Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Fakta Unik dari Indonesia yang Mendunia

Posting Komentar

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya, baik dari sumber daya alam hingga keragaman budayanya. Meski banyak orang yang mengeluhkan hal-hal buruk tentang Indonesia, tapi hal-hal baik dari negeri kita sebenarnya jauh lebih banyak.



Berikut adalah fakta unik dari Indonesia yang mendunia dan seharusnya membuat kita bangga. 


1. Bali adalah Tujuan Favorit Wisatawan dari Seluruh Dunia

Kita harus berbangga karena dunia pariwisata kita dapat menarik minat para wisatawan asing untuk bertandang khususnya ke Bali. Bahkan tidak sedikit turis yang salah sangka bahwa Bai adalah Indonesia atau Indonesia adalah Bali saking terkenalnya Bali.


Sumber daya alam yang ada di Bali ditambah pengelolaan pariwisata pemerintah kita membuat para turis asing tak segan untuk mengunjungi Bali bahkan berkali-kali di musim liburan mereka.


2. Rendang Pernah Dinobatkan sebagai Makanan Terenak di Dunia

Kelezatan rendang ternyata tidak hanya diakui oleh orang Indonesia tapi juga oleh lidah mancanegara. Cita rasanya yang mendunia membuat rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia pada tahun 2017 oleh CNN Travel.  Oleh karena itu tidak heran kuliner dari Minangkabau ini membawa nama Indonesia di kancah internasional.


3. Pulau Bungin di NTB Merupakan Pulau Terpadat di Dunia

Pulau Bungin terletak di lepas Laut Bali, daratan pulau ini secara administratif merupakan salah satu desa di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.


Luas pulau ini hanya sebesar 8,5 hektare, dengan lebih dari 5.000 penduduk menetap di sini (BPS 2014). Mayoritas penghuni pulau adalah Suku Bajo dari Sulawesi Selatan yang telah menghuni Bungin sejak 200 tahun silam.


Desa Pulau Bungin dijuluki sebagai pemukiman terpadat di dunia. Hampir tidak ditemukan lahan kosong di pulau tersebut. Desa Pulau Bungin juga tidak memiliki garis pantai, maupun lahan hijau sejauh mata memandang.


Aku sendiri kenal dengan Pulau Bungin saat membaca novel Tere Liye yang berjudul Tentang Kamu. Sejak saat itu aku sangat tertarik dengan keberadaan pulau ini.


4. Indonesia Merupakan Negara Cincin Api 

Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. 


Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa bumi, dan tsunami. Di sisi lain menjadikan Indonesia sebagai wilayah subur dan kaya secara hayati. Debu akibat letusan gunung berapi menyuburkan tanah sehingga masyarakat tetap banyak yang tinggal di area sekitar gunung berapi meski berbahaya. 


5. Candi Borobudur Pernah Termasuk dalam 7 Keajaiban Dunia

Candi Borobudur pernah masuk 7 keajaiban dunia. Dari laman Unesco.org, bangunan bersejarah dari Indonesia ini masuk daftar7 keajaiban dunia pada tahun 1995, 2003, 2004, 2005, 2006, dan 2009. Candi Borobudur terletak di pulau Jawa, berada di puncak bukit yang dibangun antara tahun 780 dan 840 M, yakni ketika pemerintahan Dinasti Syailendra.


6. Indonesia Dikenal dengan Keramahannya

Sebutan bahwa Indonesia adalah bangsa yang ramah ini banyak diceritakan oleh para wisatawan dari luar negeri yang berlibur ke Indonesia. Walaupun tidak semua orang Indonesia itu benar-benar ramah, tapi sebutan bangsa yang ramah ini masih melekat pada bangsa Indonesia.


Indonesia sebagai bangsa yang ramah disebabkan oleh tradisi dan budaya yang dianut oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Sifat orang Indonesia yang ramah merupakan perwujudan dari nilai-nilai kebudayaan yang ada di masyarakat. Hampir seluruh budaya di Indonesia mengajarkan tentang sopan santun dan bersikap baik. 


Mayoritas masyarakat Indonesia masih memegang teguh nilai-nilai itu. Beberapa nilai budaya yang dianut orang Indonesia sehingga disebut sebagai bangsa yang paling ramah di mata dunia antara lain yaitu murah senyum, bersikap santun, suka bersosialisasi, suka menolong, dan adanya budaya gotong royong.


7. Indonesia Dijuluki sebagai Negara Nyiur

Indonesia terdiri dari pulau-pulau, tak heran jika negara ini dianugrahi ribuan pantai dengan pesonanya yang begitu memanjakan mata. Dari deretan pantai yang tersebar di Indonesia tersebut, sebagian besar merupakan habitat pertumbuhan pohon nyiur atau kelapa, sehingga Indonesia pun diberi julukan Negara Nyiur.


Demikian Fakta unik dari Indonesia yang mendunia. Yuk kita lebih fokus pada kelebihan dan keunikan kita sebagai bangsa Indonesia agar muncul rasa bangga dan berhenti mengeluh atas segala ketidaknyamanan yang kita rasakan di negeri ini. Jangan sampai kita terlalu sering mengeluhkan yang buruk sehingga lupa bahwa kita masih punya banyak kelebihan yang mendunia dan patut kita banggakan. []


Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

Posting Komentar