Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Rencana Memaksimalkan Monetisasi Blog

Posting Komentar

Aku sudah mulai ngeblog sejak tahun 2008. Mulai membuat blog, tepatnya. Namun mulai rajin menulis postingan lagi itu tahun 2014. Baru mulai pakai domain pada tahun 2017. Perjalanan yang panjang.

Aku berharap perjalanan ini tidak akan pernah berhenti. Seperti yang kuceritakan pada postingan tujuan ngeblog, ngeblog bagiku adalah sebuah proses yang terus menerus berjalan selama aku hidup.


rencana memaksimalkan monetisasi blog


Kali ini aku akan membagikan rencana untuk berkarir lebih serius di dunia blog, lebih tepatnya menghasilkan uang dari blog yang dimonetisasi.


Kondisi Bloggingku Saat Ini

Secara umum, aktivitas ngeblogku saat ini cukup santuy. Bukan tipe yang mengejar pendapatan lewat blog. Awal tahun kemarin, aku menargetkan untuk membuat dua postingan blog dalam satu minggu, tayang setiap hari Senin dan Kamis. Berjalan untuk dua bulan pertama.


Di bulan Maret, aku mengikuti challenge blog yang mengharuskanku untuk posting dua hari sekali. Cukup padat dan menguras energiku. Di bulan April ini aku malah kembali mengikuti challenge blog untuk posting satu hari sekali. Tambah ketatlah waktuku.


Untuk bulan-bulan selanjutnya aku berencana untuk mengubah target. Jumlah postingan dalam seminggu kembali menjadi dua, tetapi aku akan meningkatkan beberapa hal agar blog ini bisa maksimal dimonetisasi. Sehingga label santuy tidak lagi sepenuhnya disandang oleh blog ini.


Aku sudah merasa cukup untuk menabung konten pada blog ini, ibarat toko stok produk di blogku sudah cukup. Saatnya membuka toko untuk mendatangkan pemasukan.


Sekitar satu atau dua tahun yang lalu sebenarnya aku pernah mengalami masa sedang banyak-banyaknya job untuk blog. Semakin ke sini semakin berkurang. Beberapa penyebabnya yaitu:


1. Tawaran Job Berkurang

Tawaran job berkurang seiring nilai DA blogku yang merosot akibat kesalahan struktur blog pada template. Tentu saja ini adalah menjadi PR utama yang akan kuperbaiki setelah proyek one day one post ini selesai.


2. Seleksi Job

Aku mulai memilih job yang ditawarkan. Sudahlah tawarannya berkurang, aku pun memilah job agar tema yang ditulis klik denganku serta nilai feenya yang sesuai dengan standarku. Dulu kadang aku mau-mau saja menulis dengan tema di luar minat, sehingga aku harus berkerja keras di riset. Fee di bawah standar rata-rata juga kadang masih kuterima. Mungkin dulu karena lebih punya banyak waktu. Sekarang di waktu ngeblog yang sempit aku hanya akan mengambil yang worth it. Proses pemilahan ini akan membuatku bersemangat lahir batin. Karena aku tahu rasanya nggak enak tertekan menulis hal yang di luar minat dan mungkin juga sekaligus kompensasinya tidak sesuai dengan effort yang dikeluarkan.


3. Belum Serius Monetisasi

Aku belum serius memonetisasi blogku. Ya itu tadi, masih asal posting. Belum punya rencana yang rapi baik dari segi konten atau pun bagaimana cara memaksimalkan peluang untuk mendapatkan pemasukan. Poin ketiga inilah yang akan kuulas habis pada postingan ini.


Harapanku dengan merencanakan hal ini, aku bisa lebih menikmati perjalananku sebagai bloger sekaligus menghasilkan. Menyenangkan bukan dibayar untuk melakukan sesuatu yang kita suka? Aku bukan tipe yang suka bekerja di bawah tekanan, otak kreatifku akan sulit berjalan jika merasa terpaksa.


Mengapa Aku Ingin Monetisasi Blog?

Selalu ada alasan di balik sebuah rencana. Begitu pula rencana monetisasi blog yang akan kujalankan ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa aku ingin memaksimalkan monetisasi blog yang kumiliki.


1. Tambahan Pemasukan

Sejauh ini, gaji dari pekerjaan utama dan Mas Suami cukup untuk menghidupiku. Namun aku punya beberapa impian yang cara pemenuhannya membutuhkan tidak sedikit dana. Tentu saja aku harus mencari tambahan pemasukan untuk mewujudkannya. Karena aku suka ngeblog dan peluangnya juga ada, mengapa tidak kugeber saja monetisasi blog secara maksimal? Sebelum ini blogku emmang sudah menghasilkan, tapi belum maksimal. Masih asal jalan dan semau gue. 


2. Sebagai Proyek Kreatif

Di postingan Cara Hidup Sehat dan Awet Muda, aku menyebutkan bahwa salah satu caranya adalah dengan terus membangun proyek agar hidup kita lebih bersemangat. Setelah selesai satu project, project lainnya sudah menunggu.


Di kantor, pekerjaanku terlalu formal. Aku butuh proyek kreatif untuk menyalurkan sisi lain diriku. Memaksimalkan monetisasi blog adalah salah satu proyek yang dapat memuaskan dahagaku. Aku bisa belajar hal-hal baru dan melakukan hal-hal menantang serta berpotensi menghasilkan.  


3. Sebagai Miniatur Perusahaan

Aku punya mimpi ingin mempunyai bisnis. Dengan memaksimalkan monetisasi blog aku berharap mendapatkan gambaran bagaimana mengelola sebuah perusahaan. Meskipun dalam level yang sangat mini, tapi setidaknya blog dapat menjadi kantor milikku di dunia maya yang dapat mendatangkan penghasilan. Aku bisa belajar mengelola modal, waktu, kebijakan, keputusan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia corporate dari upaya monetisasi blog.


Langkah-langkah Memaksimalkan Monetisasi Blog

Sebelum mencapai sesuatu tentunya kita harus berusaha terlebih dahulu agar layak untuk mendapatkannya. Dengan kondisiku dan blogku sekarang, mana mungkin monetisasi blog yang maksimal dapat tercapai. Aku harus secara bertahap untuk mengusahakannya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kulakukan untuk memaksimalkan monetisasi blog.


1. Memperbaiki Blog

Di postingan Tip Blogging dan Usaha Meningkatkan Kualitas Blog, aku sudah membuat daftar hal apa saja yang harus kuperbaiki agar kualitas blogku oke secara teknik dan isi. Ini pasti bakal butuh waktu, aku akan mencicilnya pelan-pelan.


2. Membuat Plan

Plan ini meliputi kegiatan-kegiatan apa saja yang berpotensi mendatangkan penghasilan di blog, bikin rate card, rencana waktu posting artikel dan waktu promosi, daftar tema yang akan diulas, dan lain-lain.


3. Menyiapkan Produk Monetisasi

Produk-produk monetisasi ini akan lebih detail kubahas di bagian selanjutnya. Menyiapkannya berarti meliputi pembuatan, pengisian, dan pematangan konsep. Setiap produk akan punya proses kreatif yang berbeda-beda. 


4. Berpromosi

Promosi dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk monetisasi blog dan turunannya. Harapannya dengan dilakukan promosi ini akan mendatangkan klien dan pembeli.


5. Konsisten 

Konsisten di sini meliputi seluruh proses, terutama dalam mengupload konten di blog dan media pendukung lainnya. Bahkan jika sudah mulai mendapatkan pemasukan, proses ini tidak akan berhenti.


Produk Monetisasi Blog

Setiap bloger punya produk monetisasinya masing-masing, menurutku itu tergantung minat dan bakat. Ada yang pemasukan blognya dari AdSense Google, iklan dari pihak lain, marketplace job, content placement, afiliasi, dan lain-lain.


Aku memilih untuk memonetisasi blogku dengan produk-produk berikut karena aku menyukainya dan lebih sesuai dengan kondisiku. Blog akan menjadi sumber utama, didukung oleh media-media lain yang akan berpusat pada konten blog.


1. Sponsored Post

Postingan berbayar sudah kerap mewarnai isi blogku. Bahkan di beberapa tahun yang lalu, isi blogku sudah semacam etalase online. Tulisan berbayar seperti ini akan tetap kuterima asal memenuhi dua syarat yang sudah kusinggung di atas sebelumnya.


2. E-book

Ada beberapa ide e-book yang terlintas di benakku. Aku akan menulis serta menyusunnya menjadi e-book yang bisa dibeli lewat blog atau media pendukung lainnya. Isi e-book tentu tidak akan sama persis dengan blog, aku akan menambahkan banyak detail khusus untuk para pembaca yang membeli e-book.


3. Course

Beberapa teman online mendesakku untuk bikin course. Sampai sekarang aku belum pede untuk menyelenggarakan. Oleh karena itu aku perlu mempersiapkannya dengan matang sebelum melemparnya ke publik. Tema course-ku tentu saja tidak akan jauh-jauh dari blog atau menulis.


4. Instagram

Akun Instagram milikku akan kubuat sebagai platform yang mendukung blog. Sebagian besar kontennya akan berasal dari postingan blog. Cara menghasilkan di Instagram adalah aku akan menerima sponsored post sesuai value-value yang selama ini kuangkat.


5. Podcast

Sudah lama sekali aku ingin main podcast tapi belum kesampaian. Aku akan mengisi podcast dengan postingan-postingan blog dan menerima tawaran monetisasi yang memungkinkan di sana. Sekaligus untuk menyebarkan link blog juga.


6. Youtube

Sama seperti podcast aku akan mengisi Youtube dengan isi postingan di blog dalam versi video. Aku ingin mengaktifkan AdSensenya agar bisa mendapatkan pemasukan setiap bulannya.


Demikian rencana memaksimalkan monetisasi blog ala aku. Doakan lancar ya teman-teman. Tahapan-tahapan di atas terlihat sedikit namun dalam pelaksanaannya membutuhakn banyak waktu dan usaha. Aku harus konsisten dan sabar. Semangat berjuang dari blog santuy menuju blog monetisasi.


Apakah teman-teman juga punya cerita atau rencana mengenai blog santuy versus blog menoetisasi? Kalau ada yuk kita sharing bersama. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar