplikasi

Rizky Ashyanita said...

emang di ruangguru ini gak hanya murid aja yang dimanja tapi gurupun.
Apalagi guru les yang gak punya pendidikan keguruan dasar, jadi bisa belajar lewat ruangguru gimana caranya menjadi guru yang baik :D


salam,
rizkyashya.com

Dina langkar said...

Amin..mudah2’an semakin maju tekhnologi minta belajar anak-anak juga semakin rajin..

Mia said...

Wah, ternyata bisa membantu juga u.bahan ajar bagi guru ya. Kereeen!!

Fatimah Aqila said...

Keren banget emang ruang guru ini inovasinya, sangat membantu para siswa dalam belajar. Bahkan fitur yang mereka sediakan juga bagus banget untuk menunjang belajar.

Melisa Carollina said...

Asik bgt ya sekarang,coba dari dlu udah ada aplikasi bginian mngkin wktu skolah dlu bs lbh semangat lg bljarnya .. Semoga anak2 ke depannya dan para guru bs semakin kreatif dan inspiratif melalui aplikasi ini ya hehe

Aswinda Utari said...

Wah, baru tau kalau suaminya mb rindang adl guru. Aku kira dulu kerjanya sama kyk mb rindang. Hehhe. Keren ya skrg ad ruang guru ini jd mempermudah guru n muridnya untuk belajar.

Rima Angel said...

Asli sih luar biasa lengkap sudah ini aplikasi yee kan. Apalagi brand ambassadornya *eh hahaha

Khairunnisa Z Putri said...

Aplikasi ruang guru sangat membantu siswa dalam belajar online. memudahkan waktu dang sangat efisien ya mbak. sekarang semakin canggih zaman semakin mudah dalam belajar, contoh nya kaya ruang guru ini ya mbak

Zulaeha said...

Ruangguru ini aplikasi yg Futuristik banget ya Mba, selain harganya yg bersaing, kualitas dan jangkauannya juga oke banget. Untuk daerah yg minim fasilitas sangat membantu sekali update terhadap pelajaran :D

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates