Belajar SEO di Kelas Growth Blogger

1 komentar

Belajar SEO dulu bagiku adalah sesuatu yang sangat sulit. Sekarang setelah ikut Kelas Growth Blogger (KGB) yang diasuh oleh Mas Irwin dan para coach lain, aku merasa kadar kesulitan tersebut sudah mulai berkurang. Nggak salah sih kalau pepatah zaman dulu bilang, kalau mau belajar sesuatu itu harus ada gurunya.


Apakah belajar SEO itu sulit?

Awalnya aku sempat agak ragu bisa ikut kelas ini, karena di akhir bulan nanti aku akan ikut ujian. Otomatis sebelum itu harus belajar lebih banyak, sedang kelas ini diadakan selama satu bulan penuh di September ini. Tapi bismillah mengingat betapa ‘daging’nya ilmu yang akan aku dapatkan, akhirnya aku memutuskan ikut. Btw, di undangan masuk kelas aku sudah bisa melihat kisi-kisi materi. Proses seleksi masuk kelas juga nggak main-main, jadi sayang aja rasanya kalau kesempatan baik ini ditolak.


1. Belajar SEO Bersama Coach Bahrul Ilmi

Di sesi kedua hingga kelima KGB, materi diisi oleh Coach Bahrul Ilmi. Sesi perdana kemarin diisi dengan motivasi menulis oleh Mbak Monica Anggen. Rangkaian sesi ini adalah sesi pertama tentang ilmu SEO teknis yang aku pelajari. Terdiri atas pengenalan Google Analytics (GA), Google Search Console (GSC), Research Keyword, dan SEO On Page. Sebelum membahas overview materinya, terlebih dahulu aku akan mengupas sedikit biografi pematerinya. 


a. Mengenal Coach Bahrul Ilmi

Coach Bahrul Ilmi atau sering dipanggil dengan Coach Baim ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Aku percaya saat ada yang bilang kalau Coach Baim ini menyamar menjadi bloger pemula di grup WA BRT Network. Karena di grup tersebut, Coach Baim memang tidak menampilkan sisi melek SEO-nya. Setidaknya tidak terlihat oleh mata pengamatku. First impression-ku dia orangnya sangat kocak, nyambung sama Mas Irwin, Mas Pewe, dan Mas Ilham yang juga gokil. Eh saat masuk KGB, dia jadi coach-nya dong. Ilmunya keren-keren pula. Mantappu Jiwaaa.


Karir Coach Bahrul Ilmi di bidang digital IT dimulai dari menjadi content writer, hingga sekarang ia mendalami SEO spesialist dan bekerja sebagai web content editor di salah satu agensi digital marketing di Jakarta. Daebak! Blognya sendiri ada banyak dan seringnya membahas bidang teknologi. 


b. Mengenal Google Analytics

Materi pertama yang disampaikan Coach Baim adalah GA. Selama ini aku menggunakan GA hanya pada saat ketika ada job. Padahal GA sendiri sangat penting untuk bloger, beberapa fungsi belajar SEO di Google Analytics antara lain:

- Untuk memantau perkembangan trafik blog

- Untuk melakukan evaluasi konten dari besar bounce rate dan durasi rata-rata

- Untuk menentukan waktu posting yang tepat

- Untuk mengetahui postingan yang banyak dikunjungi

- Untuk mengetahui sumber trafik (dari media, negara, perangkat yang digunakan)


Kasus pada GA blogku adalah data demografi dan minatnya belum diaktifkan. Jadi pada saat kelas berlangsung itulah baru kuaktifkan. Hal lain yang ku-highlight adalah bounce rate-ku yang tinggi. PR banget nih buat aku agar bisa membuat pembaca lebih betah di blogku. Tapi juga ada yang bikin aku senang yaitu organic search menempati urutan pertama sumber trafik, itu bagus.


c. Mengulik Google Search Console

Ketika materi GSC, aku mendapatkan pencerahan mengenai tools Google satu ini. Udah daftar dari lama, tapi sama sekali belum pernah mengulik apalagi tahu isi dalamnya apa saja. Berkat belajar SEO di kelas ini aku jadi kenal lebih dalam tentang GSC. Setidaknya ada 4 parameter utama yang tampil pada laporan kinerja GSC blog, yaitu total klik, total tayangan, persentase CTR, dan posisi rata-rata.


Total klik pada tampilan kinerja blog di GSC adalah jumlah seluruh klik yang dilakukan oleh pengguna yang menemukan postingan sebuah blog di halaman hasil pencarian. 


Total tayangan pada tampilan kinerja blog di GSC adalah jumlah seluruh tayangan sebuah blog yang muncul di halaman hasil pencarian.


Persentase CTR pada tampilan kinerja blog di GSC adalah perbandingan jumlah total klik dan total tayangan sebuah blog. 


Posisi rata-rata pada tampilan kinerja blog di GSC adalah posisi rata-rata sebuah blog pada halaman hasil pencarian.


Dengan belajar SEO di Google Search Console aku jadi tahu berupa postinganku yang muncul di halaman awal pencarian di Google selama waktu tertentu, berapa yang akhirnya diklik. Pada blogku perbandingan jumlah keduanya jauh sekali, makanya persentase CTR-nya rendah. Aku harus belajar SEO lebih banyak lagi dan menerapkannya di blog agar posisi rata-rata blogku yang awalnya 11 di halaman hasil pencarian bisa jadi lebih meningkat. 


Pada GSC yang membuatku meringis adalah sitemap blogku yang masih kosong melompong, pada menu penyempurnaan blogku terdapat banyak masalah. PR yang pelan-pelan harus aku benahi. Ilmu baru lainnya yang kudapatkan di materi ini adalah menghubungkan GA ke GSC agar data keduanya tidak terlalu jomplang. 


d. Mengulik Keyword

Jujur saja, selama ini dalam menulis blog aku tidak pernah benar-benar memikirkan kata kunci. Sehingga ketika ada sesi materi research keyword aku jadi melongo. Oh ternyata di balik tulisan pejwan itu ada perencanaan yang begitu matang. Di kelas ini kami diajari research keyword menggunakan tools Ubbersuggest.


Mengaktifkan meta deskripsi pun aku baru-baru saja. Key word juga harus diletakkan di sini agar dapat lebih mudah dirayapi oleh mesin pencari. Di materi ini juga diajari mengenai LSI agar kata kunci tidak terlalu membosankan dan tulisan jadi tidak kaku. Ini seperti mencari diksi dalam tesaurus. Seru! Otak sastraku agak tersenyum sedikit.


e. Belajar SEO On Page

Materi pamungkas dari Coach Baim ini benar-benar mind blowing. SEO On Page intinya adalah pembenahan atau perbaikan atau teknis apapun yang dilakukan dan berasal dari blog kita. Ada banyak caranya dan sekali lagi aku menemukan banyak lubang di blogku. Harus ditambal satu-satu dengan perlahan. 


Saat dicek menggunakan seo meta inspector susunan heading blogku agak ngaco. Demi struktur blog yang baik akhirnya aku ganti template, hal yang dulunya takut sekali kulakukan. Awalnya aku masih keukeuh untuk tidak ganti template dengan utak atik html, hingga akhirnya aku tersandung pada satu kasus dan terpaksa ganti template. Seumur-umur aku baru ganti template 3 kali, 4 kali sama ini. Hehe.


2. Apakah Belajar SEO Itu Sulit?

Ini adalah pertanyaan yang bersarang di benakku sebelum aku mengikuti KGB. Ada banyak hal yang menjadi faktor-faktor penentu sulit tidaknya belajar SEO.


a. Berhenti Mental Block dan Berani Praktik

Penyebab utama aku ragu saat akan mendaftar kelas ini adalah mental block-ku sendiri yang merasa aku tidak kuat belajar teknik blogging. Kode-kode hml itu membuatku takut duluan karena terlihat sangat rumit. Ternyata itu berpengaruh besar terhadap proses belajarku. 


Untung aku sudah bisa mengatasinya. Sampai harus ganti tempalate sendiri dan akhirnya aku bisa. Bagi sebagian besar bloger lain ini mungkin hal sederhana, tapi bagiku usahanya sekeras mendobrak mental block ‘aku tidak bisa’.


Dan seperti yang selalu di-sounding di grup, semua materi yang dibagikan di kelas tidak akan berarti tanpa sang empunya blog tidak mempraktikkan materi di blognya. Ini benar banget sih. Aku merasa sekali, setiap selesai membenahi teknikal blog rasanya lega karena blog jadi lebih rapi dan bonusnya DA juga naik.


Berani try and error itu penting banget dalam berbenah blog dan mengembangkan skill bloger itu sendiri. Seiring dengan mental block-ku yang semakin terkikis, ketika mulai utik-atik blog aku bisa sampai lupa waktu. Ketagihan.

 

b. Setiap Blog Punya Masalahnya Masing-masing

Ini adalah quote yang kuambil selama berlangsungnya KGB. Setiap blog punya masalahnya masing-masing, otomatis pemecahan masalahnya pun berbeda-beda. Setiap bloger struggling dengan masalah blognya sendiri. Jika terdapat masalah yang sama atau salah satu bloger mengetahui solusinya, maka diskusi akan dilakukan di ruang terbuka.


Jika tidak tahu, bertanya.


Itu juga salah satu prinsip yang harus diaplikasikan dalam belajar SEO. Di KGB semua coach dan teman-teman peserta yang ada grup sangat supportif, semua pertanyaan dijawab. Dan kembali lagi harus dipraktikkan. Aku sendiri suka mengamati pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan teman-teman peserta dan jawaban yang diberikan para coach atau sesama peserta juga. 


c. Memilih Tempat Belajar SEO yang Tepat

Memilih tempat belajar SEO yang tepat juga sangat penting dilakukan agar perasaan sulit tidak lagi dirasakan. Aku beruntung bisa ikut belajar di KGB. Kalau kamu yang membaca postingan ini belum sempat ikut kelasnya, tenang akan ada kelas belajar SEO lagi yang diadakan oleh Coach Irwin dkk. 


Belajar SEO bersama Growthing.id

Terima kasih banyak coach dan teman-teman yang sudah banyak membantu dalam mengikuti kelas ini. Tanpa kalian aku tak akan kuat belajar SEO untuk pemula seperti ini. Belajar SEO blogspot yang susah-susah gampang jadi lebih terarah. Blogku sudah agak lebih sehat sekarang. Alhamdulillah. Siap-siap ambil napas panjang untuk setengah perjalanan kelas yang masih tersisa. Fighting! []


Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

1 komentar

  1. kelas growth ini aku nggak ikut hehehe
    cuman ikutan kelasnya mas pewe yang seo itu, kayaknya hampir sama ya materinya

    BalasHapus

Posting Komentar