7 Hal Membahagiakan Saat Hamil

55 komentar

Kali ini aku akan bercerita tentang 7 hal yang membuat aku dan suami sangat bahagia saat kehamilan pertamaku. Flashback sedikit, pertanda awal aku hamil itu adalah saat aku mendapatkan flek seperti haid dua hari sebelum seharusnya haid datang.

Awalnya sama sekali gak curiga tapi pas besoknya kok fleknya hilang. Aku heran. Ini gak pernah. Biasanya aku kalo haid kan seminggu gitu baru selesai. Haid datang sebelum waktunya saja (meskipun hanya lebih cepat 2 hari) sudah aneh bagiku, apalagi lama haidnya yang tidak normal.


Meski sudah curiga, tapi aku masih belum yakin. Cek test pack pun garis merahnya masih samar. Karena dari yang kubaca hormon HCG-nya kan memang belum tinggi pada usia kehamilan 4 minggu. Nah, aku harus memastikan dengan menunggu seminggu lagi dari jadwal haid dengan hati dag dig dug takut tiba-tiba haid datang.

Hal-hal lain kemudian datang berturut-turut membawa perasaan cemas dan bahagia sekaligus. Namun karena ini adalah pengalaman pertamaku maka rasa yang paling dominan adalah bahagia. Berikut adalah 7 hal yang membuatku bahagia saat hamil.

  1. Saat melihat dua garis merah di test pack

Ketika akhirnya haid memang tidak datang-datang, aku pun coba test pack lagi. Warna dua garis merahnya kali ini sangat jelas. Rasanya bahagia sekali. Aku dan suami sepakat mendatangi bidan, di sana kami mendapatkan buku pink (yang sudah hamil tentu tahu ini buku apa). Setelahnya aku juga langsung mendatangi dokter kandungan. Aku tahu jika aku hamil risikonya mungkin akan lebih besar daripada orang kebanyakan makanya sesegera mungkin aku melakukan usg.


2. Kemampuan penciuman meningkat

Aku senang saja bisa membaui aroma di dekatku dengan lebih jelas. Hidungku jauh terasa lebih sensitif daripada biasanya. Aku pun merasa beginilah menjadi tokoh utama di novel Aroma Karsa. Semuanya bisa kucium dengan lebih jelas, apalagi aroma makanan. Bahkan bau salah satu jenis buah saja aku langsung ngeh padahal biasa tidak. Apakah ini mengganggu bagiku? Tidak sama sekali.

3. Nafsu makan meningkat

Ini tentu menggembirakan bagi orang-orang di sekitarku karena biasanya aku makan hanya sesuai kebutuhan, saat hamil aku bisa makan sesuai keinginan. Sering loh aku tiba-toba pengen ini, bela-belain deh beli. Mungkin ini yang namanya ngidam, meski sejauh ini enggak pernah yang pengen makanan yang susah dicari.


4. Berat badan meningkat

Ini bagiku menyenangkan karena setelah entah usiaku ke berapa, berat badanku stagnan di angka 40 kg. Ketika akhirnya naik menjadi 42 kg, ini tentu menyenangkan. Dan bahkan stabil hingga sekarang.

5. Merasa lebih disayang

Sama seperti semua wanita yang sedang hamil, aku pun mendapat kasih sayang dan perhatian lebih banyak dari orang terdekat. Sebelum hamil saja aku sudah merasa berlimpah kasih sayang, apalagi setelah berbadan dua. Ada satu makhluk kecil lagi di tubuhku yang bisa membuat mereka khawatir.

6. Mulai membayangkan kehidupan saat ada si kecil

Membayangkan akan kehadiran si kecil dalam waktu dekat itu menyenangkan sekali. Terutama bersama suami, aku sering merencanakan apapun tentang kehidupan kami setelah kehadirannya.

7. Bertambahnya rasa syukur

Bagaimanapun, semuanya tiada tanpa campur tangan-Nya. Rasanya selalu ingin berbagi untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap janin yang sedang kukandung. Perasaan syukur inilah yang membuatku tambah bahagia.


Tak dipungkiri semua orang memiliki kisah kehamilannya masing-masing, tapi mungkin ada satu rasa yang membuat semua kehamilan sama yaitu rasa bahagia. Salah satu cerita tentang kehamilan di trimester pertama diceritakan oleh Mbak Shafira dalam postingan blognya.

Apalagi saat hamil muda aku tidak memiliki keluhan berarti mengenai tubuh misal mabuk berat atau gimana, oleh karena itu kebahagiaannya semakin terasa. Semoga aku bisa hamil lagi agar bisa merasakan kebahagiaan-kebahagiaan di atas kembali. Amin.[]
Rindang Yuliani
Rindang Yuliani adalah seorang sarjana sains yang sedang menikmati proses sebagai bloger. Rindang juga sedang meladeni obsesinya untuk mendapatkan beasiswa S2 dan menerbitkan buku pertamanya. Wanita kelahiran 6 Maret ini juga selalu berusaha mengakrabi Tuhan melalui hobinya yaitu membaca, menulis, dan jalan-jalan.

Related Posts

55 komentar

  1. salah satu hal membahagiakan saat hamil itu bisa makan banyak tanpa dilarang. hihi

    BalasHapus
  2. Baca ini jadi ingat masa lalu. Kebetulan saya tidak termasuk golongan perempuan yang hamilnya lancar jaya. Kebalikan mbak Rindang karena jadi susah makan
    Fiuh itu masa perjuangan sekali.

    BalasHapus
  3. okaaaaay saya kayanya harus cepet nyusul menikah
    apalahgi sekarang bisa alibi #nikahdiKUAaja
    hehehe
    poin lebih disayang itu kaya 'waaaaah' banget bagi si istri... si suamipun pasti manjaaaaiiiin banget... anything for you jar si bapak

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Barakallah... Selamat mba rindang... Semoga sehat selamat sampao lahiran. Dimudahkan allah proses hamil dan melahirkan nya ...

    BalasHapus
  5. Mbak, semoga doa nya dikabulkan. Dan ada kabar baik di tahun ini. Aamiin

    Baru tahu. Kalo lagi ngandung itu penciuman meningkat hihi. Sejenis punya rasa peka terhadap bau makanan ya mbak.

    BalasHapus
  6. Wah, Mbak Rindang hebat. Kalau saya waktu hamil dulu, penciuman meningkat sedikit jadi masalah yang menyebabkan nafsu makan menurun, tajamnya bau makanan malah membuat saya mual alih-alih lapar, jadi kena omel sana sini deh karena bumilnya malas makan, hahhah.

    BalasHapus
  7. Selamat ya kak, benar banget kita jadi lebih bersyukur. Meski terkadang di repotkan saat ngidam tetapi di jananin saja, pasti sangat berkesan

    BalasHapus
  8. Huhuhuuu.. jadi pengen hamil lagiii.. benar banget, saat hamil tuh kita sering banget bersyukur, itu yg saya rasain, apalagi liat perut besar, terus ada yang gerak gerak. Duh kangen hamil masak.. tapi ... Ya tapii.. hahah

    BalasHapus
  9. Nafsu maka ku nggak begitu meningkat saat hamil mbak..tapi habis lairan nafsu makan nih yang bahaya.pokoknua sampai Ndut bingit hehehe

    BalasHapus
  10. Jadi ingat belasan tahun lalu saat hamil pertama, ya rasanya bahagia banget tau bahwa didalam perut ada anugrah Tuhan, lapar terus bawaannya, cuma aku gak suka makan dan cium aroma bakso, padahal waktu blom hamil ini makanan favorit

    BalasHapus
  11. Selamat ya, mbak. Semoga sehat terus. Mumpung hamil, bisa makan apa saja. Kalaupun besar, orang gak akan bilang gemuk. Hehehe...

    BalasHapus
  12. kehamilan adalah anugerah hal yang luar biasa, tentu ini adalah hal yang dinantikan. Perlu banget untuk terus dijaga dan penuhi semua kebutuhan gizinya sehingga lahir sehat dan selamat ibu dan bayinya. Keren kalau bisa melewati semuanya

    BalasHapus
  13. Terima kasih sudah share, semoga ke depan lebih baik dan menjadi pertimbangan khusus kalau masuk ke dalam masa ini.

    BalasHapus
  14. Wah selamat ya mbak atas kehamilannya
    Setiap perempuan punya pengalaman berbeda saat hamil
    Tai yang pasti semua perempuan hamil berhak bahagia
    Semoga sehat selalu ya mbak

    BalasHapus
  15. Kl sy selaku suami lebih membahagiakan saat istri melahirkan. Hehehe ada si bocah gitu. Pas hamil jg seneng apalagi semua makanan bisa di abisin. Jadi tenang kerja

    BalasHapus
  16. kehamilan adalah anugerah dan selalu dinantikan ya. Alhamdulillah membawa kebahagiaan. Aku daoakan mbak segera bisa merasakan hamil lagi ya & sehat-sehat selalu

    BalasHapus
  17. Tiap bumil punya tanda masing-masing ya saat masa kehamilan, ada yg nafsu makan bertambah ada pula yg sebaliknya kalo cium aroma makanan tertentu malah pengen muntah. Yang penting sehat2 semuanya, baik si ibu maupun bayinya

    BalasHapus
  18. Kakak daku juga kita Kak Rindang, jadi banyak yang perhatiannya katanya. Kalau mantan bosku malah bilang, nanti kamu menikah lalu hamil manfaat saat tersebut, Fen, soalnya saat itu perhatian tertuju sama kita 😁

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah, selamat ya mbak, semoga sehat bayi dan bundanya hingga persalinan nanti. AKu juga kadang was-was saat telat datang bulan gitu, hehehe. Maklum belum siap untuk hamil lagi tapi ogah KB ya gini deh suka khawatir kalau telat.
    Btw, ini tulisannya yang ada angkanya kok 1 semua mbak? hehehe...

    BalasHapus
  20. Wah jadi ingat pas hamil dulu...
    Meskipun kadang berat, pas hamil rasanya bahagia banget

    BalasHapus
  21. Saat melihat testpack positif yang bahagia bukan cuma aku, tapi suami dan keluarga nya yang lebih bahagia apalagi pas tau jenis kelaminnya baby boy maklum 2 anakku sebelumnya perempuan semua hehehe

    BalasHapus
  22. Barakallah, Mbak... aku selalu bahagia, terharu kalau denger kabar ada temen hamil dan atau melahirkan.
    Semoga sehat selalu ya, aku hamil 2x juga nafsu makan meningkat, sampe disuruh diet sama dokter karena waktun itu ikhtiar melahirkan normal setelah anak pertama sesar.

    BalasHapus
  23. kalau aku malah mabuk berat.. sempat pula tiga hari ga ada makan nasi.. tapi bahagia karena ada baby..

    BalasHapus
  24. Baca ini saya jadi ingat masa masa hamil anak pertama. Kalau anak kedua, karena jaraknya dengan kakaknya hanya 8 bulan, saya termasuk yang lebih banyak ribetnya saat itu.

    BalasHapus
  25. Banyak hal yang disyukuri ketika hamil, melahirkan dan punya anak. Ah saya jadi kangen hamil hehe

    BalasHapus
  26. so happy banget ya mba ketika garis dua itu hadir pada kita dan juga pasangan. Semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
  27. Baca tulisan ini aku jadi senyum-senyum sendiri. Meski belum bisa bayangin sih, nanti kalau aku menikah dan hamil gimana. Semoga aja aku ga suka marah-marah saat hamil hehe. Kalau makan banyak sih dari sekarang udah banyak makan hehe.

    BalasHapus
  28. Aamiin, semoga bisa cepat hamil lagi ya, Mbak

    Jadi teringat waktu hamil pertama, penciuman saya pun jadi tajam. Tapi gak mau mencium aroma bawang atau nasi, bawaannya mual dan muntah. Memasuki bulan keempat baru bisa normal kembali

    BalasHapus
  29. Masha allah, ternyata begitu ya rasanya keindahan rasanya kehamilan. Penciuman jadi lebih sensitif ya ternyata, mungkin karena dipersiapkan juga ya sebagai seorang Ibu. Amin mbak semoga lekas diberi kehamilan kembali ya :)

    BalasHapus
  30. Aku enggak hamil lho kak. Belum menikah jg. tapi pengen aja makan. Apalagi selama di rumah aja seperti ini. Hehe.. nanti deh postingan ini aku obrolin sm temenku yang sudah menikah dan ingin hamil.

    BalasHapus
  31. Saya Juga dulu penciuman jadi jauh lebih peka mbak jadi kalau ada yang masak sampai nggak kuat pingin muntaaaah

    BalasHapus
  32. Wahh selamat ya mbak, semoga bayinya lahir dengan bahagia dan tumbuh bahagia juga

    BalasHapus
  33. Duh... pengen banget merasakan 7 kebahagian hamil itu. Apa daya, aku hanya seorang pria...

    BalasHapus
  34. Barakallah. Alhamdulillah mbak. Semoga bayi dan bundanya sihat. Aku belum punya pengalaman hamil untuk diceritakan.

    BalasHapus
  35. Barakallah mbak Rindang. Hamil itu memang istimewa, setiap kehamilan selalu punya cerita yang berbeda-beda. Jadi kangen hamil nih, wkwk.

    BalasHapus
  36. Wahhh semogaa tetap sehat dan lancar sampe hari H nantinya yaa kak.. jadi punya pikiran terbuka nih sekarang

    BalasHapus
  37. Aamiin. Senangnya yang punya kenangan manis saat hamil, ya. Semoga bisa segera menikmati kenikmatan yang sama.

    BalasHapus
  38. Setiap kehamilan itu pasti ada cerita suka duka'y masing2, apalagi anak pertama pasti terkenang2 terus..

    BalasHapus
  39. Jadi bernostalgia dengan kehamilan.. .Dan tahu nggak mba, setiap kehamilan itu berbeda sensasinya. Kehamilan ke satu dan seterusnya. Kehamilan saat usia kita masih muda dan menjelang tua.

