Kenapa Calon Pengantin Harus Menggunakan Gift Registry?

44 komentar
Halo calon pengantin, apakah tanggal resepsimu sudah dekat? Sudah satu minggu lagi? Satu bulan lagi? Masih satu tahun lagi? Atau bahkan kamu belum merencanakan tanggal pernikahan sama sekali, karena jodohnya belum ada? Jangan sedih dulu, karena semua jomblo berhak menyandang gelar sebagai calon pengantin. Siapa juga yang enggak pengen nikah, ya kan?

Setelah menulis tentang tips menyiapkan 14 hal sebelum hari pernikahan, aku merasa masih ada yang kurang. Ternyata masih ada satu tips belum kumasukkan di sana. Meskipun terdengar sepele, tapi menurutku ini penting untuk dilakukan oleh calon pengantin yaitu membuat gift registry. Hei, yang benar saja Rindang! Kado mah urusan para tamu. Benar sih, tapi kan kalau kita sudah punya wishlist para calon tamu juga akan terbantu.

Terbantu gimana, bukannya malah jadi nggak surprise? Sering lho aku mengalami kebingungan mau bawa kado apa saat teman mengadakan resepsi pernikahan. Bawa ini, takut dia sudah punya. Bawa itu, takut dia enggak butuh. Bawa ini-itu, takut sama dengan yang lain sehingga mubazir. Nah, kalau calon pengantin menggunakan gift registry kan enak. Aku tinggal beliin dia barang yang sedang dia inginkan dan tentunya berguna.

Namanya kado, dikasih orang dalam bentuk barang apa pun sebenarnya senang terus. Apalagi kalau ternyata kado yang diterima adalah barang impian, senengnya double pasti. Jauh lebih senang daripada dapat barang yang tak disangka-sangka, tapi ternyata tidak banyak berguna buat pribadi. Jadi, pilih surprise atau manfaat barangnya? Kalau aku sih, pilih yang kedua.

Waktu resepsi pernikahanku, kado yang datang bejibun dan beberapa isinya ada yang sama. Bukan nggak ngehargain yang ngasih, tapi kalau banyak barang yang sama juga buat apa. Kalau baju atau kerudung masih oke, tapi kalau barang sejenis kompor atau magic jar? Toh yang kugunakan sehari-hari cuma satu. Sayang kan?

Terus, gimana dong bikin gift registrynya supaya tepat sasaran? Nah, baru-baru ini aku ketemu web yang ciamik banget, yaitu wishlistku.co.id. Di sana para calon pengantin bisa membuat daftar kado impian dan bisa membagikannya lewat media sosial, jangan lupa tandai akun keluarga dan teman-teman yang telah diundang ke acara. Dijamin, kado impianmu bakal tiba di hari bahagia dan menghindarkan para tamu undangan untuk membeli barang yang tidak/belum dibutuhkan.


Sistem di web ini juga sudah diatur sedemikian rupa untuk memanjakan penggunanya. Para calon pengantin cukup membuat akun, membuat daftar barang keinginan dari toko manapun di seluruh Indonesia dengan spesifikasi setepat-tepatnya beserta kisaran harga, lalu para teman dan keluarga dapat melihat dan menandai kado apa yang ingin mereka hadiahkan kepada mempelai.

Tak perlu khawatir kalau barang yang akan dihadiahkan beberapa orang akan sama, karena barang yang akan diberi harus ditandai oleh si pemberi kado. Jangan takut juga jika harga barang incaran terlalu tinggi, toh di Wishlistku ada sistem patungan antar sesama pengguna (group gift) sehingga barang impian tetap dapat terwujud tanpa memberatkan si pemberi kado.

So, kenapa calon pengantin perlu menggunakan gift registry? Seenggaknya ada 5 jawaban yang bisa kurangkum buat menjawab rasa pertanyaan kalian.
1. Tepat sasaran
2. Bisa menulis spesifikasi barang lengkap dan tepat sesuai keinginan dan kebutuhan
3. Membantu keluarga dan teman sehingga tidak bingung memutuskan mau membeli kado apa
4. Menghindari kemubaziran karena kemungkinan mendapatkan barang yang sama jauh lebih kecil daripada tidak pakai gift registry
5. Dapat mengorganisasi barang keinginan pribadi dengan rapi


Keren banget kan gift registry di Wishlistku? Tidak hanya untuk para calon pengantin saja lho ya, buat yang mau ngadain acara ulang tahun, syukuran akikah anak, atau pun sekadar wishlist buat diri sendiri juga bisa. Sebebas-bebasnya, template akunmu juga bisa dicustome sedemikian rupa. Yuk, buat daftar keinginanmu dan dapatkan barang-barang impianmu lewat Wishlistku!
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

44 komentar

  1. eh ini kayaknya perlu deh emang. soalnya aku juga sering liat temen yang nikah trus kadonya seabrek, tapi kebanyakan kadonya sama. kalau dibuat list gini jadi lebih tepat sasaran.

    BalasHapus
  2. wah sayang aku dh selesai ngurus ini. Kalau dulu baca ini sebelum nikah bisa nich tamuku dikasi wishlistku jadi enak semua sesuai keinginan hahah

    BalasHapus
  3. sebenernya masih kurang paham sih. Jadi gift registry ini untuk memberikan kepada calon pengantin atau yang lainnya dengan barang yang belum dikasih atau dipunya? Atau kita yang merancangnya sendiri rencana ingin ngasih apa kepara tamu yang ngasih kita sesuatu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsepnya kita bikin whistlist, supaya tamu yang akan ngasih kado gak bingung mau ngasih apa, Mbak.

      Hapus
  4. Wow, keren banget aplikasinya mbak, aaah coba waktu aki nikah dulu ada aplikasi beginian ya, jadinya wishlist ki oingin dihadiahin tiket ke Maldives bakal tercapai nih. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah lewat, ya nabung sendiri Mbak. Hehe

      Hapus
  5. Wah telat nihhhh, pernikahanku baru aja lewaattt huhu. Jadi kalau pakai ini nggak akan ada yaa kado2 barang yg g penting, yg bingung mau diapain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa buat acara akikahan anak, Mbak. Hihi

      Hapus
  6. Wishlistku sangat membantu ya untuk memberikan hadiah yang sesuai dengan keinginan penerima. Kadang dapat hadiah yang barangnya sudah banyak dimiliki, ya agak gimana ya. Jadinya malah tak terpakai, kalau dapat yang sesuai keinginan rasanya bahagianya double.

    BalasHapus
  7. Bener juga sih perlu gift registry untuk pernikahan tapi kalau diterapkan sepertinya kurang pas karena pasti banyak yang belum terbiasa... tapi kalau misalnya digunakan untuk ultah teman sih gpp.. seru malahan

    BalasHapus
  8. Saya baru tau gift registry tuh kado ultah atau sejenisnya. Waktu ada info tentang ini saya bingung ini bahas, apaan. Makasih saya baca sampe akhir lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir dan baca postingan ini.

      Hapus
  9. Hahaha boleh juga nih inovasinya. Jadi bisa buat wishlist hihi.. ku infokan ke yang lain ah. Kalau saya sih, bisa diinjek2 bini kalau niat buat diri sendiri kedepan #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Wihslist buat ulang tahun juga bisa kok, Mas.

      Hapus
  10. Ini kalau tinggalnya di kota atau pegawai masih bisa dipakailah. Tapi pas di desa, Gift Registry kurang cocok. Udah dikasih aja alhamdulillah. Gak reques ini itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini mungkin lebih cocok untuk masyarakat pekerj perkotaan

      Hapus

  11. bener jugaa.. kadang suka bingung mau kasih kado ke pengantin. takutnya barang yg kita kasih malah jadi mubazir karena sang pengantin sudah punya. aku juga sering mengalami kegalauan seperti itu saat ingin memberi kado pernikahan kepada teman yang menikah. keren banget nih wishlistku. lebih memudahkan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dilist Mbak keinginannya buat kado nikahan nanti

      Hapus
  12. Di sini, masyarakat kita belum familiar dengan gift registry ya mbak...beda dengan orang luar.


    Sering lihat kaya gini di film film

    BalasHapus
  13. Gift regitry ini cocok untuk event juga ga sih, buat gudie bag gitu selain sebagai cenderamata? Harganya bersahabat juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk event sepertinya belum bisa Mak Yul, karena konsepnya ngelist daftar hadiah yang diinginkan. Harganya sesuai barang yg diinginkan 😊

      Hapus
  14. Hahahaha. Mantaplah whishlist-ku. Akupun mau segera menikah. Setelah membaca artikel ini, keinginanku berlipat2. 😆😆

    BalasHapus
  15. Semua jadi lebih mudah ya...pesen apapu

    BalasHapus
  16. Semua serba praktis ya...tinggal buat daftar pesen deh. Bukann hanya kebutuhan kita, pesan give registry juga bisa lebih mudah.

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu nih ttg web ini
    Tapi mmg bener jg tuh bisa membantu tamu dekat yg mau kasi kado
    Jd kadonya ga mubazir Krn tak dipakai atau malah ga tepat sasaran Krn akhirnya terpaksa dikasi ke sodara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Kalau pakai ini jadi efisien juga pembelian bahannya.

      Hapus
    2. Bener, Mbak. Kalau pakai ini jadi efisien juga pembelian bahannya.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. Wuah ya
    Dulu pas buoan september, aku mau ngasih kado whistlist ini buat sahabatku
    Eh lah kok kitNya ada masalah
    Tapi terus yaaa karrna kita jauh, maka kita cuek. Gak jadi deh ngasih kado spesial nya
    Yaweslah

    😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, yang penting udah niay dan usaha mau ngasih kak.

      Hapus
  19. Eh seru banget bisa patungan gitu mau ngasih hadiah ke orang? Enak nih kayanya kalau arisan mau ngasih kado gitu. Cobain ah.

    BalasHapus
  20. ciye bagus nih endorse nya kakak

    BalasHapus
  21. Wah iya, sepakat tuh. Kadang suka bingung mau kasih kado apaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada daftar keinginan kayak gini gak bingung lagi ya jadinya.

      Hapus

Posting Komentar