Friday, September 28, 2018

[Review] Pintar Kelola Keuangan

Buku berjudul Pintar Kelola Keuangan ini adalah buku tentang finansial ke sekian yang pernah kubaca. Iya, aku tertarik kepada ilmu finansial. Bukan untuk gengsi atau tertarik secara ilmiah, tapi lebih kepada sisi praktisnya. Bukan juga karena statusku sebagai seorang istri yang notabene harus pintar mengelola keuangan. Tapi lebih karena passion-ku tentang financial freedom. Meski jujur saja, temanya tidak bisa yang terlalu berat, menengah ke bawah saja. Urusan yang njelimet seperti saham dan penanaman modal tidak termasuk ke dalam minatku.

Judul: Pintar Kelola Keuangan
Penulis: Evita P. Purnamasari
Penerbit: KOBIS
Tahun terbit: 2015

Nah, di buku Pintar Kelola Keuangan ini aku tidak menemukan pembahasan yang terlalu berat. Oleh karena itu aku senang sekali membaca buku dengan sampul yang eyecathing ini. Tak berlebihan jika kukatakan kalau buku ini sangat cocok dibaca oleh ibu rumah tangga atau wanita karir. 

Pada bab pertama buku ini, aku disuguhi dengan konsep dasar manajemen keuangan. Ada banyak definisi dari para ahli. Definisi yang paling cocok untukku pribadi adalah definisi dari Depdiknas, yaitu:

“Manajemen keuangan adalah tindakan pengurusan keuangan yang meliputi kegiatan mencatat, merencanakan, melaksanakan, mempertanggungjawabkan, dan membuat laporan.” (hal 9)

Bab kedua berjudul “Kelola Uangmu dengan Pintar”. Pada bab ini ada banyak ilmu finansial yang mudah dipraktikkan. Selain itu, 8 indikator keuangan yang sehat juga dipaparkan pada bab ini. Bahkan, tahap-tahap menuju kaya juga dijabarkan di sini. Siapa sih yang tidak ingin kaya?

Bab ketiga membahas tentang Golden Rules yaitu peraturan yang harus dipatuhi oleh orang yang ingin finansialnya sehat. Peraturan paling utama adalah membayar sedekah dan mendahulukan menabung daripada belanja.

Perbedaan antara orang yang memiliki cash flow cantik dan cash flow buruk terletak pada penempatan prioritas. Selengkapnya tentang hal ini dapat dibaca pada bab ke-4 buku ini yang berjudul “Cash Flow Cantik vs Cash Flow Buruk”.

Pengaturan keuangan pada setiap individu tentu berbeda. Salah satunya disebabkan oleh faktor kondisi pribadi masing-masing. Hal ini lengkap dibahas pada bab kelima. Pengelolaan keuangan pribadi, keuangan setelah menikah, keuangan keluarga, dan keuangan perusahaan lengkap dibahas di sini.

Buku ini ditutup oleh bab yang berjudul “Mimpi Kita Semua”. Pada bab ini dipaparkan bahwa semua orang ingin sukses secara finansial. Ada 4 impian yang sebagian besar orang menginginkannya yaitu, mimpi punya rumah idaman, mimpi dapat memenuhi kebutuhan anak dengan baik, mimpi bisa liburan kemana saja, dan mimpi memiliki masa tua yang damai.

Buku berjumlah 248 halaman ini memiliki gaya bahas yang mudah diterima. Meskipun di beberapa bab penjelasannya agak berat, tapi masih mampu kuterima dengan baik. Isinya sangat bermanfaat untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu yang ingin mempunyai kebebasan finansial, boleh banget baca buku ini sebagai tambahan ilmu.[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates