Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Viu, Rekomendasi Platform Nonton Online Favoritku

Posting Komentar

Selain membaca, aktivitas menonton juga menjadi salah satu caraku saat me time. Meskipun secara kuantitas tidak lebih banyak daripada membaca. Selain menonton video di Youtube, aku juga kadang-kadang menonton film dan drama Korea. Untuk film, sangat jarang aku menikmatinya langsung di bioskop karena di kota kecilku tidak ada gedungnya.

Cara menonton film atau drama Korea yang paling sering kulakukan adalah meminta filenya ke teman yang punya. Aku tidak pernah mendownload film atau drama sendiri karena tidak bisa. Aku tidak pernah tertarik mencobanya. Toh masih ada teman yang bisa kuminta, pikirku. Selain itu karena kesempatanku untuk menonton juga tidak banyak, sehingga lebih memilih apa yang tersedia. Malas menyediakan waktu untuk download.



Di era serba streaming sekarang, menonton sudah bisa dilakukan secara online dengan biaya terjangkau. Salah satu platform nonton online yang paling sering digunakan oleh milenial sekarang untuk menonton adalah Viu. Aku sendiri belum pernah mencoba platform menonton selain Viu, aku sudah cukup puas dengan layanan dari Viu.


Menonton via Viu memberikan banyak kemudahan bagiku dalam menikmati sebuah karya audio visual. Aku tidak perlu lagi menyediakan flashdisk untuk minta file ke taman. Selain itu yang jelas cara ini legal secara hukum. Kita hanya perlu menyediakan jaringan internet yang stabil, maka film atau drama favorit sudah bisa kita nikmati dengan nyaman.


Kelebihan Platform Nonton Online Viu

Berikut adalah beberapa kelebihan platform nonton online Viu:

1. Bisa Dinikmati Secara Murah atau Gratis

Gratis dalam artian kita tidak harus berlangganan untuk menonton banyak pilihan film dan drama di Viu. Hanya saja kita harus bersedia menonton iklan yang berkali-kali muncul di tengah film, persis seperti Youtube. Hanya saja video iklan di Viu lebih sering tidak bisa di-skip.


Jika berlangganan menjadi akun premium, maka iklan-iklan tersebut tidak akan muncul saat kita menonton. Harga berlangganannya sendiri sangat murah. Lebih terjangkau jika kubandingkan dengan aplikasi nonton streaming yang lain.


2. Video Bisa Ditonton Offline

Fitur download juga tersedia di Viu. Selama ini aku belum pernah mencoba sih karena alhamdulillah selalu bisa tersambung dengan internet. Namun untuk pengguna yang misal akan berada dalam lokasi kurang sinyal, bisa menggunakan fitur ini agar tetap bisa menikmati video dari Viu secara offline.


3. Banyak Pilihan 

Di Viu, ada banyak pilihan film dan drama yang bisa ditonton. Genrenya pun bermacam-macam. Ada drama Korea, anime, drama Jepang, drama Asia, film, dan variety Korea. Sejak awal dirilis dulu, Viu memang lekat dengan drama Korea sehingga tidak heran jumlahnya mendominasi pilihan di sana. Film-film Indonesia juga ada, aku sendiri baru menonton film Twivortiare lewat Viu. 


4. Bisa Digunakan Tanpa Instal Aplikasi

Aku kurang tahu kalau platform menonton yang lain ya, tapi Viu bisa digunakan tanpa menginstal aplikasi. Itu sangat membantu bagiku yang punya hp dengan memori terbatas. Aku bisa menggunakannya hanya lewat website baik dari hp atau laptop dan sepertinya layanannya tidak ada yang berkurang.


Awal Mula Aku Menggunakan Viu

Pada pertengahan 2021, hasil tes swab Covid-19-ku positif. Aku pun harus isolasi mandiri selama 10 hari. Karena gejala secara fisik aku tidak terlalu parah, maka otakku masih jalan dengan baik. Aku berpikir apa yang harus kulakukan selama 10 hari tanpa boleh kemana-mana. 


Menonton drama Korea, itu yang terlintas di benakku. Kebetulan aku baru saja selesai pelatihan, bahkan sebenarnya waktu itu masih proses pelatihan, aku butuh hiburan. Nonton drama sendiri sudah lama sekali tidak kulakukan karena jarangnya ada waktu luang. Karena aku tidak punya stok file drama Korea, maka aku pun memutuskan untuk berlangganan platform nonton online. Saat itu aku belum tahu kalau di Viu bisa nonton secara gratis.


Aku pun riset sebentar, membandingkan dua platform nonton online sebelum memutuskan berlanggnan di platform yang mana. Akhirnya aku order langganan akun nonton Viu di salah satu marketplace untuk satu bulan. Murmer. Saat itu aku langsung maraton drama Korea berjudul When the Weather is Fine dan Extraordinary You. Kali ini aku akan bercerita tentang drakor Extraordinary You dulu, When The Weather is Fine mungkin di postingan blog yang lain.


Extraordinary you

Bukan tanpa alasan aku memilih Extraordinary You sebagai drakor yang akan menghiburku selama masa isoman. Aku sudah pernah membaca sinopsis dan reviewnya di blog teman. Meskipun ingatanku sudah samar karena sudah lama, tapi aku ingat aku tertarik dengan drakor ini karena premisnya yang unik.


Setelah beberapa kejadian ganjil Eun Dan-oh, si tokoh utama perempuan menyadari bahwa ternyata ia hidup di dunia komik berjudul Secret. Kehidupannya digerakkan oleh sesuatu di luar kendalinya, yaitu imajinasi penulis. Menarik sekali bukan? Aku jarang tertarik dengan cerita fantasi, tapi kali ini aku suka.


Fakta bahwa ternyata ia bukan pemeran utama juga mengejutkannya. Padahal ia merasa selama ini dunia berfokus padanya, ternyata ia salah. Beberapa kejadian dalam hidupnya juga tidak ia sukai. Oleh karena itu ia sering menggugat penulis, seperti seorang manusia menggugat tuhan. 


Eun Dan Oh adalah seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Ia ditunangkan dengan seorang ketua geng yang tenar di sekolahnya bernama Baek Kyung. Baek Kyung adalah seorang cowon angkuh yang tidak mencintai Eun Dan Oh. Anehnya di dunia sadar, mereka bertukar peran. Baek Kyung mencintai Dan Oh, tetapi Dan Oh mencintai orang lain.


Di dunia sadar maksudnya adalah dunia saat mereka bebas dari campur tangan penulis. Baek Kyung menjadi salah satu tokoh favoritku di sini karena di dunia nyata sebenarnya ialah yang tersakiti. Pembawaannya yang tenang dan agak cruel, sangat berbeda dengan tokoh yang ia perankan di drakor sebelumnya yang aku tonton yaitu When the Weather is Fine. Perannya kuakui sangat berhasil, aku bahkan tidak terpengaruh dengan peran sebelumnya padahal jarak waktu tontonnya cukup dekat.


Oh iya, diceritakan bahwa Dan Oh memiliki penyakit jantung yang berpotensi menyebabkan kematian. Oleh karena itulah Dan Oh semakin membenci penulis. Ia pun berusaha mengubah plot cerita. Setiap kali berusaha mengubah cerita, akan selalu ada kemalangan yang menimpanya.


Drama ini cukup seru, apalagi dengan tambahan kisah masa lalu di mana ternyata kisah ini juga pernah terjadi di masa kerajaan dan berakhir tragis. Di akhir drama bahkan cerita ini kembali berulang dengan susunan tokoh yang acak. Menarik.


Cerita cinta Dan Oh dengan cowok misterius nomor 13 bernama Rowoon cukup romantis. Ada beberapa momen yang membuat mereka terlihat sangat bahagia. Meskipun akhir kisah mereka tidak seindah yang dibayangkan.


Overall, aku sangat menikmati drakor Extraordinary You ini. Goodjob buat penulis, tim produksi, dan para pemain.


Jadi gimana Gengs, tertarik buat nonton drakor atau film di Viu juga? Yuk cobain deh sekarang. Gampang, gratis, serta ada banyak pilihan drakor yang bisa dipilih di sana. Selamat menonton. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar