Saturday, October 20, 2018

[Review] Wisata Murah Sulawesi

Sebagai bookholic yang suka travelling, membaca buku-buku bertema wisata adalah kegiatan favoritku. Kali ini aku baru saja menyelesaikan sebuah buku berjudul Wisata Murah Sulawesi, sebelumnya aku juga pernah membaca buku sejenis dengan judul Wisata Murah Sumatera.

Sesuai judulnya, buku ini berisi tentang destinasi wisata murah dan bahkan gratis di Pulau Sulawesi. Terbit pada tahun 2010, boleh dikatakan buku ini sudah agak ketinggalan zaman. Dalam kurun waktu 8 tahun, aku yakin ada beberapa tempat wisata (buatan) baru yang bermunculan di Sulawesi. Namun, sebagai referensi wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, atau wisata kuliner buku ini masih sangat oke.

Judul: Wisata Murah Sulawesi
Penulis: David Dwi Marta
Penerbit: Kata Buku
Tahun terbit: 2010


Buku setebal 209 halaman ini memuat banyak destinasi di enam provinsi yang terdapat di Pulau Sulawesi. Dari enam bab tersebut, di-breakdown lagi menjadi beberapa kabupaten yang ada di setiap provinsi. Dan karena kondisi sekarang, aku jadi fokus ke wisata yang terdapat di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Bagaimanakah nasib Pantai Talise, Rumah Tradisional Banua Mbaso, Taman Nasional Lore Lindu, atau Pusentase? Apakah mereka ikut punah setelah bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di sana? Semoga kondisi pariwisata di Palu dan sekitarnya segera pulih sehingga wisatawan kembali berdatangan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sana.

Dalam buku ini, bukan hanya tentang destinasi wisata yang dibahas tapi juga hal-hal lain yang diperlukan oleh wisatawan. Sesuai lokasi, tertulis rekomendasi hotel, restoran, souvenir, travel agent, dan money changer. Namun, sekali lagi data ini mungkin bisa berubah jadi boleh diimbangi dengan penelusuran lewat internet. Selain itu, wisata alternatif berupa event juga ditulis dalam buku ini. Beberapa di antara event yang direkomendasikan yaitu Lomba Perahu Sandeq, Pesta Adat Sayyang Pattudu, Tarian Kabasaran, Tari Mabissu, Upacara Posuo, dan Pogeraha Adara (Aduan Kuda di Kabupaten Muna).

Lalu apakah wisata di Sulawesi menurut buku ini benar-benar murah? Ya, karena sebagian besar rekomendasi destinasi wisata di dalam buku ini merupakan wisata alam yang tarif masuknya sangat murah dan bahkan gratis. Sangat cocok dijajal oleh budget traveller sepertiku. Jadi, kapan kita wisata ke Sulawesi?[]

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik 🙆 Ditunggu kunjungan selanjutnya.

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates