Sunday, October 21, 2018

[Review] Complete Career Guide

Boleh dibilang, aku sebenarnya terlambat membaca buku ini. Idealnya, buku ini dibaca ketika seseorang berada di tahun terakhir sekolah menengah atas. And well, aku baru membacanya setelah bekerja hampir dua tahun. (Kemana aja lo?) Tapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali? Oke, pembelaan yang bagus. Sekarang mari kita bahas buku yang sangat bermanfaat ini menurutku. 


Judul: Complete Career Guide
Penulis: Arif Rahman
Penerbit: Visi Media
Tahun terbit: 2011

Complete Career Guide berisi ‘petunjuk’ memetakan karir impian seseorang. Oleh karena itulah sangat dicocok oleh para remaja yang belum terjun ke bangku kuliah. Karena sebenarnya, pemilihan karir itu sudah dimulai sejak memilih jurusan kuliah. Ada kan orang yang bekerja tapi tidak sesuai jurusan? Salah satu penyebabnya boleh jadi adalah kurangnya perencanaan karir sejak dini.

Buku setebal 214 halaman ini dimulai dengan bab yang berjudul Career Cluster Young on Top. Di sini, pembaca diarahkan untuk menentukan karir impiannya di masa depan. Lengkap dengan lembar perencanaan yang meliputi tahun, usia, target, penghasilan yang diharapkan, serta investasi yang dimiliki. Duh, lengkap banget!


Bab II berjudul Employee Careers Get to The Top. Ini bab paling banyak isinya dan padat banget, aku perlu bernapas lebih panjang menyelesaikannya. Setidaknya, ada 17 hal yang harus dipahami agar seseorang dapat meraih karir impiannya. Aku melewatkan bagian hunting pekerjaan hingga bagian penandatanganan kontrak kerja. Karena ya aku sudah melakukannya. Yang mengejutkan, langkah terakhir dari tangga-tangga karir tersebut adalah resign/jump.

“Anda tidak bisa meramalkan masa depan, tetapi Anda bisa menciptakannya.” (Peter Drucker)

Penjelasan selanjutnya ada di Bab III yang berjudul Bizz Careers President of Your Own Corporation. Ya, kita diarahkan untuk menjadi bos di perusahaan sendiri. Impian banget ini! Pengalaman yang didapat selama menjadi karyawan dapat diaplikasikan saat kita memulai bisnis sendiri. Penjelasan mengenai langkah awal yang harus dilakukan, modal, pilihan bisnis termasuk, menganalisa SWOT, hingga pilihan menjadi self employee atau memiliki bisnis retail lengkap dibahas di bagian ini.

Bagian terakhir buku ini yang berjudul Invest Careers & Financial Planner menunjukkan bahwa dalam dunia finansial investasi adalah hal yang utama. Ada beberapa pilihan investasi yang disarankan dalam buku ini yaitu emas, properti, dan pasar modal.


Bagaimana, enggak salah kan kalau buku ini kusebut sebagai referensi karir A sampai Z. Terutama bagi para fresh graduate nih, rencanakan karir impianmu sekarang juga dengan membaca buku ini.[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates