Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Cara Menjadi Bloger Pemula

Posting Komentar

Sekarang ini menjadi blogger adalah salah satu alternatif kegiatan atau bahkan profesi yang dilirik oleh banyak orang. Ada banyak bloger yang berhasil menghasilkan uang dan mendapatkan kesempatan-kesempatan besar dengan jalan ngeblog. Mereka yang berminat menjadi bloger tentu bertanya-tanya dalam hati bagaimana cara menjadi bloger pemula.



Berikut kubagikan caranya untuk kalian.


1. Pastikan Kamu Suka Menulis

Menjadi bloger adalah perjalanan panjang dan salah satu inti dari kegiatan ngeblog adalah menulis. Kamu harus suka menulis agar bisa bertahan dalam waktu yang lama sebagai bloger. Karena jika tidak, kamu akan berhenti tidak lama setelah mulai, mungkin karena capek atau bosan. 


Namun jika kamu suka menulis, semuanya dapat ditolong. Kamu tetap akan kembali lagi meski setelah rehat. Jika kamu tidak suka menulis, impian menjadi bloger akan lebih sulit untuk dicapai. 


2. Buat Blog Sekarang Juga

Tahapan selanjutnya adalah buat blog sekarang juga. Karena membuat blog itu gampang, mengelolanya yang sulit. Itulah mengapa aku menambahkan frasa sekarang juga. Membuat blog juga gratis. Kamu bisa pilih platform yang paling umum para bloger gunakan yaitu Wordpress atau Blogspot. 


3. Mulai Isi dengan Rutin

Isi utama sebuah blog adalah konten tulisan. Oleh karena itu mulailah menulis dengan tema yang kamu tentukan. Sebagai pemula, tidak apa-apa menggunakan tema campuran dalam satu blog. Namun jika sudah punya tema spesifik (niche) juga boleh untuk diterapkan. Target posting tidak perlu muluk , satu minggu satu postingan saja sudah cukup. Karena mungkin belum terbiasa menulis maka mungkin akan membutuhkan waktu agak lama untuk memepersiapkan sebuah tulisan yang siap publish.


4. Belajar Sambil Jalan

Learning by doing istilahnya. Saat kita misal mulai untuk mencoba memberi nama blog, mengatur tata letak, mengatur tema tampilan, kita akan mengutak-atik beberapa bagian dari dashboard blog. Itu adalah proses belajar sendiri yang mungkin akan berlangsung secara trial and error. Tidak masalah, semakin sering kamu melakukannya, kamu pasti akan semakin mengerti cara kerja sebuah blog. Jelajahilah semua menu yang tersedia. Tidak perlu takut salah, akan selalu ada menu undo.


5. Belajar ke Ahlinya

Jika ingin mengetahui lebih banyak seluk beluk mengenai blog dalam waktu lebih cepat, kamu bisa belajar kepada ahlinya. Misal, jika kamu ingin memiliki domain sendiri alias TLD atau kamu butuh panduan untuk memasang template di luar yang tersedia di platform.


Salah satu tempat belajar ngeblog untuk pemula adalah Blogspedia www.blogspedia.my.id. Blogspedia melayani jasa penjualan template sekaligus cara pasangnya, jual artikel standar SEO, bahkan pembuatan blog atau web profesional. 


Aku kenal dengan pemilik Blogspedia, Mbak Marita. Beliau ramah dan welcome banget kepada para bloger baru yang ingin belajar dari nol. Beliau sudah sering membuka kelas coaching untuk para bloger. Jadi kapasitas beliau sebagai bloger pro sudah tidak diragukan lagi.


6. Praktik

Sebanyak apapun ilmu, kalau tidak dipraktikkan maka kurang bermanfaat. Setelah belajar banyak baik secara otodidak atau kepada yang lebih ahli, praktikkanlah apapun yang kamu dapat dari proses pembelajaran tersebut. Misal dalam setiap postingan blog, kamu harus menerapkan prinsip dasar SEO agar postinganmu lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Perbaiki postingan-postingan lama yang sudah terlanjur diposting tanpa menerapkan prinsip SEO. Melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan nilai DA/PA, serta hal-hal lainnya. 


7. Bergabung dengan Komunitas Bloger

Di komunitas bloger kamu akan menemukan teman yang memiliki hobi atau aktivitas yang sama denganmu yaitu ngeblog sehingga bahasannya ya tidak jauh-jauh dari blog. Ikutilah obrolan para anggota di komunitas ini sehingga akan meningkatkan pemahamanmu tentang blog, atau nimbrunglah sekali-kali sesuai tema yangs edang dibicarakan. Kamu akan mendapatkan teman baru dari dunia maya. Syukur-syukur ada bloger yang dekat domisinya denganmu dan kalian bisa meet up. Punya banyak teman akan memperluas kesempatanmu dalam bidang apapun. Well yeah tawaran job blogging juga tidak jarang terjadi lewat komunitas ini.


8. Konsisten

Konsisten adalah kunci. Menjadi bloger adalah siklus yang selalu berulang, tulis-posting-share. Itulah yang akan selalu kamu lakukan sebagai bloger seumur hidup. Kualitas akan meningkat seiring kuantitas. Jangan lelah, hasilnya tentu sebanding dengan yang kamu jerih payahkan.


Jika kamu benar-benar berada di titik nol di dunia blogging, ikutilah step by step langkah di atas. Insyaallah kamu tidak akan tersesat, petunjuknya sangat jelas dan terstruktur. 


Aku sendiri dulu seperti kecemplung menjadi bloger. Berawal dari hobi, tidak dimulai dari belajar. Makanya sekian tahun ngeblog baru TLD dan sadar jika ngeblog ternyata mempunyai peluang untuk menghasilkan cuan.


Sekarang boleh dibilang aku sudah berada di tahapan (mencoba) konsisten. Meski untuk secara ilmu teknik perblogingan aku (sengaja) tidak terlalu mendalaminya. Sekadar ngerti di permukaan mengenai SEO on page, off page, GA, GSC, DA, PA, dan hal-hal umum lainnya. Sisanya aku berusaha untuk lebih fokus ke konten dan konsisten posting agar tujuan awalku ngeblog tidak tereduksi yaitu berbagi pikiran, perasaan, dan pengalaman.


Ada yang kamu ingin tanyakan sebagai bloger pemula? Atau kamu bloger senior dan ingin berbagi cerita juga tentang awal dulu menjadi bloger? Silakan share di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar