Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Review Aplikasi blu untuk Financial Planning

31 komentar

Assalamualaikum wr wb, gimana kabar kalian teman-teman? 


Kabarku alhamdulillah baik dan sehat. Hanya saja sekarang sedang musim hujan dan kotaku adalah salah satu tempat yang menjadi langganan banjir saat curah hujan tinggi seperti ini.


Rumahku sendiri jauh dari pusat kota dan berada di dataran yang cukup tinggi sehingga tidak pernah (dan semoga jangan pernah) mengalami kebanjiran. Tapi rasanya sedih juga mendengar kabar banjir terus-menerus yang menimpa rumah orang-orang yang ada di kota dan dataran rendah lainnya.


Aplikasi Keuangan Terbaik

Hari ini, saat aku menulis adalah banjir yang keempat kalinya dalam sebulan di kotaku. Tidak separah saat awal tahun kemarin sih, tapi tetap saja bikin repot orang yang rumahnya kebanjiran.


Aku jadi hampir lupa pengen nulis tentang apa karena curhat tentang perbanjiran ini. Aku ingin menulis review aplikasi blu untuk memudahkan financial planning.


Apakah ada hubungan antara banjir dan financial planning?


Hubungan langsung mungkin tidak terlihat, tapi hubungan tidak langsung bisa saja terjadi. Contoh, saat banjir salah satu hal yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang yang rumahnya kebanjiran adalah bekerja mencari uang. Terutama bagi yang pemasukannya bukan per bulan tapi harian, atau uang hanya akan masuk jika orang tersebut bekerja.


Dalam kasus ini, sangat dibutuhkan dana darurat. Kalau sebelumnya tidak pernah merencanakannya dengan baik, maka akan kelabakan. Itu salah satu pentingnya financial planning, yaitu untuk menghadapi kondisi-kondisi darurat seperti banjir dan bencana alam lainnya.


Contoh lain, mungkin selama ini ada yang terbiasa menyimpan uang secara fisik di rumah. Saat banjir atau bencana alam lainnya terjadi, maka sangat mungkin uang yang tersimpan di dalam rumah akan ikut hilang, rusak, atau tidak terselamatkan. Penempatan uang di rekening yang tepat untuk kasus ini sangat disarankan.


Begitulah, hidup kadang penuh dengan hal-hal tidak terduga. Tugas kita adalah mengantisipasi hal-hal tidak terduga tersebut, jika pun tidak terlaksana dengan baik tidak masalah. Setidaknya kita sudah berupaya. Konon, gagal merencanakan artinya merencanakan kegagalan.


Ini pulalah yang selalu membuatku bersemangat dalam perencanaan keuangan. Sudah sejak saat aku punya penghasilan sendiri, bahkan sebelum nikah aku belajar dalam merencanakan keuangan. Perasaan aman dan nyaman, itu yang aku dapatkan.


Saat belanja pun kita jadi punya rem yang tepat karena kita tahu persis berapa alokasi budget kita di sana. Kita juga jadi mindfullness dalam menggunakan uang, karena kita jadi lebih mudah mengapresiasi apa yang kita dapatkan.


Jangan takut ribet buat financial planning. Caranya bisa disesuaikan dengan kenyamananmu kok. Tidak ada yang baku dalam perencanaan keuangan, yang penting uangmu terkelola dengan baik sehingga kamu tidak merasa uangmu entah kemana dan menguap begitu saja padahal tanggal masih begitu muda.


Aku sendiri baru-baru ini membuka rekening blu untuk kemudahan financial planning. Tujuan utamaku adalah menggunakan fitur bluSaving yang ada di aplikasi bank digital terbaik ini untuk membagi tujuan keuangan yang memiliki jangka waktu pendek. Untuk tujuan keuangan yang lebih panjang, aku menyimpannya dalam produk investasi.


Sini aku jelasin sedikit tentang blu. Mungkin aja masih ada yang belum tahu tentang blu. Semoga review aplikasi blu ini membantu.


Apa Itu blu?

blu merupakan mobile banking dari BCA Digital. Seperti mobile banking pada umumnya, blu didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi kita agar bisa melakukan transaksi melalui smartphone. Btw, BCA Digital itu beda ya sama BCA. Mereka cuma adik-kakak yang dilahirkan oleh ibu yang sama, yaitu BCA Tbk.


Review Aplikasi blu


Makanya, orang yang nggak punya rekening BCA kayak aku pun bisa daftar di blu by BCA Digital. Karena blu itu banknya adalah BCA digital, yang memang mengkhususkan diri untuk layanan secara digital tanpa punya kantor cabang secara fisik (branchless). Semua layanannya bisa diakses hanya lewat smartphone.


Meski beda dengan BCA, layanan mobile banking BCA Digital ini tetap gratis bertransaksi dari dan ke BCA. Ini tentunya sangat bermanfaat bagiku yang kadang melakukan transaksi dengan teman, kerabat, atau klien yang memiliki nomor rekening BCA. 


Bahkan, di aplikasi keuangan terbaik ini juga bebas biaya transfer ke bank lain/top up GoPay hingga 20 kali per bulan di 2 bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah 2 bulan, bebas biaya top up GoPay/transfer ke bank lain tetap bisa dinikmati dengan memastikan saldo portofolio rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 1 juta. Lumayan banget kan?


Cara Mendaftar blu via redi

Aku akan sharing bagaimana caraku mendaftar blu menggunakan aplikasi redi. Kenapa harus pakai aplikasi redi? Karena nomor teleponku Telkomsel, sehingga aku memanfaatkan layanan redi sebagai platform berbagai layanan finansial khusus untuk pengguna Telkomsel. Aku akan review aplikasi redi ini nanti di bawah.


Sebelum daftar, siapin dulu E-KTP. Iya, syaratnya itu doang. Super mudah bukan? Eh sama sinyal yang bagus karena nanti akan ada sesi video call sama Mbak/Mas CS BCA Digital. Whuah, asyik kan. Yuk simak pengalamanku kemarin saat mendaftar blu via redi.


Pertama-tama, kita harus download aplikasi redi dan blu. Spesifikasi smartphone untuk menginstall aplikasi blu Android adalah Android 5.0 ke atas dan untuk aplikasi blu Apple adalah iOS 12.4 ke atas.


Buka aplikasi redi, daftar. Tambahkan bank baru dan pilih blu by BCA Digital. Nah setelah itu langsung saja mendaftar blu melalui aplikasi redi.


Saat kita otomatis masuk ke aplikasi blu, masukkan nomor handphone yang aktif. Harus menggunakan nomor Telkomsel ya kalau mendaftar blu melalui redi. Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor hp tersebut. Pastikan di nomor tersebut ada pulsa minimal 1500 rupiah. 


Masukan alamat email dan buat password blu untuk login ke aplikasi bank digital terbaik ini. Password minimal 8 karakter, menggunakan huruf besar dan kecil, juga harus ada simbol dan angka. Kemudian lengkapi data yang diminta, meliputi foto E-KTP, pengenalan wajah, foto NPWP (opsional). 


Selanjutnya akan muncul layar yang menanyakan apakah kamu nasabah BCA atau tidak. Aku pilih tidak kemarin. Kalau sudah punya nomor rekening BCA, kamu akan diminta verifikasi kartu ATM dan nomor hp. Jika verifikasi sukses, kamu akan diminta mengisi formulir yang berisi alamat domisili dan data pekerjaan. 


Selanjutnya jeng jeng, baru deh kamu di-video call oleh customer service blu. Saking padatnya pendaftaran blu kemarin, aku sampai antri di nomor 26 kalau nggak salah, tapi nunggunya nggak lama kok.


Pastikan sebelum itu kamu telah menyiapkan E-KTP karena bakal disuruh memperlihatkan E-KTP dan ditanya-tanya sedikit untuk proses verifikasi, mirip saat kalau kita daftar rekening di bank secara offline. Setelah semua proses selesai, kamu resmi memiliki bluAccount. 


Fitur-fitur yang Ada di blu

Sekarang yuk review aplikasi blu, apa saja fitur yang ada di blu. Yang pertama, tentu saja adalah bluAccount. bluAccount adalah rekening utama yang akan digunakan untuk bertransaksi, seperti menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu atau transfer ke bank lain, tarik tunai di ATM, juga bayar dan beli. Untuk financial planning, bluAccount ini semacam tempat uang bergerak di mana semua alokasi transaksi bisa dimasukkan di sini.


aplikasi bank digital terbaik


Fitur kedua adalah fitur kecintaannya aku yaitu bluSaving. bluSaving adalah rekening tabungan yang dapat diberi nama sesuai pos-pos kebutuhannya. bluSaving bisa tanpa tujuan seperti tabungan biasa atau dengan goal, misalnya untuk biaya kehamilan atau travelling. Aku tentu pilih yang pakai goal. Kita bisa membedakan sampai 10 pos pengeluaran di bluSaving ini, dijamin financial planning kita menjadi lebih teratur.


Fitur yang ketiga adalah bluGether. Fitur ini cocok dipakai untuk arisan atau iuran. bluGether adalah rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Nasabah yang membuat rekening bluGether disebut creator, sedangkan nasabah blu yang diundang ke dalamnya disebut member. 


Creator dapat mengundang maksimal 24 teman sebagai member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether. Semua transaksi yang terjadi di rekening bluGether akan diketahui oleh semua member, jadi lebih transparan.


Fitur terakhir adalah bluDeposit, cocok nih buat kamu yang mau belajar investasi. bluDeposit adalah deposito Non-ARO (tidak secara otomatis diperpanjang). Pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan masuk ke bluAccount. Besar bluDeposit minimal Rp 10 juta dengan tenor 1 sampai 12 bulan. Perpanjangan bluDeposit akan muncul di aplikasi 7 hari sebelum jatuh tempo. 


blu juga memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas keuangan lainnya hanya dengan menggunakan smartphone, seperti mentransfer uang, tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA, beli pulsa & bayar tagihan pascabayar, pembayaran internet/TV kabel, top up OVO & GoPay, pembayaran pakai QRIS, cek saldo, serta cek riwayat transaksi.


Lengkap kap kap!


Promo untuk Pengguna Baru

Karena aku merupakan pengguna baru redi dan blu, maka aku berhak mendapatkan kuota data Telkomsel hingga 6 GB. Lumayan banget kan?


Kalau kamu juga mau dapetin promo ini, kamu harus buka rekening blu melalui aplikasi redi seperti yang sudah kulakukan di atas dalam periode 16-30 November 2021. Setelah itu melakukan top up Rp 100.000 dan 1 kali transaksi QRIS dari blu di aplikasi redi. Mekanisme promo lebih lengkapnya bisa dibaca di website redi dan blu.


Selain promo Telkomsel redi x blu ada banyak sekali promo yang ada di blu, seperti  Promo Google Play Day, Promo bluDeposit, Promo Beat The Best, bluReferral Exclusive, bluGaming, dan lain-lain.


Review Aplikasi redi

Di atas, aku sudah beberapa kali mention mengenai aplikasi redi. Telkomsel redi sendiri merupakan platform untuk berbagai kebutuhan layanan finansial yang memiliki fitur-fitur untuk memudahkan transaksi keuangan. 


review aplikasi redi


Dikutip dari Ronny W Sugiadha, SVP Digital Advertising and Banking Telkomsel, redi menjadi jalan keluar dari ribetnya urusan pembayaran dan pengelolaan rekening. Jika dulu semua transaksi keuangan diharuskan untuk mengakses platform berbeda, dengan redi semuanya bisa diakses hanya via satu aplikasi. Aplikasi ini merupakan solusi bagi orang-orang anti ribet kayak aku untuk melakukan transaksi perbankan cashless yang aman dan efisien.


Secara singkat, berikut adalah fitur-fitur yang tersedia di aplikasi redi:

  1. Transfer. Kita bisa transfer via aplikasi redi menggunakan rekening yang terhubung dengan redi.
  2. Pindai QR. Solusi banget nih buat yang anti ribet-ribet club karena hanya dengan memindai QR code yang tersedia via aplikasi redi kita sudah bisa bertransaksi.
  3. Pembayaran. Tersedia berbagai jenis pembayaran di aplikasi redi, seperti kartu kredit, pascabayar, PDAM, PLN, E-Commerce, bahkan asuransi.
  4. Top up. Melalui aplikasi redi kita bisa top up ke berbagai jenis dompet digital seperti GoPay, OVO, dan Link Aja.
  5. Split bill. Bisa berbagi tagihan dengan teman juga nih.
  6. Payment reminder. Fitur ini bikin kita terselamatkan dari bayar telat. Baik itu untuk transfer rutin, pembayaran tagihan bulanan, atau top up e-wallet yang kita punya.
Selain itu, dengan menggunakan aplikasi redi kita juga dapat menikmati fitur expense management yaitu pencatatan pengeluaran berdasarkan kategori per jangka waktu tertentu serta mengelola banyak akun bank, termasuk membuka akun rekening seperti blu. Ada banyak  promo yang sedang berlangsung di aplikasi redi, salah satunya adalah Telkomsel redi x blu.

Alasan Kenapa Menggunakan redi x blu

Kenapa sih aku menggunakan redi x blu untuk memudahkan financial planning-ku? redi x blu adalah kolaborasi antara redi dan blu dalam bentuk layanan perbankan di dalam aplikasi redi untuk memudahkan pelanggan redi dan nasabah blu dalam bertransaksi di redi.


review aplikasi redi


Setidaknya, berikut adalah beberapa alasan kenapa aku menggunakan redi x blu.

  1. Bisa melakukan hampir semua transaksi perbankan hanya dengan dua aplikasi ini (misal: membuka rekening, bertransaksi menggunakan QRIS, transfer ke sesama blu dan bank lain, dll)
  2. Pembayaran lebih mudah menggunakan akun blu yang telah terkoneksi pada aplikasi redi
  3. Bisa untuk memaksimalkan financial planning dengan fitur bluSaving-nya
  4. Fitur cek riwayat transaksi blu di aplikasi redi bikin kita tahu kemana saja uang kita gunakan
  5. Fitur expense management di redi membuat kita punya catatan  pengeluaran berdasarkan kategori per jangka waktu tertentu,
  6. Adanya promo-promo menarik dari redi x blu seperti yang sudah kuceritakan di atas
  7. Tetap mendapatkan promosi transaksi yang ada di aplikasi blu (Misal ada promo QRIS di blu, maka pengguna redi x blu tetap mendapatkan promo yang sama)


Kamu gimana Gaes, sudah mulai coba buat atur keuangan juga? Kalau belum, saranku yuk mulai lakukan financial planning secepatnya. Nggak ada kata terlambat dalam mengelola keuangan. Kamu bisa mulai melakukannya dengan membagi pos-pos pengeluaran seperti yang kulakukan.


Jangan lupa buat download aplikasi keuangan terbaik, blu x redi untuk memudahkan financial planning kamu. Demikian review aplikasi redi dan review aplikasi blu untuk financial planning dari aku, semoga bermanfaat ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

31 komentar

  1. Banyak juga ya fitur yang ada di blu ini. Buat pengguna non telkomsel gimana nih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget Kak, bedanya nggak pake aplikasi redi aja. Kuy dicoba.

      Hapus
  2. Penting banget ya financial planning. Kalau sudah terbiasa merencanakan keuangan sejak usia muda, kelak kalau sudah berumah tangga insyaa Allah lebih tertata ya keuangan keluarganya.
    Aku belum coba pake blu, tampaknya akan sangat membantu untuk mengelola keuangan, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, mbak. Memang urusan mengatur uang ini harus dipelajari sejak usia muda ya biar nanti pas punya penghasilan sendiri nggak kaget dan bisa mengatur uangnya buat masa depan

      Hapus
  3. tar jadinya punya rekening BCA kayak yg nondigital itu ya? kalau iya mayan juga ya, biar gak kayak anak tiri klo nunggu transferan. 'yg bukan BCA sabar2 ya ...'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bener Mbak. Mau transfer2 ke BCA juga nggak khawatir karena udah punya hubungan adek-kakak. *tsah

      Hapus
  4. Aku juga udah punya akun di blu, memang sangat memudahkan. Suka belanja di Blibli dikasih voucher jadi murah meriah dapat banyak barang. Belum lagi fitur bluGether yang unik, bisa buat arisan atau penghimpunan dana sosial yg bisa dikelola dengan transparan. Aku jadi tertarik sama redi nih, mau kulik ah biar financial planning makin tertib dengan dukungan blu by BCA.

    BalasHapus
  5. Beneran bisa diandalkan untuk pengelulangan keuangan, semua kemudahan ada ditangan terutama buat bayar bayar bulanan jadi lebih mudah sih ini. Mantap banget

    BalasHapus
  6. Produk digital perbankan yang bagus nih. Konsepnya milenial banget sesuai yng disasar, tapi juga sangat membantu yang sudah berumur dan perlu membuat pos-pos tabungan dengan bluSaving-nya

    BalasHapus
  7. Aku jd pengen bikin Blu mbak buat rekening satu lagi supaya sesama BCA hehe
    Soalnya kyknya prakis bikinnya ya, bisa utk beberapa keperluan kyk tabungan maupun deposit. Bikinnya pun gak perlu ke bank, bisa dari rumah aja yaa.

    BalasHapus
  8. Praktis ya..
    Hanya dengan instal aplikasi Redi, kini bisa juga ikutan menjadi nasabah blu by BCA Digital yang terkenal memiliki banyak fitur canggih untuk goals keuangan.

    BalasHapus
  9. Tertarik banget sama aplikasi ini soale free biaya admin transfer ke beberapa bank dan ada deposito juga ya non ARO gitun.

    BalasHapus
  10. Blu ini keren banget kita bisa bertransaksi secara digital tanpa perlu repot cuma sayangnya ini khusus pengguna telkomsel aja, operator lain gak bisa ya kak?

    BalasHapus
  11. saya sudah menggunakan aplikasi redixblu. memudahkan banget untuk mengatur pengeluaran bulanan. selain itu meski ga punya rekening BCA tetap bisa punya rekening digital

    BalasHapus
  12. wah makin canggih aja ya blu ini bisa daftar pakai aplikasi redi di telkomsel juga. jadinya lebih mudah kalau mau buka akun bank

    BalasHapus
  13. kalau di tempat tingggalnya enggak ada kantor BCA bakal bermasalah enggak sih buka rekening via blu? kalau ada apa-apa gitu, komplainnya via online juga ya?

    BalasHapus
  14. sama nih Mba, lagi musim hujan juga. Aku baru jadi nasabah BCA aja, belum paham soal Blu ini, kalo dolihat dari fiturnya bagus dan support buat mobile yah. menarik sekali

    BalasHapus
  15. Financial planning & budgeting ala saya masih manual Mbak, beberapa kali pindah pakai aplikasi tapi kok masih berasa nyaman kalau ditulis di catatan/buku khusus. hehe. Tapi Blu ini jadi referensi juga sih buatku meski saat ini bukan nasabah BCA

    BalasHapus
  16. Wah iya Banjarmasin banjir lagi ya. Sehat-sehat ya Mbak Rindang.

    Sekarang macam2 ya aplikasi yang membantu family maupun personal financial planning. Fiturnya lengkap ni blu dan mudah juga cara pengaplikasiannya.

    BalasHapus
  17. Financial planning beneran penting banget deh, kita bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran, apalagi dengan adanya aplikasi blu serasa dimanjakan tanpa harus keluar rumah nih

    BalasHapus
  18. wuah aku baru kenal sama si Redi ini
    kalau blu aku udah instal
    tapi aku belom kenalan sama si Redi
    cobain aaaah

    BalasHapus
  19. Menarik ya blu ini. Karena g harus punya akun BCA jadi aku tak perlu nambah koleksi akun bank lagi hehee..

    BalasHapus
  20. FInancial planning tuh penting banget ya mba... biar hasil kerja ngga numpang lewat, hehehe.. untung ada aplikasi blu dari BCA

    BalasHapus
  21. iya, aplikasi blu ini memang sangat membantu kita dalam mengatur keuangan keluarga
    aku bisa bikin pos pos pengeluaran keluarga di blu
    krn di blu bisa bikin hingga 10 rekening

    BalasHapus
  22. Menarik ya, blu ini ada fasilitas blutogether, yang bisa jadi tabungan bersama bahkan diawasi secara bersama. Ini mengakomodasi perencanaan keuangan komunitas, kantor, dan yayasan atau lembaga.

    BalasHapus
  23. Saya baru tau tentang Blu ini, menarik ternyata. Untuk pembukaan rekening Blu pertama kali, top up 100 ribu ya?

    BalasHapus
  24. Wah aku baru tahu ada Aplikasi redi, jadi penasaran pingin tahu pengembangan layanan Telkomsel dari sisi finansial, apalagi kalau kolab dengan blu, kebetulan aku sudah punya rekening blu dan memang sih sangat membantu dari sisi pengaturan finansial selain tentu saja kita juga harus disiplin.

    BalasHapus
  25. blu kerjasama dengan Telkomsel redi ya? Saya pakai Telkomsel dan punya rekening blu nih, coba nanti dikoneksikan, ah. Biar transaksi digital makin simple.

    BalasHapus
  26. Sekarang apa-apa udah canggih serba digital ya mbak.. Ohiya menarik ya kalo bisa bebas biaya admin pas isi e-wallet, karena biaya admin yang kecil-kecil gini tuh kalo sering ya lumayan menguras kantong juga

    BalasHapus
  27. Dengan memiliki tujuan keuangan yang jelas, menyimpan uang (menabung) ini menjadi ada alasan kuat sehingga bisa menjadi lebih menahan diri akan keinginan yang menggebu terhadap suatu hal, yang emh...sebenarnya mungkin kurang menjadi prioritas.

    Ikutan juga donk...jadi nasabah blu by BCA Digital dan memanfaatkan fitur bluSaving.

    BalasHapus
  28. Fitur yang ada di aplikasi blu by BCA Digital ini pokoknya bagus dan diperlukan banget oleh kaum milenial. Secara jamna now apa apa serba digital banking kan ya. Senang deh saya juga sudah punya rekening blu ini

    BalasHapus

Posting Komentar