Sunday, July 28, 2019

Laptop dalam Cerita

Di zaman teknologi, alat bernama laptop sangat diperlukan oleh beberapa orang. Apalagi jika orang yang berprofesi sebagai bloger sepertiku.


Aku sendiri beli laptop pertama kali saat kuliah. Waktu itu beli karena memang butuh. Awal-awal kuliah kan memang mahasiswa sangat membutuhkan laptop. Secara impulsif aku membeli laptop berlayar 14" dengan merk Toshiba.

Senang sekali dulu rasanya. Namanya laptop pertama. Namun, mungkin karena penggunaanku yang kurang ramah sehingga ia rusak sekitar 3 tahun kemudian.

Saturday, July 27, 2019

Tere Liye dan Karya-karyanya


Tere Liye

Nama penulis ini sudah kukenal sejak sekitar tahun 2006. Aku kelas 2 SMP waktu itu, sedang mabuk-mabuknya membaca. Semua novel yang ada di perpustakaan sekolahku pernah kupinjam semua.

Sampailah aku pada satu novel yang sangat berkesan, berjudul Hafalan Salat Delisa. Latar belakang novelnya adalah bencana tsunami Aceh tahun 2004. Ceritanya sedih sekali. Aku benar-benar merasa menjadi Delisa saat membaca novel itu.


Tere Liye, nama penulisnya, tentu melekat dalam ingatanku. Selalu aku terheran-heran mengapa bisa seorang penulis bisa menggambarkan suasana (setting tempat dan waktu serta perasaan) sebegitu tepatnya meski fiksi.

Friday, July 26, 2019

Budaya Jamuan Pesta Pernikahan di Hulu Sungai Tengah

Indonesia sangat kaya budaya. Salah satunya adalah masalah jamuan di pesta pernikahan. Di kotaku, Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jamuan makannya mungkin saja berbeda dengan jamuan makan di daerah lain.


Di sini, cara penyajian makanan disusun di atas meja dengan sajian per porsi. Jadi, undangan dipersilakan mengambil jenis makanan sesuai yang diinginkan. Dari meja menu, makanan dibawa ke tempat makan yang biasanya terpisah antara pria dan wanita. Syariah ya?

Tapi agak susah kalau datang hanya berdua dengan pasangan. Makannya terpisah. Jadi kadang ada saja wanita yang duduk di tempat laki-laki dan sebaliknya. Aku juga begitu.

Jenis makanannya sendiri mulai dari soto, gado-gado, lontong, rawon, hingga gangan humbut. Yang tradisional ya gangan humbut ini.

Thursday, July 25, 2019

Alasan-alasan Mengapa Aku Malas Berolahraga

Suatu pagi aku merasakan pegal di kaki. Rasa tidak nyamannya menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan efek tidak enak badan. Aku pun mengingat-ingat apa yang kulakukan pada hari sebelumnya sehingga aku bisa merasakan hal ini. Ternyata satu hari sebelumnya itu aku bersama tim lapangan cukup jauh berjalan kaki.


Kami berputar-putar  di dalam hutan. Jika ditotal sepertinya ada sampai 5 kilometer. Permukaan tanah yang tidak rata membuat perjalanan juga semakin tidak mudah.

Aku langsung mengejek diriku sendiri. Inilah akibatnya jika tidak rutin berolahraga, tubuh menjadi kaget sehingga mengirimkan alarm mudah capek seperti itu.

Wednesday, July 24, 2019

Minta Oleh-oleh Apakah Boleh?

Oleh-oleh adalah barang yang dibawa oleh orang yang baru saja pulang bepergian. Orang yang dibawakan oleh-oleh biasanya adalah orang yang dekat dengan si pejalan. Tapi tidak sedikit juga sekarang orang yang tidak terlalu kenal tapi juga minta oleh-oleh.

Merasa familiar? Lalu apakah minta oleh-oleh itu boleh?

Sebelum menyimpulkan, mari kita simak satu persatu beberapa pertimbangan dalam meminta dan membeli oleh-oleh berikut ini.

Tuesday, July 23, 2019

Memaknai Idul Adha secara Optimal

Idul Adha adalah hari raya kedua terbesar bagi umat Islam.  Sayangnya, meskipun termasuk hari raya besar kemeriahannya menurutku tidak seheboh Idul Fitri. Memang sih Idul Fitri ada di urutan pertama, tapi beda antusiasmenya itu menurutku jomplang sekali.


Mulai dari hari liburnya yang sebentar, hingga bentuk perayaannya yang kurang meriah. Tahun ini bahkan Idul Adha jatuh pada hari Minggu yang artinya sama aja nggak ada hari libur khusus untuk merayakannya. Dampaknya, orang-orang tidak terakomodasi untuk melakukan mudik dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga berefek kepada kekurangmeriahannya acara ini.

Idul Adha identik dengan dua hal, yaitu ibadah haji dan ibadah kurban. Jika seseorang melakukan salah satu di antara dua hal ini, Idul Adhanya mungkin akan terasa lebih berkesan. Tapi tidak semua orang sanggup melakukannya karena keterbatasan biaya, ya keduanya memang membutuhkan dana cukup banyak.

Monday, July 22, 2019

Unek-unek Menggunakan Transportasi Online

Sebagai orang yang berdomisili di pelosok, menggunakan transportasi online bukan hal yang biasa bagiku. Pertama, jasa transportasi online (yang besar) belum ada di sini. Ada produk lokal tapi layanannya terbatas dan cenderung agak mahal. Kedua, namanya di kota sendiri jadi ya aku terfasilitasi oleh kendaraan pribadi. Aku kemana-mana biasanya pakai motor sendiri.

Transportasi Online

Beda ceritanya ketika berada di luar kota yang notabene biasanya lebih besar daripada kotaku, beberapa tahun terakhir transportasi online akhirnya menjadi pilihanku dalam mobilitas. Dulu sebelum transportasi online ada dan booming, di kota orang aku kadang ngandalin diantar atau pinjam kendaraan saudara/teman, terkadang juga naik transportasi umum. Which is keduanya bukan pilihan yang nyaman menurutku.

Sunday, July 21, 2019

Film Mahasiswi Baru: Jiwa Muda Seorang Nenek Tua

Halo, assalamualaikum semuanya. Kita sudah berada di minggu ketiga Bulan Juli nih. Masa liburan anak sekolah baru saja usai. Begitu pun para mahasiswa, sudah move on dari final test-nya kan ya? Hehe. Bagi kamu yang sekarang sedang berstatus di antara pelajar dan mahasiswa, selamat menikmati masa orientasi kampus ya. Semoga betah dengan jurusan yang kamu pilih.


Untuk menemani waktu senggang kalian, aku mau memberikan rekomendasi film terbaru berjudul Mahasiswi Baru. Film besutan Monty Tiwa di bawah naungan MNCP Movie ini bergenre komedi, cocok ditonton oleh anak-anak muda dan keluarga.

Wednesday, July 10, 2019

Fruit of The Year on International Fruit Day #FBBKolaborasi

Buah adalah salah satu hasil dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia. Meskipun sama-sama mengandung banyak vitamin dan gizi yang diperlukan tubuh, dibandingkan dengan sayur aku lebih suka mengonsumsi buah.

Hal ini karena dari segi rasa, buah lebih bervariasi dan ‘enak’ jika dibandingkan dengan sayuran. Selain itu, penyajian buah juga lebih praktis dan bervariasi. Cara favoritku dalam mengonsumsi buah adalah dengan cara dimakan langsung, dibikin pencok (semacam asinan), dan dibuat salad.


FBB Kolaborasi bulan Juli ini bertema International Fruit Day. Aku ikut FBB Kolaborasi ini dong karena tertarik dengan tema unik ini. Meskipun perayaan yang jatuh di setiap 1 Juli ini tidak familiar di Indonesia, tapi menurutku layak untuk digaungkan agar kesadaran makan buah di Indonesia semakin tinggi. Selain karena nutrisinya yang memang bagus untuk tubuh, juga karena jumlah jenis buah lokal di Indonesia cukup banyak.
 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates