Mengenal Mia Yunita, Pengurus Favorit Female Blogger of Banjarmasin 2020 #FBBKolaborasi

10 komentar

Assalamualaikum, semuanya. Kali ini aku akan bercerita tentang seorang teman bloger bernama Mbak Mia Yunita. Tulisan ini ditulis dalam rangka FBB Kolaborasi yang diadakan oleh FBB. Aku sendiri kenal dengan Mbak Mia, panggilan beliau, ketika aku masuk di komunitas Female Blogger of Banjarmasin (FBB).



 

Interaksiku pertama kali dengan beliau adalah ketika aku menyetor tulisan untuk dikoreksi sebagai salah satu peserta nulis antologi bareng anggota FBB. Beliau ditunjuk sebagai salah satu self editor sebelum kami mengirimkan naskah ke penerbit.

 

Tentu saja ada alasan mengapa beliau ditunjuk sebagai salah satu self editor buku antologi kami. Beliau memang seorang penulis. Pada awal menikah tahun 2003, selain kerja part time dan mengurus keluarga beliau juga aktif menulis artikel dan cerpen. Pada tahun-tahun tersebut, beberapa karya beliau berupa opini dan cerpen islami pernah nangkring di surat kabar harian lokal. Honornya lumayan, bisik Mbak Mia.

 

Beliau dulu juga bergabung di komunitas menulis Alpenprosa (Aliansi Penulis Pro Syariah), sekarang komunitasnya sudah bubar. Mbak Mia juga sudah menelurkan beberapa buku antologi (terakhir adalah buku antologi bersama FBB itu) dan sama sekali tidak keberatan jika diajak menulis buku antologi lagi.

 

Aktivitas Mbak Mia sekarang selain menjadi ibu rumah tangga adalah menulis artikel, tapi akhir-akhir ini juga sering diminta menjadi editor artikel. Sesekali nyambi kerjaan di Instagram, lumayan buat nambah uang jajan kata beliau. Jangan lupa follow akun Instagram Mbak Mia @umm_vc ya. Beliau memang aktif di Instagram, hal ini untuk menjaga nilai engagement rate (ER) akun IG agar tidak kecil.

 

Secara personal beliau ramah sekali, baik saat bertemu langsung atau dihubungi via chat. Karena kami tidak berdomisili di kota yang sama, aku di Barabai dan beliau di Banjarmasin, jadi tidak sering bertemu. Mungkin hanya sekitar 3 kali aku pernah bertemu beliau. Dua kali acara ultah FBB dan satu kali event bloger.

 

Karena keramahan beliau tersebut tidak heran di tahun 2020 ini beliau mendapat predikat sebagai Pengurus Favorit FBB. Di kepengurusan FBB 2019-2020 sendiri beliau bertugas sebagai HR (human resource) yang banyak berinteraksi dengan anggota komunitas. Ada banyak hal yang diurus Mbak Mia, termasuk program FBB Kolaborasi yang diadakan setiap bulan.

 

Blog beliau yang beralamat di ummvc.com menyambutku ramah saat blogwalking ke sana. Sentuhan latar belakang warna putih sebagai latar utama membuat tampilan blog enak dilihat. Tampilan blog Mbak Mia cukup simpel, tidak banyak fitur yang membuat mata silau. Untuk tampilan versi handphone juga oke, cukup responsif.

 

Sejak dulu aku kepo dengan nama blog Mbak Mia yang cukup unik ini. Ternyata arti dari ummvc adalah Ummi Vici, Vici adalah nama anak beliau. Nama blog beliau juga tak kalah unik yaitu Burinik Unda. Dalam bahasa Banjar, secara harfiah burinik artinya riak di permukaan air. Namun, secara filosofis burinik dapat bermakna ‘segala perkataan yang diucapkan oleh seseorang’. Unda sendiri artinya aku atau saya.



 

Isi tema blog Mia beragam, mulai dari opini, kuliner, travelling, parenting, bahkan hingga kucing. Iya, Mbak Mia senang sekali dengan kucing. Bahkan di salah satu postingan beliau pernah membahas tentang streetfeeding untuk kucing. Duh, kerennya. Sayangnya pada About Me blog Mbak Mia hanya tertulis ‘butir debu di dunia fana’. Jadi tidak bisa kenal lebih dekat dengan Mbak Mia jika hanya membuka blog beliau.

 

Mbak Mia lebih memilih Blogspot sebagai platform dalam ngeblog. Alasannya karena Blogspot itu simpel dan otomatis tersambung dengan akun Google. Toss, Mbak! *anakblogspot. Awal mula Mbak Mia bikin blog itu sekitar tahun 2000-an. Sama sepertiku dululah, menjadikan blog sebagai diary online. Tapi oleh Mbak Mia, blog dulu juga digunakan sebagai lapak dagangan.

 

Sempat hiatus sebentar, Mbak Mia lalu bikin blog lagi pada tahun 2014. Saat itu masih menggunakan embel-embel blogspotdotcom. Ketika masuk FBB tahun 2018, Mbak Mia memberanikan diri untuk membeli domain sendiri. Masuk komunitas memang bikin jadi lebih semangat dan niat aktif ngebolog jadi terealisasi.

 

Ketika kutanya gimana manajemen waktu menulis blog, beliau jawab pengennya sih punya waktu khusus untuk menulis. Tapi ternyata nggak semudah itu dengan karir ibu rumah tangga yang banyak banget job desknya ini. Kesibukan aktivitas biasanya Mbak Mia (dan hampir semua orang di dunia ini) capek dan stuck mikir. Biasanya Mbak Mia mikirin ide saat akhir pekan, nulis di hari Senin, kemudian publish pada Selasa. Keren juga nih jadwalnya.

 

Diakui Mbak Mia, tetek bengek masalah teknis perblogan tidak begitu ia kuasai. Masalah DA/PA dan kawan-kawannya dipelajari sambil jalan aja, bukan yang sengaja nguprek-nguprek gitu. Biasanya Mbak Mia belajar dari Mbah Google atau tanya rekan sesama narablog. Selain FBB, Mbak Mia juga bergabung dengan komunitas bloger lain seperti Kumpulan Emak Blogger dan Blogger Perempuan Network.

 

Dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman dalam kegiatan Mbak Mia ngeblog cukup positif. Hal ini tentu menyenangkan bagi Mbak Mia. Mbak Mia sendiri berharap semoga dengan ngeblog, aktivitas menulis beliau tidak pernah surut, bisa terus berbagi info, menjalin ukhuwah dengan para bloger lain, dan tentu saja bisa menghasilkan secara materi.

 

Wah semoga sukses untuk blognya Mbak Mia. Terima kasih sudah bersedia kuulas di sini. Ada banyak hal menarik yang baru kuketahui dari seorang Mbak Mia dan perjalanan ngeblognya. Demikian tulisan FBB Kolaborasiku kali ini. Keep writing! []

Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

10 komentar

  1. Wah, baru tahu saya kalau Mbak Mia ternyata seorang penulis, sudah tembus ke media cetak lagi, keren *sungkem*.

    BalasHapus
  2. Wah tenryata Mbak Mia suka nulis artikel di media harian dan online gitu ya kereen. Jadi editor juga Beliau. Dan baru tahu soal kepanjangan nama blog ummvc hihi

    BalasHapus
  3. Berasa lebih kenal dekat sm Mba Mia nh. Aku juga penasaran apa arti dr nama blog Mba Mia, akhirnya terjawab sudah.

    BalasHapus
  4. waaah bener banget kata kak mia
    ngeblog itu tidak hanya sebagai sarana menulis tapi juga silahturrahmi
    menurut psikologi pun menulis bisa sebagai sarana melepas stress dan pengingat yang baik

    BalasHapus
  5. Hihi, pasti ada kucingnya niiih. Ya begitulah, kalo ketemu kucing di jalan pun suka kusapa. Entah kenapa.

    BalasHapus
  6. Luar biasa mba mia... Setuju banger sama kak rindang.. mba mia emang ramah banget.. semoga nanti bisa ketemu langsung sama mba mia dan mba rindang juga....

    BalasHapus
  7. Soooo happy bisa kenal mbak mia, pernah bikin antologi buku bareng dan pantes banget mbak mia kepilih jadi pengurus favorit fbb.. mbak mia kapan main ke rumah lagi hihihi

    BalasHapus
  8. Waaa ingat banget ketemu Mba Mia pas beliau nganter baju buat donasi. Lucu sih kalau liat nama blog mba Mia ini Burinik unda. Unik banget beliau pakai bahasa daerah. Hahahha

    BalasHapus
  9. Ihiy keren bangeet mbak mia ini, pengurus fav juga 😍 apalgi salah satu karyanya udah tembus media cetak. Salut deh

    BalasHapus
  10. Kgaum banget akutu sama Mbak Mia yang gak lupa sharelink, pantesan jadi pengurus favorit hehe
    Aku sama kaya mbak mia, gak paham perblogan jadi belajar sambil jalan aja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar