Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Alat yang Wajib Ada di Rumah

2 komentar

Papaku adalah tipe orang yang berprinsip harus memiliki peralatan pertukangan, perbengkelan, dan kelistrikan sendiri di rumah. Meskipun beliau tidak membuka jasa perbaikan barang-barang yang terkait dengan alat tersebut. Namun setidaknya, saat butuh beliau tidak perlu pinjam dan yang penting segala kerusakan kecil di rumah dapat segera diperbaiki.


Keahlian beliau dalam reparasi memang juara, meskipun tidak pernah menempuh pendidikan jurusan mesin, listrik, atau sebagainya. Otodidak dari pengalaman beliau selama bekerja. Aku ingat sekali dulu, waktu teman SMP-ku kerusakan sepedanya di depan rumahku, ia menitipkan sepedanya di halaman rumah dan memboncengku untuk berangkat sekolah. Sepulang sekolah ia terkejut, sepedanya sudah ‘pulih’ kembali. Ternyata papa yang memperbaikinya.



Berdasarkan pengalaman tersebut, aku menyadari bahwa tidak harus menjadi seorang ahli kontruksi bangunan atau semacamnya untuk memiliki peralatan-peralatan tersebut. Alat-alat tersebut juga berguna bagi kita sebagai personal terutama dalam merawat dan memperbaiki rumah atau barang rusak secara cepat. Berikut adalah daftar 10 alat yang wajib ada di rumah.


1. Obeng

Semua orang pasti setuju betapa pentingnya obeng untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kita membersihkan kipas angin sehingga harus membuka beberapa bagiannya dengan menggunakan obeng atau saat memperbaiki perkakas rumah tangga lainnya yang membutuhkan tools satu ini. Secara umum, ada dua jenis obeng yaitu obeng minus dan plus. Sejak kecil aku sudah akrab dengan alat yang satu ini, berbagai jenis dan ukuran obeng papaku punya.


2. Mesin Bor

Mesin bor zaman sekarang sudah sangat canggih, ada yang menggunakan kabel ada juga yang tanpa kabel. Alat ini sangat berguna untuk merangkai atau memasang sesuatu, contohnya untuk melengkapi interior di dalam rumah. Mesin bor yang papaku punya adalah mesin bor yang menggunakan tenaga listrik, sehingga harus dicolok ke sumber listrik selama penggunaannya.


3. Tangga Lipat

Bingung saat ingin mengganti lampu yang mati atau saat ingin membersihkan kotoran yang ada di langit-langit? Coba gunakan tangga lipat. Peralatan yang satu ini juga wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga karena fungsinya yang sangat penting. Tangga lipat sendiri dipilih karena lebih praktis dan hemat tempat dalam penyimpanannya dibandingkan dengan tangga biasa.


4. Kunci L

Kunci L atau yang disebut juga dengan Allen Key merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki di rumah. Biasanya kunci L yang bagus dijual dengan harga cukup mahal apalagi yang dijual satu set. Namun kualitasnya juga biasanya bagus, sehingga tidak masalah berinvestasi dengan cara membeli alat yang serba guna ini.


Aku punya pengalaman cukup unik dengan kunci L ini. Papaku punya seperangkat kunci L dengan berbagai ukuran. Waktu SMP dulu, modifikasi sepeda menggunakan kunci L sangat viral. Jadi ketika aku punya sebegitu lengkapnya kunci L, teman-temanku berdecak kagum. Sebenarnya yang memperkenalkanku dengan kunci L ini adalah adikku yang hanya berjarak usia 3 tahun denganku. Dia yang mengambil satu set kunci L tersebut dari penyimpanannya untuk digunakan mengutak-atik sepeda. Yah, sedikit banyak keahlian dan kegemaran papa menular ke adikku.

 

5. Palu

Palu juga memiliki fungsi yang vital dalam sebuah rumah tangga. Palu bisa digunakan untuk memperbaiki atau memasang apapun di bagian dinding rumah. Umumnya, palu juga bisa digunakan untuk mencabut paku di bagian sisi lainnya. Palu tradisional biasanya berat, hitam, dan sudah kotor penampakannya seperti yang ada di rumahku.


6. Beragam Ukuran Paku

Tidak ada salahnya memiliki stok paku dengan beragam ukuran, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Paku sangat dibutuhkan untuk menggantung, menempelkan, atau memasang berbagai hal di dinding rumah. 


7. Cutter

Cutter biasanya selalu ada di rumah karena banyak fungsi yang dapat dipenuhinya. Beberapa kegiatan menggunakan cutter yaitu membuat kerajinan tangan, memotong kertas, dan lain sebagainya.  Cutter juga dapat menggantikan fungsi pisau. Cutter sih sekarang di meja kerja kaum milenial juga harus ada ya.


8. Kunci Inggris

Selanjutnya ada kunci inggris yang masuk ke dalam daftar alat perkakas wajib yang harus dimiliki di rumah. Kunci Inggris adalah sebuah peralatan standar yang bisa digunakan dalam berbagai hal. Misalnya memperbaiki pipa saluran yang macet tersumbat kotoran atau membongkar perkakas atau mesin rusak yang ada di rumah. 


9. Senter atau Lampu Darurat

Mengalami pemadaman mendadak dan bergilir seharusnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Mempersiapkan hal ini tentu akan lebih baik jika kita menyediakan senter ataupun lampu darurat lainnya. Ada dua jenis sumber daya utama pada senter atau lampu darurat, yaitu menggunakan listrik atau baterai. Pastikan baterainya dalam kondisi penuh agar selalu siap sedia saat mendadak diperlukan.


10. Pita Pengukur

Terakhir ada pita pengukur untuk perlengkapan yang sangat dibutuhkan di rumah. Selain sebagai kebutuhan rumah tangga, pita pengukur ini juga berguna jika kita berbelanja online karena bisa mengukur ukuran baju, celana, dan berbagai perlengkapan fashion lainnya. 


Demikian 10 alat yang wajib ada di rumah kita. Di rumahku hampir semua alat di atas sudah ada, namun karena pengelolanya adalah papa maka untuk penyimpanan cenderung tidak rapi sehingga sering tercecer. Oleh karena itu sekarang semua peralatan tersebut khusus dimasukkan ke dalam ruangan/gudang khusus. Sehingga saat akan mencari barang-barang tersebut, sudah tidak bingung lagi. Tempatnya hanya satu dan terkumpul di sana.


Bagaimana di rumahmu, dari kesepuluh alat di atas alat apa yang belum ada? []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

2 komentar

  1. Suamiku juga termasuk yang Punya perkakas lengkap ini. Mungkin karena dia juga bisa menggunakannya jadinya dari sebelum nikah juga sudah ngumpulin aneka perkakas pertukangan. Kalau aku malah nggak bisa makai sama sekali itu perkakasnya. Hehe

    BalasHapus
  2. Tangga lipat mbak yang belum ada. Kerasa butuh sih, tapi nabung dulu. Sejauh ini mengandalkan meja dan kursi ditumpuk. Hehe

    BalasHapus

Posting Komentar