Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Cara Meluluhkan Hati Pria

11 komentar

Seperti wanita, laki-laki juga sebenarnya tidak kalah sulit untuk dimengerti. Terutama bagi wanita. Mars versus Venus. Wanita dan pria tidak akan pernah sama.


Apa yang membuat wanita luluh belum tentu hal yang sama juga akan membuat pria luluh. Belum lagi jika dihubungkan dengan karakter masing-masing. Itu akan menjadi perdebatan yang panjang dan sangat perspektif. Sehingga ya memang tidak akan pernah sama.



Aku sendiri tidak banyak kenal pria dari sisi bagaimana dia merasa luluh terhadap wanita. Pun aku tidak pernah terlibat dalam usaha meluluhkan hati seorang pria. Tapi aku cukup sering membaca novel bertema romance, dari sini aku bisa mendapat sedikit gambaran apa yang membuat hati seorang pria luluh terhadap wanita.  


Aku membaca beberapa novel akhir-akhir ini. Aku akan mereviewnya secara singkat terutama dari sudut pandang bagaimana wanita meluluhkan hati seorang pria. Sekali lagi, masing-masing pria tidak sama. Mereka punya selera sendiri-sendiri. 


Sekaca Cempaka

Pertama, novel Sekaca Cempaka dari Nailiya Nikmah JKF. Novel tersebut sarat dengan tema lokalitas Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Konflik utama yang terdapat di dalam novel ini adalah kisah potensi CLBK-nya sebuah hubungan lama yang membahayakan keberlangsungan dua keluarga kecil.


Kisah cinta sang tokoh utama bernama Nur dan Iful di masa lalu adalah lem perekat cerita ini dan dihubungkan oleh sepasang bunga cempaka di dalam botol. Apa yang membuat Iful tertarik kepada Nur? Karena sudut pandangnya tidak menggunakan Iful sebagai tokoh utama, aku hanya bisa meraba-raba.


Kemungkinannya adalah karena kesukaan mereka berdua yang sama pada puisi. Iful adalah senior Nur di kampus, Nur juga menganggap Iful seniornya dalam bidang puisi sehingga banyak belajar dari pria itu. Seringnya bertemu membuat mereka menyadari bahwa ternyata mereka punya banyak kesamaan dalam pemikiran dan hal-hal lainnya. Sayang, kisah keduanya kandas dan menciptakan luka yang sama-sama dalam di hati masing-masing.


Kisah cinta kedua adalah Nur dan suaminya, kisah cinta yang sebenarnya tidak banyak diceritakan dalam novel ini. Sekilas diceritakan mereka berdua sama-sama terlibat dalam komunitas dakwah. Pertemuan mereka tidak disengaja terjadi di parkir motor. Nur mengatakan kepada Bahri yang tidak dikenalnya bahwa plat nomor motor milik lelaki itu hampir terlepas. Bahri mengucapkan terima kasih dan mereka berpisah.


Sejak saat itu, Bahri mulai memperhatikan Nur. Jadi kemungkinan besar apa yang membuat Bahri luluh dengan Nur adalah kesamaan visi misi mereka dalam dakwah serta bentuk perhatian Nur yang sepele namun berkesan bagi Bahri.


Kisah cinta ketiga yang agak pilu adalah kisah cinta Iful dengan istrinya yang bernama Rara. Sejak awal menikah, Rara sudah melihat kesedihan menggelayuti mata Iful. Apa yang membuat Iful  menjatuhkan pilihan pada Rara padahal hatinya masih tertambat pada Nur? 


Pada awalnya mungkin benar karena rekomendasi orang tua seperti yang Rara dengar. Namun setelah berjalannya waktu apalagi mereka juga sudah memiliki sepasang buah hati layaknya Nur dan Bahri, Iful benar-benar mencintai Rara sebagaimana mestinya. Ketegaran hati Rara dalam mendampingi Iful yang sebenarnya ditujukan kepada mendiang ayahnya, mampu meluluhkan hati Iful. 


Jejak Cinta 20 Tahun Berlalu

Novel kedua yang baru selesai kubaca adalah Jejak Cinta 20 Tahun Berlalu karangan Maya Lestari GF. Aku sudah lama ingin membaca novel ini karena tertarik dengan blurb-nya, tapi baru kesampaian sekarang. Genre novelnya ternyata komedi romantis.


Novel ini bersudut pandang orang pertama yaitu dari Abby berusia 19 tahun yang tinggal di Bandung. Cerita berawal ketika Abby diajak Paman Ben untuk mencari cinta sejatinya yang telah 20 tahun berlalu. Paman Ben rela terbang dari Belanda, dari perjalanannya keliling dunia untuk membayar kesalahannya di masa lalu.


Rinjani nama perempuan itu adalah seseorang yang dicintai oleh Paman Ben sejak 20 tahun yang lalu. Ketika Paman Ben mendengar bahwa bidadarinya itu telah kembali sendiri maka ia tak ragu untuk melakukan perjalanan panjang bersama kedua keponakannya. Abby dan Keegan Hadison.


Ya ada Keegan juga, sepupu jauh Abby. Orangnya menyebalkan sekali bagi Abby, sayang hanya dia yang punya usaha tour hingga ke Padang sehingga Paman Ben turut mengajaknya dalam petualangan ini. Mengapa Abby yang diajak di antara puluhan cucu keluarga besar Hadison yang lain? Entahlah Abby sendiri tidak mendapatkan jawabannya.


Apa yang membuat Paman Ben luluh terhadap Rinjani, bahkan setelah 20 tahun berlalu? Sepertinya itu adalah memori-memori indah yang pernah mereka alami berdua. Tidak banyak tapi berkesan. Sayangnya karena Paman Ben terlalu peragu untuk mengatakan isi hati, si pujaan hati telah terlebih dahulu dipersunting orang lain.


Kisah cinta lain yang sebenarnya paling membuatku baper dalam novel ini adalah kisah cinta Abby dan Keegan. Tidak ketebak. Mereke bersepupu meski silsilahnya sudah jauh dan lebih sering bermusuhan. 


Abby dan Keegan sudah bersama sejak lama, bahkan sejak Abby bayi. Jadi mengapa Keegan luluh dengan Abby yang dalam banyak hal sebenarnya sangat sering menentangnya? Perjalanan ini sendiri penuh dengan pertentangan-pertentangan mereka. Paman Ben terlalu sabar menghadapi kedua orang yang saling jatuh cinta tapi tidak menyadar ini.


Menurutku Keegan luluh pada Abby karena sihir imprint seperti di kawanan werewolf. Seperti Jacob Black yang langsung jatuh hati pada Renesmee yang baru dilahirkan oleh Bella Cullen. Keegan balita selalu mengiringi Abby bayi kemanapun dibawa pergi. Setelah besar, ada banyak kesempatan Abby dilindungi oleh Keegan. Terbaru adalah ketika Paman Ben marah-marah di depan Jam Gadang.


Kesimpulan

Dari cerita-cerita tersebut, ada banyak variasi yang menyebabkan seorang pria luluh pada wanita. Kusimpulkan secara umum yang pertama adalah minat atau ketertarikan yang sama pada sesuatu. Itu biasanya akan membuat pasangan mudah klik.


Penyebab kedua luluhnya seorang pria pada wanita menurutku adalah kebersamaan dalam waktu yang lama. Seperti kata pepatah Jawa ‘witing tresno jalaran soko kulino’. Ini dialami oleh Iful dan Rara juga Abby dan Keegan.


Apakah fisik wanita dapat membuat laki-laki luluh?


Pada banyak laki-laki mungkin iya, tapi tidak semua. Fisik akan menjadi daya tarik pertama, tapi selanjutnya akan sangat ditentukan oleh selera masing-masing pria. Seperti yang terjadi pada Paman Ben. Dia tertarik pada rinjani karena secara fisik pada awalnya. Rinjani adalah dambaan pria satu sekolah pada masanya, termasuk Paman Ben. 


Tapi momen-momen yang mereka lewati bersama semakin menguatkan ketertarikan itu atau bahkan mungkin menggantikannya. Lihatlah bahkan setelah 20 tahun berlalu yang mana fisik boleh jadi sudah jauh berubah, Paman Ben tetap saja mencari Rinjani. 


Demikian ulasanku mengenai cara meluluhkan hati pria berdasarkan novel romance yang kubaca. Kamu punya pendapat lain? Tambahkan di kolom komentar ya. []

Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

11 komentar

  1. Bener banget tuh fisik akan menjadi daya tarik pertama kebanyakan laki-laki. Tapi nggak semuanya begitu ada juga yang tertarik karna kepribadian dan karakter si perempuan

    BalasHapus
  2. Wah, buku yang menarik untuk dibaca. Soalnya kayak menjawab apa sih, yang sebenarnya membuat pria bisa tertarik dengan wanita. Setidaknya kalau sudah tahu, kita sebagai wanita bisa mengambang pelajaran juga. Salah satunya ingin memilih laki-laki yang seperti apa untuk menjadi imam kelak

    BalasHapus
  3. Wow romantis habis dan thanks referensi nya

    BalasHapus
  4. Tema yang ingin kuikuti apa daya harus gugur karena sakit
    Waktu 24 jam rasanya enggak pernah cukup, hiks

    BalasHapus
  5. Pas baca judul aku senyum, pas selesai baca aku mengangguk setuju. Memang poin pentingnya ya ketertarikan pada hal yg sama termasuk iman (itu juga ketertarikan bukan?). Fisik memang dilihat pertama tapi lalu dipinggirkan pada akhirnya

    BalasHapus
  6. Jadi pingin baca novel juga nih Mbak, sudah lama ndak baca fiksi.

    Ndak pengalaman juga soal meluluhkan hati laki-laki. Tapi bisa jadi dari minat atau kesamaan yang mirip, seringnya menghabiskan waktu bersama, lelaki bisa luluh dengan wanita.

    BalasHapus
  7. wah maya lestari GF termasuk penulis yang aku suka tulisannya. jadi penasaran sama novelnya yang ini. kalau sekaca cempaka aku juga sudah baca pas baca review ini malah jadi ingat na hee do sama baek yi jin. hihi

    BalasHapus
  8. Wah, benar sekali.
    Ada yang bikin wanita itu hanya menarik di mata seorang pria. Dan tidak ada formula yang baku atas cinta.
    Selalu seseorang menjadikan standart paras yang rupawan dan cantik jelita, padahal bisa saja dari ketertarikan karena memiliki banyak kesamaan hobi atau kesukaan yaa..

    BalasHapus
  9. Bisa aja nih mbak Rindang, tapi novel dan drakor itu memang bisa jadi tips untuk soal romance ya, hehe. Aku juga kayanya nggak pernah berhasil meluluhkan hati pria deh, wong kenal cowok bener2 cuma suami doang :D :D

    BalasHapus
  10. Aku nulis ini tapi masih mangak di draft. Haha

    Jadi gimana nih cara meluluhkan hati pria yang paling jitu?

    BalasHapus
  11. Mungkin rasa kebersamaan yang lama menimbulkan kenyamanan bagi pria, sehingga pria luluh dihadapan wanita. Terutama jika wanita memiliki rasa penerimaan terhadap pria dengan menghormati, mau dipimpin, dan mau berbagi suka dan duka.

    BalasHapus

Posting Komentar