Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Posting Komentar

Semua orang pasti ingin hidup sehat dan awet muda. Apalagi di masa pandemi yang rentan membuat orang-orang tertekan seperti sekarang ini. Sehat dan awet muda itu berhubungan erat, keduanya dipengaruhi oleh aspek fisik dan mental. Ketika kita bisa menjaga dan menyeimbangkan, maka keduanya akan muncul bersamaan. 



Berikut adalah cara hidup sehat dan awet muda ala aku.


1. Dekat dengan Sang Pencipta

Karena kita adalah makhluk ciptaan Tuhan, maka sudah seharusnyalah kita dekat dengan-Nya. Salah satu caranya adalah dengan rajin beribadah. Kerjakan yang wajib, usahakan yang sunah. 


Jika kamu muslim, jagalah wudu karena wudu menjaga kita dari hal-hal najis sehingga kita senantiasa berada dalam keadaan suci dan tenang. Selain itu puasa rutin juga baik dilakukan dalam rangka ibadah dan menyehatkan tubuh. Sudah banyak bukti bahwa puasa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. 


Secara psikis, sandarkan semua urusan kita kepada-Nya. Tak ada kuasa yang lebih besar daripada Dia. Pemahaman ini dapat membuat hidup kita lebih tenang sehingga terpancar keluar dalam bentuk sehat jiwa raga serta awet muda. 


2. Sehat Mental

Sehat mental itu penting. Kita memiliki unsur lain selain fisik yaitu jiwa yang juga harus dirawat. Bagaimana kita merawat fisik, begitulah kita juga harus merawat jiwa. Jiwa harus diberi makan dengan input-input positif, sebaliknya harus dihindarkan dari zat-zat negatif. Jiwa juga harus dilatih agar bisa selalu mindfull, positive thinking, dan merasa bahagia. Dengan mental yang sehat, kita jadi lebih mudah bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Secara fisik, wajah kita jadi lebih mudah tersenyum dan itu tentu saja akan membuat kita lebih sehat dan awet muda.


3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat terdiri atas:

a. Pola Makan Sehat

Mulailah konsumsi makanan-makanan yang sehat, kurangi makanan-makanan yang berbahaya bagi tubuh. Makanan sehat contohnya sayur dan buah-buahan. Makanan yang kurang sehat itu seperti makanan serba digoreng dan junk food. Minumlah air putih dengan cukup. Kita adalah apa yang kita makan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka tubuh kita juga akan lebih sehat.


b. Konsumsi Suplemen

Semakin bertambah usia seseorang, maka akan semakin membutuhkan tambahan nutrisi selain dari makanan. Suplemen dibutuhkan oleh tubuh untuk menutup lubang nutrisi yang tidak bisa dipenuhi oleh makanan.


c. Rutin Olahraga

Olahraga adalah keharusan bagi tubuh karena secara alamiah tubuh didesain untuk bergerak. Sedang aktivitas kita pada masa sekarang lebih banyak duduk di depan meja sehingga kurang bergerak dan jika bergerak juga variasinya terbatas, oleh karena itu workout dibuthkan. Pilih jenis olahraga sesuai yang kamu sukai, bisa yoga, jalan kaki, lari pagi, gym, berenang, atau apapun itu, yang penting bergerak.


d. Tidur Cukup

Secara umum, manusia membutuhkan waktu tidur 7 sampai 8 jam dalam sehari. Masing-masing orang punya kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Kenali kebutuhan tidur tubuhmu dengan cara membiarkan ia secara alami akan bangun setelah tidur berapa jam. Jika sudah menemukan polanya, maka terapkanlah.


e. Tidak Begadang dan Bangun Subuh

Selain jumlah jam tidur, waktu tidur yang tepat juga menjadi hal penting yang harus diterapkan dalam pola hidup sehat. Secara alami, tubuh harus beraktivitas sejak subuh dan beristirahat saat mulai malam. Jika menentang sifat alamiah tubuh ini maka akan mudah terkena penyakit misal masuk angin atau badan mudah pegal.


4. Merawat Diri

Merawat diri secara fisik adalah hal yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Misal tubuh secara periodik harus dipijat atau wajah harus diberi skincare agar selalu lembap. Efek positif dari perawatan ini tidak instan sehingga cenderung tidak kelihatan. 


Jika ingin terlihat maka bandingkan antara orang yang merawat diri dengan orang yang merawat diri dengan usia, aktivitas, dan lokasi yang sama. Tentu berbeda. Selisih antara perbedaan tersebutlah progres orang yang merawat diri. Yang satu mulai berkerut, yang satu masih kencang. Yang satu sudah ada flek hitam, yang satu masih mulus. 


Semakin cepat memulai perawatan maka akan semakin baik. Waktu tidak pernah kembali. 


5. Rutin Medhical Check Up

Jika merawat diri bisa kita lakukan sendiri, makan check up rutin adalah cara kita memeriksa kondisi tubuh ke pihak eksternal. Seperti kendaraan yang harus diservis secara berkala, medhical chek up adalah cara mencek kondisi tubuh kita. 


Jika ditemukan ada yang tidak beres maka akan lebih mudah ditangani. Dibanding jika baru disadari saat kerusakannya sudah parah, perbaikannya tentu lebih sulit, membutuhkan waktu lama, biaya yang besar, bahkan mungkin berisiko tidak akan kembali seperti semula.


Ada banyak orang yang malas merawat kendaraannya dengan alasan biaya mahal atau berpikir toh kendaraannya tidak kenapa-napa. Padahal gejala kerusakannya saja yang belum terlihat. 


Saat yang tepat untuk memperbaiki kerusakan adalah saat gejalanya belum parah. Begitu juga tubuh. Jika sudah sakit, biaya perawatan jauh lebih murah daripada biaya pengobatan. Oleh karena itu benarlah kata pepatah, merawat lebih baik daripada mengobati.


6. Bangun Proyek Secara Kontinu

Agar selalu bersemangat, sehat, dan awet muda dalam hidup ini kita harus menantang diri untuk melakukan hal yang disukai agar mendapatkan suatu hasil. Bukan hasil tujuan utamanya tapi progres untuk selalu bergerak secara positif itulah yang harus selalu ada sehingga setiap hari kita bersemangat untuk melakukan proyek tersebut. 


Tidak harus proyek besar. Misal proyek mendapatkan berat badan ideal, proyek membaca 5 buku dalam sebulan, proyek membuat taman mini, dan lain sebagainya. Jika sudah berhasil dengan satu kegiatan, maka canangkan kegiatan selanjutnya. Di salah satu surat dalam Alquran juga disebutkan, bahwa setelah selesai mengerjakan suatu urusan maka kerjakanlah urusan yang lainnya. Karena hidup itu pada dasarnya adalah bergerak.


7. Jauhi Hal-hal Merusak

Baik secara fisik maupun psikis hal-hal destruktif harus kita jauhi agar kita bisa hidup sehat dan awet muda. Secara fisik hal-hal merusak ini contohnya adalah rokok, obat-obatan terlarang, alkohol, dan hal-hal lain yang sengaja dimasukkan ke dalam tubuh kita padahal secara kesehatan tidak ada manfaatnya. Kesenangannya hanya sementara, derita selamanya.


Secara psikis hal yang merusak adalah gosip, iri dengki, sinis, dan sifat-sifat negatif lainnya. Hindari lingkungan dengan orang-orang toksik karena kita bisa keracunan jika terus bersama mereka. Bergaulah dengan orang-orang baik agar kita bisa merasakan hidup nyaman tanpa drama.


8. Jangan Pandang Masalah sebagai Musuh

Jika kita selalu merasa masalah adalah musuh maka kita akan stres sendiri. Karena hidup memang sudah fitrahnya punya masalah. Hanya orang yang sudah mati yang tidak punya masalah. Masalah ada untuk diselesaikan bukan untuk dimusuhi. Jika kelar satu masalah maka secara alami pasti akan datang masalah lainnya. Begitulah secara terus menerus dalam kehidupan. Hadapilah dengan sabar. Yang penting kita tidak membuat masalah dari diri sendiri.



Demikian cara hidup sehat dan awet muda ala aku. Semoga kita bisa menerapkan semuanya agar bisa memiliki kehiudpan yang bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Jika kamu punya tips lainnya, tulis di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar