Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

15 Akun Instagram Inspiratif

Posting Komentar

Akhir-akhir ini aku lebih sering berselancar di Instagram daripada media sosial lainnya. Tujuan awalku adalah agar lebih aktif berbagi di Instagram, nyatanya aku baru bisa sharing di IGS secara berkala. Di feed dan reels belum bisa.

Malah lebih sering berselancar di beranda dan explore. Ada banyak akun Instagram yang menginspirasiku. Aku ingin menulis beberapa di antaranya. Lalu aku teringat sepertinya aku juga sudah pernah menulis tentang hal serupa di blog ini. Setelah kucek, ternyata bukan hanya satu tetapi ada dua postingan tentang akun Instagram inspiratif.


Baiklah, aku tetap akan menuliskannya lagi. Karena setelah dibaca ulang, ada beberapa akun Instagram yang belum termasuk dalam daftar tersebut. Entah karena aku baru kenal akun Instagramnya atau karena akunnya memang baru aktif.



Kalau kamu mau baca daftar akun-akun Instagram yang pernah kutulis, kamu bisa membacanya di sini:

10 Akun Instagram Favoritku

Yuk Belajar dari 10 Akun Instagram Keren Ini!


Saat membuat draft postingan ini, ada beberapa akun IG yang terulang kumasukkan setelah kubandingkan dengan dua postingan di atas. Kuakui, akun-akun tersebut memang menginspirasiku sepanjang masa. Namun agar aku tidak mengulang lagu lama, sebaiknya akun-akun yang sudah pernah kutulis tidak kumasukkan lagi dalam daftar kali ini.


Jelas bukan karena aku tidak lagi suka, tapi agar akun-akun yang baru kukenal juga mendapat tempat untuk mejeng di blog ini. Oh ya aku membagi akun-akun ini dalam beberapa kategori supaya mempermudah pencarian. Kategori-kategori yang kusuka meliputi parenting, finansial, blogging, mental health, minimalisme, dan lain-lain.


Berikut adalah 15 akun Instagram favoritku.


Parenting

1. @parentalk.id

Parentalk adalah startup milik Nucha Bachri yang akun Instagramnya sudah perah kusebut pada postingan sebelumnya. Fokus perusahaan ini adalah tentang pengasuhan anak di zaman sekarang. Akun Instagramnya selain berisi serba-serbi pengasuhan anak, juga hubungan antar pasangan. Masuk akal sih, hubungan ayah bunda tentu harus erat dan terjalin dengan baik terlebih dahulu agar bisa menerapkan pola asuh yang ideal bagi anak-anaknya. 


2. @rabbitholeid

Akun lain yang juga membahas tentang parenting adalah @rabbitholeid. Akun ini sebenarnya adalah akun olshop buku bayi, awal aku follow karena memang untuk beli buku bantal. Ternyata isi akunnya informatif sekali. Sama seperti Parentalk, isi akunnya berkisar antara pola pengasuhan dan hubungan antara ibu dan ayah. 


Hal-hal yang dibahas di akun ini ngena dan relate banget dengan kondisi di sekelilingku. Akun jualan yang informatif kayak gini sangat menginspirasi. Tak heran banyak followernya.


Finansial

3. @pritaghozie

Mbak Prita adalah financial planner senior yang brandingnya sangat kuat di media sosial manapun, termasuk Instagram. Aku sudah lama mengikuti akun beliau dan merasa sangat tercerahkan mengenai literasi keuangan. Sedikit banyak dari akun Mbak Prita dan financial influencer lainnyalah aku belajar mengelola keuangan yang sehat.


4. @feliciaputritjiasaka

Awalnya aku kenal dengan akun Instagram Feli dari Youtube. Perempuan muda ini sangat menginspirasi dalam bidang finansial. Dengan latar beakang pendidikan dan pekerjaan yang sesuai, dia sharing banyak hal tentang finansial dan relate banget dengan kehidupan millenial zaman sekarang.


Blogging

5. @vickylaurentina

Beliau ini teman bloggingku. Mbak Vicky sering sekali berbagi tentang blogging di IGS-nya. Sedang di feed atau reel beliau paling sering berbagi tentang makanan sesuai dengan personal branding yang ia bangun yaitu food blogger. Mbak Vicky ternyata adalah seorang dokter. Dia ngeblog sudah sejak lama, kagum sekali aku sama kekonsistenannya.


6. @indriyasw

Mbak Indri juga adalah salah seorang bloger yang aku kenal karena satu grup di komunitas bloger. Beliau ini totalitas banget dengan blognya, isi blognya berkualitas. Blog beliau terintegrasi dengan media sosial yang ia miliki, termasuk Instagram. Aku juga ingin seperti beliau, memaksimalkan blog sebagai tempat berbagi manfaat dan menyebarluaskannya dengan bantuan media sosial. 


Mental Health

7. @adjiesantosoputro

Aku mengetahui Mas Adjie awalnya dari podcast Curhat Babu milik pasangan Nucha dan Aryo. Beliau pakar mental health sehingga isi Instagramnya pun tidak jauh-jauh bahasannya dari tema tersebut. Baca konten-kontennya Mas Adjie bikin aku sering menyadari bahwa dalam hidup ini memang mustahil terjadi kesempurnaan. Akan selalu ada hal yang kurang, tinggal bagaimana cara kita menghadapinya dengan mental yang sehat.


8. @tsamarafahrana

Tsamara adalah seorang instruktur meditasi dan yoga dengan latar belakang pendidikan neuroeconomics. Konten-konten Instagramnya berisi tentang bagaimana menjalani hidup dengan mindfullness. Kalau baca konten-kontennya dia, rasanya hidup tuh emang butuh waktu istirahat atau jeda sejenak. Nggak bisa yang selamanya serba dihajar. 


9. @satupersenofficial

Akun dengan bio yang berbunyi sekolah kehidupan terbesar di Indonesia ini awalnya kukenal di Youtube. Startup di bidang mental health gitu, konten-konten mereka menyuarakan kegundahan manusia overthinking sepertiku. Mereka juga menyediakan solusi, termasuk layanan konsultasi. Beruntunglah aku menemukan konten-konten positif salah satunya dari Satu Persen ini.


Minimalisme

10. @lyfewithless

Ini adalah akun yang berisi tentang minimalisme. Bahasan minimalisme di akun ini sangat luas. Lyfewithless sekarang berkembang menjadi startup digital yang mengusung tema minimalisme terbesar di Indonesia. Aku sangat relate dengan banyak bahasan yang ada di akun Instagram ini.


11. @murielimron

Akun ini adalah akun personal yang juga mengusung tema minimalisme dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ibu dari dua anak ini menetap di Bali setelah merantau di Belanda bertahun-tahun. Awal aku menemukan akun ini adalah dari kanal Youtubenya yang juga sangat inspiratif. Semua bahasan tentang zero waste, minimalis, self growth dan lain-lain tertuang di sini.


Lain-lain

12. @asnbiasasaja

Dari semua akun yang ada di daftar ini, akun inilah yang paling baru kutemukan. Baru baca beberapa konten mereka dan aku sudah sangat cocok. Berada di dunia birokrasi yang serba formal terkadang membuatku sesak, informasi-informasi yang beredar di dunia kerja juga tidak kalah resminya.


Saat aku menemukan akun ini, otakku langsung berkata ini dia yang aku cari. Isi akunnya tentang dunia perumbian, sebutan untuk ASN muda berdedikasi. Segala update dunia per-ASN-an zaman now bisa aku dapetin di sini meski seringnya dibalut dengan humor sarkartis.


13. @salsalivefit

Ini adalah akun olahraga favorit aku. Seperti yang diketahui akhir-akhir ini aku berusaha hidup sehat dan salah satunya adalah dengan cara olahraga. Salsalivefit sangat menginspirasi perempuan sibuk sepertiku agar tetap berolahraga.


14. @kreativv_id

Akun ini berisi tentang motivasi positif terutama untuk anak muda indonesiaa. Di bionya tertulis ‘Indonesia leading creative entrepreneureship media and community’. Konten feednya yang biasanya berupa carousell sangat menginspirasi dan menambah pengetahuanku tentang berbagai hal.


15. @ressarellita

Aku bertemu Ressa di salah satu event beauty sekitar tahun 2019. Sejak itu kita saling follow. Aku suka melihat storynya yang berkisar tentang kehidupan keluarga kecilnya, motivasi kehidupan, introspeksi agama, kondisi sosial, dan lain-lain.


Itu dia akun-akun Instagram inspiratif yang kuikuti. Rata-rata semua akun inspiratif tersebut di atas punya value yang mirip dengan value hidupku makanya aku suka.


Sudah seharusnya kita menggunakan media sosial untuk mencari inspirasi bukan hanya menghabiskan waktu secara sia-sia. Jadi, kalau bisa follow akun-akun inspiratif selain yang hibruan juga agar kita bisa lebih banyak mendapat manfaat dari kegiatan bermedia sosial.


Dari daftar 15 akun Instagram favorit di atas apakah sudah ada yang kamu follow juga? Ceritakan di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar