Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Now I’m: Pelatihan Mode On

40 komentar

Hai halo semuanya. Sudah lama sekali aku tidak menulis untuk curhat. Padahal ada banyak sekali yang bisa kuceritakan tentang kehidupan personalku. Bukannya tidak mau, tapi tidak ada waktu. Halah. Well, kali ini karena kusempat-sempatin akhirnya aku punya waktu juga untuk nulis curhat.



Kali ini aku bercerita tentang kegiatanku hampir satu bulan terakhir. Sejak awal Juli kemarin aku libur ngantor karena ikut pelatihan secara online. Ya ya, jangan harap aku bisa leyeh-leyeh selama libur karena ternyata di pelatihan ini jauh lebih sibuk daripada kerjaan ngantor.


Aku sempat keteteran di awal-awal. Kelas sebenarnya tidak terlalu makan waktu, tapi lebih kena ke mental karena bertemu dengan para tutor. Tapi tugas ya ampun makan waktu banget. Apalagi tugas kelompok, harus diskusi panjang ini itu.


Tiada Hari Tanpa Tugas

Kalau tugas individu mungkin berat karena harus dikerjain sendiri tapi karena udah terbiasa akunya jadi nggak terlalu beban gitu. Aku sendiri sudah terbiasa dengan deadline-deadline menulis, jadi tidak terlalu masalah.


Yang bikin lama itu kadang mikirin konsepnya dan eksekusinya di bidang yang aku tidak ahli contohnya editing video. Wah, aku kalah jauh deh. Padahal tugasnya ada banyak sekali bikin video. Cek aja channel youtubeku, banyak sekali tugas yang sudah kuupload. Astaga. Lama-lama setelah pelatihan ini aku bakal jadi youtuber.


Padahal tadinya ngaku-ngaku nggak jago edit video, tapi ternyata ngomong di depan kamera itu menyenangkan. Nggak semenghabiskan energi saat berinteraksi dengan orang langsung. Wahai para introvert, ngerti maksudku kan? Haha.


Well untuk tugas yang basicnya tulisan, aku aman sih. Kendalanya lagi-lagi paling di konsep dan bahan penulisan yang terbatas. Oh jangan lupa waktu pengerjaannya juga terbatas. Biasanya saat kelas siang akan dibagikan tugas atau sebelum itu dan deadlinenya jam 5 subuh keesokan harinya. Gitu terus tiap hari. Tiada hari tanpa tugas.


But anehnya karena memang suka hal-hal berbau akademik, sebagian besar diriku cukup menikmati prosesi ni. Benar-benar tantangan baru yang mengasikkan.


Sempat Jalan-jalan

Fun factnya sebelum aku bercerita mengenai kesulitan-kesulitanku lainnya saat mengikuti pelatihan ini adalah aku sempat travelling di minggu pertama. Kebetulan ada acara keluarga gitu di ibukota provinsi pas weekend, kelas kebetulan libur Sabtu itu. 


Tapi tugasnya sekalian ada 3 di akhir pekan itu. Ketika tugas kelompok yang mengharuskan aku ketemu offline dengan anggota kelompokku sudah beres, aku cabut keesokan harinya. Di sepanjang perjalanan aku sambil nyicil tugas yang bisa dikerjain lewat smartphone.


Sesampai di rumah Minggu malamnya, karena ada miss communication ternyata ada satu tugas lagi yang dibikin video. Syutinglah aku dan ngedit sampai sekitar jam 2 malam itu. Senin siangnya harus masuk kelas lagi. Beruntung, konsepnya sudah kudapetin selama di perjalanan pulang. Gokil sih. 


Oh ya yang bikin deg-degan kadang tugas video harus dipresentasikan saat kelas berlangsung. Grogi dong meski ga ketemu langsung. Ada beberapa tugas yang karena keterbatasan waktu dan kedangkalan konsepku, rasanya bikin aku pengen ngulang bikinnya. Waktu cerita ke teman dia bilang, yang berlalu biarlah berlalu. Haha. Bener sih, toh tugasnya sudah dinilai juga.



RIP Koneksi Internet

Nah, sampai ke bagian paling mengerikan. Halah. Yaitu masalah koneksi internet. Teman-teman onlineku sudah pada tahu dong di rumahku sinyal internet itu jelek banget. Jadi sebelum mulai pelatihan aku pasang wifi dulu. Sempat tiga hari gitu ke rumah saudara selama proses pemasangan berlangsung.


Ga cukup sampai di situ. Sampai hari ini udah 2 kali aku terpaksa cabut dari rumah karena sinyal internetnya gangguan. Bikin kesel nggak sih. Tapi semoga mulai hari ini saat aku mau zoom meeting sinyalnya stabil terus. Amin.


Tepar

Bagian yang paling ngenes adalah aku sempat terserang flu dan demam. Worry banget dong di zaman pandemi begini sakit. Meski aku tahu persis itu hanya respon tubuhku terhadap rutinitas yang kacau. Makan well beneran nggak teratur banget untunglah support system di sekitarku bikin aku bisa ketemu makanan 3 kali sehari. Jangan harap aku sempat masak. Boro-boro, tidur aja minus.


Iya waktu yang flu itu aku ngerasa berat banget, makanya aku ngelakuin apa aja biar bisa sembuh. Ngerem dan ningkatin ini itu. Alhamdulillah, udah 90% lagi kondisi kesehatanku.


Baru-baru ini kan ada perayaan Hari Raya Idul Adha, nah sekitar dua harian itu kayaknya aku kebanyakan makan daging bahkan sempat barbeque-an juga sama keluarga. Jadilah aku sakit kepala di suatu sore sampai tengah malam padahal hari itu as usual ada tugas paper yang harus dikumpul jam 5 pagi. Dengan nekat aku bawa tidur dulu ketika 40% lagi pekerjaanku belum selesai.


Jam 4 pagi qadarullah aku bangun dan ngelanjutin nugas dengan kepala yang masih sakit. Lepas subuh, aku tidur lagi sampai jam 10-an gitu. Kelas habis zuhur. Alhamdulillah setelah itu aku nggak sakit kepala lagi dan nyerah dulu makan dagingnya. Haha.


Manajemen Waktu dan Energi Itu Penting

Beneran deh aku harus jaga kesehatan, manajemen waktu yang sebelumnya udah rapi aja masih harus dirapiin lagi. Dan yang lebih penting itu manajemen energi, terus jangan lupa hiburan juga. Kadang aku sempetin nonton youtube pendek dan yah aku baru sempat namatin satu novel selama pelatihan ini berlangsung.


Sepertinya kalau offline pelatihannya bisa lebih fokus kalau sekarang online kan bisa kedistrak sama urusan rumah atau keluarga. Tapi bagaiamana pun juga ada plus minusnya. Secara daring ini plusnya juga banyak banget.


Btw, sekarang sebenarnya aku ada tugas bikin semacam draft proposal penelitian gtu untuk tugas akhir tapi aku pengennya curhat gini. Jadi ya nyuri waktulah. Dua jam lagi kelas mulai, aku harus mantau sinyal internet, kalau bad signal aku harus kabur satu jam sebelum itu karena pernah tiba-tiba sinyal ambruk aku kelabakan dan sampai di jalan gitu nyalain videonya. Bikin malu dan deg-degan.


Semangat ya kalian. Apapun yang sedang kalian lakuin sekarang. Bikin time frame dan target hidup seketat saat pelatihan ini sebenarnya bagus banget. Bisa bikin hidup lebih produktif. Toh kebanyakan leyeh-leyeh juga nggak bagus kan? []

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

40 komentar

  1. Temenku juga ada yang sedang pelatihan online. Sibuknya ngga kalah dari anak-anak yang PJJ ya kak. Semangat terus ya, semoga lancar pelatihan onlinenya...

    BalasHapus
  2. Yihaaa!
    Senang banget kalo baca postingan yg semangat kayak gini, Mba
    Jadi tertulari energi positifnya jugaakk

    BalasHapus
  3. Sepakat banget nih, aku pun tiap hari menuliskan to do list biar nggak kebanyakan leyeh2 karena wfh. Wkwk
    Tp kl udah sakit, jangan dipaksa mesti istirahat total sampai sembuh. Kebanyang deh kl tiap hari ada tugas, apalagi kl koneksi internet nggak stabil ya mbak

    BalasHapus
  4. Eh, ngga apa-apa Mbak jadi yutuber sekalian.. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui jadinya. Hihi...

    Btw, orang introvert katanya emang gitu, yaa.. Kalo ketemu orang "energinya" cepet habis. Jadi nge-charge energinya dengan menyendiri. :)

    BalasHapus
  5. Laily FitrianiSelasa, 27 Juli, 2021

    Semangat Mbak Rindang, memang pelatihan online bikin mengurai energi juga kalau kelamaan yaa? Semoga sukses slalu.

    BalasHapus
  6. penasaran sih mbak rindang itu ngantor apa pelatihan di mana sebenernya? kok bajunya hitam putih. hehe. semangat ya mbak semoga lelahnya lillah, berkah!

    BalasHapus
  7. Sehat selalu ya Mbak. Iya batuk flu jaman sekarang nih bawaannya kiya jadi sensitif ya...
    Kepadatan aktivitas bikin tubuh kita lelah. Management waktu itu memang perlu...

    BalasHapus
  8. Manajemen Waktu dan Energi Itu Penting

    Setuju buangeett Mba
    Apalagi sekarang kita serba digital, kadang ngga kerasa, lhooo kok waktu terbuang begitu aja yaaa

    BalasHapus
  9. Wah Kak Rindang, ikut senang atas kegiatannya Kak dan menikmati enak dan kurang enaknya berserta kendala-kendala. Karena sekarang online jadi hambatannya lumayan ya, kaya tiba2 sinyal jelek atau manajemen waktu nih. Ikut sedikit merasa relate waktu itu ada kelas tapi malemnya susah tidur, alhasil ikut dengan setengah2 gitu karena ngantuk abis hehehe.

    Semoga lancar sampai akhir ya Kak dan jaga kesehatan

    BalasHapus
  10. Bener banget mba, management waktu dan energi itu penting. Aku pernah banget kecapean liputan konser terus ke kondangan temen terus telat makan eh ambruk. Semangat dan sehat terus mba!

    BalasHapus
  11. senang sekali menikmati kisah kesibukan, Mbak Rindang.
    full banget ya mbak sampai kecapaian gitu. semoga setelah ini sehat-sehat selalu ya. aku agak iri liat mbak rindang penuh semangat di bulan juli ini. ayo ah, aku mau semangat lagi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Diaaaan, semangat juga ya. Mulai datagi lagi hal yang mau kita capai, satu aja dulu trus kejar sampai dapet. Insyallah bikin semangat.

      Hapus
  12. Semangat untuk pelatihannya, Mbak.. Semoga mendapat hasil terbaik. Btw management waktu itu emang penting banget sih menurutku, karena kalau udah berantakan, buka pekerjaan aja yang kacau, energi tubuh karna waktu makan nggak teratur juga bisa berkurang.

    BalasHapus
  13. Justtu kalau kita sibuk jadi tidak jenuh ya mbak, asalkan tetap menjaga kesehatan dan memberikan hak tubuh untuk beristirahat serta refreshing. Kalau kita produktif rasanya tuh ada kepuasan sendiri, jadi lebih semangat gitu dalam menjalani hari2. Semangat dan jangan lupa jaga kesehatan ya mbak.

    BalasHapus
  14. Semangat pelatihan sampai kelar ya. Aku baca aja berasa ribetnya. Kayanya aku belum mampu kaya gitu. Anaknya gak bisa diajak cepat-cepat

    BalasHapus
  15. Wah saya jadi penasaran pelatihan apa yang Mbak Rindang ikutin sampai jadwal dan tugasnya sepadat itu. Jangan-jangan pelatihan yang "itu" kalinya kalau dilihat dari kustom dan libur ngantornya, ehehehe

    BalasHapus
  16. Semangat, Kak dengan berbagai tugas yang menyita waktu dan pikiran. Aku juga sama, suka minder kalau ada pekerjaan berbau video. Makanya males ikut job di IG yang mensyaratkan video gitu. Malas rekaman juga haha. Tapi aku setuju, memang manajemen waktu itu penting banget. Kalau asal hantanm, energi bisa habis dan semua tugas keteteran. Bikin skala prioritas jadi penting deh, selamat berjuang!

    BalasHapus
  17. Hebat amat mbak, padahal sakit-sakit masi sempet namatin novel segala sambil pelatihan. Semoga bermanfaat ya Mba pelatihannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca novel itu malah salah satu imun rechargenya Mbak, sama sekali bukan hal yang berat. Hehe.

      Hapus
  18. Baca semua aktivitasnya kok saya ikutan capek ya, Mbak hihihi. Padat sekali kegiatannya. Kalau kelelahan gitu memang yang dikhawatirkan badan bisa ngedrop, akhirnya sakit, deh!
    Daan memang solusi terbaiknya itu manajemen waktu yang baik, soalnya membantu banget kalau aktvitas kita banyak.

    BalasHapus
  19. Wah sehat2 selalu mbak.
    Asyeeek walau agak berat, pelatihan bikin sibuk dan produktif yaa, cukup mengalihkan dari berita2 yang gtu2 aja saat masa pandemi gini.
    Kita samaan nih bulan Juli ini aku ikutan dua pelatihan yang mayan menguras waktu,tenaga, pikiran sampai mau nulis curcolan blm sempet wkwkw
    Emang kudu disempetin yaaa
    Iyes setuju manajemen waktu penting

    BalasHapus
  20. Pelatihan secara online ini membuat time schedule yang kita bikin sendiri secara disiplin yaa..
    Salut, Rindang.
    Semoga pelatihannya lancar dan sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka banget.
      Rindang juga berbagi tugasnya di sosial media terutama youtube.
      Ini bisa jadi panduan untuk adik-adik kelas Rindang kelak yaa..

      Semangat~

      Hapus
  21. Allhamdulilah semangat sukses ya Mbak Rindang. Luar biasa aktivitas nya jaga kesehatan selalu yang penting ya mbak

    BalasHapus
  22. lama juga ya pelatihannya. mana online juga. heu, prajabatankah, Rindang?

    BalasHapus
  23. Setuju bgt klo majemen waktu itu pentiiing. Salut msh bs ikut pelatihan dsb. Aki lg ms2 stuck krn gak bs ikit mcm2. Wkkw. Semangat trus mba

    BalasHapus
  24. Jadwal nya padat sekali mbak rindang, apalagi itu tiada hari tanpa tugas, berasa kena kejar tugas setiap hari. Mau lenyeh lenyeh eh keingat tugas huhu.

    Kadang, kalau koneksi buruk, kitanya sebel sendiri. Tetap semangat mbak rindang, pelatihan online perlu kesabaran tingkat tinggi.
    Peluk jauh mbak

    BalasHapus
  25. Semangat kak.. Memang masa muda kita harus capek capek belajar dan menuntut ilmu. Termasuk merasakan capeknya pelatihan online. Ntar klo udah berumur berasa bersyukur pernah cape belajar saat muda. Tetap semangat ya

    BalasHapus
  26. Iya Mbak, pelatihan online lebih ribet daripada ritme kerja sehari-hari. Juga lebih ribet dibandingkan pelatihan offline, ini sepengamatan saya pas beberapa waktu lalu teman kantor mendadak harus ikut diklat online, mana diklat teknis, harus praktek pula on live sebagai bagian akhir diklat untuk evaluasi hasil pemahaman materi diklat.

    (disitu saya bersyukur karena saya tidak jadi ikut mendaftar *ups*)

    BalasHapus
  27. Pelatihan online memang kadang melelahkan ya mbak
    Tetap semangat ya mbak
    semoga lancar pelatihan onlinenya

    BalasHapus
  28. Sepertinya ini yang dialami makemak yang ingin menyibukkan diri di rumah tapi ternyata laa kok yo sibuk banget gitu yaaa,, to do list penting agar yang paling penting bisa didahulukan. Semangat buat semuanya, demi personal branding.

    BalasHapus
  29. Hihi seru mbak ceritanya, warna-warni pelatihan online di tengah pandemi. Dan Yups bener banget kudu bikin time schedule dan lebih fokus karena kalo dirumah gampang banget kedistrak sama suasana rumah 😭

    BalasHapus
  30. Jadi pelatihan online ini tugas kantor Mba? Moga diperlancar semuanya, ya. Memang manajemen waktu dan emosi kadang harus seimbang ya.

    BalasHapus
  31. Koneksi internet memang penting ya, Mbak, di saat sekarang semua harus online termasuk pelatihan. Semoga lancar pelatihannya, sukses dan sehat selalu.

    BalasHapus
  32. Wah serunya mbak aktivitas nya. Spill dong nama akun youtube nya. Mau main ke sana. Alhamdulillah kalau bisa mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Yang penting jangan lupa istirahat. Jaga badan

    BalasHapus
  33. Seru baca sharingnya, Mbak. Sama sih, sy juga ada banyak sekali yg ingin dishare, tapi ya kembali kepada keterbatasan waktu. Masya Allah. Intinya skrg lebih kepada memaafkan diri sendiri karna gak bisa sering2 posting. Hehe

    BalasHapus
  34. Meskipun berkegiatan di rumah saja, time schedule dan management memang penting ya. Biar enggak kecapekan dan ujung2nya sakit. Selamat bersibuk ria mba Rindang :)

    BalasHapus
  35. Bener banget...manejemen waktu penting...
    Dan dengan kerjan online kita gak terlalau direpotkan dengan waktu karena bisa stay dirumah.. tanpa mikir macetnya jalan dll

    BalasHapus
  36. Nah itu dia kadang yang bikin ngeselin koneksi internet yang gak kuat, tiba-tiba putus trus tiba-tiba gak ada suara, dan masih banyak lagi...

    BalasHapus

Posting Komentar