Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan

69 komentar
Tahukah kamu jika kerap mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi dapat membuat tubuh kita lebih sehat, bahkan dapat juga menurunkan berat badan? Apa sih fungsinya serta makanan apa saja yang memiliki serat tinggi yang dapat kita makan? Berikut penjelasannya.

Makanan Kaya Serat

Manfaat Makanan Kaya Serat

Mungkin kita sudah sering mendengar jika mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Namun, bagaimana sebetulnya makanan tinggi serat dapat membuat tubuh kita lebih sehat? Berikut adalah manfaat sering mengkonsumsi makanan kaya serat untuk pencernaan

1. Memperlancar Pencernaan

Jika kita sering mengalami sembelit, makanan yang kandungan seratnya tinggi sangat pas sekali untuk dikonsumsi. Makanan tinggi serat dapat menyerap air sehingga membuat kita lebih lancar buang air. Selain itu, beberapa macam makanan dengan tinggi serat bisa juga dapat difermentasi di usus besar kita sehingga akan membuat usus lebih sehat.

2. Mengurangi Kolesterol

Makanan tinggi serat dapat membantu kita menurunkan kolesterol pada tubuh sehingga menjaga tekanan darah kita tetap normal. Ini karena serat dapat mengikat kolesterol yang masuk dalam tubuh lewat makanan sehingga tidak diserap oleh tubuh, namun dibuang melalui proses pencernaan kita sewaktu buang air.

3. Mengatur Gula Darah

Apakah kamu suka makan yang manis-manis? Makanan tinggi serat dapat melindungi persentase gula darah kamu agar tidak terlalu tinggi. Serat dapat membantu tubuh kita lebih pelan dalam mengosongkan lambung, sehingga membuat penyerapan gula oleh badan menjadi lebih pelan. Jadi, tidak perlu takut dengan makanan manis jika kita kerap mengkonsumsi makanan memiliki serat tinggi juga. 

4. Mengontrol Berat Badan

Untuk kita yang ingin menurunkan berat badan, makanan kaya serat tepat untuk dikonsumsi. Serat pada makanan dapat membuat badan kita terasa kenyang lebih lama sehingga jumlah serta frekuensi makan kita berkurang. Selain itu, makanan tinggi serat, kandungan kalorinya lebih rendah dibanding makanan yang lain.

Sayur Hijau

5. Membuat Kita Panjang Umur

Semua fungsi dari makanan tinggi serat akan membuat tubuh lebih sehat serta berusia panjang. Makanan tinggi serat juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler serta kanker yang sangat fatal.

Jenis Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan

Agar kita dapat memperoleh manfaat, makanan kaya serat seperti apa saja sih yang dapat kita konsumsi? 10 makanan berikut memiliki serat tinggi yang mudah didapatkan serta dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan.

1. Stroberi

Stroberi mempunyai kadar serat yang cukup tinggi lho, yakni 2 gram per ons. Di samping itu, kalori serta kandungan lemaknya rendah sehingga cocok untuk kita yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Stroberi mempunyai kandungan zat lain yang berguna buat tubuh kita seperti vitamin C, mangan, potasium, serta antioksidan.

2. Alpukat

Sangat berbeda dengan makanan yang memiliki serat tinggi lainnya, alpukat memiliki kandungan serat 6.7 gram per ons juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, lemak pada alpukat adalah lemak yang sehat, jadi bisa bebas dikonsumsi tanpa perlu khawatir berat badan menjadi naik. Alpukat mempunyai kandungan beberapa zat bergizi yang lain seperti vitamin C, potassium, magnesium, vitamin E, serta vitamin B kompleks.

Alpukat dapat kita konsumsi langsung yang dijadikan sebagai topping roti bakar, campuran sushi, atau diolah bersamaan dengan ikan salmon menjadi poke bowl. Jadi, tidak ada salahnya kalau kita mencoba buah lezat yang  satu ini ya.

3. Apel

Selain memiliki serat tinggi, apel juga punya banyak fungsi lain untuk kesehatan tubuh kita. Buah yang satu ini dapat menyehatkan gigi, menghindarkan dari penyakit Alzheimer's yang merusak fungsi otak, mendetoks hati, serta membuat mekanisme ketahanan tubuh kita lebih kuat.

Apel tidak hanya dapat kita makan secara utuh, namun juga bisa menjadi dessert seperti apple tart atau apple pie. Jadi untuk para pecinta dessert, jangan lupa konsumsi dessert dari bahan apel ya.

4. Pisang

Buah ini lebih dikenal menjadi sumber potasium untuk tubuh. Namun, pisang sebetulnya memiliki serat tinggi juga, yakni sejumlah 2.6 gram per ons. Tidak cuma itu, pisang juga mempunyai kandungan vitamin B6 serta C yang berguna menjaga kesehatan tubuh. Jika kita mengalami kram sewaktu olahraga, buah ini bisa juga menjadi salah satu solusinya.

5. Bit

Pernah coba sayur dengan warna merah keunguan yang satu ini? Sayur bit yang tumbuh dalam tanah seperti kentang ini mempunyai kandungan serat yang banyak serta mempunyai kandungan beberapa zat nutrisi yang tinggi lho. Bit di antaranya mempunyai kandungan asam folat, zat besi, serta potasium. Selain itu, untuk kita yang rajin olahraga, bit bermanfaat juga untuk tubuh kita agar lebih kuat saat olahraga, serta menghilangkan bengkak sewaktu alergi atau sakit.

6. Brokoli

Sayur berikutnya kemungkinan adalah sayur yang sangat kita musuhi waktu kecil, namun brokoli sebetulnya adalah satu di antara sekian banyak sayur yang di dalamnya terkandung nutrisi banyak. Tidak hanya mempunyai kandungan 5.4 gram serat per cangkir, brokoli mempunyai kandungan banyak zat bergizi yang lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, anti-oksidan serta protein.

Makanan Sehat untuk Pencernaan

Karena bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh, brokoli mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan seperti meningkatkan kapabilitas otak, meningkatkan mekanisme ketahanan tubuh, menjaga kesehatan gigi serta tulang, bahkan dapat memberikan perlindungan kulit dari cahaya UV. Agar kandungan tinggi seratnya tidak membuat perut terasa penuh, sebaiknya sebelum dikonsumsi brokoli harus direbus terlebih dahulu.

7. Kacang Edamame

Kacang yang terkenal di Jepang ini sebetulnya adalah kacang kedelai yang belum masak lho. Namun, makanan yang dimakan dengan cara direbus ini memiliki banyak sekali nutrisi. Selain serat yang banyak, kacang edamame mempunyai kandungan protein, vitamin K, thiamine, serta riboflavin. 

Kacang ini juga berguna untuk menghindari osteoporosis serta kanker. Kacang ini dapat kita konsumsi menjadi camilan karena kalorinya rendah sekali hingga tidak akan membuat kita gendut.


8. Quinoa

Makanan yang mirip seperti sereal ini tengah hits di kalangan peminat makanan sehat. Selain memiliki sifat gluten-free hingga pas untuk kita yang alergi gandum serta mempunyai banyak kandungan gizi untuk menjaga kesehatan, quinoa juga mempunyai 2 zat antioksidan dari tanaman yaitu quercetin serta kaempferol. Ke-2 zat ini berguna sekali dalam menghindarkan dari berbagai virus yang menyerang tubuh kita serta memiliki sifat anti-depresi hingga merubah mood lebih bagus.

9. Oatmeal

Makanan sehat yang berasal dari gandum ini terkenal dapat menyehatkan jantung kita. Namun, oatmeal mempunyai kandungan banyak mineral dan vitamin. Yang membuat oatmeal berbeda dari makanan yang lain yaitu serat seperti betaglukan dalam makanan ini yang efisien sekali dalam mengontrol gula darah serta kolesterol kita dan meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus.

Agar tidak bosan dalam mengkonsumsi oatmeal, oatmeal dapat kita makan bersama smoothie bowl, yogurt, berbentuk cookies, atau menjadi topping dari daging serta seafood. 

10. Kacang Almond

Kacang yang satu ini juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, yakni 12.5 gram per ons. Kacang almond termasuk juga jenis kacang yang mempunyai banyak zat bergizi seperti vitamin E, magnesium, protein, antioksidan, serta lemak yang sehat.

Kacang almond dapat kita konsumsi dalam bentuk olahan seperti cake dengan topping kacang almond, susu kacang almond, croissant, atau gelato. Untuk kita peminat makanan manis, kacang almond pas jika kita makan dalam aktivitas sehari-hari.

Demikian, 10 jenis makanan kaya serat untuk pencernaan yang lebih sehat. Tertarik untuk mencoba semuanya? Atau selama ini malah sudah rutin mengonsumsinya? []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

69 komentar

  1. Dari 10 makanan di atas ada beberapa yang belum pernah coba seperti Bit dan Quinoa, kalau oatmel aku mah kurang suka. Selebihnya suka semua

    BalasHapus
  2. Memang ya kalau tubuh diisi dengan makanan yg mengandung hal baik seperti serat, bakal kerasa enaknya di fisik dan mempengaruhi pikiran juga. Pun yg mengandung serat ini bisa diolah dengan cara yang enak dan tetap sehat :D

    BalasHapus
  3. Dari 10 jenis makanan berserat di atas paling kusuka kacang almond. Enak sekali dan ternyata kaya serat juga. Kalo quinoa belum pernah tahu. Seperti apakah gambarnya?

    BalasHapus
  4. Apel, pisang, bit, quinoa ini termasuk yg jarang aku konsumsi sih huhu. Padahal di sini kota apel yah. Tapi kayak males gitu makannya kalau gak dijus wkwkw.
    Pisang jg kurang suka. Payah aku nih huhu.
    Thanks kak informasinya

    BalasHapus
  5. Alpukat, apel dan pisang itu favoritku mbak. Tapi jujur, aku memang masih kurang banget asupan serat soalnya aku nggak suka banget sama sayur hehe. Tapi kalau ngelihat manfaat serat, kudu dikuat-kuatin sih ya

    BalasHapus
  6. beberapa hari ini, aku rada sulit ke belakang mba
    Bisa jadi stres, bisa juga gegara kurang serat.
    sekarang aku lagi banyakin konsumsi buah sayur sih

    BalasHapus
  7. quinona sama bit yang baru aku dengar ka, pola makan , jenis makanan itu sangat mempengaruhi ya emba , aku juga mulai dibenerin nih asupan makanan nya , karena takut hasil medical check nya ga bagus hehe

    BalasHapus
  8. Wah dari sekian list makanan itu banyak yang belum dirutinkan dan juga belum dicoba. Bisa nih jadi referensi biar pencernaan makin lancar.

    BalasHapus
  9. aku baca sambil nyemil kacang almond ini. Makasih banyak tipsnya, Mbak. Pas banget aku emang harus banyak makan makanan yang berserat, karena emang punya masalah dengan pencernaan.

    BalasHapus
  10. Wah, masih banyak yang belum. Selama ini saya cuma rutin makan pisang sama ngemil kacang almond. Sisanya tergantung situasi dan kondisi, *tutup muka pakai buku bantal*

    BalasHapus
  11. Tak dapat di pungkiri. Makanan kaya serat sangat banyak manfaatnya untuk kelancaran pencernaan.
    Sehingga badan tetap fit.

    BalasHapus
  12. wah edamame ternyata berkhasiat juga ya. Masih takut2 karena kacang2an suka bikin asam urat. Mudah2an edamame bisa nih, mau cari ah di supermarket.

    BalasHapus
  13. Memang serat punya banyak sekali manfaat ya kak, saya sendiri selalu berusaha untuk menambahkan serat supaya pencernaan sehat dan baik bagi kita kedepannya

    BalasHapus
  14. Makasih Mbak penjelasannya, selama ini aku agak heran kok makanan berserat bisa memperlancar BAB. Dalam bayanganku makanan yang mengandung serat malah akan bikin tekstur feses makin berserat sehingga BAB akan makin sereet. Eh ternyata bukan gitu ya mekanismenya hehehe

    BalasHapus
  15. jadi inget kata ahli giziku dulu, orang dewasa mah udang prioritas makanan yang berserat jangan yang berlemak dan karbo muluu hehe makanan berserat selain kandungannya bagus untuk tubuh, mampu menjaga kita agar kenyang lebih lama

    BalasHapus
  16. Menarik banget pembahasannya. Asupan yang berserat memang penting, karena nanti malah sulit BAB hehehe. Apalagi ya? Tentunya juga mencegah meningkatnya LDL (lemak kolestero jahat) & gula darah ya. Banyakin makan alpukat & pisang aja nih, yang menurutku lebih familiar selain oatmeal.

    BalasHapus
  17. Terima kasih banyak infonya, sekarang saya paling sering sarapan pisang sama alpukat neh, biar pagi-pagi perut dapat serat yang sehat, hehehe

    BalasHapus
  18. itu kayaknya yang terjangkau dan makanan semua umat Indonesia kayaknya pisang deh, yang lain mahal semua, hehehe

    BalasHapus
  19. Makanan yang kaya serat itu sebenernya enak-enak semua ya. Itu sih menurutku.. hehe.. tapi makanan yang kurang berserat atau bahkan junk food juga banyakk dan gak kalah enakkk.. jadi yaa banyak juga yang kena kolesterol tinggi, hehehe..

    BalasHapus
  20. dari 10 macam jenis makanan di atas aku paling suka sama stroberi dan pisang. tapi ada satu yang belum pernah aku coba. kacang edamame
    penasaran banget. dulu pernah ada yang jualan di kantor, tapi habis itu nggak ada lagi. ternyata tinggi serat ya mba

    BalasHapus
  21. Aku paling suka ngemil edamame.
    Anehnya yaa..pas makan gitu, gak kerasa uda abis aja sebungkus.
    Pola hidup sehat ini harus banget diterapkan, selain paling ampuh mengusir radikal bebas juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah bit ini andalan Bapak rahimahulla kalau sedang membuat jus.
      Katanya bisa mengendalikan kolesterol.
      Tapii...pahitnya luar biasa, hehehe...aku ga berani coba.

      Hapus
    2. edamame emang enak banget ya Uni, aku pernah makan yang dijember coklat edamame enak banget bikin ketagihan lho. Makanan kaya serat yang diitulis mba rindang jadi nyadarin buat selalu jaga kesehatan.

      Hapus
    3. Rindaang, aku rekuest doonk..
      Cara mengolah sayur dan buah agar diserap bagus dan kitanya juga enak pas makannya.
      Haturnuhun.

      Hapus
  22. MasyaAllah banyak banget aslinya ya Mba, aku juga sedang belajar suka sama sayur. Aku sukanya yang sayur tertentu, kayak sop, bayam, kangkung yang sawi-sawian kurang suka. Semangat sehat

    BalasHapus
  23. Ini sumber makanan yang familiar buat saya meski yang paling sering dikonsumsi hanya beberapa. Menarik juga nih bisa bikin awet muda. Hidup sehat memang banyaak banget manfaatnya ya, Mbak..

    BalasHapus
  24. yang lumayan sering dikonsumsi di antara daftar di atas kayaknya cuma apel sama pisang deh. heu

    BalasHapus
  25. Aku suka semuanya mba. Tp yg paling sering di konsumsi di rumah pisang n melon. Moody jg sihh tergantung anak maunya apa.

    BalasHapus
  26. Wah quinoa itu ternyata kaya serar ya, baru tau aku. Kalau yg sering kumakan ya apel, pisang, alpukat, brokoli tentu saja. Udah lama juga ga beli edemame, jadi pgn ngemil edemame lagi biar kebutuhan serat terpenuhi

    BalasHapus
  27. ini makanan kesukaan aku semuaaa :D
    Bismillah, semoga lebih konsisten jalankan gaya hidup sehat dan penuhi kebutuhan serat untuk tubuh
    semangaattt!

    BalasHapus
  28. Kegunaan makanan yang banyak mengandung serat, memang tidak perlu diragukan lagi...
    Selain nikmat, lancar pencernaan dan juga membuat kita sehat.

    BalasHapus
  29. Wah daftar makanan kaya seratnya banyak dan banyak yg aku suka, hanya saja kadang harganya kurang bersahabat ya macam brokoli dan kacang almond itu kan di kalimantan mayan mahal

    BalasHapus
  30. sebenarnya pola hidup sehat bisa kita atur sendiri ya kak. Asal benar dan pilihannya tepat serta rutin pasti semuanya bakalan lancar deh. Ayuk lah kuatkan niat nih buat nyari semuanya

    BalasHapus
  31. sukaakkk banget dgn semua sumber makanan yg mb Rindang mention.
    Semoga 2021 kita bs jalankan gaya hidup sehat, yeayyy

    BalasHapus
  32. ternyata ada banyak ya mb, saya malah baru tahu itu bit sama quinoa. sumpah jarang denger dua jenis makanan tersebut, nyicipin aja belum pernah, wkwk

    BalasHapus
  33. Kalau diantara kami sekeluarga ada yang BAB nya kurang lancar, pasti nih suamiku langsung beli pisang (hihihi, iya dia yang paling perhatian soal kesehatan di rumah).
    Dan biasanya manjur sih, BAB langsung lancar kembali :)
    Makanan kaya serat memang bagus banget buat pencernaan, ya.

    BalasHapus
  34. Membayangkan banyak aneka potongan buah di atas kemudian dicampur kacang2an aneka serat termasuk almond, bener ya emang uh kalau makanan kaya serat ini selain enak juga bagus untuk kesehatan :3

    BalasHapus
  35. Bukan main manfaat makan berserat. Selain kelancaran pencernaan juga menyehatkan.

    BalasHapus
  36. Saya juga udah mulai yang serat-serat lagi neh .... sarapan aja pisang sama alpukat aja, plus kasih sedikit gula aren biar nambah manis, hehehe

    BalasHapus
  37. lumayan banyak juga makanan tinggi serat yang aku konsumsi berdasarkan daftar di atas. emang enak sih.. pantesan aja BAB lancar terus. hehe

    BalasHapus
  38. Anak sy suka banget sama stroberi dan alpukat. Sy malah nggak suka stroberi. Makanan yang relatif bisa dijangkau itu apel, brokoli dan pisang ya.

    BalasHapus
  39. Dari 10 paling sering konsumsi pisang karena paling gampang ditemuin di mana-mana. Terus satu rumah juga suka, gak ribet juga potong2 tinggal kupas kulit aja

    BalasHapus
  40. bagus2 nih sumber makanan nya ya mba
    aku juga beberapa kali bermasalah di pencernaan
    mau fokus perbaiki pola makan, supaya sehattt

    BalasHapus
  41. Saya suka makan semua yang disebutin di atas. Kebetulan memang berusaha menerapkan makan makanan sehat dan berserat. Cuma sejak pandemi ini tukang sayur jarang bawa buah. Jadi kalau mau cari buah terpaksa keluar rumah. Brokoli saya juga doyan. :D Saya fans buah dan sayuraaaan! Hidup salad, hidup gado-gado!

    BalasHapus
  42. Kalo udah ketemu kacang almond gak bisa nahan. Enak banget nyemil waktu santai, apalgi sambil nonton tv, eh tau tau udah abis aja haha

    BalasHapus
  43. Dari semua manfaat serat yang dijelaskan di tulisan di atas, yang paling saya ketahui adalah manfaatnya dalam membantu proses pencernaan.

    Salah satu bahan makanan yang mengandung serat adalah oatmeal, yang sekarang sudah mulai rutin saya konsumsi sebagai pengganti nasi. Ya meskipun terasa aneh di mulut, tapi oatmeal semakin lama semakin terasa manfaatnya. Pencernaan semakin lancar.

    BalasHapus
  44. Klo sy keseringan makan buah alpukat, pisang dan apel.. Aplagi sekarang musim pancaroba harus banyakin makan buah atau sayuran..

    BalasHapus
  45. aku merasa... oatmeal nggak bisa bikin aku kenyang
    maunya makaaan melulu
    karena di mataku oatmeal belum bisa menjadi pengganti nasi
    hahaha
    dasar aku

    BalasHapus
  46. Ternyata pisang yang tidak kusukaii banyak serat juga yaahh dan manfaat untuk ngurangin makanan kolesterol huhu. Belajar makan pisang masa

    BalasHapus
  47. Serat memang kerap dikaitkan dengan mengontrol berat badan ya. Karena memang sebagus itu buat pencernaan juga, jadi lebih sehat jg

    BalasHapus
  48. Biasanya kalau kekurangan serat, tubuh jadi kaku dan pencernaan jadi kurang elastis kerjanya. Bisa menyebabkan sembelit dan jerawat. Memang kudu memakan makanan berserat demi kesehatan kita ya.

    BalasHapus
  49. Kenapa gak ditaruh poto bit itu kak? Aku baru dengar ini soalnya ada sayur namanya bit. Penasaran, jangan2 ada di kampungku, hanya beda nama.

    BalasHapus
  50. 10 bahan makanan di atas belum semuanya kumakan, tapi ada yang lumayan sering kaya wortel itu. Nyari yang gampang dicari aja ya

    BalasHapus
  51. dari 10 daftar makanan kaya serat diatas cuma 1 yang paling sering aku konsumsi yaitu pisang hehehe

    BalasHapus
  52. Aku belum tahu nih quinoia...wkwkwk...bener ga nulisnya? Edamame suka bangeeettt...Dikukus bentar, bisa sekantong sendiri tuh diabisin. Aman lagi, engga bikin gendut...Hehe...

    BalasHapus
  53. Saya termasuk yang harus makan serat setiap hari. Mungkin efek orang Sunda. Namun, milihnya beneran yang berbentuk buah dan sayur. Klo oatmeal tetap ga bisa walaupun katanya seratnya tinggi 😄

    BalasHapus
  54. Selain dapat menurunkan kolesterol, ternyata makanan kaya serat di atas juga dapat menjaga gula darah agar tetap stabil ya. Di saat seperti ini, pola makan dan asupannya memamg harus dijaga, termasuk salah satunya tercukupi serat untuk tubuh

    BalasHapus
  55. Saya belum pernah makan bit yang dimasak bukan sebagai campuran untuk masakan lain. Rasanya seperti ubi pada umumnya atau gimana ya?

    BalasHapus
  56. Hampir semua makanan diatas aku suka tapi yang jarang aku makan yaitu bit hehe selain itu masih sering makan.

    BalasHapus
  57. Kalau baca edamame ingat di Jember saya, merasakan cokelat edamame yang enak banget. Kalau edamame disarankan ditambah cokelat gitu bahaya nggak sih mba heheh enak soalnya eh tapi harus jaga kesehatan biar makan makanan yang kaya serat aja

    BalasHapus
  58. Banyak banget mamfaat yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsi serat ya mbak, alhamdulillah daei beberapa buah dan sayur yang di sebutkan di atas beberapa sudah sering mengkonsumsi, sebagai ikhtiar hidup sehat, apalagi di masa pandemi seperti ini.

    BalasHapus
  59. Setiap hari harus makan sayuran dan buah-buahan. Terlihat sepele ya mbak, tapi khasiatnya besar lo. Aku tu juga baru sadar saat punya anak 3 lo mbak, serius. Dulu-dulu makan ya makan aja, yang penting kenyang, urusan beres! Nah ternyata salah selama ini, aku coba perbaiki pelan-pelan ni mbak rindang pola makan keluargaku. Mencuci otak anak-anakku biar senang dengan buah dan sayuran

    BalasHapus
  60. buah sayur itu sehat untuk pencernaan ya kak rindang. aku pernah bikin jus bit, warnanya cantik banget rasanya juga manis. sayang anakku ga doyan karena bau umbi langu gitu, overall anak-anakku hampir suka semua buah sayur sih. tinggal emaknnya aja nih rajin nyiapin makanan sehat untuk pencernaan yang kaya serat gini

    BalasHapus
  61. banyak sekali ya alternatif makanan berserat yg bisa kita makan tiap hari
    sekarang yg jadi favoritku buat sarapan sih oatmeal mbak

    BalasHapus
  62. Langsung stok buah-buahan nii...Rindang.
    Semangat makan buah dan sayuuurr~

    BalasHapus
  63. Dari 10 ada bit dan brokoli yang aku gak suka hehehe, jadi sehatnya.masih dapat nilai 80 ya

    BalasHapus
  64. makanan kaya serat memang bagus untuk orang dewasa, selain bagus untuk pencernaan, bisa membuat kenyang lebih lama.. trus juga kan gizinya lebih bagus

    BalasHapus
  65. Anakku sedari kecil udah aku biasakan makanan berserat mbak. Ya salah satunya memang bermanfaat untuk pencernaan mereka..tapi lebih dari itu banyak banget manfaatnya

    BalasHapus
  66. Kadang aku suka lupa makan sayur padahal ada di hidangan. Hehehe. Sayur menurutku udh paling berserat yg gampang aku makan

    BalasHapus

Posting Komentar