Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Motivasi Ngeblog 2017

29 komentar
Tahun baru, resolusi baru. Sebagian orang pasti punya resolusi untuk tahun baru yang lebih baik. Aku sendiri pun begitu, di awal tahun ini aku punya resolusi agar menjadi pribadi yang lebih produktif. Salah satu caranya adalah dengan konsisten ngeblog.

Aku membuat blog sejak tahun 2008, tapi baru aktif mengisinya sejak tahun 2014. Meskipun begitu hingga akhir tahun 2016 lalu, aktivitas blogging ini tak pernah terlalu kuseriusi. Aku hanya ngeblog ketika sempat dan ketika ingin.

Semoga di tahun yang baru ini, aku dapat konsisten ngeblog. Agar dapat konsisten, aku harus punya motivasi yang kuat. Di momen tahun baru ini, aku juga memperbaharui motivasi ngeblog agar bisa selalu semangat menulis dan menghidupkan satu-satunya blog yang kumiliki ini. Berikut adalah motivasi ngeblogku, yaitu:

Rekam Jejak


Ngeblog bagiku adalah cara paling tepat untuk merekam jejak kehidupan singkat yang kumiliki. Tulisan-tulisan mengenai pemikiranku terhadap sesuatu, kejadian-kejadian berkesan yang kualami, isi buku yang kubaca, serta cerita perjalanan ke suatu tempat adalah tema yang mendominasi postingan blogku. Yeah, aku memang seorang lifestyle blogger.

Melalui tulisan-tulisan tersebut, aku ingin menyimpan kenangan dan melukis sejarah kehidupanku sendiri. Blog adalah autobiografi informal bagiku. Semoga saja meski nanti aku sudah tidak ada, pemikiran dan pengalaman hidupku tetap bisa dibaca oleh generasi setelahku lewat blog ini.
 
credit


Pribadi Produktif


Pada sebuah hidup, karya berutang. Begitu sebuah pepatah mengatakan. Karya dapat berupa apa saja, apa pun yang dibuat oleh tangan manusia dan dapat dinikmati oleh orang lain. Bagiku, karya berupa tulisan adalah hal yang paling mungkin aku hasilkan. Aku berjanji pada diriku sendiri agar bisa menulis lebih baik dan lebih banyak di tahun ini. Blog adalah media publikasi tulisan yang paling mudah. Lewat blog, semoga karya tulisku bisa dibaca banyak orang.

Manusia Bermanfaat


Sebaik-baik manusia adalah ia yang bermanfaat bagi orang lain. Tentu saja aku ingin menjadi sebaik-baik makhluk yang paling mulia di muka bumi ini. Salah satunya dengan menulis di blog. Hampir semua isi tulisan di blog kubuat berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga saja orang yang membacanya dapat mengambil manfaat dari tulisan-tulisanku tersebut.

Postingan yang paling sering mendapat tanggapan pembaca di blog biasanya adalah postingan yang isinya bermanfaat. Di blogku, postingan yang dibaca paling banyak adalah postingan mengenai tempat wisata baru di kotaku. Jumlah page viewnya langsung melesat setelah kupublikasikan, ini berarti ada banyak orang yang mencari informasi mengenai hal tersebut. Semoga dengan membaca postinganku, mereka dapat terbantu ketika ingin berwisata ke tempat yang sama.

Begitulah beberapa motivasi ngeblogku tahun ini. Bagaimana  denganmu, Teman? Semoga semangat blogging kita terus bersinar dengan adanya motivasi-motivasi tersebut. Aamiin.
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

29 komentar

  1. Wah, kalau motivasi ngeblogku semacam jurnal online, Kak, alias lapak buat 'baca' aku orangnya gimana, sih. Jadi kalo ada temen2 yang tanya2 gitu misalnya, tinggal bilang 'ya baca aja blogku ya' wkwkw.

    Bener, tuh. Postingan yang dicari2 emang selalu banyak viewsnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, saya juga Mbak Asma. Blog itu buku tentang kita, jurnal hidup.

      Hapus
    2. Ah, saya juga Mbak Asma. Blog itu buku tentang kita, jurnal hidup.

      Hapus
  2. Saya juga mulai ngeblog dari tahun 2008, tapi ya begitu. Sangat tidak serius. Sesuka hati, isinya senang-senang tidak jelas, tanpa tujuan. Motivasinya hanya gara-gara suka ganti template blog.

    Samaan resolusinya mba, hehe. Lebih aktif ngeblog dengan mengubah niat 'membuahkan hasil yang bisa bermanfaat bagi orang lain'.

    Saya bukan anak raja, maka saya menulis. Tidak pernah tahu kapan tulisan kita bisa membantu orang lain kan, meski hanya informasi yang tidak seberapa.

    Keep writing mba! (untuk saya juga hehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih semangatnya, Mbak Nisa. Semoga kita istiqamah dg niat2 baik kita.

      Hapus
  3. memang susah mempertahankan konsistensi untuk blogging karena kesibukan dan biasanya terlalu malas untuk update konten.
    resolusi blog ane sederhana, kalau bisa dapet hits 10k perhari dan juga sama dengan mbak. mendokumentasikan apa yg saya sudah capai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap resolusinya. Semoga dapat mencapai target 10k perhari, ya.

      Hapus
  4. Semoga selalu konsisten ngeblognya yah.

    BalasHapus
  5. Kalau aku semoga tahun 2017 banyak dapat Job :D

    BalasHapus
  6. Semoga benar-benar menjadi bermanfaat isi postingannya ya ^_^

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih banyak doanya Mbak Rahmah.

      Hapus
  7. Resolusi blog 2017?
    Mmh... Aku ingin lebih banyak nulis yang dicari orang. Berharap juga tulisannya bermanfaat bagi yang membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tercapai ya Mbak Alida. Saya jg mulai belajar lebih banyak menulis apa yang dicari orang.

      Hapus
  8. Menarik mbak resolusi ngeblognya, hehe.
    Saya juga mirip-mirip mungkin, ngeblog gak terlalu serius. Resolusi saya ngeblog cuma pengen lebih aktif aja. Karena baru sadar, kalau nulis itu ibarat terapi sih, ada beberapa hal yang lebih enak diungkapin lewat tulisan, hehe.

    sukses terus mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, saya setuju nih ada beberapa hal yg memang jauh lebih enak diungkapkan lewat tulisan.

      Hapus
  9. Tetap semangat mbak! Selamat menebarkan konten positif ya :)

    BalasHapus
  10. Amiin, semoga tahun 2017 semua harapannya tercapai :)

    BalasHapus
  11. autobiografi ya.. pernah sih waktu interview kerja ditanya hobinya apa, saya jawab "ngeblog", materi interview malah jadi membahas isi blogku. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, interview kerja ya Mas? Keren, Mas pede membahas blog saat wawancara.

      Hapus
  12. hitungannya senior nih dari 2008.
    saya 2008 masih nongkrong di kaskus, belum rutin ngeblog. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senior bikin blog doang. Ilmu msh seuprit. Sering malu sama teman2 yg baru tp jago.

      Hapus
  13. Kalau says di tahun ini malah merosot, udah jarang ngeblog, ngeblog kalo lagi luang aja

    BalasHapus
  14. Kalo dipikir2... tiga hal itu juga yang memotivasi saya dalam ngeblog. Ya motivasi2 intern dari diri sendiri seperti itu cukup ampuh agar saya konsisten ngeblog.

    Semoga Mba Yuliani turut konsisten juga ya ngeblognya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, semoga kita bisa sama2 konsisten ngeblognya, ya.

      Hapus

Posting Komentar