Monday, May 6, 2019

Lima Langkah Membuat Momen Buka Puasa Lebih Berkah

Alhamdulillah, Ramadan sudah tiba. Kita bisa bertemu lagi dengan bulan yang berkah ini. Sebagai muslim, ini tentu adalah hadiah yang sangat besar dari Allah.

Salah satu momen yang paling berkesan di pulan puasa tentu adalah buka puasa. Meski kegiatan utamanya sama-sama makan, suasananya agak berbeda dengan hanya sekadar makan siang atau makan malam biasa.


Agar berkah yang kita dapat bertambah di bulan puasa ini, mari kita praktikkan lima langkah mudah ini pada saat berbuka.

1. Segera Berbuka saat Azan Magrib Tiba
Ya, menyegerakan berbuka adalah sunah dalam berpuasa. Tidak boleh melambat-lambatkan buka meskipun masih sanggup melaksanakan puasa. Bahkan, dianjurkan berbuka (ringan) terlebih dahulu baru melaksanakan salat Magrib.


2. Dibuka dengan Doa Buka Puasa
Pada hafal dong semuanya? Yup, yang ini nih: Allahumma lakasumtu wabika amantu wa ala rizkika aftartu birahmatika ya arhamarrahimin. Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu. Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih. Amin. Nah, bagus banget kan artinya.

3. Dimulai dengan Memakan Kurma
Kurma memang buah yang sangat populer di bulan puasa. Selain karena memang berasal dari negeri para nabi, juga karena khasiat kurma yang banyak sekali. Kandungan gulanya bagus untuk tubuh yang seharian tidak dimasuki makanan dan minuman.

4. Makan Secukupnya
Ya, meskipun kita sudah berpuasa seharian bukan berarti saat buka kita harus kalap makan semua hidangan yang ada di meja. Makan secukupnya membuat badan kita menjadi kembali bersemangat untuk melakukan ibadah lainnya. Hal ini tentu akan membuat buka puasa kita lebih berkah.

5. Perbanyak Doa
Waktu berbuka puasa adalah salah satu waktu paling utama buat berdoa. Garansi terkabulnya doa sangat besar. Tentu hal ini merupakan keistimewaan yang Allah berikan bagi kita. Jangan disia-siakan. Doakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan saudara muslim di luar negeri yang sedang berada dalam kondisi perang.

Nah, sudah tahu kan bagaimana meraup berkah dari momen buka puasa yang kalau dilihat-lihat aktivitasnya hanya sekadar makan. Mari kita mengaplikasikannya biar berkah kita menumpuk sebulan ini. []

Artikel Terkait

33 komentar:

Ayu_108 said...

Bulan ramadhan bulan latihan, yuk semangat mba, salam kenal

Koko Nata said...

Jangan lupa perbanyak doa saat berbuka, bukan perbanyak makan minumnya ^_^

Rima Angel said...

Aku ga bisa makan kurma neh mbak Rindang huhu :( pernah coba buat maksa tetap ga bisa juga. Kalau semisal ga bisa makan kurma, bagusnya diganti sama makan buah apa ya? Hehe

Lisa Lim said...

Selamat menunaikan ibadah puasaa mba, ga terasa yaa udh puasaan lagi terus hari raya hehr Ikut semangat juga menyambut bulan yg satu ini :D

Putri Santoso said...

Momen paling seru pas Ramadhan itu waktu siapin menu buka dan sahur. Bikin kreasi masakan, kadang deg-degan : asin gk yaaa... hehehe
Dan Ramadhan adalah bulan yang selalu di rindu. Selamat menjalan kan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita di terima Allah dan di ampuni dosa-dosa kita. aamiin

Dedew said...

Terima kasih artikelnya, insya Allah dipraktekkan di Ramadan ini, selamat berpuasa say..

Nufa Zee said...

Aku biasanya usai makan kurma, sholat magrib dulu Kak, baru deh makan malam 😍

Wiwid Nurwidayati said...

diingatkan ini sayanya,mbak. Belum beli kurma. padahal sudah ramadhan yang ke-2 ya

Zulaeha said...

Makan secukupnya ini kadang suka jadi PR ya, apalagi kalau ngumpul sama keluarga besar. Biasanya disambung langsung dengan makan besar. Duh, semoga bisa konsisten nggak cuma berhasil puasa tapi juga bisa ngerem nafsu makan.

Dina langkar said...

Bener banget, makan secukup nya ketika berbuka. Kalau aku dan suami biasanya cuman sekedar minum dan kue, setelah ibadah baru deh makan-makanan yg berat.kalau lansung makan banyak malah jadi males nanti nya

antung apriana said...

kadang kita kalau puasa ini pas berbukanya suka agak berlebihan ya, termasuk aku. kebiasaan jelekku kalau berbuka makan banyak banget sampai kekenyangan. heu

Natalia Bulan Retno Palupi said...

Aku tidak berpuasa, jadi selamat berpuasa untuk penulis dan seluruh pembaca blog ini! Lancar satu bulan full yaaa.

Marfa U said...

Belum membiasakan diri pakai kurma hehe, paling minuman yg ngga terlalu manis.aja. yosh smg lancar berkah sampai 28hr k depan ya kak^^

Zefy Arlinda said...

Makan secukupnya ini yang sering gak konsisten, hehehe. Kalo lagi cocok, bisa makan banyak jadinya huhu

Tukang jalan jajan said...

emang penting nih langkah langkahnya, terutama makan secukupnya. saya sering dateng di acara buka puasa bersama dan banyak sekali makanan yang diambil banyak tapi ngga dihabiskan. sayang banget sih menurutku

Mia said...

iya bener tu jangan kalap makannya pas berbuka. nanti shalatnya malah males akibat perut kepenuhan karena makan kebanyakan.

Rizky Ashyanita said...

eh mbak, aku kok gak pernah makan kurma yaa. soalnya gak kebiasaan.

biasanya minum, langsung makan gorengan haha


salam,
rizkyashya.com

Jiah said...

Aku lho jarang buka puasa pakai kurma. Kalau mau beli suka lupa. Tapi yang pasti menghindari makan banyak biar gak begah

Rani Yulianty said...

Alhamdulillah ya masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini, semoga sukses nih menjalankan ibadah Ramadhan tahun ini

Dikki cantona said...

Bener banget mba sebelum buka alangkah baiknya menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka selanjutnya setelah adzan batalin puasanya dengan doa supaya kita tidak sia sia berpuasa

omith said...

yang blom gw lakukan adalah beli kurma huhu, baiklah berhubung emg blom puasa juga krn lagi dapet yasudahlah ya. Siap2 esok ke supermarket. beli kurma. Tiap puasa emg pas banget kalo pake kurma baik sahur mauupun berbuka puasa.

April Hamsa said...

Iya mbak pas waktunya buka puasa itu waktunya berdoa banyak2 ya mbak krn merupakan wakgtu yang ijabah jg dmn doa2 kita akan melesat sampai ke Tuhan

Widya Herma said...

Bulan Ramadhan memang penuh keberkahan, Alhamdulillah bisa bertemu dengan Ramadhan tahun ini, semoga kita selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini :)

lendyagasshi said...

Aku doonk...baru punya kurma setelah hari ketiga Ramadan.
Huhuu...kemarin marin berbuka dengan gorengan lagi... (yang dirindukan)
Alhamdulillah..

Happy fasting Day~

Yesi Intasari said...

alhamdulillah makin berkah ya mbak puasanya, udah hari ke 4 menuju 5 nih aku belum sempet beli kurma hehe

Khoirur Rohmah said...

Huwaa, aku belum pernah buka puasa pakai kurma, mbak hehehe
Pokok sebelum minum atau makan, untuk tidak lupa mengucapkan bismillah yah mbak hehee

Mira Apriani said...

Alhamdulillah point satu sampai tiga terlaksana dengan benar, tapi pada poin ke empat saya makan nggak secukupnya mbk, tapi sekenyangnya. hahaha . Astagfirullahalazim

Fahry Alamsyah said...

Kebanyakan makan saat berbuka, jadi ngantuk saat isya dan tarawih hehe

Lina W. Sasmita said...

Kami berbuka puasa dengan yang manis sebagai pengganti kurma. Bisa kolak, cendol, sirup, pokoknya yang manis-manis deh. Kalau nggak manis juga gpp karena saya sudah manis. Eh 😄😁

Ahmad Lamuna said...

Jarang buka pake kurma. tapi biasanya minum teh manis hangat.

Dahlia Siregar said...

Yg nomor 4 itu kekadang banyak orang kebablasan. Padahal kalo secukupnya badan terasa ringan, enak, dan energik

Dahlia Siregar said...

Yg nomor 4 itu kekadang banyak orang kebablasan. Padahal kalo secukupnya badan terasa ringan, enak, dan energik

Nova Violita said...

Berdoa saat berbuka dan sahur adalah..tempat2 mustajab terkabulnya doa ..semoga puasa dan ibadah tahun ini lancar.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates