Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Rekomendasi Online Shop Favorit di Ecommerce

Posting Komentar

Assalamualaikum teman. Kita sudah berada di penghujung bulan Ramadan nih. Ada banyak orang yang mulai buka-buka ecommerce untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Sehubungan dengan itu aku mau cerita tentang pengalaman berbelanja di ecommerce sekalian merekomendasikan online shop favoritku di ecommerce.


Online shop yang kurekomendasikan tentu saja sangat subjektif, semuanya berdasarkan seleraku. Dan yang paling penting aku merekomendasikannya karena aku pernah berbelanja di sana dengan layanan dan atau produk yang oke.




Rekomendasi Online Shop Favorit di Shopee

1. https://shopee.co.id/rabbitholeid 

Toko ini menjual berbagai kebutuhan mainan bayi, terutama buku-buku bayi. Aku pernah berbelanja dua kali di sana dan puas dengan produknya. Karena toko onlinenya yang aktif aku sampai mengikuti akun instagramnya dan ternyata isi akunnya sangat informatif. Bagi kalian para mamah mudah yang mencari buku-buku bayi, bisa banget mampir ke online shop ini. Beli kado buat teman yang ngadain akikahan bayinya yang baru lahir juga bisa banget di sini.


2. https://shopee.co.id/gema_insani

Masih dari dunia perbukuan. Genre buku yang dijual di Gema Insani jauh lebih banyak dan lebih luas. Dari buku anak sampai buku orang dewasa ada di sini. Dulu aku beli buku anak dan remaja. Sepertinya akun Shopee  merupakan toko online resmi dari penerbitnya yaitu Gema Insani Press. Oh ya kebanyakan genre buku yang dijual di sana adalah buku islama, sesuai genre penerbitnya.


3. https://shopee.co.id/princesscosmeticbjm 

Toko kosmetik ini sebenarnya tidak sepenuhnya online, mereka juga punya store offline. Lokasinya di Banjarmasin, 5 jam perjalanan dari rumahku. Oleh karena itu aku senang berbelanja di online shop ini, ongkirnya kalau dikurangi ongkir gratisan di Shopee jadi nol rupiah. Aku sudah berkali-kali berbelanja di sini. Pilihan skincare dan make up cukup lengkap di sini, baik jenis maupun brandnya. Fun fact, meski cukup sering ke Banjarmasin aku nggak pernah mampir ke toko offlinenya. Pasti aku bingung kalau mampir ke sana, ada terlalu banyak pilihan. Menurutku lebih efisien milih item secara online. Aku juga nggak perlu berinteraksi dengan Mbak-mbaknya. Baca ceritaku tentang pertimbangan Belanja Online vs Belanja Offline.


4. https://shopee.co.id/rumahsuksesbersama

Toko online ini menjual berbagai printilan perlengkapan rumah. Aku pernah borongan beli banyak hal sekaligus. Ada banyak barang yang unik dan bermanfaat. Selain perlengkapan rumah, toko ini juga jual beberapa printilan stationary dan fashion. Harganya murah-murah pula. Aku beli celemek bayi, dispenser odol, sarung tangan silikon, gantungan kait kabel, stand holder hp, sikat susu bayi, hanger lipat, pengait gagang sapu, pel, dan kemoceng, serta gantungan baju tempel. Receh-receh tapi bermanfaat.


5. https://shopee.co.id/toko_sumberrejeki

Masih dari dunia printilan, toko ini juga menjual berbagai barang kecil yang menarik dan unik. Mulai dari skincare, makeup, parfum, kaos kaki sampai jepitan kayu ada di sini. Harganya juga murah meriah.


6. https://shopee.co.id/zhigang.id

Ini adalah toko online yang menjual berbagai jenis case hp. Aku pernah beli banyak case di sini, sekalian punya teman-teman sekantor. Pilihan casenya banyak baik dari model maupun tipe hp-nya.


Cara Berbelanja Efektif di Ecommerce

Berikutnya aku akan bercerita tentang kegiatanku berbelanja di ecommerce. Jika aku berbicara tentang ecommerce maka itu berarti akan merujuk pada Shopee, karena hanya itu satu-satunya ecommerce yang terinstal di hp-ku. Meskipun ada berbagai promo menarik di ecommerce lain, aku berusaha untuk mengabaikannya. 


Aku malas ribet menginstal dan mengelola uang online di dompet digital masing-masing ecommerce. Selain itu beda ecommerce pasti akan berbeda syarat dan ketentuan serta tata cara peggunaan. Aku malas pusing.


Setelah lama menjadi pengguna ecommerce, aku sudah mulai lebih bijak dan selektif dalam berbelanja. Kalau dulu aku boleh jadi asal pilih. Ada beberapa kejadian yang membuatku agak jera dan kecewa dalam berbelanja online, terutama barang yang menyangkut ukuran dan bahan. Susah. Tapi aku sama sekali nggak pernah komplain, malas ribet.


Berikut adalah langkah-langkahku dalam berbelanja di ecommerce agar mendapatkan barang yang sesuai keinginan, memuaskan, dan tidak kecele.


1. Tentukan Barang

Tentukan barang yang dibeli. Pastikan barang tersebut adalah kebutuhan, jika keinginan pun jangan terlalu sering melakukannya. Aku sudah melewati tahap berhenti kalap saat berbelanja sehingga lebih mudah dalam pengelolaan berbelanja di ecommerce. Karena jika tidak dikendalikan, maka setiap ada pemasukan pasti akan selalu tergoda untuk berbelanja, meskipun tidak butuh-butuh banget. Ada banyak hal menarik memang di ecommerce.


2. Cari di Menu Pencarian

Jika kamu belum punya pilihan toko online terpercaya untuk membeli barang tersebut, kamu harus memulainya di menu pencarian. Ketik kata spesifik untuk mewakili barang tersebut.


3. Urutkan dari Harga Rendah ke Tinggi

Jika sudah muncul item-item terkait maka kamu harus mengurutkannya berdasarkan harga, dari harga yang terendah hingga ke harga yang lebih tinggi. 


4. Filter Lokasi

Terkadang aku juga menerapkan filter lokasi yaitu di dalam provinsiku. Tapi tidak berlaku untuk semua barang karena lebih banyak barang tersedia di luar provinsi. Kubandingkan juga total harga barang di dalam provinsi (biasanya lebih mahal) plus ongkirnya dibandingkan dengan total harga barang dari luar provinsi (biasanya lebih murah) plus ongkir. Mana yang lebih murah totalnya, itu yang aku ambil.


5. Amati sampai Ketemu yang Pas

Diklik satu-satu, dicari sesuai spesifikasi yang kamu inginkan. Aku biasanya melihat harga barang dan ongkir dulu, lalu fungsi dan estetikanya. Kalau klik semua baru deh. Oh ya jangan lupa untuk membaca kolom deskripsi dan review pembeli sebelumnya. 


Aku suka melihat foto dan video real dari pembeli. Karena dari sana biasanya kelihatan jenis bahan barang yang akan kita beli. Review atau pendapat dari pembeli juga perlu dijadikan pertimbangan. Pokoknya aku hati-hati sekarang kalau belanja diecommerce karena sudah pernah kecele.


6. Masukkan ke Keranjang Belanja 

Kalau masih ragu dan mau pikir-pikir dulu, biarkan beberapa hari. Kalau sudah agak lama masih kepikiran, maka checkoutlah. Saat checkout, pastikan gunakan voucher potongan gratis ongkir. Lumayan banget 40 ribu. Kalau tokonya tidak menerapkan fitur itu aku skip dan pindah ke toko lain (kalau ada pilihan). 


7. Bayar

Selanjutnya proses pembayaran. Aku tidak pernah menggunakan metode COD karena mayoritas paket yang kukirimkan itu dengan alamat kantor sehingga kemungkinan bukan aku yang menerima cukup tinggi. Aku nggak ingin merepotkan orang lain dong. Selain itu aku juga malas ribet harus berinteraksi lagi. Inginnya tuh, sekali transaksi di aplikasi selesai. Tinggal terima barang. 


Pilihan bayarnya bisa lewat VA atau shopeepay. Mostly aku pakai VA, shopeepay kupakai kalau ada promo yang mengharuskan pakai shopeepay. Karena aku malas top up. 


Demikian langkah-langkahku saat berbelanja online di ecommerce. Kelihatannya ribet dan memakan waktu lama. Tapi setidaknya aku puas dengan hasil belanjaanku karena hasil dari riset yang detail. 


Gimana Gengs, apakah kamu juga punya cerita tentang belanja di ecommerce? Atau kamu punya rekomendasi olshop favorit di ecommerce kesayanganmu? Ceritakan di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar