6 Tips Mendapatkan Minimal 500 Page View Perhari

54 komentar
Sebenarnya aku sedikit kurang pe-de menulis artikel dengan tema ini. Karena boleh jadi para expert blogger di luar sana jauh lebih banyak ilmunya daripada yang kuketahui dan page view blognya perhari jauh lebih banyak daripada blogku. Rekor page view tertinggi yang pernah kucek hanyalah 890. Namun, dipicu oleh rasa senangku karena mendapatkan minimal 500 page view per hari selama satu bulan terakhir (sedangkan sebelumnya rata-rata di bawah itu), aku menjadi tergerak untuk menuliskan tips-tips di bawah ini.

Meskipun tips yang kubagikan ini jauh dari sentuhan SEO karena aku sama sekali buta mengenai ilmu optimasi. Tips-tips ini kurangkum hanya berdasarkan pengalaman pribadi, yang boleh jadi hasilnya akan berbeda jika diterapkan oleh orang yang berbeda. Langsung saja, berikut tips mendapatkan minimal 500 page view perhari ala Rindang Yuliani.


Memposting tulisan secara berkala

Beberapa pembaca menyenangi postingan yang berkala. Mereka akan menjadi pembaca loyal sebuah blog dengan tema menarik dan waktu postingan yang teratur. Mereka akan mengingat kapan postingan terbaru akan muncul dan akan berkunjung ke blog tersebut secara kontinu. Hal ini akan membuat jumlah page view blog konsisten atau bahkan meningkat karena kunjungan dari pembaca tetap.

Meningkatkan kualitas tulisan

Konten adalah raja, begitu semboyan para pelaku industri digital. Di dalam blog konten utama adalah tulisan. Semakin berkualitas suatu tulisan, semakin banyak pula kunjungan yang mengarah pada blog tersebut. Tulisan berkualitas versiku adalah tulisan yang memiliki manfaat bagi para pembacanya dan tidak terlalu panjang. Menurut pengalaman pribadi, tulisan yang terlalu panjang akan membuat pembaca bosan dan malas untuk membaca sampai habis. Efek jangka panjang, pembaca malas untuk berkunjung ke blog tersebut di lain waktu. Hal ini tentu sangat tidak ramah bagi statistik page view blog.

Konten adalah Raja

Share di media sosial

Setelah tulisan diposting, saatnya membagikan link postingan di media sosial. Aku sendiri lebih sering membagikan link postingan blog di twitter. Karena kebanyakan follower twitterku juga rata-rata adalah para bloger yang senang blogwalking. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menambah jumlah page view harian.

Sedangkan di facebook, kebanyakan teman-temanku di sana adalah teman-teman di dunia nyata. Sebelumnya, aku agak malu membagikan postinganku di facebook hanya karena mereka mengenalku. Namun, baru-baru ini aku mulai percaya diri untuk share postingan di beranda facebookku. Ya, siapa tahu pembaca potensial adalah orang-orang terdekatmu. Oya, beri judul tulisan atau pengantar share yang menarik agar orang tertarik berkunjung ke link postinganmu.

Ikut komunitas bloger

Ada satu komunitas bloger yang aktif kuikuti. Di komunitas tersebut sering mengadakan acara tukar link. Jadilah postinganku sering dikunjungi karena program tersebut, tentunya dengan syarat aku pun berkunjung ke postingan bloger lain. Selain itu, pada saat share link di twitter aku biasanya mention akun komunitas bloger agar mereka meretweet. Sejauh ini cara ini sangat efektif mendatangkan kunjungan di blog lho, karena follower akun-akun komunitas tersebut adalah para bloger.

Sering-sering blogwalking

Masih terkait dengan tips sebelumnya, blogwalking adalah sebuah keharusan bagi bloger yang ingin blognya dikunjungi oleh orang lain. Adalah hukum tak tertulis di dunia bloger, siapa yang berkunjung akan dikunjungi balik oleh orang yang dikunjungi. Hal ini tentu akan meningkatkan trend statistik page view blog. Jika pun tidak, dengan blogwalking setidaknya kita sudah menempelkan nama kita di blog orang lain. Sehingga perlahan orang akan mengingat nama kita dan mungkin suatu saat tertarik untuk berkunjung ke blog kita.

Ikut lomba blog

Ada beberapa manfaat yang akan didapat jika kita mengikuti lomba blog. Pertama, kita menjadi lebih aktif posting di blog meski hanya untuk lomba. Kedua, keahlian menulis kita akan menjadi lebih terasah dengan kompetisi. Ketiga, tulisan kita  akan dibaca oleh orang yang lebih ahli alias juri lomba. Keempat, mungkin akan ada banyak kunjungan ke postingan tersebut yang berasal dari (calon) peserta lain atau dari target yang dibidik oleh panitia lomba. Semua manfaat tersebut akan bermuara pada satu angka, yaitu meningkatnya jumlah page view harian blog.

Demikianlah 6 tips dariku agar blog mendapatkan minimal 500 page view dalam sehari. Meskipun mungkin bagi bloger senior 500 kunjungan perhari adalah angka yang sedikit, namun bagiku yang fakir page view ini jumlah tersebut sungguh berharga. Hiks. Terima kasih telah membaca. Jika kamu punya tips lain untuk meningkatkan kunjungan di blog, share di kolom komentar ya.

Salam,

Rindang.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

54 komentar

  1. Waaah mau banget kaya begitu xD sama atuh kak, aku juga ga menguasai ilmu" SEO begitu. Dan semua yang di list itu iya, udah dijalani perlahan....semoga bisa ^_^

    BalasHapus
  2. Aku kebiasaan nulis panjang nih Mbak. Kalau nulis di bawah 1000 palingan artikel pesanan saja. Kalau nggak panjang tuh gimana gitu rasanya.

    Soal konsistensi dan jadwal ngeblog, masih sesukaku Mbak. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut selera pembaca sih Mbak kalau panjang tulisan itu. Kalau saya pribadi sbg pembaca lebih suka yg tidak terlalu panjang.

      Hapus
  3. 5 dari 6 tipsnya sudah saya terapkan kecuali yang komunitas belum. Kebanyakan blogger yang gue kunjungin sih rata2 pada ikut komunitas blogger, but not with me, just being an ordinary solo blogger, belum kepikiran buat gabung sama komunitas ini dan itu. Thanks udah berbagi tipsnya ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama *ngacung tinggi*

      Tapi saya ikut grup whatsapp komunitas blogger, sih (meski cuma jadi silent reader doang) itu termasuk udah gabung komunitas belum, ya? Hehehe.

      Hapus
    2. Saya pun ikut komunitas belum menjadi anggota aktif secara offline karena domisili saya yg di pelosok.

      Hapus
  4. Wah bener juga tuh. Kayanya dengan blogwalking dan juga share ke sosmed bisa meningkatkan traffic

    BalasHapus
  5. seneng banget ya kalo tiap hari dapet PV min 500 :)

    BalasHapus
  6. Point 1 - 5 udah dilakuin. Tapi lomba blog masih kurang pede. Masih di tertinggi 200 view. Mungkin blm terlalu optimal di point 5 :D makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  7. oooo, jadi begitu ya... praktekin dulu ahhhh

    BalasHapus
  8. Hihi...I get the bullet now, thanks you....

    BalasHapus
  9. Tantangannya di menulis yang kontinyu. Saya terkadang suka ngalamin Masa Masa malas..Jadi kadang berbuka bulan tak menulis.. harus berubah nih

    BalasHapus
  10. Selalu susah di tips no 1, walaupun udah menjadwalkan tetap aja telat-telat untuk posting, hiks :(

    BalasHapus
  11. Aku sempat segitu mbak tapi sekarang melorot gak tau nih

    BalasHapus
  12. rutin posting ini masih jadi kendala.. sebab menulis itu tergantung gagasan yang ada.. sama bahan tulisannya.. yg bikin heran, tulisan lama saya ternyata masih banyak yang baca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu kekuatan tulisan Maseko, tulisan bisa jadi investasi yg lifetime.

      Hapus
  13. Saya baru 100per hari,,, sebelum ke selfhost bisa sampe 400 per hari pas di blogger hihihi #SOMBONGDIKIT

    BalasHapus
  14. Keren ih 500 pv. Aku stabil di 100an aja 2 bulan ini udah bahagia banget.
    Mau ikutin tipsnya ah, biar naik ke 500. Makasih, Mbak

    BalasHapus
  15. trims tips nya.. aku soalnya rata2 50 saja per hari :) kecuali lagi ikut lomba bisa 100. Tetap dikit yak hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa2 Mas. Pelan2 kalau kita teratur menerapkan di atas inshaallah viewer akan meningkat.

      Hapus
  16. Selamat ya mbak. Semoga terus bertambah dan semakin meningkat page viewnya. Saya mau nyoba terapin juga

    BalasHapus
  17. Dulu, keenam tips itu memang saya jalani. Dan alhamdulillah memang mengundang banyak pengunjung. Tapi akhir-akhir ini ada beberapa keperluan offline yang sangat menyita waktu, jadi jadwal postingan gak teratur lagi hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa teratur lagi Mbak Nurul postingnya 😊

      Hapus
  18. Bener banget mba. Aku juga 500 udah seneng bingit hihi. Tosss lah

    BalasHapus
  19. Setuju banget sama tips2nya. Aku juga lagi belajar untuk konsisten nulis berkala. Mau ngejar cuma PV. Ihh.. aku si hamba PV. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk. Iya Mbak. Buat nyemangatin diri sendiri aja sebenarnya jd suka iseng liat statistik page view

      Hapus
  20. Saya jg masih brusaha biar pageviewnya nambah. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  21. Aku kdg lupa share. Lg sibuk langsung ropel bewenya

    BalasHapus
  22. Lah kepencet publish.. Setuju ikut komunitas blogger itu emang bnyak keuntungann...
    Berikutnya tips lain nulislah blog post dengan judul heboh...

    Pageview kamu dibawah 100, yuk intip caranya agar naik menjadi 100 hahah

    BalasHapus
  23. Kalau ngliat DA PA Alexa gitu..kerasanya siih, konsistensi dalam menulis yaa, mba.

    Lalu memasukkan kata kunci yang pas dalam artikel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri tidak suka mengecek DA PA karena pasti jauh sekali dan bandingannya pun dg blog2 lain. Kalau PV kan murni jumlah seberapa banyak orang yg berkunjung ke blog kita. Hehee

      Hapus
  24. susah banget mau ikutan lomba, apalagi sama jangka waktunya :(

    BalasHapus
  25. Sepertinya jadi banyakan offpage nya ya, Mbak. Namanya juga blog, sih.. Kalau terpaku pakem keyword nulisnya kurang asik. #TFS, Mba Rindang! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Saya msh tdk menerapkan keyword dlm optimasi blog.

      Hapus
  26. Setuju, sih. Sering update secara berkala bakal bikin blog punya pembacanya sendiri. Asal tulisannya emang menarik. Dan informatif, kaya yang Mba Rindang bilang.

    Terkadang kendala jarang update blog adalah karena beberapa blogger punya kesibukan sendiri di dunia nyata. Walaupun ada yang bisa bikin beberapa postingan dalam satu waktu, tapi saya masih belum bisa kaya gitu.

    Semoga ke depannya saya bisa rutin update blog kaya Mba Rindang dan blogger yang lain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Saya doakan. Masalah semua bloger sama. Solusinya tergantung masing2 pribadi.

      Hapus

Posting Komentar