Tutorial Redecorate Ruangan

22 komentar
Seperti yang telah kuceritakan pada postingan Home Decor, aku sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan interior design. Kali ini aku akan menulis tutorial bagaimana me-redecorate ruangan.

Sebagian dari kita pasti pernah merasakan bosan dengan suasana di salah satu ruang di rumah kita. Solusinya adalah redecorate ruangan. Kita bisa mengubah tata letak barang-barang di dalam ruangan agar suasana menjadi lebih segar. Berikut tutorial lengkapnya,

Foto ruangan sebelum diredecorate

Ini adalah tahap yang cukup penting untuk dilakukan. Pastikan kamu sudah mendokumentasikan keadaan ruangan pada saat sebelum didekorasi ulang. Gunanya agar nanti ketika dekorasi selesai, kita bisa membandingkan perubahan yang telah dilakukan pada ruangan tersebut. Before-afterlah. Foto ruangan dari 4 sisi yang berbeda untuk menunjukkan deskripsi ruangan yang akan didekor ulang.

credit

Kosongkan semua barang

Kosongkan semua barang yang ada di dalam ruangan tersebut. Selain agar proses redecorate berjalan maksimal, juga agar kamu bisa membersihakan ruangan secara menyeluruh.

Cat atau hias dinding

Setelah seluruh bagian ruangan dibersihkan, saatnya kamu mengecat ulang dinding ruangan kamu. Boleh mengubah warna atau hanya untuk mempertegas warna. Selain itu kamu juga bisa menambahkan wallpaper atau hiasan berupa stiker print di area yang tepat sesuai konsep yang kamu inginkan.

Atur letak barang-barang

Susun kembali barang-barang dengan letak yang berbeda dengan sebelumnya. Jika diperlukan, kamu bisa mengeliminasi barang-barang yang sudah tidak relevan atau tidak kamu butuhkan di ruangan tersebut. Dan sebaliknya, kamu bisa menambah koleksi barang  baru untuk menyegarkan mata kamu sebagai pemilik ruangan tersebut.

Lengkapi dengan hiasan

Saatnya menghias. Kamu bisa menghias dinding dengan beragam pajangan atau wall decor atau rak-rak berupa storage dengan barang-barang yang kamu beli atau bahkan barang hasil kreasi DIY.

Foto semua sudut

Sebagai langkah terakhir. Foto seluruh ruangan dari 4 sisi yang sama seperti kamu mengambil foto ketika sebelum diredecorate tadi.


Bagaimana, sudah siap untuk meredecorate ruanganmu? Sudah siap untuk merasa lebih bersemangat saat beraktivitas di dalam ruangan tersebut? Saatnya redecorate! Selamat mencoba dan berkreasi ya.
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

There is no other posts in this category.

22 komentar

  1. Redecorate ruangan cukup penting sih, kalo kita sudah bosan dengan desain kamar kita.
    Juga biar ada suasana baru.
    Mantap postingannnya.

    BalasHapus
  2. Setelah punya anak, jadi gak kepikiran re-decorate.
    Mestinya bikin agenda rutin yaa...biar rumah kelihatan "beda"...gak monoton ((berantakan)).


    Nice idea, Rindang.
    Haturnuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terealisasi program redecoratenya ya Mbak Lendy.

      Hapus
  3. Pengen banget nge-redecorate rumah. Tapi kayanya ga tahun ini deh. Blom sanggup harus mindah-mindahin barang biar ruangan kosong. Plus harus nabung dulu. Semoga tahun depan bisa ganti dandanan rumah.

    BalasHapus
  4. Foto semua sudut buat di-upload? hehe..

    BalasHapus
  5. Foto semua sudut, sebelum dan sesudah, utk perbandingan ya Mbk. Thanks tipsnya :)

    BalasHapus
  6. Nah, iya nih, kayaknya udah saatnya redecorate ruangan di rumah. Menghilangkan kebosanan ya...

    BalasHapus
  7. Kelak, jika jadi masuk Indonesia, Zenfone AR bisa bantu redekorasi dengan lebih cepat dan mudah karena virtual :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihh. Ini redecorate canggih ala Maseko. Hehe

      Hapus
  8. Ga pernah melakukan ini Mbak, hihi

    Harus lebih rajin nih karena rumah berantakan, terlalu banyak barang sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting tuh Mbak dipilah2 barangnya spya pikiran jg tdk mumet pas melihatnya.

      Hapus
  9. Aku kalo nata gak sempati foto. Jd kdg lupa beforenya, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka2 saja Mbak, nggak wajib2 bgt kok sesi fotonya.

      Hapus
  10. Kamar saya isinyabpenuh ama lemari buku. Bingung bagaimana mau menyusunnya. Semoga nanti ada kesempatan buat kemas kemas dan ganti penampilan

    BalasHapus
  11. suka liht yang rumah di decore, tapi kalau diajak ngerjakan decor kurang suka hehe

    BalasHapus

Posting Komentar