Anniversary ke-4 FBB, Komunitas Blogger Perempuan Banua

22 komentar
Female Blogger of Banjarmasin (FBB) adalah komunitas blogger perempuan pertama dan satu-satunya di Kalimantan Selatan. Tahun 2020 ini FBB telah memasuki usia ke-4 tepat pada tanggal 6 Oktober lalu. 

Untuk merayakan hari jadi komunitas ini, Minggu, 11 Oktober 2020 diadakan event virtual via Zoom. Pada hari jadi yang ke-4 ini FBB mengangkat tema unstoppable creation yang mengandung harapan bahwa walaupun dalam masa pandemi, anggota FBB tetap berkreasi tanpa batas. 

Komunitas Blogger Perempuan

Event virtual ini diadakan untuk mempermudah keikutsertaan seluruh anggota FBB yang tersebar di seluruh Kalimantan Selatan. Selain itu untuk mendukung gerakan jaga jarak dan hindari kerumunan di masa pandemi. 

Beberapa tahun yang lalu, acara selalu diadakan secara offline. Aku sendiri hadir pada acara ulang tahun yang ke-2 dan ke-3, sedang pada acara anniversary yang pertama aku belum masuk komunitas blogger perempuan ini.

Persiapan sebelum mengikuti acara ini tentu saja aku harus meluangkan waktu. Nggak asyik kalau ikut acara sambil melakukan hal yang lain. Kedua, aku harus numpang wifi di rumah tante. Di rumahku, sinyal sangat tidak bersahabat untuk mendukung ikut acara online. 

Untuk setting latar, aku dibantu oleh sepupu kecilku. Ia mengatur sedemikian rupa agar latarku bisa cantik. Maklum, kondisi kamarnya yang kupakai tidak layak tayang. Juga sama sekali tidak mendukungku untuk memasang background yang sudah disediakan pantia.

Background yang disediakan berwarna kuning terang, tidak bisa terlihat dengan baik jika aku tidak duduk di depan dinding berwarna hijau. Karena tidak ada, aku harus cukup puas dengan hasil kreativitas adik sepupu berupa latar dari selimut berwarna merah motif bunga-bunga. Haha.

Foto Bersama

Btw, dresscode kita juga pada hari itu adalah merah marun. Jadi latarku sama dengan warna baju dan kerudung yang kupakai.

Aku sempat gagal masuk ke meeting room Zoom ketika acara sudah akan dimulai. Entah mungkin masalah jaringan. Untunglah ketika aku sudah berhasil masuk, acara belum dimulai. Masih acara sapa-sapa cantik gitu.

Aku lupa berapa tepatnya semua peserta yang hadir, tapi kalau nggak salah ada sekitar 30 orang lebih beserta para perwakilan sponsor. Iya, acara ultah virtual FBB kali ini didukung oleh banyak brand dan media partner. 

Berikut adalah sponsor-sponsor yang mendukung acara ini:
1) Mirabella Cosmetics
2) Gloskin Banjarmasin
3) Fave Hotel Banjarmasin
4) Clean Well Banjarmasin
5) Tupperware Palma Tika Raya
6) Kebabblasan Banjarmasin
7) Summber Bed and Breakfast
8) Ambeer.Le Hijab
9) 57 Kitchen
10) Media partner: My Radio Banjarbaru

Tepat pukul 10 WITA, acara dimulai. Dibuka oleh Mbak Tri yang bertugas menjadi moderator, lalu disusul sambutan dari ketua panitia sekaligus Ketua FBB periode sekarang, Putri. Sambutan selanjutnya dari Mbak Ruli sebagai founder. 

Oya, para panitia dan beberapa peserta ada yang berhadir langsung di pusat acara, yaitu Fave Hotel Banjarmasin. Ada sekitar 10 orang mereka di sana, sekalian kopdar tipis-tipis. Mupeng waktu lihat foto bareng mereka, seru.

Materi Fundamental SEO

Masuk ke acara inti yang pertama yaitu online class dengan tema Fundamental SEO On Page. Materi ini disampaikan oleh Mas Irwin Andriyanto, founder tangerangdigital.id dan SEO expert. Btw, aku ikut kelas KGB-nya bulan September kemarin. Sangat menguras jiwa dan tenaga.

Mas Irwin

Materi SEO yang Mas Irwin sampaikan kali ini adalah materi SEO dasar yang harus diketahui oleh bloger. Technical sekali, Alhamdulillah aku bisa belajar di sini. Semoga bisa kupraktikkan satu persatu secara bertahap.

Materinya meliputi pengenalan tentang SEO dan parameter-parameter SEO on Page. Mulai dari URL, judul, deskripsi, heading, hingga gambar. Semua ada do and don’t-nya. Ada beberapa tools cek SEO juga yang dikenalkan Mas Irwin, aku sendiri pakai SEO Meta Inspector. 

Setelah sesi materi, ada sesi tanya jawab dengan Mas Irwin. Macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Mulai dari DA, SS, hingga page view. Ada kuis di akhir sesi dan yang menang adalah Mbak Diah, hadiahnya kursi gratis kelas KGB 2. Yuhuuu.

Ada jeda sebentar antara materi SEO dengan materi selanjutnya. Jeda ini dimanfaatkan untuk coffee break, pengenalan brand, serta tayangan ucapan selamat ulang tahun dari berbagai perwakilan komunitas bloger lain.

Materi Optimasi Instagram

Next, ada materi tentang optimasi Instagram untuk influencer/blogger/reviewer. Materi yang cukup aku tunggu. Materi ini disampaikan oleh Niko Julius, seorang Instagram Expert yang juga merupakan pengusaha muda dan online entrepreneur. Btw, dia ternyata orang Banjarmasin. Hmm. 

Ada banyak hal yang ku-highlight dari materi Mas Niko. Terutama tentang bentuk-bentuk postingan di feed, apakah itu single foto, carousel, atau video. Aku benar-benar harus menghidupkan feed akun Instagram-ku nih.

Bentuk-bentuk Postingan di Instagram

Sesi tanya jawab kembali dibuka. Aku kepo tentang pengaturan tema atau konsep feed yang rapi. Ternyata feed IG tidak harus mutlak rapi, menurut Mas Niko. Karena pada dasarnya orang melihat postingan kita itu per postingan. Benar juga sih. Untuk kuis dari Mas Julius yang memenangkannya adalah Mbak Enny, Yeay, selamat!

Event dengan Taburan Hadiah

Doorprize dari acara ini memang banyak banget. Jadi ada banyak hadiah yang dibagikan selama acara. Ada banyak kategori juga. Bahkan sampai nyisa dan doorprizenya di-spin untuk semua peserta yang belum kebagian doorprize apapun. Aku alhamdulillah dapet doorprize berupa pouch dan tumbler cantik karena menjadi peserta teraktif via Zoom.

Goodiebag utama acara ini sampai beberapa hari kemudian ke tanganku karena dikirim via ekspedisi. Begitu juga bagi peserta lain yang hadir secara live. Sedang mereka yang hadir secara langsung di tempat dapat langsung membawa pulang goodie bag-nya. 

Pouch dan Tumbler

Isi goodie bag ada paket dari Mirabella Cosmetics. Ada two way cake, lipstick, dan lipcream. Review ketiganya akan aku ceritakan pada postingan lain. Ada dua lomba lain yang masih menjadi rangkaian acara ini dan belum diumumkan. Pertama, lomba caption terbaik foto di IG dan yang kedua adalah lomba blog. Aku ikut keduanya, semoga menang. Hehe.

Overall, acara ulang tahun ini seru banget. Panitianya hebat, dengan kondisi serba terbatas gini mereka mampu menggaet sponsor-sponsor kece. Sesuai dengan tagline ini yaitu unstoppable creation. Semoga para anggota komunitas blogger perempuan tercinta ini tidak berhenti memberikan karya terbaik untuk banua. Amin. []
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

22 komentar

  1. Saya juga nge-highlight tentang kata-kata Mas Niko yang tentang kerapian feed itu Mbak. Saya bersyukur banget Mas Niko bilang begitu karena saya teracuni oleh komunitas bookstragam yg feednya pada rapi dan cantik sangat sehingga saya ada rencana mau hapus dan bikin ulang feed IG saya biar terlihat rapi dan cantik jg, ngeribetin diri sendiri banget kan, hihihi, untung tak jadi, wkwkwk

    BalasHapus
  2. Seru banget yah mba rindang event ultah FBB kali ini semakin sukses FBB

    BalasHapus
  3. Bener juga ya, aku jadi gak obsesi lagi punya feed rapi. Kata mas niko gapapa wkwkwk

    BalasHapus
  4. Ternyata kita sama ya mbak, baru ikut pas ultah ke 2, 3 dan yang keempat ini :D
    Semoga kita makin semangat ya mbak buat ngeblog dan FBB makin berjaya

    BalasHapus
  5. Wow, selamat ulang tahun FBB, semoga semakin solid dan kompak yak. Makin memberikan warna untuk dunia blogger. Salam dari Asinan Blogger :D

    BalasHapus
  6. Sponsornya keren nih, pemateri-pematerinya juga mantap. Jadi puas banget ya bisa ikutan

    BalasHapus
  7. Walau acaranya online tapi tetap seru dan dapat banyak ilmu yaa. Semoga tahun depan kita sudah bisa bikin acara offline lagi

    BalasHapus
  8. Aamiin, semoga semua doa dan harapan tercapai ya mbak, terus semangat ngeblog

    BalasHapus
  9. Seru banget ya ultah FBB tahun ini hihi semoga semakin sukses dan selalu berjaya

    BalasHapus
  10. Pematerinya mas Irwin Andrianto keren nih, banyak ilmu yang bisa di gali trus kocak juga orangnya

    BalasHapus
  11. Baca event report anniversary bikin aku teringat terus dengan milkshake rustic bistro hahaha. Kebetulan aku bisa ikutan secara offline tapi tetep nongol secara online, nongkinya di rb sambil nyesap milkshake. Syeedaap.

    BalasHapus
  12. Semakin banyak ya komunitas bloger bahkan setiap daerah pun ada komunitasnya. Mantap semoga kompak dan solid selalu

    BalasHapus
  13. Serunya bisa merayakan event virtual bareng komunitas blog. Di Bandung belum ada lagi nih event kumpul2, mbak...

    BalasHapus
  14. Tagline unstoppable creation jadi bikin semangat yang ikutan acaranya nih mbak, karena dapat masukan agar terus menghasilkan karya yang bermanfaat ya

    BalasHapus
  15. Happy anniversary Female Blogger Banjarmasin. Kalau di analogikan dengan anak usia 4 tahun berarti lagi masa aktif bergerak dan rasa ingin tahu memuncak ya. Hehehe

    BalasHapus
  16. Keren ya dapat ilmu SEO dari pakar SEO pasti daging semua ilmunya Selamat Ulang Tahun ya komunitas Blogger Perempuan Banua, Selamat hari blogger nasional

    BalasHapus
  17. wahhada coach irwin ya....
    mantul biar ngeblognya makin kece ya mbak
    sukses buat Female Blogger of Banjarmasin

    BalasHapus
  18. waah kak rindanggg seneng banget pasti belajar SEO lagi dan lagi. Btw komunitasnya oke punya nih, bisa ditiru untuk bikin komunitas bloger perempuan malang hihi.

    BalasHapus
  19. Selamat ulang tahun. Semoga ke depannya, mampu memberik semangat literasi utk perempuan.

    BalasHapus
  20. Wah.. Seru sekali acaranya kak. Materi Kak Irwin itu emang daging banget. Secara, blogger memang kudu ngerti SEO biar artikelnya bisa bersaing di pasar Google. Iya kan.

    Dan instagram itu juga. Duh PR banget buat yuni untuk mengoptimalkan instagram lagi.

    BalasHapus
  21. waah happy anniversary, yaa.. seru banget perayaan ulang tahunnya diisi dengan acara yang bermanfaat banget buat anggota grup :D

    BalasHapus
  22. Mantap banget ...Dapat materi SEO ...sukses terus Komunita Bloger Perempuan.

    BalasHapus

Posting Komentar