Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tips Membersihkan Rumah untuk Wanita Bekerja

2 komentar

Tips membersihkan rumah ini cocok banget untuk kamu para wanita pekerja. Baik yang bekerja dari rumah, apalagi yang kerja di luar rumah. Wanita yang bekerja identik dengan kesibukan yang menguras waktu dan energi. Waktu 24 jam itu rasanya nggak cukup untuk mengerjakan semua hal, termasuk membersihkan rumah.



Di sisi lain, rumah kalau nggak dibersihkan juga nggak enak banget. Rumah sebagai tempat pulang untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga sebaiknya harus selalu dalam kondisi rapi dan bersih. Lalu bagaimana menyiasatinya agar pekerjaan kita tetap jalan tapi rumah juga tidak berantakan? 


Tips Membersihkan Rumah bagi Wanita Bekerja

Berikut tips membersihkan rumah bagi wanita bekerja ala aku.
  1. Ajak orang rumah untuk berkontribusi. Misal untuk selalu meletakkan barang ke tampatnya. Untuk selalu mencuci peralatan makan sendiri setelah menggunakan. Sehingga semua pekerjaan rumah tidak dibebankan kepada kita sendiri sebagai perempuan dewasa di rumah.
  2. Masih relate dengan nomor satu, bagi atau atur tugas atau jadwal bersih-bersih dengan orang rumah. Siapa yang menyapu, mengepel, mencuci. Penghuni rumah kan bukan hanya kita, yang melakukan aktivitas dan menghasilkan keberantakan juga bukan hanya kita. Jadi sudah selayaknya pembagian tugas ini dilakukan. 
  3. Pastikan setiap barang punya tempatnya masing-masing. Mostly, yang bikin berantakan itu adalah barang-barang yang tidak punya tempat atau tidak berada di tempatnya sendiri.
  4. Punya sedikit barang. Yup, minimalist selalu menjadi ide terbaik untuk punya rumah bersih dan rapi. Ketika kita hanya punya sedikit barang, waktu untuk beberes juga lebih sedikit. Kalau punya barang double secara fungsi atau jenis atau bahkan sudah rusak usahakan langsung buang, hibahkan, jual kembali, dan lain sebagainya. Jangan menumpuk clutter di istana kita.
  5. Usahakan setiap waktu rumah bersih dan rapi (dengan cara-cara di atas), jadi kalau berantakan sedikit bisa lebih mudah dan cepat membereskannya, tidak berat dan makan banyak waktu. Sehingga langsung dilakukan saat kita melihat keberantakan itu. 
  6. Gunakan jasa membersihkan rumah jika kita tidak punya ART untuk menghemat waktu dan energi. Waktu dan energi sangat penting bagi para wanita pekerja. Ketika waktu dan energi sudah terkuras untuk bekerja, lalu harus dihabiskan untuk beberes lagi tidak mengherankan kalau perempuan jadi lebih mudah marah. Senggol dikit bacok.


Aku sendiri tidak membersihkan rumah setiap hari karena memang tidak punya waktu yang cukup. Namun, aku selalu berusaha rumah berada dalam kondisi bersih dan rapi untuk kenyamanan hati dan mata. Tips membersihkan rumah di atas sudah kuterapkan dan berhasil di aku.


Aku tidak menerapkan jadwal beberes khusus karena ya diusahakan setiap saat rapi sehingga tidak ada yang perlu dijadwalkan pembersihannya. Weekend sesekali bolehlah, tapi tidak setiap weekend juga aku beres-beres. Weekday sudah capek bekerja, weekend harus capek beres-beres lagi, tentu saja aku tidak mau.


Sebenarnya aku sendiri suka bersih-bersih karena ya suka hasil akhirnya yang bikin mata dan hati adem. Bersih-bersih kadang jadi cara healing juga in another way, tapi dengan catatan kondisi badan tidak lelah.


Lelah badan biasanya bikin cepat emosi, ini yang paling kuhindari. Kadang kalau memang tidak bisa dikondisikan, aku lebih memilih rumah dalam kondisi agak berantakan daripada memaksakan diri untuk merapikannya tapi dengan risiko lelah yang bisa merembet kemana-mana dan orang rumah bisa kena.


Jasa Membersihkan Rumah

Win-win solution seperti yang kumasukkan dalam tips membersihkan rumah terakhir di atas ya pakai jasa membersihkan rumah. Tidak lelah, tapi hati dan mata juga adem karena rumah bersih dan rapi. Ada banyak pilihan jasa membersihkan rumah kok di zaman modern seperti sekarang. Salah satunya adalah Sembilan Kita.



Sembilan Kita menyediakan jasa kebersihan, jasa massage, dan jasa pemesanan bahan kebutuhan pokok yang berada di Bandung. Untuk info lengkap mengenai layanan ini kamu bisa download aplikasi Sembilan Kita di Play Store.


Di Sembilan Cleaning, ada pilihan pembersihan rumah berdasarkan durasi waktu. Selain rumah, di sini juga menyediakan jasa membersihkan apartemen dengan tarif per tipe ruangan pelanggan. Untuk kost juga ada dengan harga paket langsung.


Perlengkapan yang digunakan bisa pakai peralatan standar Sembilan Clean, juga bisa menggunakan peralatan milik pelanggan. Sistem pembayarannya mudah dan banyak banyak pilihan. Bisa bayar tunai di tempat  (COD), transfer antar bank (BCA/Mandiri), dan via akun Go-Pay.


Okeh, sekian tips membersihkan rumah untuk wanita bekerja ala aku. Apakah kamu juga punya tips khusus dalam membersihkan rumah, terutama untuk yang punya waktu terbatas seperti wanita bekerja. Share di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar