3 Tren Bloger Indonesia 2017

53 komentar
Zaman sekarang ini, aktivitas blogging mulai dilirik oleh banyak orang. Mulai dari yang menjabaninya sebagai hobi hingga yang memutuskan bahwa ngeblog adalah profesi. Bermacam-macam tema blog pun bermunculan. Mulai dari yang membahas beragam hal, hingga blog yang hanya membahas tema spesifik. Sebut saja lifestyle, kesehatan, kuliner, travelling, teknologi, fashion, film, dan game. Namun, menurutku ada 3 jenis blogger yang bakal ngetren di tahun 2017 ini. Check this out.



1.      Bloger Buku

Sebagian besar mereka yang senang menulis (blog) adalah mereka yang juga suka membaca (buku). Oleh karena itu book blogger semakin menjamur akhir-akhir ini. Sebagian besar dari mereka menulis review tentang buku yang mereka baca di blog mereka. Beberapa dari mereka melakukannya karena sedang mengikuti reading challenge, tapi jauh lebih banyak yang melakukannya karena hobi. Akhir-akhir ini para book blogger pun dapat mengomersialkan blog mereka dengan cara menjadi host blog tour dari sebuah buku yang baru terbit. Giveaway bersambung ceritanya. 

Biar dikata dunia literasi di Indonesia jelek jika dibandingkan negara lain, tapi menurutku mereka yang hobi membaca (dan akhirnya ngeblog) di Indonesia ini cukup banyak. Tinggal bagaimana cara menyebarluaskan dan meningkatkan fasilitas agar minat baca di Indonesia semakin meningkat. Komunitas bloger buku juga sudah ada, contohnya Blogger Buku Indonesia (BBI). Hal ini mudah-mudahan menjadi pematah adagium bahwa mereka yang suka membaca itu nerd dan ga gaul, bahkan sebaliknya keren dan seksi. Aku yakin, bloger buku akan ngetren di tahun 2017 ini.

2.    Bloger Parenting

Semakin banyak mama muda yang aktif di dunia blogging. Tema yang paling mudah dan banyak dibahas di dalam blog emak-emak ini adalah cerita tentang bayi dan anak mereka. Mulai dari curhatan mengenai keseharian, tahapan tumbuh kembang anak, MPASI, hingga pengalaman memiliki baby sitter. Tema-tema parenting seperti ini tak akan pernah bisa habis ditulis, karena setiap ibu pasti memiliki pengalaman yang berbeda meski tentang hal yang sama.

Oleh karena itu, parenting blogger sepertinya akan semakin eksis di tahun ini. Selain karena blog bisa menjadi media sharing yang mudah, juga karena sebuah blog dengan tema ini bisa mendapatkan keuntungan materi dengan cara product placement. Ada banyak produk bayi dan anak yang bisa diiklankan melalui pengalaman seorang parenting blogger. Komunitas bloger jenis ini juga ada, seperti Emak-emak Blogger.

3.     Bloger Event

Semakin banyak produsen yang melirik bloger untuk media promosi mereka. Tak sedikit dari mereka yang membuat acara dengan mengundang para blogger. Dari sanalah bloger event ini bermunculan dengan berbagai produk yang diusung. Mulai dari yang sesuai niche blognya, hingga produk gado-gado yang di posting di lifestyle blog. 

Postingan-postingan tersebut biasanya berisi rangkaian acara saat event berlangsung, keunggulan produk, serta pengalaman menggunakan produk (baik barang dan jasa). Aku memprediksi bloger jenis ini akan ngetren di tahun 2017, karena ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh para bloger tersebut jika mengikuti acara dan menuliskannya di blog mereka. Sebut saja goodie bag, doorprize, dan atau sampel produk. Sekalian bisa kopi darat juga dengan teman-teman sesama bloger plus makan siang/malam gratis. Hehe. Beruntunglah bloger yang tinggal di kota besar, karena ada banyak kesempatan untuk mengikuti event seperti ini.


Bagaimana, apakah kamu setuju dengan pendapatku bahwa ketiga jenis bloger di atas akan menjadi tren di tahun 2017 ini? Jika tidak, ungkapkan pendapatmu di kolom komentar ya.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

53 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Jadi ngebayangin yang ketiga. Blogger event ini jadi berasa seperti blogger goodie bag bukan sik hehehe. Tiap ada acara mah ketemu aja hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger event banyak ilmunya lho Mas Don. Kan sering ikut bincang2 dan seminar.

      Hapus
  3. Aku juga setuju mba, kalau book blogger bakal ngetren tahun ini :)

    BalasHapus
  4. Hahaha saya ketawa baca nomor 3 soalnya saya pun sering menghadiri event dan akhirnya diposting pada blog lifestyle. Soal Parenting dan Buku pun ada. Dan sebenarnya masih ada lagi blog lain dengan niche berbeda.

    Tahun ini juga milih-milih event. Yang setidaknya bermanfaat untuk saya saja dan bukan sekadar hura hore...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, event pun mesti selektif ya. Pilih yg sesuai passion saja jadi dapat ilmunya dapat doorprizenya (kalau ada).

      Hapus
  5. setujuu mba rindang. dari ketiganya, mungkin yang susah, sekaligus paling bermanfaat buat dunia literasi ya book blogger. gimana mereka menilai sebuah buku, apakah buku itu bagus atau nggak. semoga book blogger semakin banyak di indonesia, termasuk blogger parenting juga penting. kalo blogger event ya kita tau sendiri lah. udah kebanyakaaaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua bloger bermanfaat kok, tinggal gimana cara menyajikan dan menyebarkan tulisannya saja agar tepat sasaran 😊

      Hapus
  6. Blogger event emang gak ada matinya ya, Mbak. Sayangnya sampai sekarang saya belum berkesempatan mengikuti event blogger satu kali pun. Pasti seneng kumpul2 teman blogger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu Mbak, kita senasib. Hehe. Nasib bloger daerah.

      Hapus
  7. bener banget. Apalagi blogger event hihi... eh tapi Beauty Blogger juga makin makin banyak makin kesini ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, apalagi kalau kita emang concern ke makeup dan fashion, pasti punya banyak link beauty blogger

      Hapus
  8. Blogger event kebanyakan yang tinggal di kota besar ya Mbak Rindang.

    Saya blogger kampung mah cuma jadi penonton aja. Tapi alhamdulillah sedikit2 tetep dapat penghasilan dari blog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun, sama sekali belum pernah menghadiri event khusus bloger. Rezeki paling besar dari ngeblog sih terutama teman2 bloger dari seluruh Indonesia.

      Hapus
  9. Alhamdulillah walau bukan di Jakarta, masih bisa dua tiga jam hajar naik KRL Commuter Line kalau ada Undangan Event hehe.. bersyukur aja dulu, karena kita ngga tau sampai kapan bisa menghadiri event2, kecuali emang blog kita sedemikian bagus (ranknya tinggi) jadi ngga ngapa-ngapain tiba2 email penawaran masuk. Kalau saya, kalau ngga ada event (dan diakhiri menulis atau lomba blog) entah mungkin bingung mau diisi apa. Mungkin membuat blog baru khusus perjalanan hidup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukurlah Mas Unggul bisa berkesempatan ikut event2 bloger. Ada banyak hal yg bisa ditulis selain event di blog, termasuk perjalanan hidup.

      Hapus
  10. Kok aku gak masuk kategori ya 😢

    Udah jarang banget mbaca buku. Jadinya sekarang agak milih2 kalo baca buku, maunya buku yang bagus, tapi hasil pinjeman 😢

    Blogger parenting, tapi belum punya anak

    Event blogger... Ah, tinggal di kota kecil susah banget dapetnya 😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku bagus memang biasanya dari toko buku sih Mbak. Hehe. Saya pun belum berani nulis tentang parenting dan event.

      Hapus
  11. Setuju sama tambah blogger travelling lagi menggliat tuch. Makin rame dunia blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ya, travelling juga makin ngetren sekarang.

      Hapus
  12. Aku yang terakhir yang ga termasuk. Kalo blogger buku, pernah beberapa kali ngereview buku. Blogger parennting juga. Kalo event, secara blogger kampung, ga ada yang ngadain event di kampungku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada banyak bloger yg berasal dari daerah ya, termasuk Mbak Liza.

      Hapus
  13. Blogger buku kayaknya cocok deh, aku suka baca banyak juga sih untuk review buku dan referensi beli buku :D

    BalasHapus
  14. wah aku nggak ada di semua kategori itu. aku blogger curhat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, semua bloger pasti berawal dari bloger curhat

      Hapus
  15. yang ada makin banyak kesempatan kan buat lapangan pekerjaan sbg blogger disanping punya aktifitas utama. hehe
    ketemunya 4L lo lagi lo lagi ��

    BalasHapus
  16. Blogger tutorial mana nih? Kok enggak kelihatan. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih eksis kok. Hanya tutorial blogger ngumpet di balik tema2 besar. Tutorial merawat buku, tutorial membuat MPASI, tutorial backpacker 😁

      Hapus
  17. Dulu aku sempat jadi blogger buku, tapi kayaknya gak gitu ngangkat. Sekarang banyak lagi, ya? Yah, aku mah apa ya? Apa ajalah asal ada sponsornya. Egimana? Wahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya ngetren, yuk yg suka baca dan nulis kaya Mbak Tiw aktif lagi ngreview. Biar ramai.

      Hapus
  18. Saya masuk yang mana ya? Hihihi. Ada pilihan lain gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh nambah pilihan yg lain kok Mbak Fania. Sy hanya mengangkat 3 jenis bloger sbg bahan prediksi. Hihi

      Hapus
  19. Duh, aku gak ada dalam list nih. Dah aku mah apa, cuma blogger curhatan aja. HUhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua blogger juga awalnya curhatan Mbak. Hihi

      Hapus
  20. Serius blogget buku bs hits? Aku salah satunya, ahahaha. Tp ini msh males buat review. Tp ya bagus jg kalo ngetren, jd makin byk yg suka baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, Mbak Jiah semangat baca dan review biar bisa ngehits 😊

      Hapus
  21. Blogger event, smoga bukan hanya di kota besar

    BalasHapus
  22. Blogger parenting ini ya, aku lah sedang mencoba untuk menjadi salah satunya... Lebih ke blogger curhat sih kalau buat aku, dan mereka emang pure berbagi buat sesama ibu-ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang malah blogger curhat berdasarkan pengalaman yg postingannya banyak manfaat buat pembaca Mbak Dew.

      Hapus
  23. Wah khusus blogger buku, kalau ngtren bisa buat meningkatkan daya baca masyarakat nih, semoga :D

    BalasHapus
  24. Blogger buku ada dan akan selalu ada. Tapi untuk hitz. Aku kurang yakin uy. Segmented banget soalnya. Bahkan lebih potensial blogger curhat ketimbang buku kayanya.

    Emm, blogger parenting ga cuma buat ibu muda aja, mbak. Bapak bapak muda juga. #kibasponi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih optimis blogger buku bisa hits. Pembaca (blog)nya juga banyak.

      Ceile Mas Andhika si Daddy Blogger.

      Hapus
  25. Rindang jeli banget!
    Semoga tingkat literasi Indonesia kian meningkat.

    Btw,
    Baca blog itu juga termasuk kategorisasi literate kan yaa..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya, termasuk mereka yg suka baca blog juga Mbak Lendy.

      Hapus
  26. Travel Blogger Gak masuk kategoryyy :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dimasukkan juga boleh Mas. Saya hanya memasukkan 3 teratas menurut saya 😊

      Hapus
  27. Semoga makin banyak blogger even meski ga ada goodie bag-nya. Hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar