Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

7 Destinasi Wisata Alam di Kalimantan Selatan

11 komentar

Kalimantan Selatan adalah provinsi di Pulau Kalimantan dengan luas wilayah yang paling kecil dibandingkan dengan provinsi lainnya di Kalimantan. Namun, hal tersebut tidak menghalangi para wisatawan untuk berwisata ke Kalimantan Selatan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di provinsi yang beribukota di Banjarmasin ini. 


Destinasi yang paling terkenal di sana adalah wisata budaya, wisata religi, dan wisata kuliner. Selain itu, wisata unggulan Kalimantan Selatan adalah wisata alamnya yang asri dan alami. Kalau kamu sedang atau akan berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu harus tahu 7 wisata alam yang paling sering dikunjungi wisatawan, yaitu: 


destinasi wisata kalsel

Loksado

Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Wilayah kecamatan ini terletak di punggung Pegunungan Meratus. Topografi kawasan Loksado yang berada di dataran tinggi inilah yang membuat Loksado mempunyai banyak tempat wisata. Mulai dari puncak bukit, sungai, air terjun, hingga sumber air panas alami. 


Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini setiap akhir pekan atau hari libur, mulai dari turis domestik hingga wisatawan mancanegara. Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan wisata Loksado ini adalah bamboo rafting, mandi di bawah air terjun, mendaki bukit, dan berendam di kolam air panas. Selain itu, di Loksado kamu juga bisa mengunjungi balai adat milik penduduk setempat yang bersuku Dayak. Lokasi wisata Loksado emmang dekat dengan pemukiman penduduk asli, sehingga kamu juga bisa mengamati kearifan lokal suku Dayak Meratus. 


Berjarak 190 dari Banjarmasin, Loksado terus kedatangan wisatawan setiap hari libur. Karena jauh dari kota, tak perlu buru-buru pulang setelah sampai di sana. Jangan khawatir, ada banyak penginapan yang tersedia di sana. Mau camping di tepi sungai pun bisa.


Puncak Halau-halau

Bagi yang suka mendaki, puncak Halau-halau sangat wajib dikunjungi. Terletak di Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Puncak Halau-halau disebut-sebut sebagai titik tertinggi di Kalimantan Selatan. Puncak yang bisa dicapai selama 3-4 hari pendakian dari Desa Hinas Kiri ini berada di ketinggian 1901 mdpl.  Puncak Halau-halau ada di Gunung Besar yang merupakan bagian dari Pegunungan Meratus. 


Siapkan stamina yang cukup dengan latihan sebelum melakukan pendakian ke Puncak Halau-halau. Selain karena waktu tempuhnya yang jauh, jalur trekking-nya juga cukup menantang. Lokasi desa terakhirnya juga jauh dari Kota Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah, memerlukan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan. Sedangkan dari Banjarmasin, Barabai berjarak 143 km.


Pulau Kembang

Jangan bayangkan pulau ini berisi berbagai macam bunga atau kembang yang indah, karena pulau ini ternyata hanyalah didominasi pepohonan dan tumbuhan liar. Namun, yang menarik pengunjung mengunjungi pulau ini adalah ratusan ekor monyet yang menjadi penghuni dominan pulau ini. Selain monyet, pulau ini juga menjadi habitat bagi beberapa jenis burung dan binatang lain yang hidup secara liar.


Ya, Pulau Kembang adalah kebun binatang liar yang menarik untuk dikunjungi. Monyet dan teman-temannya hidup bebas di pulau kecil yang terletak di delta Sungai Barito ini. Jangan khawatir tentang keamanan, karena meski monyet-monyetnya tidak di kandang, tapi mereka cukup jinak dan bersahabat dengan para pengunjung yang datang. 


Secara administratif, pulau ini terletak do Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Namun, dari Banjarmasin pulau ini hanya berjarak 1,5 km dari Kota Banjarmasin. Pulau ini dapat dicapai menggunakan kelotok atau perahu kecil dari. Pastikan berkunjung ke sini pada waktu subuh, agar sempat melihat keramaian Pasar Terapung Tradisional di Desa Kuin yang lokasinya terlewati jalur menuju Pulau Kembang.


Pantai Angsana

Pantai Angsana adalah pantai yang terkenal di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini karena Pantai Angsana adalah pantai pertama yang menyediakan berbagai fasilitas wisata cukup lengkap dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Kalimantan Selatan. Beberapa tahun terakhir ada banyak pantai yang mulai berbenah juga dan menyediakan banyak fasilitas sehingga juga mulai hits seperti Angsana.


Di Pantai Angsana terdapat fasilitas penginapan, warung makan, toko cindera mata, kamar mandi, toilet, dan gazebo besar. Di pantai ini juga tersedia berbagai water sport seperti banana boat, snorkeling, dan atv. Selain fasilitasnya yang cukup lengkap, Pantai Angsana juga terkenal dengan air lautnya yang jernih dan biru serta pasir putihnya yang bersih. Terumbu karangnya yang bagus juga membuat Pantai Angsana kerap dijuluki sebagai Bunakennya Kalimantan.


Berjarak sekitar 200 km dari Banjarmasin, Pantai Angsana selalu ramai dikunjungi saat libur panjang. Meski cukup jauh dari kota, tapi tak membuat wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburnya dengan berleyeh-leyeh di pantai. 


Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap adalah sebuah pulau kecil di Kabupaten Kotabaru. Di kabupaten ini, wilayahnya memang banyak terdiri atas pulau-pulau kecil. Pulau Samber Gelap adalah salah satu dari pulau-pulau yang sebagian besar tak berpenghuni ini. Pulau Samber Gelap terkenal karena keeksotisannya. Wisata alam yang ditawarkan pulau ini cukup menarik. Pemandangannya yang tidak jauh berbeda dengan Hawaii di musim panas membuat pulau ini sangat layak dikunjungi. Ditambah dengan pasir putih pantainya yang lembut dan terumbu karangnya yang bagus.


Statusnya sebagai pulau wisata dan tidak dihuni oleh penduduk, membuat pulau ini seperti milik pribadi. Pulau Samber Gelap juga menyuguhkan pilihan aktivitas yang seru seperti diving, memancing, dan melihat konservasi penyu. Ya, pulau ini menjadi tempat penangkaran penyu agar populasinya langka. Pulau ini dicapai setelah dua jam perjalanan dari Kotabaru menggunakan perahu. Kotabaru sendiri berjarak 252 km dari Banjarmasin.


Bukit Batas

Bukit batas adalah sebuah bukit yang terletak di Waduk Riam Kanan. Untuk mencapainya kita harus ke Desa Tiwingan yang terletak di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Dari Desa Tiwingan, kita harus menyeberangi waduk ke Pulau Pinus menggunakan perahu, setelah itu menyeberangi jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Pinus dengan kaki Bukit Batas. Dari sana, pendakian memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke puncak. Jalur pendakiannya relatif mudah dan tidak terlalu curam.


Sampai di puncak, kamu pasti akan terkagum-kagum dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Banyak yang mengatakan bahwa Bukit Batas adalah Raja Ampatnya Kalimantan karena pemandangan pulau-pulau kecil yang terlihat dari puncak sangat indah. Kamu bisa camping atau hanya tinggal sehari saja di sini. Jangan khawatir kelaparan, karena ada beberapa warung yang berdiri di puncak ini.


Gua Batu Hapu

Gua Batu Hapu terletak di Kabupaten Tapin, tepatnya di Desa .. Kecamatan Binuang. Stalagtit dan stalagmit adalah daya tarik utama gua ini. Wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan alami dari gua yang terkesan gelap dan lembab sehingga sangat cocok dikunjungi oleh orang yang suka tantangani. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Pasar Binuang, 154 km dari Banjarmasin.


Demikianlah 7 destinasi wisata alam favorit di Kalimantan Selatan. Sangat layak dikunjungi untuk mengisi waktu liburmu. Jangan lupa sediakan dana dan waktu yang banyak karena rata-rata waktu tempuh dari Banjarmasin ke beberapa destinasi tersebut cukup jauh. Selamat berlibur. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

11 komentar

  1. Langsung cek di google image, keren-keren banget wisatanya. Jadi pengen ke pantai... Oh iya, kalau ke gua batu hapu, nanti ada guide-nya nggak, Kak?

    BalasHapus
  2. Asik ya, baca ttg destinasi wisata. Cuma lbh bagus ada gambar dr setiap resort mbak, biar makin smangat readersnya

    BalasHapus
  3. Baca artikelnya aja, aku jadi ingin ke kalimantan selatan. Semoga aja suatu hari nanti bisa mengunjungi destinasi wisata di sana.

    BalasHapus
  4. Wah,enarik sekali kak... Ehm, kalau wisata kuliner di sana bagaimana kak? Mahal atau murah kah?

    BalasHapus
  5. Aku langsung gugel bentuk dari destinasi yang mbak tulis, kayaknya seruu

    BalasHapus
  6. Wah, dari tujuh saya baru pernah ke pulau kembang saja. Dua kali ke Kalsel baru beberapa tempat sekitar Banjarmasin saja yang sudah dikunjungi. Semoga suatu saat bisa ke tempat yang lain.

    BalasHapus
  7. Wah walaupun luas wilayah paling kecil tapi Kalsel semua ada ya ka, mulai dari berendam air panas di Loksado sampai ke gua. Paket komplit ini mah kl kapan2 maen ke sana.

    BalasHapus
  8. beberapa hari ini aku cari destinasi alam Kalimantan.. jaga-pandemi selesai trus meluncur ke sana.. mksh banyak Mba Rindang rekomendasinya :)

    BalasHapus
  9. Jadi pingin ke Kalimantan buat healing menikmati keindahan destinasinga. Thanks mbak.

    BalasHapus
  10. Jadi pengen keliling ke tempat wisata di kalsel. Seru kayaknya

    BalasHapus
  11. MasyaAllah banyak juga ya kak wisata di Kalimantan, semoga ada rezeki bisa menjelajah pulau Kalimantan ^^

    BalasHapus

Posting Komentar