    Yang tetap sama adalah tak ada kata lain selain kata syukur saat bayi kita lahir ke dunia 🥰

    BalasHapus
  40. Setiap kehamilan pasti punya cerita menarik ya mbak.

    BalasHapus
  41. Wah saya dulu saat hamil mual terus sampai gak bisa makan. Cium aroma dan lihat makanan yang berlemak langsung muntah. Saat periksa ke bidan tensi saya sangat rendah, saya dipaksa untuk harus makan meskipun sulit. Karena kalau tidak mau makan saya harus diinfus.

    Memang tiap orang tidak sama ya mbak. Tetapi yang jelas saat hamil banyak sekali pengalaman baru yang kita dapatkan dan tentunya kita akan sangat bahagia saat si kecil sudah lahir

    BalasHapus
  42. Selamat ya, Mbak. Semoga senantiasq dimudahkan hingga waktu persalinan nanti.

    Saat tahun lalu sedang hamil, karena di Jepang tidak mudah menemukan makanan yang diingankan (rujak, martabak manis, empek-empek) jadi saat ngidam dulu, ya harus ke dapur dan blekutekan sendiri untuk bisa menikmatinya. 🙈

    BalasHapus
  43. Yay selamat atas kehamilanya kita bantu dengan doa semoga tetap semangat menjalani kehamilan dan sukses sampai hari besar tiba

    BalasHapus
  44. Aamiin mbak. Semoga sehat debay dan bundanya ya mbak🙏 iya mbak point² itu benar sekali pokoknya happy lah saat hamil itu. Tapi, saat hamil anak k2 dan ketiga semakin capek mbak, karena anak yang sebelumnya masih kecil² *loh..curcol ni saya

    BalasHapus
  45. Wah masyaallah, sehat-sehat selalu ya mba sama bayinya, semoga dimudahkan hingga persalinan. Aamiin.

    BalasHapus
  46. Barakallah mbak..paling enak hamil itu memang merasa disayang dan merasakan ada pertumbuhan makhluk Allah di dalam perut ya mbak

    BalasHapus
  47. Wah kayanya kehamilan pertama mbak menyenangkan. Kalau aku dulu serba salah mau makan apa mual (trimester pertama), lewat itu sih nggak

    BalasHapus
  48. Hamil itu memang nano nano ya rasanya. Walaupun berat, tapi selalu happy dijalani. Pas hamil, saya mabuk parah. Tapi seneng, karena banyak banget ysng kasih perhatian. Ngasih makanan, jagain kalau lg di jalan dan yang lucu pernah ga jadi ditilang karena bapak polisinya lihat saya lagi hamil,hihi

    BalasHapus
  49. Selamet ya Mba, saya ikut senang 😊

    Kalo saya dulu termasuk berat waktu hamil anak pertama dan ketiga, tapi waktu yang kedua, orang bilang hamil kebo, karena gak mual-mual sama sekali, selow aja, hanya pas di ending, awalnya sungsang dan lahirannya agak susah, tapi selama 9 bulan dalam kandungan, hamil yang kedua ini yang paling nyantai, justru yg pertama dan ketiga, hamilnya berat banget, eh pas lahiran lancar jaya 😅😂

    BalasHapus
  50. Mbak, tolong mbak, rujaknya bikin nguiler.

    BalasHapus
  51. Bener banget ini Bun. Tapi yang nomor 2 bisa bikin berabe juga. Biasanya di trisemester pertama. Indra penciuman meningkat ini bikin mual dan tiba2 gak suka bau ini bau itu 😁

    BalasHapus
  52. Semoga doamu segera diijabah Allah ya mba untuk bisa segera hamil lagi. Emang luar biasa pengalaman ibu hamil itu. Banyak sukanya ya dibanding dukanya.

    BalasHapus
  53. Saya dulu hamil pertama juga didahului flek yang dikira haid lebih awal. Ternyata hamil hehehe. Paling menyenangkan itu hamil trimester 2. Udah nggak mual, makan mulai enak, badan lebih segar dari trimester 1, baby bump nampak tapi badan masih langsing.

    BalasHapus
  54. alhamdulillah dua kehamilan saya ga neko-neko, sempet khawatir bkal repot kayak adik dan teman-teman saya, eh qodarulloh lancar

    BalasHapus
  55. Masa kehamilan memang Unforgettable memories banget buat saya. Pastinya buat semua mommy juga lah ya. Di dua kehamilan saya, pasti saya ada masa telernya. Sampai pernah bed rest. Kalau dikenang, jadi nambah rasa syukur memang. Sebuah perjuangan manis yang tak terlupakan

    BalasHapus

Posting Komentar