Friday, May 10, 2019

Resep Nasi Goreng Praktis

Ada yang penasaran kenapa nasi goreng diberi nama nasi goreng? Enggak nasi tumis gitu, sesuai cara memasaknya. Kepo sebenarnya. Btw, di luar negeri pun penyebutan makanan ini fried rice kan ya.


Sedikit cerita tentang nasi goreng. Ada salah satu temanku di kantor yang males banget makan siang kalau menunya nasi goreng. Alasannya meski dimasak di restoran terbaik pun tetap saja bentuknya nasi yang digoreng, tidak berbeda dengan menu di rumah. Rupanya setiap sarapan dia dimasakin istrinya nasi goreng.

Bagi pecinta makanan praktis sepertiku, makan siang atau berbuka dengan nasi goreng saat puasa tidak masalah.  Lebih simpel memasaknya dan tetap enak di lidah. Namun bagi pecinta makanan berat, nasi goreng mungkin belum cukup untuk penganan berbuka. Harus ada tambahan  makanan lain  yang bisa mengenyangkan disantap.  Bahkan, nasi goreng bisa dianggap hanya sebagai ‘camilan’ yang dimakan setelah tarawih.

Bagaimana pun cara kalian ‘memaknai’ nasi goreng, kali ini aku akan membagikan resep nasi goreng praktis ala aku. Iya, meskipun sama-sama nasi goreng tapi biasanya ada bumbu atau bahan pelengkap yang berbeda-beda. Rasanya pun beda, tergantung yang memasak. Simak langkah-langkah di bawah ya.

Bahan: 
  1. 4 siung bawang putih
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh margarin
  5. 2 butir telur ayam
  6. 4 buah sosis
  7. ½ bawang bombay
  8. 2 piring nasi
  9. 1 sachet bumbu nasi goreng 
  10. 1 sachet saos tiram
  11. 1 sendok teh kecap manis
  12. 2 bungkus kerupuk

Cara membuat:
  1. Haluskan bumbu berupa bawang putih, bawang merah, dan garam.
  2. Tumis bumbu tersebut menggunakan margarin
  3. Masukkan telur ayam dan orak arik sebentar
  4. Masukkan potongan sosis dan irisan bawang bombay, aduk-aduk hingga wangi.
  5. Masukkan nasi yang sudah dihaluskan, aduk-aduk.
  6. Tambahkan bumbu nasi goreng sachet, aduk-aduk.
  7.  Tuang saos tiram dan kecap manis, aduk sampai rata.
  8. Tes rasa dan sesuaikan dengan selera jika masih kurang pas.
  9. Siap disajikan bersama kerupuk.

Bagaimana, praktis banget kan? Anak SD juga bisa praktik ini mah. Hehe. Siap mencobanya untuk menu sahur atau berbuka? []

Artikel Terkait

14 komentar:

unggulcenter said...

hihi.. praktis klo kta bapak2 kalau tinggal masukin sachet nasgor tumis sama nasi. daripada ngulek2 bumbu mungkin mba :D :D tapi ini bagi emak2 sudah cukup praktis sih, beda ama bapak2

Peri Hardiansyah said...

Simple dan sehat ya mbak, point penambah rasa gurihnya ada di saus tiram, jadi berasa sekilas kayak ada aroma laut gitu, kayak nasi goreng seafood. muantapp..

Natalia Bulan Retno Palupi said...

Resepnya kayak buatan ibukuuu, suka banget nambahin saos tiram di nasi gorengnya dan itu enak banget sih, aslik.

Ruli retno said...

Jadi lapar, pdngen coba ih, bumbunya kebetulan ada semua di rumahku. Tinggal eksekusi nih, kayanya enyak

Anita Makarame said...

Aku biasanya kalo dah pake bumbu sachet udah ga pakai apa2 lagi, Mbak. Super cepet. Wkk

Dian farida ismyama said...

Kayak ibuku di rumah sering masak sarapan nasi goreng. Lama2 ya bosen juga sih. Begitu makan di luarnga pernah pesen nasi goreng. Sebenarnya kalau isiannya beda bisa jadi beda rasanya. Misal nasgor telur. Nashor kambing. Nasgor sosis, cumi, udang dll

ruziana ina said...

saya juga suka nasi goreng
menu paling simpel nih
apalagi klu ada sisa nasi putih
daripada terbuang lebih baik dibikin nasi goreng

Zefy Arlinda said...

Kalau aku siap jadi tim pencicip mbak hehehehe, soalnya kelihatan enak mbak

Rhoshandhayani KT 💕 said...

wuah aku kadang pake bumbu instan, tapi yang bikin warga lokal, alias bumbu basah. gak terlalu awet, tapi justru lebih aman daripada sajiku, sasa, dll

Jiah said...

Pakai bumbu halus aja udah enak. Kalau pakai bumbu instan, aku biasanya gak pakai bumbu halus. Biar gak boros, hahaha

mude said...

Aku juga pas ngekos kalo kepepet pake jurus cuuuss masak nasgor, paling suka pakai telor dadar, udhlah perut aman.. Hhee

Rani Yulianty said...

Nasi goreng kesukaan anak-anak, tiap hari minta sarapan nasi goreng, yang bikin sampe bosan, mau coba ah resepnya kali aja ada variasi rasa jadi nggak bosan bikin

Dikki Cantona Putra said...

Beuh mantab nih resepnya mba nasi goreng emang asyik sih dimakan dan paling mudah banget untuk dibuat

lendyagasshi said...

Wkkwk..iya yaa...anak SD juga bisa yaa..
Tapi aku keseringan, nasi goreng aja mesti suami yang masakin.

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates