Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

7 Rekomendasi Blog yang Asyik untuk Dikunjungi

Posting Komentar

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang bloger-bloger favoritku. Kali ini aku akan membuat daftar yang hampir mirip, yaitu daftar blog yang asyik untuk dikunjungi. Tentu saja aku akan memuat nama-nama berbeda tanpa menghapus sematan favorit pada bloger yang sudah kutulis dulu.

Kriteria asyik dikunjungi sendiri menurutku mengacu pada kriteria blog yang enak dikunjungi untuk blogwalking. Daftarnya sudah kutulis pada postingan tersebut. Meskipun postingan tersebut kutulis hampir 3 tahun lalu tetapi kriterianya masih sama bagiku. Bahkan lebih menguat untuk poin personal bloggingnya.



Iya, aku suka berkunjung ke blog yang kuat sekali sentuhan personalnya. Benar-benar sebuah blog yang ingin dibaca oleh pembacanya, tepat seperti tujuan awal blog digunakan yaitu untuk sharing a.k.a curhat.


Iya, aku suka berkunjung ke blog yang kuat sekali sentuhan personalnya. Benar-benar sebuah blog yang ingin dibaca oleh pembacanya, tepat seperti tujuan awal blog digunakan yaitu untuk sharing a.k.a curhat.


Berikut adalah rekomendasi blog yang asyik untuk dikunjungi ala aku:


1. http://dianarikasari.blogspot.com

Diana Rikasari adalah salah satu bloger pertama yang kukenal saat aku awal ngeblog dulu. Sampai sekarang blognya yang non-TLD itu tetap tak berubah. Isinya masih tentang fashion and everything she think. Cewek yang satu ini memang cukup inspiratif. Hampir semua tulisannya berbahasa Inggris.


Dengan judul Hot Chocolate and Mint, blog ini sungguh berwarna seperti kepribadian empunya. Selain soal fashion, Diana Rikasari juga menulis tentang rumahnya yang bernama BidiBidiBongBong. Karena aku juga mengikutinya di Instagram, rumahnya benar-benar menggambarkan seorang Diana Rikasari. Berwarna dan instagramable.


Btw, sekarang dia sedang tinggal di luar negeri. Tidak lagi tinggal di rumah Indonesianya itu, tapi tak jauh beda rumahnya di luar sana (aku lupa negaranya apa) juga sama cantiknya. Diana Rikasari juga menulis buku quote yang cukup antimainstream berjudul #88LoveLife. Ga tanggung-tanggung, udah 3 buku aja.


2. https://gitasav.com

Aku sering sekali menyebutkan nama Gitasav di mana-mana. Di pembahasan tentang Instagram, Youtube, atau buku. Sekarang aku menyebutkannya lagi di dunia blog. Gita juga memang menulis blog, bahkan bibit tulisannya di buku sebagian besar berasal dari blog.


Di blog ia menuliskan segala keresahan yang ia miliki sebagai manusia. Bahasa yang ia pakai kebanyakan Indonesia tapi di dalamnya banyak campuran bahasa lain mengingat ia tinggal di Jerman. 


Membaca tulisan-tulisan Gita di blog rasanya seperti mendengarkan curhatan seorang teman. Benar-benar berasal dari kepalanya sendiri dan seringkali aku juga relate.


3. https://www.creameno.com

Aku baru saja kenal dengan blog ini. Interaksiku yang cukup berkesan dengan pemilik blog ini adalah ketika dia mengadakan semacam sayembara penulisan bebas yang akan ditayangkan di blognya. Tulisanku tidak lolos, tetapi bersama kandidat lainnya tulisanku dibukukan dan dikirim secara gratis ke rumah. Astaga baik sekali dia.


Isi blognya bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Meski terlihat terbuka tetapi sebenarnya sang pemilik blog cukup tertutup. Tidak banyak informasi penting yang ia bagi di blog, misal alamat, status, dan semacamnya. Sebagian pembaca yang jeli mungkin akan menemui detail dan menghubung-hubungan semua cerita di postingannya. Sepertinya ia lama atau masih tinggal di luar negeri. 


Saking misterius tapi terkenalnya Mbak pemilik blog Creameno ini, beberapa teman bloger menulis kesan mereka tentang beliau. Ternyata banyak bloger juga sering mendapatkan hadiah dari Mbak Creameno ini. Itulah kenapa dia menjadi sangat berkesan.


Btw, aku baru saja buka blognya dan yang tertulis di sana adalah “See you, 2024 :D”. Wew, dua tahun lagi. Sepertinya dia sedang sibuk dengan sesuatu selama dua tahun setengah ke depan ini. Rata-rata para teman bloger berkomentar tentang rindu kalau mengingat nama Creameno. Benar-benar bloger favorit banyak orang.


4. https://www.lucedale.co

Pertama tahu blog ini dari Living Loving. Di liputan terhadap rumahnya disebutkan bahwa dia adalah seorang bloger, aku kepo dan nemu blognya. Wah aku tercengang. Awalnya dia fashion blogger seperti Diana Rikasari. 


Sekarang isi blognya juga banyak bercerita tentang pemikiran dan kejadian yang ia alami sehari-hari. Hampir semua tulisannya berbahasa Inggris. Lucedale sudah menjadi brand tersendiri bagi Clara Devi. Selain suka baca blognya, aku juga memfollownya di Instagram.


Sekarang dia tinggal di Jogja dengan rumah yang begitu estetik, nggak heran diliput sama Living Loving. Isi blognya juga tak jarang bercerita tentang perjalannya ke suatu tempat. Tulisannya gaya storytelling, sehingga enak untuk dibaca. Ibu satu anak ini sepertinya cukup sering bepergian (atau tinggal) di/ke beberapa negara.


5. https://www.jihandavincka.com

Pertama kali tahu dengan blog ini setelah membaca buku yang ia tulis. Judul bukunya The Davincka Code, menjurus emang. Pengalaman-pengalaman sang penulis dituangkan dalam banyak tulisan yang kemudian dirangkum menjadi satu buku. Disebutkan pula bahwa sebelumnya tulisan-tulisan tersebut awalnya diposting di blog. 


Aku suka dengan jenis tulisannya sehingga tak ragu meluncur ke blognya. Cerita-ceritanya cukup menginspirasiku. Oh ya, Mbak Jihan ini pernah atau tinggal di banyak negara seperti Iran, Arab Saudi, Irlandia, Swiss, dan Texas sehingga cerita-cerita di blognya cukup berwarna.


Tidak heran sebagian besar isi postingan blognya adalah tentang perjalanan. Sekarang setelah tinggal di Indonesia, postingannya tentang Jakarta dan sekitarnya juga cukup banyak mewarnai isi blognya.


6. https://www.indriariadna.com

Blog Mbak Indri pertama kali aku kenal dari salah satu grup blogwalking yang kuikuti. Mbak Indri ini merupakan bloger profesional yang cukup aktif membranding diri di media sosial. Ia juga berkecimpung di dunia digital freelance.


Isi blognya tidak jauh-jauh dari hal-hal tersebut. Bahasan setiap postingannya mendalam dan mudah dipahami. Sangat berguna untuk orang yang juga ingin berkecimpung di dunia yang sama.


Blognya ternyata juga merangkap menjadi sebuah web profesinal di mana jika ada yang tertarik dengan course atau layanan yang ditawarkan, bisa langsung klik di sana. Blog adalah salah satu sub menu dari web ini. Mbak Indri ternyata berdomisili di Palangkaraya.


7. https://www.reyneraea.com

Pemilik blog ini, Mbak Rey, adalah salah satu temanku di komunitas bloger. Tulisan-tulisan beliau sangat personal, aku suka baca tentang cerita dan pengalaman pribadi yang ia tuliskan di blog. Sangat storytelling.


Dari halaman about menya di blog, ternyata Mbak Rey berasal dari Sulawesi. Masyaallah, menjadi bloger membuatku jadi kenal dengan banyak orang yang berasal dari lokasi yang jauh.


Di blognya, Mbak Rey sering berbagi tentang bisnis, blog, parenting, beauty, kesehatan, pernikahan, travelling, dan kuliner. Lifestyle bangetlah blognya. Nggak jauh beda dengan blogku. Di Ramadan kali ini, kami mengikuti tantangan blog yang sama.


Selain sama-sama memiliki sentuhan personal, kesamaan lain dari blog-blog di atas adalah jarangnya update tulisan (kecuali blog Mbak Rey). 


Iya, entah kenapa ya kalau bloger the next level itu jarang posting. Tapi sekalinya posting banyak yang baca. Macam kayak Agung Hapsah juga di dunia per-Youtube-an.


Masih untung mereka masih aktif ngeblog alias blognya masih diperpanjang domainnya. Beberapa bloger favoritku malah tak bisa ditemukan lagi jejaknya sejak domainnya menghilang, salah satunya adalah Hainitis.


Segitu dulu rekomendasi blog yang asyik untuk dikunjungi ala aku. Apakah dari daftar di atas ada blog yang juga kamu senang untuk berkunjung? Yuk cerita-cerita di kolom komentar. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar