Vaksinasi Tetanus Sebelum Menikah

43 komentar
Aku pernah menulis hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan calon pengantin sebelum menikah. Secara teknis memang hal-hal tersebutlah yang perlu dilakukan untuk menuju jenjang pernikahan. Namun, ada satu hal yang terlupa kumasukkan di sana yaitu tentang vaksinasi tetanus sebelum menikah.

Selain persiapan secara mental, persiapan secara fisik juga perlu dilakukan sebelum menikah. Salah satu persiapan fisik bagi kaum perempuan dan harus ditunjukkan dengan bukti surat keterangan adalah vaksinasi bebas tetanus toksoid (TT). 

Vaksinasi sebelum menikah

Apa Itu Vaksin Tetanus?

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin terdiri dari banyak jenis dan kandungan, masing-masing vaksin tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya. 

Vaksin tetanus merupakan salah satu vaksin yang disarankan untuk diberikan pada wanita yang akan menikah atau dilakukan saat akan melakukan program hamil dan ketika di masa awal kehamilan. Namun, waktu yang paling penting, tentu saja sebelum menikah.

Vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus) dan vaksin TT (tetanus toksoid) adalah dua jenis vaksin yang diberikan untuk mencegah penyakit tetanus, baik pada calon ibu maupun bayinya. Di Indonesia, perempuan yang hendak menikah dihimbau untuk melakukan vaksin TT, terutama yang belum melengkapi jadwal pemberian vaksin ini ketika masih kecil. 

Mengapa Harus Vaksinasi Sebelum Menikah?

Sebenarnya ada beberapa jenis vaksin yang direkomendasikan untuk pasangan yang akan menikah, namun vaksin tetanus adalah vaksin yang sangat disarankan untuk dilakukan saat premarital test atau tes kesehatan pranikah. 

Vaksinasi tetanus disarankan untuk perempuan yang akan menikah karena penting untuk kesehatan perempuan itu sendiri, terutama pada saat hamil dan melahirkan. Sehingga meskipun vaksinasi TT pernah dilakukan pada saat anak-anak, perempuan yang hendak menikah wajib mendapat vaksinasi TT lagi. Penyakit tetanus sendiri pernah menjadi momok pada kematian bayi di Indonesia. Vaksinasi akan melindungi tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa ibu dan bayi bila terinfeksi pada masa kehamilan.

Vaksinasi tetanus pada wanita yang akan menikah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi tetanus. Kekebalan tersebut akan diturunkan kepada bayinya setelah proses persalinan. Jadi harapannya bayi yang baru lahir aman dari infeksi penyakit tetanus.

Vaksin tetanus diberikan awalnya untuk mencegah infeksi pada saat proses persalinan yang menggunakan alat-alat tidak steril. 

Namun risiko tersebut dapat diperkecil jika melahirkan di rumah sakit dengan peralatan medis yang lengkap dan steril. Selain itu, hal ini untuk jaga-jaga agar pada saat kondisi darurat seperti bencana atau kejadian tak terduga lainnya ibu dan bayi akan tetap sehat meskipun berada dalam kondisi tidak ideal untuk melahirkan.

Bagaimana dengan calon pengantin pria? Vaksin tetanus juga bisa diberikan pada pria dewasa untuk melindungi si pria dari bahaya tetanus, tapi tak ada kaitannya dengan pencegahan infeksi tetanus pada bayi.

Manfaat Vaksin Tetanus Sebelum Nikah

Bagi ibu dan bayi, manfaat-manfaat yang didapat dari vaksinasi tetanus sebelum menikah yaitu:

1. Mencegah Infeksi Tetanus pada Vagina

Vaksinasi tetanus bisa mencegah infeksi bakteri Clostridium tetani (bakteri penyebab tetanus) pada vagina saat melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya.

2. Mencegah Tetanus pada Ibu Hamil

Vaksinasi tetanus juga dapat membuat ibu hamil memiliki kekebalan terhadap bakteri penyebab tetanus, terutama ketika menjalani persalinan yang memerlukan episiotomi atau gunting vagina.

3. Melindungi Bayi Baru Lahir dari Tetanus

Calon pengantin wanita dan ibu hamil yang telah mendapatkan vaksin tetanus juga akan memberikan perlindungan pada bayi yang baru lahir. Kekebalan yang didapatkan sang ibu terhadap bakteri penyebab tetanus juga akan melindungi bayi dari penyakit tetanus yang mungkin terjadi akibat prosedur pemotongan tali pusat.

Kapan Harus Melakukan Vaksinasi Pranikah?

Sebenarnya target pemberian vaksin TT ini bukan hanya pada wanita yang akan menikah, tapi juga wanita usia subur. Waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksin TT adalah sekitar dua hingga enam bulan sebelum pernikahan. Ini diperlukan agar tubuh memiliki waktu untuk membentuk antibodi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari laman Kemenkes RI, berikut jadwal vaksinasi tetanus untuk calon pengantin wanita:
  1. TT 1: Dilakukan sekitar 2 minggu hingga sebulan sebelum menikah, agar tubuh memiliki waktu untuk membentuk antibodi.
  2. TT 2: Dilakukan sebulan setelah TT 1. Vaksin dapat efektif melindungi hingga 3 tahun ke depan.
  3. TT 3: Dilakukan 6 bulan setelah TT 2. Efektif melindungi dari tetanus hingga 5 tahun berikutnya.
  4. TT 4: Dilakukan 12 bulan setelah TT 3. Lama perlindungan efektif adalah 10 tahun.
  5. TT 5: Dilakukan 12 bulan setelah TT 4. Rangkaian vaksin terakhir ini mampu melindungi dari tetanus hingga 25 tahun.

Dari jadwal tersebut, dapat diketahui bagaimana keefektifan perlindungan terhadap tetanus jika dilakukan secara lengkap. Vaksinasi tetanus sebelum menikah ini dapat dilakukan di puskesmas-puskesmas terdekat, rumah sakit pemerintah atau swasta, atau klinik layanan kesehatan offline atau online.

Untuk mencari informasi tentang vaksinasi tetanus yang ada di kota-kota besar di Indonesia sekarang sudah bisa lewat aplikasi Halodoc. Contoh jika ingin mencari informasi tentang vaksin Jakarta, vaksin Surabaya, vaksin Banjarmasin, atau vaksin Medan tinggal ketik kata kunci tersebut di kolom pencarian pada halaman web atau aplikasi Halodoc. 

Halodoc

Terdapat berbagai pilihan layanan vaksinasi untuk dewasa maupun anak-anak dengan lokasi dan harga yang mudah dijangkau via Halodoc. Layanan chat dengan petugas kesehatan di aplikasi Halodoc juga terbuka jika ingin bertanya lebih jauh seputar vaksinasi tetanus sebelum menikah ini. 

Jadi bagaimana, sudah jelas tentang vaksinasi tetanus sebelum menikah? Calon pengantin harus melakukan ini karena manfaatnya yang penting untuk kesehatan calon ibu dan bayi. []

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Vaksin
https://www.ruangmom.com/imunisasi-sebelum-menikah.html
https://www.halodoc.com/artikel/alasan-suntik-tetanus-pada-pasangan-yang-akan-menikah
https://lifestyle.kompas.com/read/2009/11/02/1403163/wajib.suntik.tt.sebelum.menikah.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

43 komentar

  1. oh gitu to, dulu itu dpt kabar kalo disuntik sblm nikah bisa mandul, sebab itu terkait program KB. hehe, nikahnya gak pake rencana sih, tau2 ada yg lamar dan suruh jwb cpt

    BalasHapus
  2. Entah berapa kali aja aku disuntik anti tetanus gara² jatuh dan luka cukup dalam. Eh itu vaksin juga bukan sih?

    BalasHapus
  3. Wah ternyata vaksin tetanus penting bagi calon pengantin ya terutama perempuan..

    BalasHapus
  4. Di KUA tempat saya menikah dulu mewajibkan vaksin TT sebelum menikah. Tp kayaknya nggak semua daerah gitu, krna teman saya ada yg nggak vaksin TT sebelum nikah. Padahal penting ya buat pencegahan dan kesehatan..

    BalasHapus
  5. Penting bangeett vaksin Tetanus ini.
    Semoga yg mau nikah lancaarrr proses dan admin dll nya ya

    BalasHapus
  6. Aku sebelum nikah disuntik Tetanus dulu, tp setelah nikah ga dilanjut lagi suntiknya

    Aku parnoan sama suntik soalnya 😅

    Makasih mbak sharingnya

    BalasHapus
  7. Jadi ingat dulu 3 hari sebelum menikah saya juga suntik Tetanus. Awalnya ragu takut-takut gitu tapi setelah bertanya sana-sini memang sangat disarankan ya sudah vaksin saja daripada berdisko tertular.

    BalasHapus
  8. aku baru tau kalau vaksin Tetanus itu dianjurkan sebelum menikah. aku hanya dengar-dengar desas desus doang kalau ada penyuntikan vaksin terlebih dahulu, itupun dari tayangan televisi tanpa tau vaksinnya apa...

    BalasHapus
  9. Dulu sebelum nikah, gak tau kalay ada vaksin tetanus begini, ternyata penting ya 👍

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu dengan info begini, soalnya dulu pas mau nikah saya atau pasangan gak diminta buat vaksinasi.

    BalasHapus
  11. Aku dulu mau nikah gak ada imunisasi atau vaksin apa pun. Bawaannya mau cepat ijab kabul aja, hahaha

    BalasHapus
  12. Ternyata ada t tahapan suntik vaksin tetanus ya. Baru tau sekarang ada 5 kali suntik. He. Taunya hanya ada suntik vaksin tetanus hendak menikah paling banyak 3. Terima kasih infonya mbak.

    BalasHapus
  13. wah ternyata vaksin sangat penting untuk calon pengantin perempuan.

    BalasHapus
  14. Waktu sebelum nikah aku inget banget vaksin ini juga mba. Penting banget yaa buat kita sendiri, termasuk ketika hamil. Vaksin tetanus sangat bermanfaat buat kesehatan diri dan anak yang di dalam kandungan katanya.

    BalasHapus
  15. Aku dulu sebelum nikah gak vaksin, hiks. Soalnya yg urus semuanya mertuaku, aku kerja di luar kota, dtg lgsg nikah. Padahal ternyata manfaatnya penting banget ya

    BalasHapus
  16. Super venting yaaa vaksin ini.
    Untuk jadikan geberasi Ind Sehatt dan kuattt

    BalasHapus
  17. Saya baru berkunjung ke blog Mba Rindang lagi, templatenya baru ya :D bener inih vaksin tetanus penting utk sebelum menikah krn pengaruhnha nanti baik untuk kesehatan keduanya maupun calon bayik :)

    BalasHapus
  18. Aku sudah tahu ini sih. Vaksin TT sebelum nikah memang wajib teruma buat kesehatan perempuan itu sendiri. Sayangnya ada yang belum tahu dan menganggap itu suntik KB. Kalau hamil duluan juga gak suntik TT jadinya

    BalasHapus
  19. Ternyata manfaat vaksin tetanus sebelum menikah banyak dan penting banget ya mbak. Dulu saya belum mendapatkan penjelasan sedetil ini, jadi biasa aja. Tidak hanya bermanfaat untuk ibu, bermanfaat untuk calon bayi juga ya.

    BalasHapus
  20. jadi ingat waktu 15 tahun lalu waktu ngurus syarat nikah ke KUA disuruh vaksin
    dikasi secarik kertas
    waktu itu ga paham vaksin apa
    pokoknya ngikut aja demi memenuhi syarat nikah hehe

    BalasHapus
  21. Vaksin Tetanus memang penting banget kalau sebelum menikah. Bahkan kalau di sini malah wajib harus ada surat keterangan sudah vaksin kalau mau ajukan permohonan nikah ke level selanjutnya.

    BalasHapus
  22. Andaikan aku tau saat sebelum Menikah..heuheu~
    Informasi yang bagus sekali...Rindang.
    Haturnuhun.

    BalasHapus
  23. Nice sharing mba.. banyak memang calon pengantin yang ga tahu soal ini.. Sosialiasi dari nakes dan KUA soal ini sepertinya juga minim ya sehingga hanya yang well literated aja yang melakukannya. Semoga makin banyak yang tahu

    BalasHapus
  24. Ternyata sebelum menikah harus suntik tetanus ya, manfaatnya besar sekali baik untuk pria dan wanita. Terima kasih informasinya. Nanti akan diterapkan saat hendak menikah.

    BalasHapus
  25. Waktu saya oernah kontrol ke bidan Puskesmas saat mengandung anak pertama, saya juga diberikan vaksin tetanus. Tapi waktu itu cuma sekali, karena selanjutnya kontrol ke RS.

    BalasHapus
  26. Saya dulu suntik TT ini jg dulu pas sebelum menikah, Mbak... Alhamdulillah lahiran 4x so far gak ada masalah. Mungkin ada pengaruhnya jg kali yaa suntik TT itu

    BalasHapus
  27. Aku malah baru tahu kalau vaksin, selain untuk yang mau haji, ada juga buat orang dewasa. Selama ini kupikir, vaksin cuma buat anak-anak. Terima kasih infonya mbak.

    BalasHapus
  28. Bermanfaat skali mbak artikelnya, terutama bagi sy yg blm nikah. Sy jadi tahu mengapa tmn2 sy yang sdh nikah pernah cerita bahwa dia disuntik TT. ternyata ini toh manfaatnya

    BalasHapus
  29. Iya, sekarang sebelum menikah wajib ya vaksin tetanus ini. Jamanku dulu belum sih. Pdahal bagus ya agar melindungi calon ibu dan janinnya nanti terhadap serangan virus.

    BalasHapus
  30. ooh aku pikir suntik tetanus ini cuma sekali sebelum nikah
    ternyata banyak juga ya
    hmm aku baru tau

    BalasHapus
  31. Saya dulu juga dapat vaksinasi TT. Tapi cuma satu kali aja, ga ada pengulangan.

    BalasHapus
  32. Ternyata vaksin TT untuk dewasa ini sampai 5 tahap ya. Dulu pernah dapat vaksin TT pas hamil anak kedua. Sama vaksin influenza juga. Sekarang cari tempat yang aman untuk vaksin di masa pandemi udah makin gampang karena ada HaloDoc.

    BalasHapus
  33. Saya dulu mau nikah gak suntik dulu. Lha saya trauma sama jarum suntik terus pihak puskesmas bilang gakpapa wis gak suntik. Hehe..

    BalasHapus
  34. Teman-teman aku yg mau menikah juga cerita katanya harus disuntik TT dulu sebelumnya. Untuk kesehatan katanya. Disini infonya lebih lengkap. Makasih mbak

    BalasHapus
  35. Wah jadi ingat dulu sebelum nikah juga sempat divaksin dulu
    Degdegan banget pas disuntik hahahaha
    Tapi seingat aku hanya sekali sih

    BalasHapus
  36. Terus ku coba mengingat. Sebelum nikah dulu, udah sempat vaksin tetanus gak ya? duh malah lupa. hahahah.. udah lumayan lama soalnya.

    BalasHapus
  37. Disini memang kalo nikah syaratnya harus suntik TT dulu kak, jadi yang awalnya takut suntik kayak aq auto takut deh

    BalasHapus
  38. Wah iya, dulu pas mau menikah aku juga vaksin dulu...
    Penting soalnya ya mbak

    BalasHapus
  39. kayaknya perlu nih liat2 vaksin TT terdekat disini dimana...karena penting banget ya untuk kesahatan...

    BalasHapus
  40. Informasi ini sangat bermanfaat sekali. Saya nggak tahu apakah wanita-wanita yang menikah di sekitar saya melakukan vaksinasi tetanus secara lengkap dan tepat waktu atau nggak.

    Tapi, keknya Yuni harus melakukannya secara lengkap dan sesuai waktu yang direkomendasikan deh.

    BalasHapus
  41. Jadi ingat, pernah punya pengalaman waktu penyuluhan di KUA lalu diakhiri dengans esi oemberian aksin tetanus. Tapiiii... aku kan takut sama jarum suntik yaaa. Alhasil minta izin sambil nangis sama petugas KUA supaya nggak di suntik. wkwkw duhh.... kacau deh. Ehh ternyata kata petugas KUA, nggak apa2. Kecuali misal nanti bulan madu kudu ke luar negeri, maka wajib vaksin. Hehehe.

    BalasHapus
  42. Jadi ingat tiga tahun lalu kak, hehehe pas suntik takut-takut berani.
    Allhamdulilalh semuanya dimudahkan.

    BalasHapus
  43. mntp informasinya, lengkap sekali. Mungkin saya boleh nambahin mb, berdasar pengalaman khusus utk vaksin TT pra nikah saat datang ke puskesmas, jangan lupa harus datang berdua (laki-laki dan perempuan) krn kalo datang salah satu saja tidak bisa dilayani. Begitu pengalamanku, he

    BalasHapus

Posting Komentar