Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Ruangbelajar, Solusi untuk Pembelajaran Jarak Jauh

55 komentar

Tahun ajaran baru sudah dekat nih. Bagi yang tidak bergerak di bidang pendidikan dan belum punya anak usia sekolah, mungkin tidak akan terlalu merasakan suasana pergantian tahun ajaran baru ini. Maklum, di masa pandemi seperti sekarang ini sekolah dijalankan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Namun, bagi yang punya putra putri berusia sekolah pasti sudah sangat akrab dengan metode PJJ. Orangtua mendapat tugas tambahan, yaitu menjadi pendamping anak belajar selama di rumah. Ada banyak cerita orangtua yang kewalahan dalam mendampingi putra-putri mereka dalam PJJ ini. 



Hal ini dikarenakan orangtua sudah lama melewati masa sekolah sehingga tidak keep up lagi dengan pelajaran di sekolah. Selain itu, ilmu pengetahuan juga terus berkembang sehingga mungkin saja ada ilmu baru yang tidak dipelajari oleh orangtua pada saat sekolah dulu. Ketiga, kurikulum pendidikan sekarang yang berbeda dengan saat orangtua sekolah dulu juga pasti membuat bingung.


Ruangbelajar dari Ruangguru


Ketiga hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan layanan belajar online dari Ruangguru yang diberi nama Ruangbelajar. Ruangbelajar adalah layanan belajar online terlengkap di Indonesia. Akses materi belajarnya lengkap dengan master teacher terbaik di bidangnya. 


Di Ruangbelajar siswa bisa belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi lengkap dengan latihan soal. Video-video tersebut bisa didownload sehingga dapat menghemat kuota. Orangtua bisa mendampingi anak dalam belajar dengan video-video ini. Selain itu materi juga disertai dengan rangkuman infografis yang membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran.


Di Ruangbelajar juga terdapat ratusan ribu soal dan pembahasan untuk mengasah kemampuan siswa. Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur latihan seperti banksoal, latihan bab, cek kemampuan, dan kuis untuk memastikan siswa sudah paham dengan apa yang dipelajari.



Fitur lainnya yang dapat membuat belajar jadi lebih seru adalah Ruangguru Adventure, Teman Belajar, dan Gamification. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan.


Keunggulan Ruangbelajar


Dengan banyaknya fitur-fitur tersebut tidak membuat harga layanan di Ruangbelajar selangit. Malah dengan harga yang terjangkau berlangganan di Ruangbelajar sudah mendapatkan fasilitas-fasilitas berikut.


1. Puluhan ribu video belajar beranimasi
2. Latihan soal
3. Rangkuman infografis
4. Bisa didownload dan diakses offline
5. Fitur premium lainnya


Ada dua pilihan paket favorit di Ruangbelajar, yaitu paket 1 tahun ajaran 2021/2022 dan paket 1 tahun ajaran 2021/2022 SMA+UTBK. Untuk detail lengkapnya bisa dilihat di website Ruangguru ya.


Sudah banyak siswa yang menggunakan fitur Ruangbelajar ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mereka memilih Ruangbelajar untuk mendampingi pembelajaran jarak jauh selama pandemi.


1. Tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna bimbel online ruang belajar
2. Banyak yang menilai ruang belajar lebih menarik dibandingkan pengajaran di sekolah
3. Banyak yang menilai ruang belajar sangat membantu pemahaman konsep
4. Banyak pengguna yang langsung naik nilainya setelah 3 bulan berlangganan
5. Ruangbelajar sangat membantu persiapan ujian


Selain membantu orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah, Ruangguru juga menyediakan layanan memantau perkembangan anak. Para orangtua cukup mengetik “rapor anak” ke WA Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.


Guru-guru di Ruangbelajar atau yang biasa disebut master teacher semuanya berkompeten. Aku kagum dengan salah satu master teacher di Ruangguru yaitu Kak Rika, guru fisika. Ia mengatakan bahwa ia tidak capek belajar karena melihat kerja keras dan dukungan penuh dari orangtua. Ia berpikir, dengan dukungan sedemikian besar ia tentu juga harus mengusahakan yang terbaik dalam belajar.


Keren ya? Semoga adik-adik usia sekolah lainnya juga menyadari hal yang sama. Support dari orangtua memang selalu tak terbilang, salah satunya adalah dengan membelikan paket belajar di Ruangbelajar ini. Semoga anak-anak juga dapat memberikan yang terbaik untuk orangtua dan dirinya sendiri. 


Jadi, tak diragukan lagi belajar selama PJJ bersama Ruangbelajar adalah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh anak bersama orangtua. Ruangbelajar memang merupakan layanan belajar online termurah dan terlengkap di Indonesia. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

55 komentar

  1. Ruangbelajar by Ruangguru bisa menjadi salah satu solusi pembelajaran online rerbaik. Membantu sekali tentunya, buat anak2 yang masih kebingungan dengan penjelasan guru2 apalagi waktunya juga terbatas. Fitur Ruangguru banyak sekali ya dan materi yang diajarkan juga dipaoarkan dengan baik sehingga anak2 mudah memahaminya.

    BalasHapus
  2. Kita harus berdamai dengan kondisi di mana sepertinya PJJ masih akan dilakukan setidaknya hingga akhir tahun ini. Untung ada ruangbelajar ya, bisa jadi solusi menemani belajar anak-anak kita.

    BalasHapus
  3. Kalau ikut ruang belajar dan nilai akademisnya meningkat, ah siapa tidak ya ga mau nyoba. Ini harus saya rekomendasikan ke teman2 yg punya anak sekolah

    BalasHapus
  4. aku udah lihat2 sebentar
    dan pengen mbalik sekolah SMP atau SMA
    soalnya bisa belajar di ruangguru
    materinya enak2 loh ituuu
    video animasinya bikin segeeeeeeeeeeer

    BalasHapus
  5. Setelah melewati 1 tahun pjj, orang tua dan anak sepertinya membutuhkan alternatif metode belajar yang lain, yang lebih inovatif dan menarik, agar anak-anak tidak bosan. Ruangbelajar dari ruang ruangguru bisa menjadi alternatif bagi anak selama pjj, agar mereka memiliki wawasan yang berbeda serta ketrampilannya dalam memahami soal semakin bertambah.

    BalasHapus
  6. Ruangbelajar by ruangguru, termurah dan terlengkap. Kayaknya memang ini yang dibutuhkan untuk kaum hawa yang sudah mendapat gelar ibu dengan anak yang sudah berstatus sekolah. Bisa mengurangi beban Ibu.

    Visualiasi dalam memberikan materi juga lumayan membantu untuk anak lebih paham, jadi tidak diserang kalimat saja pas belajar. Ada gambar² menarik untuk disimak

    BalasHapus
  7. seru banget ya ruangguru ini, fiturnya keren-keren. eh dulu pas aku lulus s2 sempet banget pengen daftar jadi pengajar di ruangguru hihi

    BalasHapus
  8. tantangan pjj itu salah satunya anak sulit memahami materi pelajaran ya mbak
    makanya perlu ikutan bimbel online seperti Ruangbelajar by Ruangguru ini

    BalasHapus
  9. Ruangbelajar by Ruangguru ini mempermudah proses belajar selama PJJ. Materi mudah dimengerti, dilengkapi video dan latihan soal juga. Ruangbelajar juga biayanya lebih murah dibandingkan dengan bimbingan belajar lainnya.

    BalasHapus
  10. Masa-masa PJJ diperpanjang demi kesehatan kita semua dan ini menjadi titik kritis bagi pendidikan di Indonesia yang selama ini sekolah dengan tatap muka.
    Alhamdulillah, kini ada aplikasi ruangguru yang salah satu fiturnya adalah ruangbelajar. Aplikasi ini sangat membantu sekali dari semua aspek, guru, murid dan orangtua.

    BalasHapus
  11. Pertama tau Ruangbelajar ini auto ngeuh kok mirip Ruang guru namanya, ternyata emang dari Ruang guru ya, hehehe.. Alhamdulillah dengan adanya platform seperti Ruangbelajar ini jadi makin memudahkan anak-anak sekolah dalam proses belajar ditengah pandemi ini ya mbak

    BalasHapus
  12. Anakku sudah pake ruang belajar untuk PJJnya lumayan materinya banyak trus dia mudah paham gitu. Anaknya jadi lebih enjoy ngikutinnya.

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih ruangbelajar dari ruangguru. Tampilan pelajaran menggunakan video yang menarik tentu bakalan menjadi momen belajar yang menyenangkan untuk anak-anak. Materi dari ruangbelajar juga bisa menjadi penambah pengetahuan bagi anak di samping pelajaran sekolahnya,

    BalasHapus
  14. Iya beneran kalau masih SfH kaya gini, orang tua tuh butuh bantuan solusi belajar online karena kalau ngandelin pengetahuan orang tua uda terbatas banget, apalagi urusan pelajaran T__T

    BalasHapus
  15. Karena belakangan ini sering baca review teman-teman bloger tentang Ruangguru ini akhirnya saya daftarin anak saya ikut kelas premiumnya Ruangbelajar. Semoga bisa membantu dia untuk belajar lebih baik.

    BalasHapus
  16. Wah anakku udah daftar juga nih aplikasi Ruangguru soalnya pengalaman dua semester kemarin pelajaran makin sulit tapi anakku ngak maksimal belajarnya, apalagi fitur-fitur yang ada di ruangguru bantu banget anak2 belajar lebih mandiri.

    BalasHapus
  17. Banyak banget nih yang pakai. Semoga bisa menjadi salah satu solusi belajar di masa pandemi ini ya. Krn jujur, kalau orang tua terus harus terjun langsung ngajarin, beuhhh... bisa betanduk. wkwkwk

    BalasHapus
  18. Untung ada ruangbelajar ya mbak sehingga anak tidak bosan ketika menjalani PJJ. Kebayang hampir 2 tahun menjalani PJJ pasti suntuk dan bosan.

    BalasHapus
  19. Ruangguru tuh kece banget sih UXnya. Jadi gampang digunain. Terus konsep gamifikasinya juga seru banget. Bikin belajar jadi nggak terasa kaya belajar.

    BalasHapus
  20. Anak2 jaman now pastinya butuh ruangbelajar
    karena memang pendidikan berlangsung secara online
    jadi butuh layanan dari ruangguru semacam ini ya

    BalasHapus
  21. sejak adanya ruangguru ini orang tua tentunya nggak bingung lagi ya kalau mau mendaftarkan anaknya ke kursus soalnya fitur ruangguru sudah lengkap banget

    BalasHapus
  22. Saat pandemi begini dengan metode PJJ anak2 memang lama2 bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Ruangbelajar dari ruangguru ini bisa jadi salah satu alternatif cara belajar anak agar tidak bosan ya, selain itu bisa lebih mandiri juga.

    BalasHapus
  23. Saya juga gunakan Ruangbelajar nih untuk kedua ponakan saya sangat membantu sekali dan menjawab kebutuhan keren emang Ruangbelajar by Ruangguru ini

    BalasHapus
  24. Mau nggak mau kita harus menyesuaikan diri dengan pjj ya. Makin banyak aplikasi yang membantu orang tua mempermudah pembelajaran jarak jauh..

    BalasHapus
  25. PJJ tahun ajaran kali ini saya rasa lebih matang kota menghadapi nya dibandingkan tahun lalu. Selain udah ada pengalaman, tahun sekarang banyak dibantu juga oleh semacam Ruangguru ini. Jadi anak maupun guru serta orang tua tidak khawatir lagi soal ketinggalan pembelajaran ya

    BalasHapus
  26. Ruang belajar by Ruangguru ini memang sangat bermanfaat banget buat anak-anak Kita ya mbak. Daripada Kita emak-emak pusing sendiri mengajari anak-anak, serahkan pada Ahlinya saja deh

    BalasHapus
  27. jika kita tertarik menggunakan ruang belajar ini apakah bisa trial dulu atau harus berlangganan ya mbak rindang?

    BalasHapus
  28. Salfok sama modelnya. Untung udah jadi Mak emak. Kalau masih sekolah pasti cuma liatan foto modelnya. Hehe. Btw jenjang SD sudah bisa juga kah?

    BalasHapus
  29. Kayanya aku perlu juga Ruangguruuu.... mulai berasap nih otaaakkk

    BalasHapus
  30. Wah keren bisa didownload dan diakses secara offline juga. Jadi nggak akan terlalu ngabisin kuota ya kalo harus ngulang-ngulang videonya.

    BalasHapus
  31. ah iya, tahun ajaran baru ini anak anak masih pjj
    pas banget klo ikutan Ruangbelajar by Ruangguru ini ya mbak
    biar makin mudah memahami materi pelajaran

    BalasHapus
  32. Sekarang sudah banyak aplikasi belajar jarak jauh yang dapat menjadi solusi belajar daring. Ruang belajar dari ruang guru ini contohnya. Satu inovasi yang bermanfaat banget. Salut sama ruang guru. Terus berinovasi.

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah anakku sudah pakai ruang belajar ini untuk bantu dia memahami belajar di rumah aja. Tadinya sebelum berlangganan, dia banyak tanya terus sama bundanya hehehe... Si bunda kadang tahu jawabannya kadang ada yang gak tahu.

    Semenjak gabung di ruang guru dia jadi jarang nanya lagi karena semua sudah ada penjelasannya di ruang belajar.

    BalasHapus
  34. Wah, makin lengkap nih. Buat yang sekolah daring jadi ada tambahan keilmuan untuk nunjang materi di sekolah

    BalasHapus
  35. Ruangguru ini pengajarnya memang bikin nyaman banget.
    Anakku kebantu sekali waktu persiapan menghadapi ujian akhir semester kelas 4 yang lalu, alhamdulillah~

    BalasHapus
  36. Ruang guru memang jadi andalan di masa pandemi ya buat proses belajar anak. Fitur-fitur yang menarik membuat anak betah belajar dan ga jenuh

    BalasHapus
  37. alhmdulillah sekarang banyak aplikasi belajar yang membantu banget siswa dan ortu selama PJJ ini ya
    materi dan sistemnya sangat sesuai dengan kebutuhan siswa

    BalasHapus
  38. Selalu ada solusi yg ciamik, ya
    Fitur Ruangguru banyak sekali ya dan materi yang diajarkan juga dipaparkan dengan baik sehingga anak2 mudah memahaminya.

    BalasHapus
  39. Aku buktikan sendiri anakku waktu SMP ikutan Ruangguru dan Alhamdulillah bisa masuk SMA Negeri. Maka inovasi Ruangguru di antaranya di ruangbelajar ini tak perlu diragukan lagi. Memang pas buat solusi belajar saat PJJ, karena lengkap fiturnya, anak bakal terbantu belajarnya

    BalasHapus
  40. Banyak banget sekarang aplikasi yang membantu para siswa untuk belajar di masa pjj. Semoga tetep semangat dan nggak kalah dengan waktu sekolah tatap muka..

    BalasHapus
  41. Dengan adanya Ruangbelajar by Ruangguru membantu sekali proses PJJ anak saat pandemi.

    BalasHapus
  42. Sejak melek aplikasi pembelajaran online kemampuan belajar anak bisa dibedakan lho. Ruangguru ini banyak membantu sekali selama PJJ dan selanjutnya.

    BalasHapus
  43. Ruangbelajar ini kayaknya jadi andalan deh buat emak-emak kaya saya ini yang mendampingi anak saya yang masih PJJ, uhuuuuuy

    Apalagi emak-emak lainnya, semakin terbantu dengan ruangbelajar ini

    BalasHapus
  44. Wah jd pengen coba. Beruntung jaman sekarang semua serba ada.jd tinggal pilih yg pas

    BalasHapus
  45. Aku kapan hari sempet penasarann gitu cobain ruangbelajar dari ruangguru lalu cobain ikut kelasnya yang gratis beberapa hari. hhee eh ketagihan

    BalasHapus
  46. Ruangbelajar ini anaknya ruangguru ya? Jaman sekarang itu yang beginian bakal kepake banget. Semua jadi bisa belajar. Jadi ga ada alasan buat ga pintar

    BalasHapus
  47. Saat pandemi memang yg berlaku adalah pembelajaran jarak jauh ya mbak
    dan memang perlu bantuan dari pihak lain, Ruangbelajar by Ruangguru ini bisa jadi patner terbaik dalam mendampingi pjj

    BalasHapus
  48. Keren ya ada master teacher yang membantu anak-anak kita saat mengikuti pembelajaran di ruangbelajar ini. Anak makin terpacu untuk belajar dengan cara menyenangkan.

    BalasHapus
  49. Sudah menjadi kepercayaan banyak masyarakat Indonesia bahwa belajar online terbaik di ruang belajar dari ruangguru.
    Salut dengan inovasi dan selalu berkembang memenuhi kebutuhan belajar online pelajar di zaman digital.

    BalasHapus
  50. Pandemi memang membuat kita beradaptasi dengan banyak hal, salah satunya pembelajaran di sekolah. Ruang guru bisa jadi salah satu sarana belajar di rumah ya Mbak

    BalasHapus
  51. Ruang belajar by ruang guru ini Menjadi solusi buat anak-anak Kita belajar di Masa pandemi seperti saat ini ya mbak Dan memang membantu banget buat para orang tua ya mbak

    BalasHapus
  52. Di masa pandemi aplikasi belajar online ini membantu banget ya bagi anak-anak sekolah. Mana biayanya juga terjangkau yaa

    BalasHapus
  53. Anak sulung saya ikut RuangBelajar by Ruangguru ini. Lumayan membantu dia dalam mengerjakan tugas atau memahami pelajaran yang sulit menurut dia. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  54. wow aplikasinya bgs bgt ya... cocok buat ank yg lg pjj

    BalasHapus
  55. Aku belum merasakan riwehnya, maklum anak masih bayi, hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar