Sunday, May 12, 2019

Sepuluh Cara Menghilangkan Ketombe


Rambutmu ketombean? Duh, pasti enggak enak banget ya. Rasanya gatal dan ingin selalu menggaruk. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan kamu saat beraktivitas.


Ketombe sendiri adalah lapisan kulit mati di kepala yang dilepaskan secara berlebihan. Hal ini diakibatkan oleh perlakuan atau perawatan rambut yang kurang tepat.  Jadi bagaimana dong cara menghilangkan ketombe agar tidak datang lagi. Simak sepuluh cara menghilangkan ketombe berikut ya.

1.     Sisir rambut dengan sisir yang nyaman di kulit kepala, bergigi tumpul dan empuk, jarak antar giginya tidak terlalu rapat, bersih, serta tidak keras. Sisir yang tidak nyaman akan membuat kulit kepala mengelupas dan itu adalah pemicu munculnya ketombe.

2.    Rajin mencuci rambut minimal 2x sehari. Malas keramas hanya akan membuat rambut lepek dan apek, sehingga akan mengundang jamur-jamur pemicu datangnya ketombe.

3.    Jangan gunakan conditioner sampai ke kulit kepala, cukup di bagian batang rambutnya saja. Conditioner dapat membuat kulit kepala berminyak dan rambut menjadi lepek sehingga mengundang jamur pemicu ketombe.

4.    Bilas kepala dengan bersih setelah menggunakan sampo. Jika tidak bersih ketika membilas rambut, sisa sampo yang berada di kulit kepala akan menumpuk menjadi kotoran dan membentuk ketombe.

5.    Jangan gonta-ganti sampo. Setiap sampo memiliki kandungan bahan kimia yang berbeda. Menggonta-ganti sampo hanya akan membuat kulit kepala ‘lelah’ beradaptasi dengan bahan-bahan tersebut sehingga menghasilkan ketombe.

6.    Hindari penggunaan hairdryer terlalu sering. Minyak alami pada kulit kepala akan hilang akibat panas yang dihasilkan oleh hairdryer sehingga membuat kulit kepala menjadi kering. Hal ini memicu pelepasan sel kulit mati menjadi lebih banyak yang kemudian akan menjadi ketombe.

7.    Jangan gunakan penutup kepala saat rambut masih basah. Hal ini akan memicu kulit kepala menjadi lembab dan menjadi tempat berkembang biak favorit para jamur penghasil ketombe.

8.    Gunakan bahan-bahan alami untuk merawat rambut seperti jeruk nipis, lidah buaya, dan minyak zaitun.

9.  Jangan terlalu sering mengaplikasikan make-up untuk rambut seperti masker, cat rambut, hair spray, atau yang lainnya. Terlalu banyak zat kimia di rambut akan merusak kesehatan kulit kepala. Sisa-sisa bahan tersebut juga akan mengendap menjadi kotoran sehingga akan menimbulkan ketombe.

10. Makan makanan sehat. Hindari gorengan dan makanan yang sangat manis. Minyak pada gorengan akan memicu produksi minyak berlebih di kepala dan gula pada makanan manis akan merangsang pertumbuhan ragi Candida di kulit kepala. Ragi Candida inilah yang akan menimbulkan serpihan putih di rambut.

Itu dia sepuluh cara menghilangkan ketombe. Semoga setelah mengaplikasi cara-cara tersebut di atas, rambutmu akan menjadi semakin sehat dan bebas ketombe.[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Say something nice, for a change.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates