Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Tip Blogging yang Ingin Kucoba

Posting Komentar

Ada banyak hal yang ingin kuperbaiki dari blogku. Ada terlalu banyak PR yang harus kukerjakan, tapi aku belum pernah cukup waktu luang untuk melakukannya. Kalau dipikir-pikir sepertinya waktu ini memang harus disediakan, bukan disisakan. Karena tidak akan pernah ada waktu luang untuk sebuah pekerjaan penting, kitalah yang harus meluangkan waktu.


Dalam kasusku, ngeblog kulakukan saat punya waktu sisa setelah bekerja dan aktivitas pribadi serta keluarga. Pernah mencoba beberapa kali pola manajemen waktu dalam ngeblog, tapi belum berhasil. Di bulan Ramadan ini aku mau mencoba untuk mengalokasikan waktu 4*30 menit dalam satu hari dengan rincian sebagai berikut.



Satu kali setelah subuh, satu kali saat baru tiba di kantor, satu kali setelah bangun tidur siang, satu kali setelah pulang dari kantor, dan satu kali setelah tarawih. Mengapa ada lima waktu yang kusebutkan? Artinya ada satu waktu yang bisa kugunakan untuk free. Ngeblog harus selonggar dan senyaman itu bagiku.


Btw, kelima waktu tersebut adalah waktu-waktu luang pendek yang kumiliki saat Ramadan ini. Kalau boleh memilih, tidak ada waktu yang benar-benar tepat secara kondisi dan energi karena di semua waktu yang kusebutkan tadi berpotensi membuatku mengantuk. Kecuali, setelah bangun tidur siang. Biasanya sih fresh tapi kondisi di sekitarku jam segitu sedang ramai oleh interaksi orang-orang kantor.


Bagaimanapun, sebagai part time blogger aku harus mengusahakannya agar bisa terus konsisten di dunia perblogan ini. 

Berikut adalah tip blogging yang ingin kucoba.

1. Membuat Blog Planning

Masih berhubungan dengan waktu ngeblog, sebagai bloger aku juga seharusnya punya blog planning. Idealnya per bulan. Di sana tertera postingan apa saja yang harus kutulis dan di tanggal berapa harus kuposting, serta brand apa saja yang sedang bekerja sama beserta SOW-nya.


Hal-hal semacam itulah. Aku belum punya planning yang rapi dan detail. Masih terpisah-pisah dan berantakan. Isi blogku sendiri kebanyakan etalase atau nggak hasil blog challenge, meski alhamdulillah banyak terselip postingan organik alias curcol juga.


2. Memperbaiki SEO On Page pada Postingan (Lama)

Selain manajemen waktu dan planning ngeblog di atas, ada beberapa tip blogging lain yang sedang ingin kucoba. Salah satunya yang sedang ramai dibicarakan teman-teman blogerku adalah Screaming Frog.


Aku sebenarnya tidak tahu banyak, hanya sekilas membaca. Tapi yang dapat kutangkap dari obrolan teman-teman itu adalah bahwa si kodok teriak ini dapat mendeteksi postingan-postingan di blog yang belum oke SEO-nya.


Aku pasti sangat terbantu dengan adanya fitur deteksi ini karena salah satu tujuanku adalah memperbaiki semua postingan blogku agar memenuhi semua unsur SEO on page.


Aku kan baru belajar sekitar dua atau tiga tahun belakangan ini tentang SEO on page, jadi postingan-postinganku sebelum itu pasti tidak memenuhi kaidah SEO semua. PR-ku banyak sekali. Tapi kupastikan semuanya akan kurapikan satu-persatu.


3. Membersihkan Broken Link

Beberapa tahun lalu aku pernah bersih-bersih broken link secara besar-besaran. Rencananya akan kulakukan lagi karena dalam rentang waktu dari saat itu sampai sekarang tidak mustahil akan ada broken link baru yang jelas akan memperburuk kualitas blogku secara teknis.


4. Mengganti Template

Salah satu hal yang sedang sangat mengganggu di blogku yaitu struktur templatenya yang kacau. Sebelumnya padahal sudah ramah SEO, tapi ada satu yang mengganjal. Sudah kucoba perbaiki, eh malah berantakan. Akhirnya blogku sulit dirayapi mesin pencari karena strukturnya yang nggak rapi tadi.


Oleh karena itu aku akan mencoba mengganti template atau tema dalam waktu dekat, tentu saja pakai template yang strukturnya rapi biar meta SEO-nya mendeteksi hijau semua.


Ini bukan hal sepele karena berimbas pada nilai DA blogku yang pelan-pelan turun drastis dari posisi stabilnya. Makanya aku juga pengen mencoba cara meningkatkan DA blog dengan menanam-nanam link atau cara-cara lain yang dapat bekerja agar DA blogku kembali oke.


5. Mengumpulkan Draft Postingan secara Offline

Hal lain yang juga tak kalah penting yang ingin kulanjutkan (karena ini sudah berjalan) adalah membuat draft postingan blog secara offline. Ya, terdengar riweuh dan agak kerajinan, tapi draft offline ini sangat berguna ketika blog terjadi apa-apa. 


Selain itu misi ini seperti mengumpulkan yang terserak, aku jadi punya database tulisanku sendiri secara offline. Draft postingannya sudah berhasil terkumpul beberapa tahun terakhir, kelihatan sekali perkembangan tulisanku dari waktu ke waktu baik dari segi kuantitas maupun kualitas.


6. Merapikan Label

Salah satu PR minor yang ingin kuperbaiki dari blogku adalah merapikan label. Pekerjaan ini sebenarnya sudah beberapa kali kutekuni, tapi sampai sekarang belum membuatku cukup puas. Rasanya masih ada yang kurang.


7. Membaca Data

Hal teknikal lain yang ingin kucoba kukuasai adalah pembacaan data blog baik di GA atau GSC. Aku bisa baca data tapi yang umum banget, belum terlalu mendalam. Kalau sudah lebih paham biasanya akan lebih mudah menindaklanjuti apa yang harus diperbaiki dari blog tersebut dari data yang tersedia.


8. Mengikuti Lomba Blog

Dari segi isi postingan aku ingin kembali menjajal lomba blog untuk mengasah skill kompetisiku. Sudah terlalu lama aku mati suri berkompetisi, saatnya bangun lagi. Tidak masalah menang atau kalah, yang penting mentalku berproses ke arah yang lebih baik.


Dengan mengikuti lomba blog aku jadi ‘terpaksa’ terus belajar dan berkembang. Selain itu, tidak dapat dipungkiri postingan lomba akan meningkatkan page view blog kita. Hal ini juga akan meningkatkan interaksi atau engangement blog kita di mata mesin pencari. 


9. Membranding Diri sebagai Bloger

Tip blogging terakhir yang ingin kucoba adalah membranding diri sebagai bloger di media sosial. Aktivitasku di medsos masih tergantung mood, belum konsisten memperkenalkan diri sebagai bloger di media sosial. Aku harus lebih banyak belajar lagi mengenai ini agar bisa mempraktikkan dengan baik.


Termasuk ke dalam usaha membranding diri ini adalah mensinkronisasikan isi blog dengan media sosial yang kumiliki. Dalam proyeksi jangka panjang, aku ingin memiliki sebuah bisnis digital dengan blog sebagai poros utamanya.


Bentuk lain branding diri sebagai bloger yang ingin kucoba adalah mengupdate isi halaman About Me. Milikku sudah usang dan butuh di-update. Aku harus menunjukkan sisi menonjol dari kegiatan bloggingku selama ini. Sudah ada beberapa About Me rujukan yang kubaca sebagai referensi. About Me yang bagus akan menjadi portofolio yang bagus bagi kita sebagai bloger.


Demikian beberapa tip blogging yang ingin kucoba. Mungkin tidak bakal kejadian semuanya dalam waktu dekat, pelan-pelan asal jalan. Setidaknya setiap hari, blogku selalu berkembang baik dari isi postingannya hingga secara teknikal dan nilainya di mata mesin pencari.


Apakah kamu juga punya tip blogging yang ingin dicoba teman? Kalau ada yuk ceritakan di kolom komentar. Mungkin ada hal-hal lain yang kulewatkan dan sebenarnya itu juga harus kucoba untuk meningkatkan kualitas blogku. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar